G ListNintendo

5 Perangkat Nintendo yang Jarang Dikenal Orang, Salah satunya Perangkat VR!

Perangkat Nintendo yang Jarang Dikenal – Kalau mendengar nama Nintendo, apa yang ada di pikiran kalian? Nintendo Switch? Pokemon? Super Mario? Itu tidak salah, karena memang semua itu properti milik Nintendo. Nintendo sendiri adalah perusahaan raksasa Jepang yang bergerak di bidang game dan konsol, yang sudah berdiri sejak 132 tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 1889.

Perusahaan ini pada awalnya bergerak di bidang permainan kartu Hanafuda, sebelum akhirnya terjun ke dunia video game pada tahun 1975, dengan permainan pertamanya yaitu EVR Race. Panjangnya perjalanan Nintendo dalam industri hiburan rumahan ini, membuat para fans menganggap bahwa Nintendo bukan hanya sebuah legenda, tapi juga merupakan sebuah warisan.

Dari sekian banyaknya jajaran perangkat Nintendo, baik itu konsol rumahan atau konsol genggam (Handheld), beberapa perangkat diantaranya sangat jarang dikenal orang. Bahkan ada yang dibiarkan terbengkalai kurang dari delapan bulan setelah peluncurannya dan dianggap produk gagal.

Dalam artikel kali ini, Gamedaim akan membahas tentang daftar 5 Perangkat Nintendo yang Jarang Dikenal Orang. Ini daftarnya.

5 Perangkat Nintendo yang Jarang Dikenal Orang

1. Color TV Game

Color tv racing 112
Color TV Racing 112 | via VG Legacy

Perangkat Nintendo yang jarang dikenal yang pertama adalah Color TV Game. Perangkat ini dikembangkan oleh Nintendo R&D2 dan Mitsubishi Electronics sebagai entry Nintendo untuk perangkat video game generasi pertama. Color TV Game merupakan konsol dengan game tunggal, yang berarti satu konsol hanya memuat 1 judul game saja.

Diluncurkan pertama kali pada tahun 1977, Color TV Game menghadirkan 5 variasi konsol dengan 5 judul game yang berbeda di setiap konsolnya. Variasi dari konsol ini adalah Color TV Game 6 tahun 1977, Color TV Game 15 tahun 1978, Color TV Racing 112 tahun 1978, Color TV Block Kuzushi tahun 1979, dan Computer TV Game tahun 1980 sebagai entry penutup untuk seri konsol ini.

Pada awal peluncuran Computer TV Game, Nintendo mendapatkan lisensi dari Magnavox untuk kloning konsol Pong miliknya sendiri. Sementara Magnavox, yang pada masa itu merajai pasar dan bersaing dengan ATARI, memiliki konsol game Pong versi mereka sendiri yang bernama Magnavox Odyssey.

2. Game & Watch

Game watch
Game & Watch | via Wiki

Perangkat Nintendo yang jarang dikenal selanjutnya adalah Game & Watch. Handheld pertama dan menjadi terobosan sukses dari Nintendo ini diluncurkan pertama kali pada tahun 1980, 3 tahun sebelum diluncurkannya Nintendo Famicom atau SNES, dan 9 tahun sebelum Nintendo GameBoy. Masih sama seperti Color TV Game, Game & Watch juga merupakan konsol dengan game tunggal, atau satu judul game tertentu untuk setiap perangkat.

Game & Watch adalah handheld yang dirancang oleh Gunpei Yokoi, dan menjadi terobosan cemerlang karena belum ada handheld pada masa itu. Perangkat ini memiliki 60 variasi berbeda dengan isi game yang juga berbeda untuk setiap variasinya. Dua di antara judul yang populer adalah Donkey Kong 3 dan Super Mario Bros..

3. Virtual Boy

Nintendo virtual boy
Nintendo Virtual Boy | via Tom’s Guide

Perangkat Nintendo yang jarang dikenal orang selanjutnya adalah Nintendo Virtual Boy. Perangkat yang disebut-sebut sebagai pemrakarsa teknologi Virtual Reality atau VR yang populer di masa sekarang ini sebenarnya merupakan produk gagal yang diciptakan oleh Gunpei Yokoi pada tahun 1995. Virtual Boy adalah satu-satunya konsol tabletop Nintendo dengan umur produksi yang pendek, yaitu hanya 8 bulan setelah peluncuran perdananya, lalu dibiarkan terbengkalai.

Virtual Boy memiliki tampilan monochrome merah-hitam yang membuat setiap game-nya terkesan horor. Selain itu, konsol ini juga berukuran terlalu besar untuk disebut perangkat VR dan masih membutuhkan kabel untuk disambungkan ke joystick-nya. Kegagalan dibalik Virtual Boy sendiri adalah karena faktor dari Nintendo yang waktu itu masih berfokus pada peluncuran Nintendo 64, dan peluncurannya yang terkesan terburu-buru.

Gunpei Yokoi, selaku perancang Nintendo Virtual Boy, juga merasa kalau Virtual Boy ini diluncurkan sebelum perangkat ini terbilang sempurna. Karena kegagalan inilah, Nintendo Virtual Boy akhirnya berhasil meraih kategori sebagai “Konsol Tergagal” dan juga “Konsol dengan umur produksi Terpedek” dari sejarah video game.

4. Pocket Pikachu

Pocket pikachu
Pocket Pikachu | via Amazon

Perangkat Nintendo yang jarang dikenal orang yang ke-4 adalah Pocket Pikachu. Perangkat genggam atau handheld yang diluncurkan pada 1998 ini berukuran sangat kecil dan dimainkan dengan cara yang sama seperti Tamagotchi. Pemain harus merawat Pikachu dan terus memantau kondisi si tikus kuning ini.

Pocket Pikachu memiliki tampilan layar bergaya pixel dengan warna monochrome ala Nintendo GameBoy tahun 1989. Kemudian setahun setelahnya, diluncurkan versi terbarunya yaitu Pocket Pikachu 2 GS.

Pocket pikachu 2
Pocket Pikachu 2 | via Reddit

Pocket Pikachu 2 GS juga termasuk perangkat Nintendo yang jarang dikenal karena peredarannya yang terbatas di Amerika Utara. Berbeda dengan Pocket Pikachu yang pertama, Pocket Pikachu 2 GS diluncurkan dengan layar yang berwarna. Perbedaan lainnya adalah perangkat ini tidak mengharuskan pemain untuk merawat si Pikachu.

Selain itu, Pocket Pikachu 2 GS juga dilengkapi dengan fitur Pedometer, mesin dingdong, alarm, hadiah, dan juga permainan kartu. Perangkat ini juga dilengkapi dengan mata uang permainan yang bisa ditukarkan dengan item untuk game Pokemon Gold-Silver dan Pokemon Crystal.

Panasonic Q

Panasonic q
Panasonic Q | via Wikimedia

Yang terakhir dalam daftar Perangkat Nintendo yang jarang dikenal adalah Panasonic Q. Panasonic Q adalah versi Hybrid dari Nintendo GameCube yang mendukung fitur DVD, Audio CD, MP3, dan juga CD yang diluncurkan pada tahun 2001. Peluncuran konsol ini didasari karena Nintendo GameCube sendiri memiliki fitur yang terbatas hanya sebagai konsol video game dan tidak multifungsi seperti kompetitornya yaitu PS2 dan Xbox.

Panasonic Q hanya diluncurkan di Jepang, dan sebagai konsol dengan permintaan yang rendah, Panasonic Q hanya terjual kira-kira 100.000 unit saja.

Itu tadi adalah daftar 5 Perangkat Nintendo yang Jarang Dikenal Orang versi Gamedaim. Kalau kalian ingin menambahkan yang lain, tambahkan di kolom komentar.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment