G ListNintendo

5 Versi Game and Watch Terbaik, Konsol Portabel Klasik Milik Nintendo

Versi Game and Watch Terbaik – Kalau kalian generasi ’90-an, kalian pastinya akan merasa asing dengan konsol Game & Watch yang menjadi konsol portabel dengan layar LCD dari Nintendo. Tapi rangkaian 59 game konsol portabel di tahun ’80-an ini menjadi suatu titik yang sangat penting dalam sejarah perkembangan video game.

Pendahulu dari Nintendo GameBoy ini tidak hanya mengokohkan ambisi Nintendo untuk membuat kaum Gamer bisa bermain dimanapun dan kapanpun, tapi pengaruhnya juga bisa ditemukan dalam konsol portabel dual-screen Nintendo DS dan bahkan Nintendo Switch. Pada 13 November 2020 lalu, Nintendo meluncurkan Game and Watch: Super Mario Bros. sebagai peringatan anniversary ke-35 waralaba Super Mario.

Game and Watch adalah konsol portabel dengan sistem game tunggal, yang mana di setiap perangkat hanya bisa memainkan satu game saja. Lalu apa saja versi Game and Watch terbaik yang ada? Check this out!

5 Versi Game and Watch Terbaik

1. Super Mario Bros.

Game and watch super mario bros
Game And Watch: Super Mario Bros. | via Mario Wiki

Daftar kali ini dibuka oleh Game and Watch versi Super Mario Bros. Versi Game and Watch Terbaik yang satu ini pada masa awal peluncurannya tidak hanya ada satu versi saja, tapi ada beberapa versi. Game ini diterbitkan sebagai bagian dari seri Crystal Screen di tahun 1986, dan mendapatkan versi New Wide Screen yang lebih unggulan dua tahun setelahnya.

Meskipun agak terbatas pada platform apa yang dapat ditampilkan oleh layar LCD, Super Mario Bros. Game and Watch mempertahankan semua keajaiban dari NES yang original, dengan 8 dunia yang unik, power-up dengan jamur, dan kemampuan Princess Peach untuk muncul di berbagai tingkatan tergantung pada level-nya. Sebagai salah satu terbitan Game and Watch terbaru, Super Smash Bros. terbilang sangat canggih dan masih mengesankan hingga saat ini.

2. Zelda

Zelda
Game and Watch: Zelda | via Nintendo Life

Versi Game and Watch terbaik yang ke-2 adalah Zelda. Kalau kalian berpikir bahwa Zelda II tahun 1988 adalah satu-satunya contoh dari seri Fantasy-Adventure ikonik yang menjual tampilan top-down untuk Lini 2D, pikirkan lagi. Zelda versi Game and Watch muncul di sistem multi-screen hanya setahun lebih lambat, menantang sang pahlawan pendiam kita yang pemberani untuk berjuang melewati banyak tempat yang dipenuhi musuh.

Game ini patut dicatat karena melampaui batas dari apa yang menurut pemain mungkin terjadi pada sistem Game and Watch, menampilkan peta dan menu Inventory di layar atas saat Link bertarung melawan para Moblin di bagian bawah. Pertarungan terakhir melawan naga berlangsung di sudut kanan atas, memberikan kesan skala dan ambisi yang tidak terlihat dalam versi peluncuran Game and Watch sebelumnya.

3. Mario’s Bombs Away

Mario bombs away
Game and Watch: Mario’s Bombs Away | via IGN

Yang ke-3 dalam Versi Game and Watch Terbaik adalah Mario’s Bombs Away. Dari perspektif teknis, Mario’s Bombs Away mungkin merupakan sistem Game and Watch paling mengesankan yang pernah diterbitkan. Video Game tahun 1983 yang cukup sederhana, yaitu Mario harus memindahkan bom dari kiri ke kanan sambil menghindari minyak yang mudah terbakar dan obor musuh, tetapi ada lebih banyak hal menarik di balik perangkat genggam ini daripada yang terlihat.

Mario’s Bombs Away berlangsung di malam hari, yang memerlukan beberapa solusi hardware yang cerdas. Pada dasarnya, game ini menggunakan lampu latar internal agar berfungsi, menyinari layar berwarna LCD yang menghadap ke bawah yang kemudian dipantulkan menggunakan cermin agar setiap gerakannya terlihat jelas. Unit ini juga unik secara estetika, lebih mirip mesin arkade tradisional daripada perangkat genggam. Sebuah desain yang inovatif hingga hari ini.

4. Spitball Sparky

Spitball saprky
Spitball Sparky | via Twitter

Yang ke-4 dalam daftar Versi Game and Watch Terbaik adalah Spitball Sparky 1984. Spitball Sparky 1984 adalah entry pertama dalam seri Super Color Game and Watch yang berumur pendek, yang membawa desain yang sangat berbeda dari versi lainnya. Konsol portabel ini menampilkan layar tunggal vertikal dan lebih mirip kalkulator daripada sistem game.

Game-nya sendiri mirip dengan pemecah batu bata klasik seperti Breakout, karena Mr. Game & Watch bekerja untuk menjaga bola tetap mengapung dan memukul bata dengan terus mengeluarkan embusan udara. Trik kuncinya adalah mempertahankan ritme yang baik untuk menghancurkan bata sebanyak mungkin.

5. Donkey kong Jr.

Donkey kong jr.
Donkey Kong Jr. | via Moby Games

Yang terakhir dalam daftar Versi Game and Watch Terbaik kali ini adalah Donkey Kong Jr. Selain menawarkan faceplate warna biru metalik yang keren, interpretasi Game and Watch tahun 1982 tentang Donkey Kong Jr. terkenal sebagai entry pertama dalam seri New Wide Screen, format layar lebar yang dijalankan pada saat yang bersamaan dengan saat Nintendo mulai bereksperimen dengan sistem Game and Watch Dual-screen.

Seperti di game arkade aslinya, Donkey Kong Jr. harus menaiki satu set platform untuk menyelamatkan ayahnya, sambil menghindari jebakan yang dibuat oleh Mario dan mengumpulkan kunci yang akan membuka kandang ayahnya di level teratas.

Dan itu tadi adalah 5 Versi Game and Watch terbaik yang sudah Gamedaim rangkum untuk kalian para Gamer, khususnya penyuka konsol retro. Kalau kalian punya versi Game and Watch terbaik yang lainnya, jangan lupa tambahkan di komentar.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment