G ListHardware

Daftar Konsol Rumahan Generasi Ketiga, Era Baru Di Tahun ’80-an

Konsol Rumahan Generasi Ketiga – Setelah sebelumnya kita membahas tentang konsol rumahan dan konsol portabel dari generasi kedua, kali ini kita akan membahas generasi penerusnya. Konsol Generasi Ketiga adalah sebuah titik awal yang sangat mendekati era industri video game modern seperti saat ini. Beberapa perusahaan raksasa seperti Nintendo dan SEGA memiliki pijakan yang kuat di era ini sebagai saingan dalam mendominasi pasar video game dunia. Peristiwa ini yang kita sebut sebagai Classic Console Wars yang pernah kita bahas di artikel sebelumnya.

Konsol Generasi Ketiga, atau dikenal juga sebagai Era Konsol 8-Bit, adalah era dimana terjadinya peningkatan grafis dan kapabilitas suara untuk setiap konsol yang ada. Era Konsol Generasi Ketiga sendiri dimulai sejak pertengahan Juli 1983, dengan diluncurkannya dua konsol kenamaan di Jepang, yaitu Nintendo Famicom dan juga SEGA SG-1000. Diluncurkannya versi remodel dari Nintendo Famicom untuk luar Jepang yang kemudian dinamai Nintendo Entertainment System, sekaligus mengakhiri era Video Game Crash 1983.

Pada generasi ini, banyak tercipta konsol-konsol legendaris yang melekat di ingatan para Gamer. Lalu apa saja daftar Konsol Rumahan Generasi Ketiga yang berhasil diluncurkan? Daripada penasaran, langsung saja kita ke pembahasan utama.

Daftar Konsol Rumahan Generasi Ketiga

1. SEGA SG-1000

Sony dsc
SEGA SG-1000 | via Wiki

SEGA SG-1000 adalah konsol rumahan generasi ketiga yang diproduksi oleh SEGA. Konsol ini adalah entry pertama SEGA ke dalam bisnis konsol video game rumahan. Dikembangkan sebagai tanggapan terhadap penurunan di pasar arkade mulai tahun 1982, SG-1000 dibuat atas saran dari Hayao Nakayama, Pimpinan dari SEGA cabang Jepang, dan diluncurkan pada 15 Juli 1983, di hari yang sama ketika Nintendo meluncurkan konsol Family Computer di Jepang.

Konsol satu ini juga terlihat memiliki versi peluncuran terbatas di Australia dan Selandia Baru. SEGA SG-1000 diluncurkan dalam beberapa versi di pasaran, termasuk SC-3000 Computer dan desain ulang SG-1000 Mark II yang diluncurkan pada bulan Oktober tahun 1984. SEGA SG-1000 dan SC-3000 keduanya mendukung pustaka 76 game berbasis ROM Cartridge dan 29 game SEGA My Card.

2. Nintendo Famicom

Nintendo famicom
Nintendo Famicom | via Wikimedia

Nintendo Entertainment System, atau disebut juga NES, adalah konsol rumahan generasi ketiga berkekuatan 8-bit yang diproduksi oleh Nintendo. Konsol ini pertama kali diluncurkan di Jepang pada tahun 1983 sebagai Family Computer, atau umumnya dikenal sebagai Famicom. NES, atau versi yang didesain ulang, diluncurkan di pasar uji Amerika pada Oktober 1985, sebelum akhirnya diproduksi secara umum di Amerika Utara dan negara lain.

Setelah mengembangkan serangkaian game arkade yang sukses di awal 1980-an, Nintendo berencana untuk membuat konsol video game rumahan. Menolak pengajuan yang lebih rumit, presiden Nintendo, Hiroshi Yamauchi, menyuarakan ide konsol sederhana dan murah yang bisa digunakan untuk memainkan game yang disimpan dalam format cartridge. Desain kontrolernya menggunakan kembali desain dari Game and Watch, konsol portabel milik Nintendo. Mereka juga meluncurkan beberapa add-on, seperti light gun untuk game shooter.

3. SEGA Mark III

Sega mastrer system
SEGA Master System | via Wiki

Master System adalah konsol rumahan generasi ketiga berkekuatan 8-bit yang diproduksi oleh SEGA. Konsol ini pada awalnya merupakan versi ekspor remodel dari Sega Mark III, yang luncurkan di Jepang pada tahun 1985 dan menampilkan kemampuan grafis yang lebih ditingkatkan dibandingkan pendahulunya. Master System diluncurkan di Amerika Utara pada tahun 1986, diikuti oleh Eropa pada tahun 1987, dan kemudian di Brasil dan Korea pada tahun 1989.

Master System diluncurkan untuk bersaing dengan Nintendo Entertainment System atau NES. Pustaka game-nya lebih kecil dan dengan lebih sedikit game yang mendapat ulasan baik daripada konsol NES, yang sebagian karena kebijakan lisensi Nintendo yang membutuhkan eksklusivitas platform. Meskipun Master System memiliki perangkat keras yang lebih baru dan lebih baik, mereka gagal membalikkan keunggulan pangsa pasar Nintendo yang signifikan di Jepang dan Amerika Utara.

4. Atari 7800

Atari 7800
Atari 7800 | via Amazon

Atari 7800 ProSystem, atau Atari 7800, adalah konsol rumahan generasi ketiga yang secara resmi diluncurkan oleh Atari Corporation pada tahun 1986 sebagai penerus dari Atari 2600 dan Atari 5200. Konsol ini dapat menjalankan hampir semua cartridge Atari 2600, sekaligus menjadikannya salah satu konsol pertama dengan kompatibilitas mundur. Atari 7800 datang dengan model joystick yang berbeda dari CX40 2600-standard dengan Pole Position II sebagai game dalam paket.

Dirancang oleh General Computer Corporation, Atari 7800 telah meningkatkan hardware grafis secara signifikan dibandingkan konsol Atari sebelumnya, tetapi menggunakan chip Television Interface Adaptor yang sama yang diluncurkan dengan Atari 2600 pada tahun 1977 yang digunakan untuk menghasilkan audio.

5. Konsol Lainnya

Bbc bridge companion
BBC Bridge Companion | via Wiki

Selain keempat konsol diatas, Pasar Konsol Rumahan Generasi ketiga juga turut diramaikan oleh konsol yang merupakan perangkat tambahan ataupun konsol yang kurang terpandang di pasar konsol dunia. Konsol tersebut adalah Videopac+ G7400, My Vision, dan PV-1000 tahun 1983, Super Cassette Vision tahun 1984, BBC Bridge Companion tahun 1985, Telegames Personal Arcade dan Famicom Disc System tahun 1986, Atari XEGS dan Action Max tahun 1987, View-Master Interactive System dan VTech Socrates tahun 1988, Amstrad GX4000 dan Commodore 64 Games System tahun 1990, dan juga konsol tiruan Dendi Famiclone tahun 1992.

Selain itu, di generasi ini juga ada konsol yang direncanakan peluncurannya pada tahun 1985, tapi sayangnya dibatalkan karena beberapa alasan. Konsol ini adalah konsol Halcyon yang didesain memiliki LaserDisc Player dan komputer bawaan yang masing-masing adalah ukuran dari model awal VCR atau Video Cassette Recorder.

Dan itu tadi adalah daftar Konsol Rumahan Generasi ketiga yang berhasil Gamedaim rangkum, semoga bisa menambah wawasan kalian tentang konsol game retro yang melegenda ini.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment