G ListHardware

5 Konsol Dengan Desain Terburuk Sepanjang Masa

Konsol Dengan Desain Terburuk – Konsol video game pastinya dirancang bentuknya saat proses pengembangannya. Bentuk dan desain dari konsol video game adalah salah satu aspek utama yang harus diperhatikan untuk menarik minat orang, apalagi kalau sudah memiliki target pasar tetap. Nah dalam setiap generasi, pastinya ada saja perusahaan pengembang konsol yang membuat desain konsol mereka se-unik mungkin agar mudah diingat dan menarik minat pasar internasional.

Tapi alih-alih menjadi konsol yang unik dan terlihat menarik, beberapa konsol yang ada justru terlihat aneh dan disebut memiliki desain terburuk. Penilaian ini tentunya tidak terbatas pada desain mesinnya saja, tapi juga pada bentuk kontroler bawaan dan juga varian warna yang tersedia. Tapi meskipun memiliki desain yang dibilang terburuk, nyatanya kebanyakan dari konsol-konsol tersebut laris di pasar video game, dan bahkan bisa mendominasi pasar.

Nah dalam artikel kali ini, kita akan membahas tentang 5 Konsol Dengan Desain Terburuk sepanjang masa. Daripada penasaran, langsung saja lanjut ke daftarnya!

5 Konsol Dengan Desain Terburuk

1. PlayStation 5

Play station 5
PlayStation 5 | via The Indian Express

Daftar ini dibuka dengan konsol rumahan generasi terbaru dari Sony. PlayStation 5 adalah konsol terbaru Sony yang diluncurkan pada pertengahan November tahun 2020 lalu. Alasan kenapa konsol ini masuk dalam daftar ini dan menempati posisi pertama adalah karena penampilannya yang banyak dinilai Gamer luar negeri sebagai bentuk yang buruk, dan bahkan banyak yang menjadikan konsol ini sebagai meme karena memang bentukan dan warnanya yang kurang mengesankan.

Alih-alih terlihat elegan dengan menggunakan kombinasi warna monochromic, PS5 justru terlihat semakin tidak elegan saat ditempatkan dalam posisi terbaring. Memiliki plate hitam yang berada di tengah dua plate putih membuat PS5 terlihat seperti kerang. Tapi meskipun desainnya disebut sebagai yang terburuk dari jajaran konsol PlayStation, PS5 tetap menjadi idaman Gamer Millenial karena spesifikasi dalaman dan judul-judul game di dalamnya.

2. Nintendo Original 2DS

Nintendo 2ds
Nintendo 2DS | via CNET

Yang kedua dalam daftar Konsol dengan desain terburuk kali ini adalah Nintendo 2DS. Konsol portabel milik Nintendo ini diluncurkan pada pertengahan Oktober tahun 2013 lalu. Kalau kalian bertanya kenapa konsol ini disebut sebagai konsol yang memiliki desain terburuk, jawabannya ada pada versi terbitan pertamanya. Nintendo Original 2DS membawa konsep yang sama dengan konsep konsol portabel Dual-Screen milik Nintendo yang lain, hanya saja yang versi ini bukan konsol flip.

Alih-alih menjadi konsol portabel yang terlihat keren dan menarik minat pasar, Nintendo Original 2DS malah menyandang predikat sebagai “Badut” di kalangan konsol DS Nintendo. Saat konsol DS yang lain menggunakan desain flip yang bisa dibuka-tutup untuk menghindarkan layar dari benturan, Nintendo Original 2DS sama sekali tidak memiliki hal itu. Selain itu, Nintendo Original 2DS juga tidak memiliki game yang eksklusif selain game-game yang diluncurkan untuk Nintendo 3DS.

3. SEGA 32X

Sega 32x
SEGA 32X | via Wikimedia

Setelah Nintendo, datanglah SEGA. Salah satu konsol SEGA yang masuk dalam daftar konsol dengan desain terburuk kali ini adalah SEGA 32X. Selama era Console Wars, SEGA dan Nintendo adalah saingan abadi yang saling melempar ejekan dalam bentuk iklan komersil. Keseruan persaingan dua perusahaan ini bisa kalian baca di artikel sebelumnya tentang Console Wars. SEGA 32X adalah perangkat tambahan yang dipasang pada slot cartridge SEGA Genesis untuk memainkan game 32-bit milik mereka.

Karena popularitas SEGA Genesis mulai menurun setelah Nintendo menerbitkan game Donkey Kong Country, yang mana merupakan game 32-bit pertama yang bisa dimainkan di konsol Super Famicom tanpa membutuhkan perangkat tambahan, SEGA, demi mempertahankan posisinya sebagai perusahaan konsol terdepan, meluncurkan perangkat 32X di akhir era konsol generasi keempat. Tentu saja perangkat tambahan ini membuat konsol Genesis menjadi berukuran lebih besar dan juga sering dikeluhkan mengalami gangguan saat bermain.

4. Xbox One

Xbox one
Xbox One | via Wiki

Selanjutnya kita beralih ke konsol Xbox. Xbox One berhasil menempati posisi keempat dalam daftar konsol dengan desain terburuk kali ini. Konsol ini merupakan kompetitor untuk PS4, Nintendo Wii U, dan juga Nintendo Switch. Konsol yang diluncurkan pada akhir November 2013 ini memiliki desain yang sangat umum dan polos. Hanya berbentuk balok tipis dengan sedikit ukiran di bagian atasnya dan lambang Xbox di bagian depan.

Bentukannya malah tidak berbeda jauh dengan PS4 yang menjadi kompetitornya. Meskipun sudah didukung dengan kontroler wireless dan spesifikasi dalaman yang wah, tapi konsol ini belum bisa mengalahkan penampilan elegan dari PlayStation 4 dan juga Nintendo Wii U. Bahkan Kinect Sensor yang menjadi kartu as mereka hanya cocok dan tersedia untuk varian warna hitam saja.

5. SEGA Game Gear

Sega game gear
SEGA Game Gear | via Wiki

Yang terakhir dalam daftar konsol dengan desain terburuk kali ini kembali ditempati oleh konsol dari SEGA. SEGA Game Gear adalah konsol portabel yang diluncurkan pada awal Oktober tahun 1990. Konsol portabel ini diluncurkan sebagai pesaing dari GameBoy milik Nintendo yang sudah setahun lebih dulu beredar di pasaran. SEGA Game Gear menawarkan berbagai fitur yang pastinya terlihat lebih menjanjikan dari konsol portabel milik pesaingnya itu.

Tapi sayangnya, kenyataan berkata lain. SEGA Game Gear yang ditargetkan menjadi konsol On The Go malah memiliki ukuran yang terlalu besar dan kurang praktis untuk dibawa kemana-mana. Selain itu, konsol ini juga memakan banyak daya dan membutuhkan 6 buah baterai berukuran AA yang hanya bisa bertahan selama 3 sampai 5 jam saja.

Alasan kenapa konsol ini sangat boros baterai tidak lain karena Game Gear menawarkan terlalu banyak fitur, termasuk fitur Backlight dan TV Tuner yang memang membutuhkan banyak daya dalam pengoperasiannya..

Dan itu tadi adalah daftar 5 Konsol Dengan Desain Terburuk versi Gamedaim. Kalau kalian punya tambahan konsol dengan desain terburuk, jangan lupa tulis di kolom komentar.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment