Review NYK NEMESIS MCN-05 KLIO: Jernih Dan Murah

in , ,
Nyk Nemesis Mcn05 Klio Mikrofon Gamedaim Review

Review NYK MCN-05 KLIO ini akan penulis coba untuk rekam audio menggunakan Audacity.

Seperti yang kita kita ketahui sendiri, streaming jadi kegiatan yang digeluti banyak orang saat pandemi. Bukan hanya live streaming, online meeting pun demikian ramai saat kondisi seperti ini. Banyak orang yang WFH dan atau melakukan segala aktivitas dari rumah.

Tetapi akitivas tersebut haruslah didukung dengan alat yang memadai yang salah satunya ialah mikrofon sebagai jembatan suara kita menjadi suara digital.

Secara harga, KLIO ini terbilang terjangkau untuk kualitasnya. Namun, mampukah NYK NEMESIS MCN-05 KLIO menjadi mikrofon untuk live-streaming dan kebutuhan lainnya seperti cover lagu?

Simak review NYK NEMESIS MCN-05 KLIO berikut ini.

Unboxing NYK NEMESIS MCN-05 KLIO

Nyk Nemesis Mcn05 Klio Box Depan Gamedaim Review
Box bagian depan
Nyk Nemesis Mcn05 Klio Box Belakang Gamedaim Review
Bagian belakang box yang terdapat spesifikasi dan kartu garansi

Box dengan tema warna hijau-hitam ini bagian depannya terdapat gambar mikrofon beserta logo dan beberapa fitur highlight pada bagian kiri bawahnya. Sedangkan bagian belakangnya menjelaskan keseluruhan fitur dan spesifikasi mikrofon. Selain itu juga terdapat kartu garansi yang tertempel–tipikal produk dari NYK memang seperti ini.

Nyk Nemesis Mcn05 Klio Box Isi Gamedaim Review
Isi paket penjualan

Kemudian isinya itu antara lain: foam, pop filter, buku manual, 1 set arm stand, tripod stand meja, kabel USB B sepanjang 1.8 meter dengan material rubber, dan mikrofon.

Set arm stand ini mirip dengan stand taff studio yang sebenarnya bisa kita beli secara terpisah. Harganya sendiri di kisaran 60-70 ribuan Rupiah. Selain itu, NYK juga memberi tripod stand meja pada paket mikrofon ini. Stand meja-nya pun tipikal stand harga kisaran 30 ribuan Rupiah.

Nyk Nemesis Mcn05 Klio Arm Stand Gamedaim Review
Mikrofon dengan arm stand

Material untuk set arm stand dari alumunium tipis yang punya bobot enteng. Untuk penulis arahkan stand-nya sih lumayan fleksibel dengan pemutaran sampai 360 derajat–karena penulis juga memakai stand tersebut selama ini. Sedangkan material stand mejanya dari plastik di mana kaki nya dari besi.

Untuk pop filter, ini juga pop filter tipikal pop filter dari taff studio dengan harga kisaran 30 ribuan Rupiah yang gagangnya kurang fleksibel dan agak keras untuk digerakkan. Penulis pun memakai pop filter ini karena dapat dari paket penjualan Sades Orpheus yang sebelumnya pernah di-review.

Ya tidak ada yang spesial sih untuk 2 stand dan pop filter yang sudah tersedia pada paket penjualan. Tapi ketiga barang tadi jadi pilihan instan bagi yang gak mau ribet lagi beli stand dan pop filter secara terpisah.

Berbobot Enteng, Berbahan Alumunium

Nyk Nemesis Mcn05 Klio Hands On Gamedaim Review
Body mikrofon yang terbuat dari metal

MCN-05 KLIO punya bentuk lonjong pada body-nya, sedangkan bagian ujung atau mikrofonnya itu hampir berbentuk persegi. Secara ukuran memiliki panjang 15cm dengan lebar sekitar 4.6 cm dan berbobot sekitar 346 gram.

Logo terdapat pada bagian belakang body
Logo terdapat pada bagian belakang body

Warna hitam pada body mikrofon terbuat dari alumunium yang keras dan terdapat logo Nemesis Klio berwana putih di bagian belakangnya.

Bagian depan mikrofon sendiri terdapat 2 tombol model wheel untuk mengatur tingkat besaran Echo dan Volume. Dengan adanya efek Echo yang tersematkan pada mikrofon memungkinkan KLIO ini cocok untuk kalian yang ingin me-cover lagu.

2 tombol untuk Echo dan Volume
2 tombol untuk Echo dan Volume

Indikator tingkatan Echo dan Volume tombol hanya bisa kita ketahui lewat garis 1/2 lingkaran yang ter-printing pada body. Jadi secara besaran persentase kita hanya bisa mengira-ngiranya saja. Makin ke kiri makin kecil, dan diputar ke kanan makin besar secara intensitas. Tombolnya mudah untuk penulis putar karena terkesan enteng.

Konektor USB Type-B
Konektor USB Type-B

Mikrofon ini memiliki konektor USB Type-B yang dalam paket penjualan kita juga mendapatkan kabelnya, jadi tidak perlu repot-repot lagi membeli kabel Type B secara terpisah.

Perekaman Audio NYK NEMESIS MCN-05 KLIO

Perekaman audio penulis coba rekam melalui Audacity tanpa filter apapun yang berarti perekaman audio-nya benar-benar mentah. Penulis juga tidak memakai foam saat melakukan perekaman.

Mikrofon KLIO ini sendiri memiliki polar pattern secara unidirectional yang berarti hanya dari 1 arah saja suara yang bisa mikrofon tangkap.

Berikut hasil perekamannya.

Dari hasil perekaman sebelumnya, penulis bisa menjamin bahwa mikrofon dari NYK ini sangat cocok untuk penggunaan live streaming, online meeting, sampai cover lagu pun bisa.

Jarak mulut penulis ke mikrofon sendiri sekitar 5 cm dan suara yang terekam cenderung minim noise dan lumayan deep serta natural. Meskipun ada kipas angin yang nyala, itu pun suaranya tidak terlalu terekam. Hal ini tentunya juga dikarenakan tipe pick up suara secara satu arah jadi apapun ambient dari belakang mikrofon hampir tidak akan terekam.

Spesifikasi NYK NEMESIS MCN-05 KLIO

  • Polar Pattern : Uni-Directional
  • Element : 34 Pressure Gradient Transducer
  • Frequency Response : 20Hz – 20kHz
  • Sensitivity : -34dB±24dB (0dB=1V/Pa at 1kHz)
  • Output Impedance : 150Ω±30% (at 1kHz)
  • Load Impedance : >1000
  • Equivalent Noise Lvl : 16dBA
  • Max. SPL : 130dB (at 1kHz < 1 % T.H.D)
  • S/N Ratio : 78dB
  • Electrical Current : 3mA
  • Net Weight : 346g
  • Body Dimensions : 46x150mm

Bagi yang tertarik setelah membaca review NYK NEMESIS MCN-05 KLIO, mikrofon dari NYK ini bisa kalian beli dengan harga Rp400.000. Berikut link pembeliannya: Tokopedia

Pros
Bobot ringan dengan material metal
Kualitas perekaman natural, deep, dan minim noise
Sudah terpasang sound chipset
Konektor memakai USB
Tombol mikrofon mudah diputar
Cons
Indikator tombol susah ditebak secara persentase
Review NYK NEMESIS MCN-05 KLIO: Jernih Dan Murah
Final Result
9.5
Kesimpulan Review NYK NEMESIS MCN-05 KLIO: Jernih Dan Murah
Mikrofon condenser NYK NEMESIS MCN-05 KLIO menepis streotip bahwa mikrofon dengan audio perekaman bagus pastinya dimiliki oleh mikrofon dengan harga premium, namun berbeda dengan mikrofon satu ini. Meskipun harganya terbilang terjangkau, tetapi kualitas perekamannya tidak bisa diremehkan. Bahkan Sades Orpheus yang pernah penulis review sebelumnya memiliki kualitas perekaman yang hampir setara dengan MCN-05 KLIO ini. Bedanya, Orpheus merekam suara dengan profil lebih deep dibandingkan KLIO ini. Selain itu juga, 2 set stand dengan tambahan foam serta pop filter menjadi opsi instan untuk memiliki sebuah mikrofon tanpa ribet-ribet lagi membeli segala aksesoris pendukung secara terpisah.

Suka dengan konten seperti ini? Ikuti juga Gamedaim di Facebook, Instagram, dan Youtube Supaya kalian enggak ketinggalan informasi menarik lainnya seputar Game. Caranya gimana? Klik link dibawah ini bos

Facebook | Instagram | Youtube