TipsG List

5 Genre Game Retro Terpopuler Pada Masanya

Genre Game Retro TerpopulerGame Retro adalah game yang diterbitkan mulai dari era konsol generasi ke-3 hingga konsol generasi ke-6. Terhitung lebih dari sepuluh ribu judul yang sudah diterbitkan selama tiga generasi tersebut. Dan dari sekian banyaknya judul, tentunya semua itu memiliki genre yang berbeda untuk setiap judul atau waralaba.

Kebanyakan genre untuk game retro yang diterbitkan pada masa itu mengikuti tren yang sedang booming pada masa itu. Dan kalau membahas tentang genre game retro terpopuler pada masa lalu, pastinya didominasi oleh game Side-scrolling yang memang merupakan genre yang menjadi ide segar dalam industri game pada masa itu.

Nah dalam artikel kali ini, Gamedaim akan membahas tentang daftar 5 Genre Game Retro Terpopuler pada masanya.

5 Genre Game Retro Terpopuler pada Masanya

1. Sidescrolling Platformer

Super mario bros. 2
Super Mario Bros. 2 | via Kotaku

Genre yang pertama adalah Side-scrolling Platformer. Genre ini dipopulerkan oleh dua waralaba game legendaris yaitu Super Mario Bros. milik Nintendo dan Sonic the Hedgehog milik SEGA. Alasan kenapa genre game ini sangat populer, adalah karena proses pembuatannya yang relatif mudah dan juga keterbatasan teknologi pada masa itu yang membuat game 3D Platformer sangat jarang dijumpai.

Ternyata popularitas genre ini juga bertahan hingga sekarang, bahkan banyak juga game indie yang membawakan genre Sidecrolling Platformer semacam ini. Tentunya berkat Super Mario Bros. dan Sonic the Hedgehog, pengembang game indie memiliki templat atau konsep yang membantu mereka dalam mengembangkan game orisinal mereka tanpa harus repot-repot membuat game 3D Platformer untuk menarik minat pemain.

2. Hack ‘n Slash

The legend of zelda
The Legend of Zelda | via GQ

Genre Game Retro Terpopuler yang ke-2 adalah Hack ‘n’ Slash. Genre ini sipopulerkan oleh waralaba game kenamaan Nintendo, yaitu The Legend of Zelda. Hack ‘n Slash populer karena menuntut kecepatan tangan dalam mengambil tindakan untuk menyerang ataupun bertahan. Game Hack ‘n Slash mulai populer setelah Nintendo menerbitkan The Legend of Zelda pada tahun 1986, kemudian diikuti oleh Prince of Persia pada tahun 1989

Di era sekarang, game berjenis Hack & Slash sudah banyak dijumpai. Salah satu game atau waralaba yang terkenal menggunakan genre ini di era sekarang adalah waralaba Devil May Cry, yang identik dengan karakter Dante. Selain Devil May Cry, ada juga waralaba God of War, Dynasty Warrior, dan juga Ninja Gaiden yang ikut menggunakan genre ini.

3. Beat ‘em Up

Street fighter 2
Street Fighter 2 | via Euro Gamer

Genre Game Retro Terpopuler selanjutnya adalah Beat ‘em Up. Genre Game ini adalah Game pertarungan tangan kosong, entah itu 1v1 atau 1v4. Yang harus dilakukan pemain saat memainkan game berjenis ini adalah menghajar dan mengalahkan musuh untuk bisa lanjut ke babak selanjutnya. Beat ‘em Up dipopulerkan oleh Street Fighter 2, sementara game Beat ‘em Up yang pertama kali diterbitkan adalah Kung-Fu Master pada tahun 1984.

Sama seperti Hack and Slash, Beat ‘em Up juga populer karena gameplay yang disuguhkan penuh aksi, sadis, dan terkadang brutal. Genre ini juga menuntut kecepatan tangan pemain dalam mengambil keputusan untuk menyerang atau bertahan, dan hanya bisa membuka jalan ke area selanjutnya dengan cara mengalahkan musuh di area sebelumnya. Beberapa waralaba yang mengusung genre ini antara lain Teenage Mutant Ninja Turtles, The Bouncer, dan Fighting Force.

4. RPG

Final fantasy ii
Final Fantasy II | via G2A

Genre Game Retro Terpopuler yang selanjutnya dalam daftar ini adalah Role-Playing Game atau RPG. Genre ini merupakan Genre Game Retro Terpopuler hingga sekarang. RPG merupakan genre game retro paling rumit dari semua genre di atas, karena pemain juga harus memikirkan kelemahan lawan yang dihadapi. Kepopuleran Genre ini tidak lepas dari pengaruh waralaba Final Fantasy, khususnya Final Fantasy VII yang berhasil menghancurkan dominasi Nintendo 64 di pasar Amerika Utara.

RPG memiliki beberapa sub-genre, seperti Turn-Based dan Action-RPG. Waralaba besar yang mengusung genre ini diantaranya adalah waralaba Final Fantasy, The Elder Scrolls, Dragon Quest, dan juga Pokemon.

5. Shooter

Super metroid
Super Metroid | via Polygon

Genre Game Retro Terpopuler yang terakhir dalam daftar ini adalah Shooter. Dalam Game yang mengusung genre ini, biasanya juga digandengkan dengan genre Adventure. Pemain harus menyusuri sebuah area sambil menembaki musuh yang ada di depannya. Genre Game Retro Terpopuler ini cocok untuk Gamer yang menyukai tantangan dan suka menghabisi monster berupa alien, monster, atau bahkan sesama manusia.

Genre ini memiliki berbagai macam sub-genre, seperti First-Person Shooter, Second-person Shooter dan juga Side-scrolling Shooter. beberapa waralaba yang mengusung genre ini diantaranya adalah waralaba Metroid, Doom, Quake, dan Turok.

Dan itu tadi adalah daftar 5 Genre Game Retro Terpopuler yang Gamedaim rangkum untuk kalian. Kalau kalian punya tambahan genre lain, bisa tambahkan di kolom komentar.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment
Continue in browser
To install tap Add to Home Screen
Add to Home Screen
See this post in...
Gamedaim
Chrome
Add Gamedaim to Home Screen
Close

For an optimized experience on mobile, add Gamedaim shortcut to your mobile device's home screen

1) Press the share button on your browser's menu bar
2) Press 'Add to Home Screen'.