GeekHardwareNintendo

Mengenal Konsol Famiclone, Konsol Imitasi Berbasis 8-Bit Famicom

Mengenal Konsol Famiclone – Kalian pasti pernah melihat atau bahkan memiliki konsol yang sangat mirip dengan konsol yang sedang booming dari segi desain, tapi memiliki software bawaan yang sangat berbeda dan malah hanya bisa memainkan game retro seperti NES atau SEGA Genesis. Konsol Famiclone adalah konsol yang merupakan imitasi dari konsol Famicom atau Nintendo Entertainment System, baik dari segi desain, maupun dari segi kompatibilitas software.

Ratusan konsol imitasi yang tidak sah dan salinan tanpa izin ini telah beredar sejak puncak popularitas NES di akhir tahun 1980-an. Teknologi yang digunakan dalam konsol imitasi semacam ini telah berkembang selama bertahun-tahun, sementara konsol imitasi paling awal membawakan PCB yang berisi kustom atau Integrated Circuit pihak ketiga, bahkan imitasi yang lebih baru menggunakan desain chip tunggal, dengan ASIC khusus yang mensimulasikan fungsionalitas hardware original-nya.

Sebagian besar konsol Famiclone berasal dari China dan Taiwan, dan sebagian kecil dari Korea Selatan. Di beberapa tempat, terutama bekas Blok Timur, negara bekas Uni Soviet, Amerika Selatan, berbagai negara Asia, dan juga Afrika, konsol semacam ini kadang-kadang dapat ditemukan berdampingan dengan perangkat keras resmi Nintendo, dan NES hanya tersedia dalam jumlah sedikit sehingga konsol imitasi lebih mudah untuk ditemukan.

Mengenal Jenis Konsol Famiclone Dan Kompatibilitasnya

Konsol Famiclone adalah konsol yang tidak dilisensikan secara resmi dan memiliki jenis yang bervariasi dari segi kualitas hardware, pustaka game, dan kinerja keseluruhan dari konsolnya. Beberapa konsol diproduksi dan dijual dengan biaya yang beragam, jadi tidak mengherankan kalau beberapa konsol Famiclone bisa setara dengan konsol aslinya dari segi material hardware. Dari segi tampilan dan build dasar, konsol Famiclone terbagi menjadi dua jenis.

Konsol Rumahan

Konsol famiclone rumahan polystation 3
Konsol Famiclone Rumahan Mini Polystation 3 | via Wikimedia

Kebanyakan Famiclone tipe ini dibuat dengan bentuk yang menyerupai konsol Famicom yang asli, tapi beberapa juga diproduksi menyerupai konsol lain, mulai dari NES, SNES, SEGA Genesis, sampai PlayStation 5 dan beberapa konsol yang memiliki bentuk yang generik. Biasanya mudah untuk membedakan Famiclone dari hardware asli yang ditirunya dengan adanya warna alternatif, nama merek yang diplesetkan dari nama konsol asli, atau konstruksi yang bahan yang ringkih.

Famiclone jenis konsol rumahan hampir selalu menggunakan cartridge, dan mereka biasanya kompatibel dengan game Famicom atau NES asli, serta cartridge yang dibuat khusus, terutama multi-cartridge, cartridge game bajakan yang menampung banyak game yang disusun ulang dan diacak, yang sering disertakan dalam setiap pembelian konsol. Konsol Famiclone paling populer di Asia, sebagian Eropa dan Amerika Latin, dengan sedikit yang aktif dijual di Amerika Utara karena penegakan hak cipta yang lebih kuat.

Beberapa konsol rumahan yang sering ditemui adalah konsol dari PolyStation, yang mana memang menjadi produsen konsol yang selalu memproduksi konsol imitasi untuk setiap generasi konsol terbaru.

Konsol Portable

Konsol famiclone portabel pvp pocket light
Konsol Famiclone Portabel PVP Pocket Light | via DailyMotion

Jenis Konsol Famiclone ini memiliki layar LCD bawaan dan biasanya ditenagai oleh baterai, oleh karena itu konsol jenis ini berfungsi sebagai konsol genggam yang sepenuhnya portabel. Salah satu konsol portabel pertama adalah Top Guy, meskipun hanya sedikit yang diketahui keberadaannya. Konsol portabel yang lebih banyak didistribusikan adalah Game Axe milik Redant, yang diproduksi dalam beberapa revisi hingga tahun 1990-an.

Ada juga konsol portabel Game Theory Admiral yang menampilkan layar TFT atau Thin-Film Transistor yang ditingkatkan dan sangat mirip dengan GameBoy Advance. Ada juga beberapa konsol Famiclone portabel berbentuk GameBoy atau sejenisnya, tetapi hanya dapat menampilkan game NES atau Famicom di TV dan memiliki tampilan sederhana dalam area layar LDC Game. Beberapa konsol imitasi Famicom portabel yang sering ditemui di Indonesia adalah PVP atau Play Vision Portable dan 99 in One Brick Game.

Kompatibilitas Hardware Dan Software

Chipset dari famiclone
Chipset dari Famiclone | via Wikimedia

Di saat sebagian besar Famiclone bisa memainkan sebagian besar game Nintendo berlisensi resmi dan kompatibel dengan sebagian besar cartridge asli, tingkat kompatibilitas hardware dengan aksesori NES original dan peralatan hardware lainnya dapat bervariasi dan bahkan tingkat kompatibilitas software tidak selalu sempurna.

Ketidakcocokan level software yang paling umum dalam game bawaan yang kebanyakan diantaranya adalah game olahraga, adalah kurangnya penyimpanan RAM, yang menyebabkan beberapa game yang menggunakan penyimpanan ini gagal saat mencoba menyimpan atau memuat data. Karena sebagian besar konsol Famiclone modern didasarkan pada ASIC NES-on-a-chip, mereka secara otomatis mewarisi semua keterbatasannya, yang mencakup gangguan grafis dan masalah kompatibilitas.

Dan itu tadi adalah ringkasan singkat tentang konsol Famiclone, semoga informasi ini bisa menambah wawasan kalian tentang pengetahuan dalam dunia konsol game.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment
Continue in browser
To install tap Add to Home Screen
Add to Home Screen
See this post in...
Gamedaim
Chrome
Add Gamedaim to Home Screen
Close

For an optimized experience on mobile, add Gamedaim shortcut to your mobile device's home screen

1) Press the share button on your browser's menu bar
2) Press 'Add to Home Screen'.