TipsG List

5 Jenis Game RPG dan Penjelasannya

Jenis Game RPG – Untuk kalian para Gamer yang sudah lama mengenal Game RPG, pastinya sudah tahu apa itu RPG. Tapi untuk kalian yang belum mengenal genre ini, pasti kalian bertanya-tanya. Apa itu RPG? Kenapa dari satu game RPG dengan game RPG lainnya terlihat berbeda dari segi cara kerja sistemnya maupun battle-interface yang dimiliki game itu?

RPG adalah singkatan dari Role-Playing Game, dimana dalam game RPG terdapat banyak class, job, dan juga role. Apa perbedaannya? Job adalah kategori spesifik yang menggolongkan karakter berdasarkan skill yang mereka miliki. Contoh job umum dalam RPG adalah White Mage, Black Mage, Paladin, Dark Knight, Archer, dan lain sebagainya.

Sementara Class adalah suatu kategori yang mencakup beberapa job tertentu di dalamnya. Contoh Class yang umum dalam game RPG adalah Fighter Class, yang mencakup job pasukan garis depan seperti Knight, Barbarian, Warrior, dan beberapa Job lain yang biasanya berada di garis depan dan bersenjata jarak dekat.

Lalu apa itu Role? Role adalah kategori yang mencakup beberapa Class dan ada di setiap game RPG. Role ini ditujukan untuk pengelompokan karakter berdasarkan build stats yang dikembangkan dalam setiap Class. Beberapa Role yang populer dalam game RPG adalah Attacker, Defender, dan Support.

Dalam artikel kali ini, Gamedaim tidak akan membahas mengenai Job, Class, atau Role, melainkan Jenis Game RPG dan penjelasannya.

Jenis Game RPG dan Penjelasannya

Game RPG bukanlah satu genre tunggal, melainkan memiliki banyak Sub-genre yang menggolongkan game tersebut. Beberapa jenis game RPG yang melekat di hati Gamer rata-rata adalah Turn-Based RPG dan Action-RPG, yang mana keduanya memang genre yang umum dimiliki oleh judul game terkenal.

Turn-Based RPG

Turn based rpg
Turn-Based RPG | via Emuparadise

Jenis Game RPG yang pertama adalah Turn-Based RPG. Sub-genre ini paling sering digunakan oleh waralaba game RPG ternama seperti Final Fantasy, Dragon Quest, dan juga Pokemon. Sesuai dengan namanya, Turn-Based RPG memiliki cara kerja yang unik, yaitu menyerang secara bergiliran. Sub-genre ini juga bisa melatih kesabaran dan taktik pemain dalam mengalahkan musuh.

Sebelum melancarkan sebuah serangan, pemain akan diberikan beberapa pilihan, seperti menyerang secara langsung, menggunakan sihir, memanggil familia, atau bertahan saja untuk menghindari knock-out di tengah pertarungan.

Tactical RPG

Tactical rpg
Tactical RPG | via Screenrant

Jenis Game RPG yang ke-2 adalah Tactical RPG. Meskipun dimainkan dengan sistem yang sama seperti Turn-Based RPG, tapi Tactical RPG lebih menekankan strategi dan taktik di dalamnya. Dalam sub-genre ini, pemain akan mengarahkan satu atau lebih karakter untuk bergerak sesuai jangkauan dan biasanya dilakukan pemain untuk mengepung musuh. Serangan dari belakang biasanya akan memberikan damage yang lebih besar dan berpeluang mendapatkan critical hit.

Banyak judul game baik itu judul tunggal atau dari waralaba terkenal yang menggunakan sub-genre ini untuk gameplay mereka. Beberapa judul yang terkenal dan menggunakan sub-genre Tactical RPG adalah Final Fantasy Tactics, Fire Emblem, Valkyria Chronicles, dan Stella Glow.

Action RPG

Action rpg
Action RPG | via Game UI Database

Jenis Game RPG yang ke-3 adalah Action RPG. Jenis Game RPG ini cocok untuk Gamer yang tidak sabaran dan cenderung bermain secara barbar. Action RPG biasanya menekankan kecepatan tangan untuk menyerang ataupun bertahan. Selain itu, Action RPG juga biasanya memiliki fitur PvP atau duel antar pemain. Action RPG juga biasanya didampingi dengan lokasi yang luas atau Open-world.

Action RPG biasanya ditemukan pada game yang dimulai untuk konsol generasi ke-6 atau seangkatan denga konsol PS2. Contoh game Action RPG yang terkenal adalah game dari waralaba Kingdom Hearts, Elder Scrolls, Dawn Break, dan Adventure Quest.

MMORPG

Mmorpg
MMORPG | via Steam

Jenis Game RPG berikutnya adalah MMORPG atau Massive Multiplayer Online Role-Playing Game. Jenis Game RPG ini bisa mencakup sub-genre Turn-Based atau Action RPG dan bisa dimainkan beramai-ramai secara online. MMORPG dipopulerkan oleh game Ragnarok Online, meskipun game MMORPG yang pertama kali diterbitkan adalah Neverwinter Nights. MMORPG semakin menjamur seiring dengan perkembangan internet di seluruh dunia.

Ada banyak judul game MMORPG yang diterbitkan sejauh ini, dan beberapa diantaranya merupakan judul yang familiar di telinga anak warnet. Game yang membawa gerne MMORPG antara lain, Ragnarok Online, Dragon Nest, Adventure Quest World, dan juga Toram Online.

Tabletop RPG

Tabletop rpg
Tabletop RPG | via Hobby Lark

Jenis Game RPG yang terakhir adalah Tabletop RPG. Berbeda dengan Jenis Game RPG lainnya, Tabletop RPG merupakan sub-genre RPG yang tidak berbasis video. Tabletop RPG biasanya dimainkan menggunakan dadu dan media cetak di atas kertas, dan ada satu orang yang bertugas sebagai narator untuk membuat jalan ceritanya. Pemain juga bisa mengambil tindakan dalam game dengan diucapkan secara lisan.

Jenis Game RPG ini dipopulerkan oleh permainan Dungeons & Dragons pada tahun 1974. Selain Dungeons & Dragons, Tabletop RPG yang populer diantaranya adalah Blades in the Dark, Star Trek Adventures, dan Index Card RPG.

Dan itu tadi adalah Jenis Game RPG dan penjelasannya yang berhasil Gamedaim rangkum, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian tentang dunia Game RPG.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment