G ListHardware

Konsol Rumahan Generasi Kelima, Revolusi Industri Game Dari Arkade Ke 3D Platformer

Konsol Rumahan Generasi Kelima – Setelah kita membahas tentang konsol rumahan generasi empat, sekarang kita akan membahas tentang konsol rumahan generasi kelima. Generasi kelima atau dikenal juga dengan generasi 32-Bit, 64-Bit, atau Era 3D, adalah generasi baru dari konsol retro yang diluncurkan mulai dari awal bulan Oktober tahun 1993, dan ditandai dengan diluncurkannya konsol 3DO Interactive Multiplayer milik perusahaan The 3DO Company.

Pada generasi ini terjadi banyak perubahan dalam industri video game. Dimulai dari game yang berpindah haluan dari porting arkade ke game 3D Platformer, pengingkatan grafis dan kekuatan konsol dari 16-Bit ke 32-Bit dan 64-Bit, sampai berkurangnya kompetitor dari generasi konsol sebelumnya. Tidak hanya itu, pada generasi ini juga, Sony Computer Entertainment mulai melebarkan sayapnya di dunia industri video game dengan peluncuran konsol pertama mereka, yaitu PlayStation yang menjadi konsol Best-Selling.

Itu tadi adalah introduksi singkat dari konsol generasi kelima. Nah untuk artikel kali ini, kita akan membahas tentang daftar Konsol Rumahan Generasi Kelima yang pernah diluncurkan. Penasaran apa saja konsolnya? Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja kita ke pembahasan utamanya!

Daftar Konsol Rumahan Generasi Kelima

1. 3DO Interactive Multiplayer

Sony dsc
3DO Interactive Multiplayer | via Wiki

Seperti biasa, kita mulai artikel ini dengan konsol yang menjadi pembuka generasi kelima, yaitu 3DO Interactive Multiplayer. 3DO Interactive Mulitplayer, atau yang juga dikenal sebagai 3DO System atau hanya 3DO, adalah konsol rumahan generasi kelima yang dikembangkan oleh The 3DO Company. Diciptakan oleh pengusaha dan pendiri Electronic Arts, yaitu Trip Hawkins.

3DO bukanlah konsol yang diproduksi oleh perusahaan itu sendiri, tetapi serangkaian perincian, yang awalnya dirancang oleh Dave Needle dan R. J. Mical dari New Technologies Group, yang dapat dilisensikan oleh pihak ketiga. Model dari konsol ini diproduksi oleh tiga perusahaan berbeda, yaitu Panasonic, LG Electronics, dan juga Sanyo. Meskipun memiliki peluncuran yang sangat dipromosikan dan menjadi teknologi rumahan yang mutakhir, pasar konsol yang terlalu jenuh mencegah sistem ini mencapai kesuksesan yang sebanding dengan konsol pesaingnya.

2. Atari Jaguar

Sony dsc
Atari Jaguar | via Wiki

Atari Jaguar adalah konsol rumahan generasi kelima yang dikembangkan oleh Atari Corporation dan diluncurkan di Amerika Utara pada November 1993. Meskipun bagian dari konsol video game generasi kelima, Atari Jaguar bersaing dengan SEGA Genesis 16-bit, Super NES dan 3DO Interactive Multiplayer versi 32-Bit yang diluncurkan pada tahun yang sama.

Terlepas dari dua prosesor 32-bit kustom dengan tambahan Motorola 68000, Atari memasarkannya sebagai sistem permainan 64-bit pertama di dunia, menekankan bus 64-bit yang dipasangkan pada prosesor pendamping. Jaguar diluncurkan dengan Cybermorph sebagai game bawaan, konsol ini menerima ulasan yang memecah belah. Pustaka game dari sistem ini pada akhirnya hanya terdiri dari 50 game berlisensi. Pengembangan Atari Jaguar dimulai pada awal 1990-an oleh Flare Technology, yang berfokus pada sistem setelah pembatalan konsol Atari Panther.

3. SEGA Saturn

Sony dsc
SEGA Saturn | via Wikimedia

SEGA Saturn adalah konsol rumahan generasi kelima yang dikembangkan oleh SEGA dan diluncurkan pada pertengahan November tahun 1994, di Jepang. Bagian dari konsol video game generasi kelima, SEGA Saturn adalah penerus dari SEGA Genesis yang sukses selama era konsol generasi keempat. SEGA Saturn memiliki arsitektur dual-CPU dan delapan prosesor. Game-nya diproduksi dalam format CD-ROM, dan pustaka game-nya berisi beberapa port game arkade serta game original.

SEGA Saturn awalnya sukses di Jepang tetapi gagal terjual dalam jumlah besar di Amerika Serikat, di mana konsol ini terhalang oleh peluncuran mendadak pada bulan Mei 1995, empat bulan sebelum tanggal peluncuran yang dijadwalkan. Setelah debut konsol Nintendo 64 pada akhir tahun 1996, Saturn dengan cepat kehilangan pangsa pasar di AS, di mana konsol ini dihentikan produksinya pada tahun 1998. Setelah terjual 9,26 juta unit di seluruh dunia, Saturn dianggap sebagai kegagalan komersial.

4. Sony PlayStation

Sony dsc
Sony PlayStation | via Wikimedia

Yang keempat dalam daftar ini adalah Sony PlayStation. Sony PlayStation, atau umumnya dikenal sebagai PS1 atau PS One, adalah konsol rumahan generasi kelima yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Sony Computer Entertainment. Konsol ini diluncurkan di Jepang pada 3 Desember 1994. Sebagai konsol generasi kelima, PlayStation utamanya bersaing dengan Nintendo 64 dan SEGA Saturn.

Sony mulai mengembangkan PlayStation secara mandiri setelah usaha yang gagal dengan Nintendo untuk membuat perangkat CD-ROM untuk Super Nintendo Entertainment System pada awal 1990-an. Konsol ini dirancang oleh Ken Kutaragi dan Sony Computer Entertainment di Jepang, sementara pengembangan tambahan dialihdayakan di Inggris. Penekanan pada grafis poligon 3D ditempatkan sebagai fitur utama konsol ini. Produksi game untuk PlayStation dirancang untuk disederhanakan dan inklusif.

5. Nintendo 64

Nintendo 64
Nintendo 64 | via Wikimedia

Yang terakhir adalah Nintendo 64. Nintendo 64 atau N64 adalah konsol rumahan generasi kelima yang dikembangkan oleh Nintendo. Menjadi penerus Super Nintendo Entertainment System, konsol ini diluncurkan pada 23 Juni 1996 di Jepang. Pengembangan konsol ini dimulai pada tahun 1993 dalam kerjasama dengan Silicon Graphics, menggunakan codename Project Reality, kemudian model uji coba dan platform arkade yang disebut Ultra 64.

Desain akhir dari konsol ini dinamai sesuai dengan CPU 64-bit, yang membantu kemampuan konsol 3D. Desainnya sebagian besar selesai pada pertengahan 1995 dan peluncurannya ditunda hingga 1996 untuk penyelesaian peluncuran game Super Mario 64, Pilotwings 64, dan Saikyo Habu Shōgi yang eksklusif untuk Jepang. Konsol ini memiliki warna awal abu-abu arang diikuti oleh serangkaian varian warna lain. Beberapa game memerlukan Expansion Pak untuk meningkatkan RAM sistem yang bisa meningkatkan grafis dan fungsionalitas.

Dan itu tadi adalah daftar konsol rumahan generasi kelima yang sudah Gamedaim rangkum untuk kalian. Dari kelima daftar diatas, manakah yang pernah kalian miliki?

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment