Review Biomutant, Berdunia Indah Tanpa Kehidupan

in ,
Review Biomutant, Game Berdunia Indah Tanpa Kehidupan | Biomutant
Review Biomutant, Game Berdunia Indah Tanpa Kehidupan | Biomutant

Penantian panjang yang cukup lama ini akhirnya terbayarkan sudah. THQ Nordic akhirnya merilis game ambisius pertamanya pada tahun 2021 ini. Seperti yang sudah kita ketahui, THQ memang cukup besar dalam Industri game bergenre RPG. Pada kesempatan kita kali ini, kami akan memberikan Review sederhana game RPG terbaru dari mereka yang bernama Biomutant. Bagaimanakah jadinya, apakah sesuai dengan harapan para pemain?

Sempat mereka umumkan pada tahun 2018 silam, game Biomutant ini sudah mengalami penundaan yang cukup lama. Meskipun begitu, selama penundaan tersebut, game yang satu ini memberikan banyak Informasi tentang banyak hal. Saat sudah rilis, game ini ternyata mendapatkan Review yang bercampur aduk dari Media Internasional. Tetapi tetap saja, game buatan THQ Nordic akan terus mendapatkan jumlah pemain cukup tinggi.

Perpaduan Devil My Cry dan Zelda Breath of The Wild sepertinya menjadi kata yang sangat cocok untuk menggambarkan game yang satu ini. Punya peta Open-World yang luas serta mengangkat tema Post Apocalyptic RPG, Biomutant juga mempunyai keunikan Art-Style yang jarang sekali kita temui. Bagaimana tidak, kita akan bermain sebagai seorang Kucing yang memiliki berbagai kemampuan Combat mematikan.

Mengubah Design Karakter Bisa Mempengaruhi Kemampuan

Mengubah Design Karakter Bisa Mempengaruhi Kemampuan | THQ Nordic
Mengubah Design Karakter Bisa Mempengaruhi Kemampuan | THQ Nordic

Saat kalian masuk pada game ini, Player diharuskan untuk membentuk tampilan sang Tokoh utama. Namun perlu kalian ingat, bahwa setiap hal yang akan kalian ubah pada Karakter akan mengubah status kemampuan. Contohnya adalah jika kalian ingin berfokus pada Agility sang karakter, maka nantinya tubuh yang ia punyai akan ramping serta mengurangi Charisma yang ada.

Sebagian Player banyak yang terganggu dengan sistem seperti ini, namun hal tersebut bisa kalian hindari jika sudah cukup lama bermain. Game ini sendiri menghadirkan berbagai Armor dengan kemampuan berbeda serta Design yang cukup menarik. Jadi tidak hanya menambahkan kemampuan lainnya, Armor tersebut juga bisa menutupi kekurangan dari Rancangan karakter yang kalian buat.

Kebebasan Berkustomisasi

Kebebasan Berkustomisasi Senjata | THQ Nordic
Review Biomutant Kebebasan Berkustomisasi Senjata | THQ Nordic

Hal positif yang cukup menarik perhatian saya tentunya adalah berbagai elemen Kustomisasi yang sangat lengkap. Player dapat melakukan kustomisasi hingga ke bagian-bagian kecil dari benda yang kita miliki. Contohnya saja adalah Pistol yang kita gunakan. Player dapat mengubah Scope, Ammo, Supressor, hingga Trigger dari sang Pistol. Tidak hanya memberikan pengaruh Buff, kita juga bisa memilih warna yang kita sukai.

Hal tersebut juga berlaku untuk Pedang yang kita gunakan. Benar sekali, kalian bahkan bisa memilih gagang dari pedang yang kalian miliki serta pilihan warna yang menarik. Untuk urusan Gear dan Armor, hal ini tentunya sama kerennya. Helm, Pakaian, Armor, dan Sepatu bisa kalian Design dengan sesuka hati. Namun perlu kalian ingat juga bahwa setiap part harus kalian Craft dari berbagai Scrap yang kita temukan saat Eksplorasi.

Kebebasan Berkustomisasi Armor dan Pakaian | THQ Nordic
Kebebasan Berkustomisasi Armor dan Pakaian | THQ Nordic

Masih kurang puas dengan kustomisasi Weapon dan Gear? Tenang, masih ada lagi. kita juga bisa mengubah Ras dari sang karakter yang kita gunakan. Ada total 6 Ras yang bisa kalian pilih. Warna bulu, ukuran tubuh dan kepala bisa kita atur sesuai dengan keinginan sang pemain. Namun untuk yang satu ini akan berpengaruh dengan Kemampuan Stat dan Mutasi yang kalian miliki. Jadi kalian harus lebih bijaksana.

5 Class Dengan Berbagai Kemampuan Yang Berbeda

Terdapat 5 Class yang dapat kalian pilih pada game ini. Setiap karakternya mempunyai kemampuan dan skill massing-masing. Tidak hanya senjata saja yang berbeda, karakter kalian Juga memiliki Ability khusus yang bahkan tidak ada pada Class yang lainnya. Penasaran seperti apa? Berikut adalah listnya.

5 Class Dengan Berbagai Kemampuan Yang Berbeda | THQ
Review 5 Class Dengan Berbagai Kemampuan Yang Berbeda di Biomutant | THQ
  • Dead-Eye: Class yang pertama ini memiliki nama Dead-Eye. Benar sekali, Class yang satu ini pertama kali muncul dalam trailer gamenya. Berfokus pada Closed Combat Shooter, Dead-Eye akan mempunyai kemampuan khusus berupa Reload secara otomatis serta Menambah Damage 20% setiap kali melakukan Reload.
  • Commando: Sesuai namanya, Class yang ini akan berfokus pada Ranged Shooter dengan kemampuan uniknya yang bisa menambah Damage 20% jika menyerang dari jarak kejauhan.
  • Psi-Freak: Cukup aneh memang jika Class yang satu ini ternyata berfokus pada Magic. Kemampuannya, kalian dapat melempar bola listrik ke arah musuh dan setiap kalian melakukan Regenerasi Ki-Energy, karaktermu akan menambah 20% Attack speed.
  • Saboteur: Nah yang satu ini berfokus pada Dodge dan kecepatan. Karakter mu akan memiliki kemampuan berupa Rapid Dodge saat melawan musuh. Tidak hanya itu, setiap kalian melakukan Hit, sang karakter akan meningkatkan Damage Per-Attack.
  • Sentinel: Yang terakhir merupakan Class yang berfokus pada Tank. Seperti namanya, kemampuan yang ia miliki adalah meningkatkan 10% Armor yang ia miliki.

Mengingat game ini bukanlah game Multiplayer, Class tersebut bisa kita bilang cukup seimbang. Hal ini tentunya cukup masuk akal, karena yang hanya bisa mempengaruhi kekuatan karakter secara signifikan adalah Weapon dan Armor yang sudah kalian Upgrade. Sementara itu, ada satu Class lagi bernama Mercenary yang hanya muncul saat kalian melakukan Pre-Order game tersebut.

Cerita Menarik Pembawaan Yang Membingungkan

Jujur saja, Cerita pada game ini punya banyak kesamaan dengan game Paper Mario buatan Nintendo. Kalian akan bermain sebagai kucing kecil yang mempunyai ambisi untuk menyelamatkan Dunia yang terkena Bencana wabah Racun yang mengerikan. Untuk itu, sang karakter utama tanpa nama ini harus melindungi Tree of Life yang terletak pada pusat dunia. Agar tujuannya tercapai ia akhirnya memilih bergabung pada satu dari banyak Tribe yang ada.

Cerita Menarik Pembawaan Yang Membingungkan | THQ Nordic
Cerita Menarik Pembawaan Yang Membingungkan | THQ Nordic

Seiring berjalannya cerita, sang karakter utama akan mendapatkan berbagai ingatan tentang masa lalunya dan keluarga yang ia punyai. Dari sinilah kita mengetahui bahwa siapakah yang bertanggung jawab atas kekacauan yang ada pada dunia game tersebut. Dari kedua fraksi yang ada, sebenarnya keduanya memiliki satu tujuan, yaitu untuk menjaga keseimbangan dunia. Namun hanya Ideologinya saja yang berbeda.

Namun cerita menarik ini cukup membosankan jadinya jika dibawakan dengan cara dibacakan oleh orang ketiga. Seluruh Karakter dan NPC pada game ini berbicara dengan bahasa Hewan yang tentunya tidak kita mengerti. Untuk menghindari hal ini THQ memutuskan untuk memberikan suara Narator. Sang Narator ini punya sensasi Humor yang unik namun terkadang mengganggu keseriusan dalam cerita game yang ia bawakan.

Beragam Fraksi Tribes yang bisa membantu | THQ
Beragam Fraksi Tribes yang bisa membantu | THQ

Pembawaan cerita dengan cara tersebut menimbulkan kebingungan yang cukup mengganggu untuk para player yang ingin fokus pada cerita. Menurut saya sendiri, harusnya THQ membuat berbagai karakter game ini memiliki Voice Actor dan mengurangi unsur Humor yang terlalu berlebihan. Jika memang tidak bisa, saya kira tidak masalah jika game ini tidak perlu ada pembacaan dari narator.

Punya Cerita Yang Bercabang?

Dengan kehadiran cerita bercabang dan narator yang mengganggu membuat cerita pada game ini semakin membingungkan. Namun niat THQ untuk membrikan cerita dengan efek Butterfly patut kita apresiasi terlebih dahulu. Pada awal game ini, player langsung berhadapan dengan opsi khusus untuk memilih jalur cerita. Kita akan bertemu dengan 2 Roh kecil yang berwana Hitam dan Putih. Hitam adalah sisi gelap sang karakter, sedangkan Putih sebaliknya.

Myriad dan Jagni Ketua dari Tribe yang punya Ideologi berbeda | IGN
Myriad dan Jagni Ketua dari Tribe yang punya Ideologi berbeda | IGN

Dari awal kita sudah diberi tahu bahwa game ini akan punya Opsi Moral untuk para pemain. apakah kalian ingin Jahat atau Baik? Yap, itu tergantung dengan pilihan kalian. Faktanya setiap pilihan yang kalian pilih akan berujung Ending yang sama. Namun beberapa hal tetap akan berubah seperti hilangnya karakter yang telah kalian bunuh atau mendapatkan bantuan karakter lain yang sudah kalian bantu.

Tidak hanya itu saja, Tribe yang kalian pilih pun dapat berpengaruh dalam proses berkembangnya cerita (Meskipun pada ending akan sama-sama saja). Hal ini tentunya cukup menarik dan mengingatkan saya dengan game Far Cry 4 Buatan Ubisoft yang sama-sama menghadirkan 2 Karakter yang bertentangan dalam Ideologi yang ia miliki.

Mekanik Combat Yang Unik Serta Kombinasi Tombol Untuk Combo

Jika kalian pernah memainkan game Devil My Cry sebelumnya, mungkin kalian akan cukup familiar dengan Combat game ini. Benar sekali, pada game ini sang karakter rupanya bisa menggunakan 2 senjata yaitu sebuah Pistol dan Pedang. Senjata yang kalian gunakan bisa berubah sewaktu-waktu tergantung dengan loot yang kalian dapatkan. Mekanik Hack-and-Slash yang mereka berikan cukup nyaman lengkap dengan Combo kombinasi yang keren.

Mekanik Combat Yang Unik Serta Kombinasi Tombol Untuk Combo | Biomutant
Mekanik Combat Yang Unik Serta Kombinasi Tombol Untuk Combo | Biomutant

Selain bertarung di atas tanah, karakter kalian juga bisa menggunakan berbagai kendaraan tempur yang aneh-aneh. Contohnya saja Mech, kapal selam gurita, dan Tangan Robot. Tenang saja, meskipun kendaraan tersebut cukup kuat, musuh pada game ini sudah mereka rancang agar lebih kuat dari sebelumnya. Belum lagi ada berbagai Boss yang secara tiba-tiba muncul dan menyerang kalian saat melakukan Eksplorasi.

Meskipun Tutorial Combat yang mereka berikan cukup lengkap, tetapi pembelajarannya terkesan cukup lama. Tentunya hal ini sangat mengganggu permainan, apalagi bagi kalian yang ingin langsung terjun melakukan Combat dengan pengetahuan yang sudah cukup. Beberapa Tutorial tersebut diberikan beriringan dengan Story pada game ini, jadi jika kalian melakukan Skip Tutorial, akan ada sedikit narasi Story yang ikut terlewat.

Dunia yang Indah dan Eksplorasi Tanpa Batas

Dunia Indah dan Eksplorasi tanpa batas | Biomutant
Review Dunia Indah dan Eksplorasi tanpa batas | Biomutant

Dunia game Biomutant sangatlah menakjubkan dan bisa memanjakan mata. Berbagai Environment yang mereka Design membentuk keindahan sendiri meskipun berlatar Dunia Post-Apocalyptic. Ada berbagai Bioma yang hadir pada game ini. Bioma tersebut bisa saja berbahaya dan bisa saja memberikan dampak positif bagi sang karakter utama. Setiap Town yang kita temukan pada Bioma dunia Biomutant juga mempunyai budaya berbeda.

Namun sayangnya peta yang luas ini sepi dengan kehidupan. Beberapa NPC yang berlalu lalang tidak bisa kita temukan pada Alam dunia game ini. Kalian hanya bisa menemukan NPC baik pada bagian Town saja. Untuk alam liarnya Biomutant hanya memunculkan berbagai musuh dengan tingkatan Class yang berbeda-beda. Memang terkadang, ada juga perlawanan dari Fraksi yang saling beradu otot. Namun hal ini cukup jarang untuk kita temukan.

Kendaraan Eksplorasi yang unik | IGN
Kendaraan Eksplorasi yang unik dalam Game Biomutant | IGN

Berbicara soal Eksplorasi, Biomutant sepertinya sudah cukup mencuri perhatian. Seperti yang sudah kita katakan sebelumnya, Eksplorasi pada game ini kurang lebih seperti game Zelda Breath of The Wild. Karakter kalian bisa memanjat, berenang, menggunakan Paraglider, dan Mengendarai hewan. Namun yang membuat game ini berbeda adalah kendaraan Eksplorasi yang unik, contohnya adalah Balon udara, Perahu, dan Bola yang bisa memantul.

Keberagaman Musuh dan Pattern Combat yang Menantang

Urusan keberagaman dan Design Character, Biomutant memang terbilang sangat jago. Tidak hanya memberikan kita berbagai kustomisasi karakter, game ini juga memberikan berbagai jenis musuh yang beragam. Ada beragam Class musuh pada game ini yang memiliki Design yang menarik. Kalian bisa bertemu dengan Kura-kura bersenjata lengkap, Robot besar, Hingga monster berkepala tiga.

Setiap Boss pada game ini punya cara menyerang yang berbeda-beda. Pattern untuk mengalahkannya pun cukup beragam. Pemain diharuskan untuk menghafal berbagai gerakan musuh serta mengambil momen tepat untuk menyerang. Hal inilah yang mengingatkan kita dengan game Devil My Cry buatan Capcom. Bukan hanya boss saja, bahkan para musuh dengan ukuran kecil juga memiliki keberagaman ini.

Kesimpulan Dari Review Biomutant

Review Biomutant, Berdunia Indah Tanpa Kehidupan

Combat Strategis, Dunia yang Indah, dan Kebebasan berkustomisasi adalah senjata utama Biomutant untuk memberikan game dengan unsur RPG yang kental. Game ini sangat menakjubkan bagi kalian yang ingin fokus pada Combat yang penuh perhitungan. Belum lagi, ada banyak hal menarik yang bisa kita dapatkan dari cerita gamenya. Sejauh pengalaman saya bermain, game ini tentunya layak untuk kita coba terlebih dahulu.

Bagi kalian yang lebih fokus ke Cerita ala RPG yang kompleks sepertinya Biomutant bukanlah pilihan yang tepat untuk kalian. Berbagai Design Charakter dan Dunia yang Indah tentunya sangat menarik untuk menenangkan pikiran kita sejenak. Namun dunia yang mereka tawarkan masih minim konten dan tidak ada unsur interaktif. Semoga saja ke depannya THQ bisa meluruskan hal ini pada game miliknya yang selanjutnya.

Itu saja Review dari kita tentang game keren Biomutant dari THQ Nordic. Bagaimanakah menurut kalian, apakah kalian tertarik untuk menyelamatkan dunia dari Wabah Racun mematikan? Untuk itu, Game Biomutant sudah rilis dan dapat kalian akses lewat platform PC, PS4, PS5, Xbox One, Xbox Series, dan Switch. Untuk PC User ,game ini bisa kalian beli lewat platfrom Digital Steam Store. Selamat Mencoba!

Pros
Kebebasan Berkustomisasi yang sangat lengkap
Dunia yang Indah penuh Eksplorasi
Combat Menarik yang Strategis
Punya Konsep Cerita Yang Bercabang
Keberagaman Musuh
Cons
Dunia Yang Kurang Interaktif
Level Yang Dibawa Terlalu Repetitive
Pembawaan Cerita Yang Membingungkan
Dunia Yang Tidak Terlalu Hidup
Review Biomutant, Game Berdunia Indah Tanpa Kehidupan | Biomutant
Biomutant
Cerita
60
Karakter Kustomisasi
85
Disain Dunia dan Level
80
Eksplorasi
70
Mekanik Gameplay
80
Final Result
75
Biomutant
Kesimpulan Review Biomutant, Berdunia Indah Tanpa Kehidupan
Combat Strategis, Dunia yang Indah, dan Kebebasan berkustomisasi adalah senjata utama Biomutant untuk memberikan game dengan unsur RPG yang kental. Game ini sangat menakjubkan bagi kalian yang ingin fokus pada Combat yang penuh perhitungan. Belum lagi, ada banyak hal menarik yang bisa kita dapatkan dari cerita gamenya. Sejauh pengalaman saya bermain, game ini tentunya layak untuk kita coba terlebih dahulu. Namun untuk kalain yang lebih suka Story yang kompleks, game yang satu ini saya rasa kurang cocok.

Suka dengan konten seperti ini? Ikuti juga Gamedaim di Facebook, Instagram, dan Youtube Supaya kalian enggak ketinggalan informasi menarik lainnya seputar Game. Caranya gimana? Klik link dibawah ini bos

Facebook | Instagram | Youtube