G List

5 Konsol SEGA Terbaik Sepanjang Masa

Konsol SEGA TerbaikSEGA adalah perusahaan raksasa yang berbasis di Jepang, dan bergerak di bidang video game. Sebelum “banting setir” sepenuhnya ke bidang perangkat lunak, perusahaan ini juga sempat memproduksi komputer rumahan dan juga konsol video game. Bahkan, SEGA juga sempat berpartisipasi dalam event Console Wars dan bersaing ketat dengan Nintendo, Sony, dan juga Microsoft.

SEGA pertama kali didirikan pada tahun 1951 dan dulu berbasis di Honolulu, Hawaii. Selama masa keemasannya dalam memproduksi konsol video game, perusahaan ini sudah meluncurkan berbagai jenis konsol, mulai dari konsol rumahan sampai konsol portabel. Bahkan di beberapa kesempatan, SEGA pernah mengalahkan dominasi Nintendo.

Beberapa konsol yang diluncurkan oleh perusahaan ini merupakan produk gagal, sementara yang lainnya cukup laris di pasaran. Seperti halnya Nintendo, SEGA juga merupakan perusahaan penghasil konsol yang unik, inovatif, dan bisa membawa video game menuju era yang baru. Nah, dalam artikel kali ini, Gamedaim akan memberikan daftar 5 Konsol SEGA Terbaik Sepanjang Masa untuk kalian.

5 Konsol SEGA Terbaik Sepanjang Masa

1. SEGA Mega Drive / Genesis

Sony dsc
SEGA Genesis | via Wiki

Konsol SEGA Terbaik yang pertama sekaligus yang terbaik adalah SEGA Mega Drive ataudikenal juga dengan nama SEGA Genesis. Konsol ini merupakan konsol pesaing Super Famicom milik Nintendo dan diluncurkan pertama kali pada tahun 1988 di Jepang. Konsol ini sudah terjual sebanyak 40,8 juta unit selama masa produksinya.

Konsol ini memiliki kekuatan 16-bit dan merupakan konsol masterpiece yang pernah diluncurkan oleh SEGA. Alasan dibalik kesuksesan konsol ini adalah target pasar mereka yang mengarah pada orang yang lebih dewasa. Alasan ini juga menjadi dasar pemikiran bagi SEGA untuk mengembangkan game sadis bernama Mortal Kombat dengan darah yang berwarna merah dan bukan hijau.

Kesuksesan Mega Drive juga mencapai Indonesia, dimana harga konsol ini memang lebih murah dari Super Famicom milik Nintendo.

2. SEGA Dreamcast

Sega dreamcast
SEGA Dreamcast | via Internet Archieve

Konsol SEGA Terbaik yang selanjutnya adalah SEGA Dreamcast. Konsol yang masuk dalam generasi ke-6 ini menjadi pesaing bagi Nintendo GameCube dan juga Sony PlayStation. Konsol ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1998, dan menjadi pembuka konsol generasi ke-6. Konsol ini berada jauh di bawah penjualan SEGA Genesis, yakni terjual sebanyak 10,6 juta unit di seluruh dunia.

SEGA Dreamcast dianggap sebagai konsol yang unggul pada masa peluncurannya, karena memiliki interval waktu peluncuran yang lumayan jauh dari konsol pesaingnya. SEGA Dreamcast merupakan Konsol SEGA Terbaik sekaligus entry konsol terakhir dari SEGA, sebelum akhirnya mereka mundur dari persaingan pasar konsol karena kalah saing dengan PS2.

Konsol ini menawarkan fitur online, dimana untuk konektifitasnya masih menggunakan sinyal telepon rumah yang disambungkan dengan kabel LAN. Beberapa judul yang populer di konsol ini antara lain, Soul Caliber, Jet Set Radio, dan juga Shenmue

3. SEGA Master System

Sega master system
SEGA Master System | via Wikimedia

Konsol SEGA Terbaik yang ke-3 adalah SEGA Master System. Setelah kegagalan dari SEGA SG-1000, SEGA mempelajari banyak hal. Pada tahun 1986, perusahaan ini memperkenalkan konsol terbarunya, yaitu SEGA Master System. Konsol berkekuatan 8-bit ini akhirnya bisa bersaing sederajat dengan Nintendo Famicom dan sekaligus memberikan SEGA pengalaman bersaing yang serius untuk pertama kalinya dalam perkembangan Console Wars.

Ini juga menjadi kali pertama SEGA menghasilkan judul game yang populer dan mengokohkan posisinya dalam sejarah video game. Judul yang populer diantaranya adalah Space Harrier dan Phantasy Star diterbitkan di konsol ini sekaligus menjadi bukti bahwa SEGA bisa memproduksi game yang luar biasa bagusnya.

Konsol ini menyebar luas dan menjadi konsol best seller di pasar Eropa, terutama Brazil yang bahkan sampai sekarang masih memperjual-belikan konsol ini.

4. SEGA Saturn

Sega saturn
SEGA Saturn | via Wiki

Konsol SEGA Terbaik selanjutnya adalah SEGA Saturn. Konsol ini masuk ke dalam konsol generasi ke-5 dan merupakan pesaing dari Nintendo 64 dan Sony PlayStation. Meskipun konsol ini sangat laris di Jepang dan mengalahkan angka penjualan Sony PlayStation, di Amerika, konsol ini tidak lebih dari sekedar kegagalan.

SEGA mengira kalau masa depan dari video game adalah kelanjutan dari Super Famicom atau Mega Drive. Tapi mereka salah. Peluncuran Sony PlayStation mengubah segalanya. Pasar konsol sudah beralih kepada Petualangan 3D, First-Person Shooter, dan juga Survival Horror. Hal yang sangat disayangkan bahwa SEGA Saturn tidak memiliki satupun dari kategori tersebut, dan malah melanjutkan tradisi side-scrolling dan porting arkade.

Tapi meskipun menjadi konsol yang gagal, SEGA Saturn tetap memiliki judul game yang tidak kalah bagusnya dengan PlayStation. Beberapa judul yang terkenal misalnya Dragon Force dan waralaba Panzer Dragoon.

5. SEGA Game Gear

Game gear
SEGA Game Gear | via Wiki

SEGA Game Gear merupakan Konsol SEGA Terbaik yang terakhir dalam daftar ini. Pada tahun 1990, SEGA meluncurkan konsol portabel pertama sekaligus satu-satunya, yaitu SEGA Game Gear. Konsol Portabel ini dirancang untuk menyaingi Nintendo GameBoy secara langsung. SEGA merasa mereka akan menjadi pemenang dengan diluncurkannya konsol portabel ini.

Tidak seperti desain GameBoy yang monitornya terkesan seperti kalkulator, Game Gear memiliki tampilan yang full-color dan cahaya latar, yang mana bisa membuat pemainnya bisa bermain meskipun dalam gelap. Konsol portabel ini juga memiliki beberapa keunggulan lain, seperti TV Tuning dan juga perangkat pembesar layar.

Tapi SEGA tampaknya tidak menyadari kelemahan dari Game Gear yang sepertinya cukup fatal. Konsol portabel ini menjadi sangat boros baterai karena banyaknya fitur yang menguras daya, dan juga konsol portabel ini membutuhkan 4 buah baterai untuk bisa menyalakannya. Selain itu, Desainnya juga sangat besar dan berat sehingga tidak se-portabel Nintendo GameBoy, dan ukuran cartridge Game Gear juga lebih besar dari cartridge milik GameBoy.

Itu tadi adalah daftar 5 Konsol SEGA Terbaik Sepanjang Masa yang Gamedaim rangkum untuk kalian. Kalau kalian punya konsol SEGA yang mana?

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment
Continue in browser
To install tap Add to Home Screen
Add to Home Screen
See this post in...
Gamedaim
Chrome
Add Gamedaim to Home Screen
Close

For an optimized experience on mobile, add Gamedaim shortcut to your mobile device's home screen

1) Press the share button on your browser's menu bar
2) Press 'Add to Home Screen'.