G List

6 Konsol Pertama Dari Berbagai Perusahaan Yang Bergerak Di Industri Video Game

Konsol Pertama Dari Berbagai Perusahaan – Kalau membicarakan tentang konsol, pastinya sekarang sudah ada banyak sekali konsol ternama yang memiliki kekuatan tinggi dan dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan besar yang memang bergerak di industri video game. Tapi tentunya sebelum menjadi perusahaan yang besar dan mampu memproduksi konsol berkekuatan tinggi, perusahaan-perusahaan ini dulunya pernah mempertaruhkan keuangan mereka untuk meluncurkan konsol pertama dan bersaing di pasar video game.

Dalam persaingan industri konsol video game, awalnya banyak yang tertarik untuk membuat konsol rumahan mereka sendiri. Tapi sejak era konsol generasi pertama, banyak perusahaan produsen konsol yang mulai mengundurkan diri dari persaingan pasar konsol karena persaingan yang semakin ketat. Hanya ada sedikit perusahaan yang bisa bertahan dari era awal kejayaan mereka hingga sekarang. Kebanyakan dari perusahaan tersebut mundur karena efek dari Video Game Crash yang terjadi tahun 1983.

Nah Dalam artikel kali ini, kita akan membahas tentang 6 konsol pertama dari berbagai perusahaan yang bergerak di industri video game. Penasaran apa saja konsol pertama dari berbagai perusahaan dalam daftar ini? Tanpa mengulur waktu lagi, mari kita langsung ke pembahasan utamanya.

6 Konsol Pertama Dari Berbagai Perusahaan

1. Color TV-Game

Color tv game
Color TV-Game | via Wikimedia

Kita buka daftar Konsol Pertama Dari Berbagai Perusahaan kali ini dengan konsol pertama dari Nintendo, yaitu Color TV-Game. Color TV-Game adalah sistem video game pertama yang pernah dibuat oleh Nintendo. Sistem ini diluncurkan sebagai rangkaian dari lima konsol video game rumahan khusus antara tahun 1977 dan 1980 di Jepang. Nintendo menjual tiga juta unit dari empat model pertama. Seri Color TV-Game memiliki angka penjualan tertinggi dari semua konsol video game generasi pertama.

Konsol Color TV-Game adalah langkah awal Nintendo untuk bergerak dalam industri konsol video game. Konsol ini sendiri terdiri dari lima konsol khusus yang diluncurkan pada tahun yang berbeda, dan masing-masing konsol memiliki sejumlah kecil game dan kontroler bawaan. Versi dari Color TV-Game yang pernah diluncurkan diantaranya adalah Color TV-Game 6 keluaran tahun 1977, Color TV-Game 15 dan Color TV-Game Racing 112 keluaran tahun 1978, Color TV-Game Block Breaker keluaran tahun 1979, dan juga seri penutup yaitu Computer TV-Game keluaran tahun 1980.

2. SEGA SG-1000

Sony dsc
SEGA SG-1000 | via Wikipedia

Yang kedua dalam daftar Konsol Pertama Dari Berbagai Perusahaan kali ini adalah SEGA SG-1000. SG-1000 adalah konsol video game rumahan yang diproduksi oleh SEGA. Konsol ini adalah entry pertama SEGA ke dalam bisnis konsol video game rumahan. Dikembangkan sebagai tanggapan terhadap penurunan popularitas arkade mulai tahun 1982, SG-1000 dibuat atas saran Hayao Nakayama, sang presiden SEGA cabang Jepang , dan diluncurkan pada pertengahan Juli tahun 1983, di hari yang sama ketika Nintendo meluncurkan konsol Family Computer di Jepang.

SG-1000 juga mendapat versi luncuran terbatas di Australia dan Selandia Baru. SG-1000 diluncurkan dalam beberapa versi, termasuk komputer SC-3000 dan desain ulang SG-1000 Mark II yang diluncurkan pada tahun 1984. SG-1000 dan SC-3000 keduanya mendukung pustaka sebanyak 76 game berformat ROM Cartridge dan 29 game Sega My Card. Versi ketiga dari konsol ini yaitu SEGA Mark III, diluncurkan pada tahun 1985. Konsol ini memberikan prosesor tampilan video kustom yang lebih baik dari versi sebelumnya dan berfungsi sebagai dasar untuk Master System pada tahun 1986.

3. PlayStation

Playstation
PlayStation | via Wikipedia

Konsol Pertama Dari Berbagai Perusahaan yang ketiga adalah PlayStation. PlayStation atau yang umumnya dikenal sebagai PS1/PS one atau nama kodenya PSX, adalah konsol video game rumahan yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Sony Computer Entertainment. Konsol ini diluncurkan pertama kali di Jepang pada 3 Desember 1994. Sebagai konsol generasi kelima, PlayStation utamanya bersaing dengan Nintendo 64 dan SEGA Saturn. Sony mulai mengembangkan PlayStation secara mandiri setelah gagal bekerjasama dengan Nintendo untuk membuat perangkat CD-ROM untuk konsol SNES pada awal 1990-an.

Konsol ini merupakan hasil rancangan dari Ken Kutaragi dan Sony Computer Entertainment di Jepang, sementara pengembangan tambahan dialihdayakan ke Inggris. Penekanan pada grafis poligon 3D ditempatkan di garis depan desain konsol ini. Produksi game PlayStation dirancang untuk disederhanakan dan bersifat inklusif agar bisa menarik dukungan dari banyak pengembang pihak ketiga.

4. Atari 2600

Atari 2600
Atari 2600 | via Wikipedia

Yang keempat dalam daftar Konsol Pertama Dari Berbagai Perusahaan adalah Atari 2600. Atari 2600, awalnya dinamai Atari Video Computer System atau Atari VCS, dari diluncurkan hingga November 1982, adalah konsol video game rumahan yang dikembangkan dan diproduksi oleh Atari, Inc.. Diluncurkan pada September 1977, Konsol ini mempopulerkan hardware dan game berbasis microprocessor yang disimpan pada ROM Cartridge yang dapat ditukar. VCS dibundel dengan dua kontroler joystick, sepasang kontroler paddle, dan cartridge game.

Atari berhasil membuat video game arkade, tetapi biaya pengembangan dan umurnya yang terbatas mendorong CEO Nolan Bushnell untuk mengembangkan sistem rumahan yang dapat diprogram. Microprocessor murah pertama dari MOS Technology pada akhir tahun 1975 membuat konsol ini menjadi matang. Konsol ini dibuat prototype dengan codename Stella oleh anak perusahaan Atari, yaitu Cyan Engineering. Karena kekurangan dana untuk menyelesaikan proyek tersebut, Bushnell akhirnya menjual Atari ke Warner Communications pada tahun 1976.

5. Xbox

Xbox
Xbox | via Wikipedia

Konsol Pertama dari berbagai perusahaan yang kelima adalah Xbox. Xbox adalah konsol video game rumahan dan masukan pertama dalam seri Xbox yang diproduksi oleh Microsoft. Konsol ini diluncurkan sebagai terjangan pertama Microsoft ke pasar konsol game pada tanggal 15 November 2001 di Amerika Utara. Konsol ini diklasifikasikan sebagai konsol generasi keenam, bersaing dengan Sony PlayStation 2 dan Nintendo GameCube. Xbox juga merupakan konsol besar pertama yang diproduksi oleh perusahaan Amerika sejak meluncurnya Atari Jaguar pada tahun 1993.

Xbox pertama kali diumumkan pada Maret tahun 2000. Dengan diluncurkannya PlayStation 2 yang menampilkan kemampuan untuk memutar CD-ROM dan DVD selain bermain game, Microsoft menjadi khawatir bahwa konsol game ini akan mengancam popularitas PC sebagai perangkat hiburan untuk ruang keluarga. Sementara sebagian besar konsol game pada saat itu dibuat dari komponen perangkat keras khusus, Xbox diciptakan menggunakan komponen PC standar, menggunakan variasi Microsoft Windows dan DirectX sebagai sistem operasinya untuk mendukung game dan pemutaran media.

6. Magnavox Odyssey

Magnavox odyssey
Magnavox Odyssey | via The Digital Museum

Yang keenam dalam daftar Konsol Pertama Dari Berbagai Perusahaan adalah Odyssey milik perusahaan Magnavox. Magnavox Odyssey adalah konsol video game rumahan komersial yang pertama. Konsol ini dirancang oleh tim kecil yang dipimpin oleh Ralph H. Baer di Sanders Associates, sementara Magnavox menyelesaikan pengembangan dan meluncurkannya di Amerika Serikat pada September 1972 dan di luar negeri pada tahun berikutnya.

Odyssey berbentuk kotak berwarna putih, hitam, dan coklat yang terhubung ke televisi, dan dua kontroler persegi panjang yang dihubungkan dengan kabel. Konsol ini mampu menampilkan tiga titik persegi dan satu garis dengan ketinggian yang berbeda-beda di layar dalam warna hitam putih monokrom, dengan pergerakan titik yang berbeda tergantung pada game yang dimainkan. Pemain menempatkan lapisan plastik di layar untuk menampilkan elemen visual tambahan untuk setiap game.

Dan itu tadi adalah daftar 6 Konsol Pertama dari berbagai perusahaan yang harus kalian tau. Semoga informasi konsol pertama dari berbagai perusahaan ini bisa menambah wawasan kalian tentang sejarah konsol video game.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment