G ListHardware

6 Konsol Video Game Generasi Pertama

Konsol Video Game Generasi Pertama – Konsol video game selalu mengalami perkembangan dari masa ke masa. Hingga saat ini sudah terdapat 9 generasi konsol video game, dengan konsol dari generasi 9 adalah PS5 dari Sony dan Xbox Series X dan Series S dari Microsoft Game. Perusahaan yang memproduksi konsol pun semakin berkurang karena beberapa faktor, termasuk faktor persaingan pasar.

Untuk konsol video game generasi pertama, era konsol ini dimulai dari tahun 1972, dimulai dengan peluncuran konsol rumah pertama milik Magnavox yang bernama Magnavox Odyssey dan berakhir pada tahun 1977 ditandai dengan banyaknya konsol yang memproduksi game ikonik sekelas Pong. Konsol rumah di generasi ini diproduksi sebagai pengganti konsol arkade yang memang pada masa itu sedang populer.

Dalam artikel kali ini, Gamedaim akan memberikan daftar Konsol Video Game Generasi Pertama untuk kalian yang ingin mengenal konsol video game yang menjadi primadona di masanya.

6 Konsol Video Game Generasi Pertama

1. Magnavox Odyssey

Magnavox odyssey
Magnavox Odyssey | via Wiki

Dimulai dari konsol yang paling pertama yaitu Magnavox Odyssey. Magnavox Odyssey adalah konsol rumahan yang menjadi pembuka era konsol generasi pertama. Konsol ini adalah sebuah konsol yang didesain oleh sebuah tim kecil yang dipimpin oleh Ralph H. Baer di Sanders Associates, New Hampshire. Magnavox menyelesaikan pengembangan konsol ini dan diluncurkan di Amerika Utara pada September 1972 dan versi global di tahun berikutnya.

Odyssey berbentuk kotak dengan komposisi warna hitam-putih-coklat yang terhubung ke TV dan dua kontroler persegi panjang yang tersambung dengan kabel. Konsol ini memiliki kemampuan menampilkan tiga titik persegi dan satu garis dengan warna monokrom hitam-putih dengan pergerakan yang berbeda, tergantung pada game apa yang dimainkan. Magnavox Odyssey pada awal peluncurannya dibanderol seharga $ 99.95 atau setara dengan $ 647 pada masa sekarang.

2. Odyssey Series

Magnavox odyssey 100 408
Magnavox Odyssey 100 | via VGDB

Magnavox Odyssey adalah merk konsol video game generasi pertama yang merupakan lini lengkap konsol video game rumahan milik Magnavox. Konsol Magnavox Odyssey seri pertama, Magnavox Odyssey Series, dan juga Magnavox Odyssey 2 yang berbasis sistem ROM-Cartridge yang diluncurkan pada tahun 1978. Phillips Odyssey juga merupakan nama merk yang menyertakan Phillips Odyssey Series sebagai konsol rumahan khusus.

Magnavox Odyssey Series terdiri dari 8 konsol rumahan khusus dan satu TV dengan game Odyssey bawaan dalam Odyssey Series. Semua konsol itu diluncurkan di Amerika Serikat setelah dibeli oleh Phillips pada 1974. Sementara Phillips Odyssey adalah konsol rumahan khusus yang diproduksi oleh perusahaan TV asal Jerman setelah membeli Magnavox dan mulai memproduksi konsol mereka sendiri.

3. TV Tennis Electrotennis

Tv tennis electrotennis
Tv Tennis Electrotennis | via Hobby consolas

Berikutnya adalah TV Tennis Electrotennis. TV Tennis Electrotennis adalah konsol video game generasi pertama yang dikembangkan oleh Epoch Co., sebuah perusahaan mainan dan komputer asal Jepang, dan kerjasamadengan Magnavox. Konsol ini diluncurkan pada September 1975 seharga 19.000 Yen dan eksklusif Jepang. TV Tennis Electrotennis juga menjadi konsol video game pertama di Jepang.

Konsol ini diluncurkan beberapa bulan sebelum peluncuran konsol Home Pong di Amerika Utara. Satu fitur unik dari TV Tennis Electrotennis adalah konsol ini bisa terhubung ke TV secara nirkabel, dan berfungsi lewat antena TV UHF. Mengutip dari beberapa sumber, konsol ini terjual sebanyak 3 juta unit, termasuk penjualan sebanyak 5000 unit di tahun pertamanya.

4. Home Pong

Home pong
Home Pong | via Wikimedia

Home Pong adalah konsol video game generasi pertama yang dikembangkan oleh Atari. Konsol ini merupakan versi konsol rumahan dari game arkade Pong. Konsol ini diterbitkan pada akhir 1975 dengan harga $98.95 atau setara dengan $498 di masa sekarang. Pada tahun 1974, teknisi Atari bernama Harold Lee mengajukan rancangan versi rumahan untuk game Pong yang bisa disambungkan ke TV bernama Home Pong.

Konsol ini mulai dikembangkan di bawah nama sandi Darlene, dinamai sesuai dengan nama salah satu pegawai di Atari. Alcorn bekerjasama dengan Lee untuk mengembangkan desain dan purwarupa berdasarkan teknologi dan elektronik yang sama seperti yang mereka gunakan di mesin arkade mereka sebelumnya.

5. Coleco Telstar Series

Sony dsc
Coleco Telstar Colortron | via Wiki

Selanjutnya ada Coleco Telstar Series. Coleco Telstar Series adalah serangkaian konsol video game generasi pertama yang milik Coleco Industries Inc., sebuah perusahaan asal Amerika yang bergerak di bidang mainan dan konsol video game. Coleco Telstar Series merupakan merk dagang konsol generasi pertama yang diterbitkan dari tahun 1976 sampai tahun 1978.

Dimulai dari Coleco Telstar Pong, salinan yang berbasis pada chip AY-3-8500 milik General Instrument, sebuah perusahaan elektronik Amerika yang berbasis di Pennsylvania. pada tahun 1976. Ada 14 Konsol yang diluncurkan dalam Coleco Telstar Series. Model pertamanya yang bernama Coleco Telstar dan terjual sebanyak kurang lebih satu juta unit.

6. Color TV-Game Series

Color tv racing 112 1
Color TV Racing 112 | via Wikimedia

Yang terakhir dari jajaran konsol video game generasi pertama adalah Color TV-Game Series. Color TV-Game adalah konsol video game generasi pertama yang dikembangkan oleh Nintendo yang menjadi langkah awal bagi perusahaan ini untuk melebarkan sayap di dunia video game. Konsol ini merupakan konsol rumahan khusus yang diluncurkan sebagai konsol lima serangkai pada tahun 1977 sampai 1980 eksklusif di Jepang.

Konsol ini terjual sebanyak tiga juta unit untuk tiga model pertama, yang mana dua model pertama terjual masing-masing satu juta unit. Konsol ini juga merupakan konsol generasi pertama dengan penjualan terbanyak. Konsol ini dijual seharga $36 sampai $179, atau setara dengan $161 sampai $589 di masa sekarang.

Dan itu tadi adalah daftar 6 Konsol Video Game Generasi Pertama yang berhasil Gamedaim rangkum untuk kalian. Jangan lupa berkomentar~

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment