Review Dareu LM115B: Mouse Wireless Untuk Kantoran

in , ,
Dareu Lm115b Side View Close Gamedaim Review

Review Dareu LM115B pada kesempatan ini, penulis mencoba memakai mouse murah meriah yang sudah dual mode ini dengan pemakaian kasual.

Sebelumnya penulis sudah mengulas mouse murah dari Dareu yaitu Dareu LM-107. LM-107 merupakan mouse gaming yang harganya tidak berbeda jauh dari LM115B karena punya range harga 100 ribuan. Tapi itu mouse gaming. Sedangkan LM115B menjadi mouse untuk penggunaan office karena beberapa fiturnya yang mendukung hal tersebut.

Simak review Dareu LM115B berikut ini.

Kecil dan Ringan

Dareu Lm115b Hands On Gamedaim Review
Hands on Dareu LM115B

Dareu LM115B tidak seperti mouse murah lainnya yang mengusung bentuk aneh-aneh.

Mouse ini ambidextrous berukuran panjang 10 cm, lebar 5.9 cm, dan tinggi 3.8 cm. Bagi penulis yang memiliki telapak tangan cukup besar, mouse ini terbilang sangat kecil. Secara daily driver sendiri, penulis memakai Rexus Daxa Air yang bentuknya hampir 1.5x lebih besar dari LM115B.

Dengan ukuran sedemikian rupa, fingertip grip jadi posisi tangan yang paling nyaman saat memakai mouse ini.

Bobot mouse terbilang enteng yaitu 90 gram yang ber-material-kan plastik ABS.

Top View
Tampilan atas mouse

Sebagai tipe office mouse atau mouse kantoran, durabilitas tombol mencapai 3 juta klik yang sudah silent. Hanya saja silent click tombol mouse hanya terletak pada left & right button. Sedangkan tombol DPI sampai side button-nya belum silent click. Jadi mouse belum benar-benar 100% silent click secara teknis. Agak kecewa sebenarnya karena penulis sendiri berharap seluruh tombolnya sudah silent click.

Menyoal DPI, ada 3 tingkatan yang tersedia. Tingkatan pertama itu 800, 1200, dan terakhir 1600 DPI. Kita hanya bisa bergantung pada settingan pabrikan dari 3 tingkatan tersebut yang alhasil, template angka DPI tidak bisa kita atur lebih mendalam lagi.

Penampilan mouse tidak terlalu hambar karena mengusung 2 warna yaitu putih dan abu-abu. Terdapat 2 varian warna lain yaitu hitam dan pink.

Dpi Button
Logo Dareu yang sejajar dengan tombol DPI dan scroll button

Bagian punggung body mouse terdapat logo Dareu yang sejajar dengan tombol DPI serta scroll. Sama seperti LM-107, mouse LM115B ini juga punya side button yang cukup menonjol.

Kemudian bagian bawah mouse terdapat 3 bantalan berwarna putih beserta slot baterai dan USB receiver yang berada di satu tempat. Selain itu ada toggle button untuk ON/OFF.

Memakai Baterai AA Sebagai Daya

Dareu Lm115b Alas Gamedaim Review
Bagian alas mouse
Dareu Lm115b Alas Terbuka Gamedaim Review
Daya mouse memakai baterai AA

Mouse ini tidak memakai baterai tanam jadi tidak bisa kita charging, melainkan harus memakai baterai AA sebagai daya mouse. Pada paket pembelian sendiri kita mendapatkan bonus 1 baterai AA dari Dareu untuk mouse.

Selain memakai 2.4 GHz nano receiver, Dareu LM115B juga memakai koneksivitas Bluetooth 5.0 yang berarti mouse sudah mengusung dual mode. Saat menyambungkan ke PC, akan keluar nama ‘LM115 BT5.0’ yang berarti mouse siap kita sambungkan.

Demi menghemat daya baterai, mouse akan otomatis mati sendiri jika tidak dipakai selama 8 menit lamanya.

Saat melakukan review Dareu LM115B, penulis mencoba sedikit-sedikit bermain Apex Legends menggunakan mouse dual mode ini.

Karena bentuknya yang terkesan kecil dibandingkan telapak tangan penulis, agak susah untuk bermain game fast-paced dari EA tersebut. Movement mouse terkesan agak kurang presisi apalagi pengaturan DPI juga tidak bisa diatur lebih rendah lagi. Jadi alangkah baiknya mouse ini dipakai untuk bermain game casual saja seperti The Sims 4 misalkan yang tidak perlu membutuhkan pergerakan intens saat bermain.

Spesifikasi Dareu LM115B

  • Type: Office Mouse
  • Sensor Resolution : 800-1600 DPI
  • Interface: Wireless 2.4GHz Nano Receiver + Bluetooth 5.0
  • Mouse Dimension: 107 x 59 x 38 mm
  • Receiver Dimension: 19 x 14.5 x 6 mm
  • Mouse Weight: 90g
  • Material: ABS
  • Clicks Durability: 3 Million Clicks

Bagi yang tertarik setelah membaca review singkat Dareu LM115B ini, kalian bisa membelinya dengan harga Rp175.000 melalui link pembelian berikut: Tokopedia

Pros
Bobot cukup ringan
Desain stylish dan tidak hambar
Dual konektivitas (USB receiver + Bluetooth 5.0)
Cons
Bentuk terlalu kecil
Silent click tidak di semua tombol
Review Dareu LM115B: Mouse Wireless Untuk Kantoran
Kesimpulan Review Dareu LM115B: Mouse Wireless Untuk Kantoran
Mouse Dareu LM115B cocok untuk kalian para pekerja kantoran. Mouse murah ini sudah mengusung dual mode wireless yaitu dengan USB receiver dan Bluetooth 5.0 di mana dayanya menggunakan baterai AA. Ya ini bisa jadi kekurangannya juga karena akan lebih hemat jika kita hanya perlu me-charging mouse jadi tidak perlu membeli baterai jika habis dayanya. Tapi tentunya saat melakukan pekerjaan kantoran kita tidak mau menunggu lama-lama mengisi daya baterai mouse jika mengusung baterai tanam. Jadi opsi daya baterai AA jadi pilihan tepat jika sasaran mouse ini ialah para pekerja kantoran yang kerjanya serba cepat dan fleksibel. Namun ukuran mouse yang terbilang kecil sepertinya agak memberikan ketidaknyamanan bagi kalian yang memiliki telapak tangan besar. Hal ini berimbas ke pergelangan tangan yang harus selalu tersentuh alas meja dan cukup menganggu bagi penulis pribadi.

Suka dengan konten seperti ini? Ikuti juga Gamedaim di Facebook, Instagram, dan Youtube Supaya kalian enggak ketinggalan informasi menarik lainnya seputar Game. Caranya gimana? Klik link dibawah ini bos

Facebook | Instagram | Youtube