G ListHardware

5 Konsol Imitasi Terlaris Di Indonesia. Kalian Pernah Merasakannya?

Konsol Imitasi Terlaris Di Indonesia – Kesuksesan suatu konsol milik sebuah perusahaan tentunya menggugah perusahaan pengembang konsol lainnya untuk menciptakan konsol serupa, tapi dengan fitur yang berbeda. Bahkan tidak sedikit dari pengembang konsol ini yang menciptakan desain konsol mereka menyerupai suatu konsol terkenal, tapi memiliki software bawaan yang berbeda dengan konsol aslinya. Nah konsol seperti inilah yang disebut dengan konsol imitasi.

Di Indonesia sendiri, konsol imitasi sudah lama dan banyak beredar di masyarakat, terutama untuk masyarakat yang ekonominya di bawah standar. Konsol imitasi umumnya memiliki bentuk yang mirip dengan konsol yang sedang booming, misalnya PS5, tapi dengan software yang kebanyakan adalah software dari konsol lawas dan yang paling populer adalah software SNES dan NES. Konsol imitasi kebanyakan dijual dengan harga yang sangat murah dan rata-rata dijual di bawah harga satu juta rupiah.

Dari sekian banyaknya konsol imitasi yang ada, berikut Gamedaim sudah merangkum 5 Konsol Imitasi Terlaris Di Indonesia yang mungkin pernah menjadi bagian dari masa kecil kalian. Penasaran apa saja konsolnya? Tanpa berlama-lama lagi, let’s check this out!

5 Konsol Imitasi Terlaris Di Indonesia

1. PolyStation

Polystation
PolyStation | via Wiki

Kita mulai artikel kali ini dengan konsol imitasi terlaris di Indonesia yang pastinya kalian sudah familiar dengan namanya. PolyStation adalah konsol imitasi berbasis software Famicom atau Nintendo Entertainment System yang meniru bentuk dari konsol populer PlayStation edisi pertama. Konsol ini diproduksi oleh perusahaan asal Tiongkok dan seringnya dipasarkan di Amerika Selatan, Amerika Latin, Asia Tenggara, Eropa, dan negara-negara di Oceania.

Konsol ini hanya fisiknya saja yang mirip dengan PS1. Untuk software, konsol ini hanya bisa memainkan game dari konsol NES atau Famicom seperti Super Mario Bros. dan Duck Hunt. Dalam setiap pembelian PolyStation, biasanya dibundel dengan dua joystick kontroler, satu perangkat berbentuk pistol mirip Light Gun NES, dan satu buah cartridge 16-in-1. Tapi meskipun tanpa menggunakan cartridge, konsol ini tetap bisa memainkan game bawaan seperti Super Mario Bros..

2. PVP

Pvp
Play Vision Portable | via DailyMotion

Konsol Imitasi terlaris Di Indonesia selanjutnya adalah konsol PVP. PVP atau Play Vision Portable adalah konsol portabel yang meniru bentukan dari PlayStation Portable versi E-1000. Konsol ini menggunakan software dari Nintendo Entertainment System dan ada juga yang menggunakan software dari SEGA Genesis atau SEGA Mega Drive. Konsol ini diproduksi pada tahun 2011 oleh produsen asal Tiongkok dan masih berjalan hingga sekarang.

Setiap pembelian Play Vision Portable, kalian biasanya akan mendapatkan dua buah cartridge yang bentuknya seperti cartridge GameBoy Advance, hanya saja setiap cartridge berisi 50 hingga 200 game. Tentunya game yang ada dalam cartridge itu hanya 15 judul yang diulang-ulang hingga mencapai 200 judul. Konsol portabel ini juga cocok dan bisa memainkan game dari GameBoy Advance, mengingat bentuk cartridge yang ditiru juga dari cartridge tersebut.

3. PolyStation 2

Polystation 2
PolyStation 2 | via Retro Achievements

Masih dari PolyStation, konsol imitasi terlaris di indonesia selanjutnya adalah PolyStation 2. Dari namanya saja, kita bisa memastikan kalau konsol imitasi satu ini meniru desain dari konsol PlayStation 2 milik Sony Computer Entertainment. Konsol ini juga diproduksi dari Tiongkok dan target pasarnya masih sama seperti konsol pendahulunya, yaitu PolyStation. Memang kalau soal konsol imitasi, PolyStation tidak pernah absen sedikitpun di setiap generasinya.

Konsol PolyStation 2 memiliki desain yang benar-benar menjiplak PS2, dengan kontroler enam tombol ala konsol milik perusahaan SEGA. Untuk software bawaan, PolyStation 2 masih konsisten menggunakan software NES dan hanya bisa memainkan game dari NES. Pembelian PolyStation 2 dibundel dengan sepasang kontroler dengan bentuk ala PS2 dengan enam tombol ala SEGA, sebuah kontroler pistol mirip Light Gun Famicom, dan juga cartridge game bajakan.

4. X-Game 360

X game 360
X-Game 360 | via Reddit

Kalau konsol imitasi PolyStation meniru konsol PlayStation milik Sony Computer Entertainment, konsol imitasi terlaris di Indonesia yang satu ini meniru desain dari Xbox 360. Hal ini tentunya tidak mengherankan mengingat konsol Xbox memang memiliki masa keemasan pada era peredaran Xbox 360. Desain dari konsol ini tentunya sangat identik dengan Xbox 360 milik Microsoft, tapi dalam versi mini, dengan bahan plastik dan warna kombinasi putih dan hijau translucent yang terlihat futuristik.

Tentu saja konsol ini hanya mirip dari segi desain saja. Karena dari segi software bawaan, konsol ini tidak lain hanyalah berisi emulator Nintendo Entertainment System 8-bit. Untuk pembelian konsol ini, kalian akan mendapatkan sepasang kontroler ala Xbox versi mini dengan warna yang sama dengan konsolnya dan memiliki kabel yang panjangnya kurang dari satu meter, kontroler pistol mirip Light Gun yang mana memang sebuah aksesoris wajib untuk setiap konsol Famiclone, dan juga sebuah cartridge.

5. PX-3600

Px 3600
PX-3600 | via IGN

Masih seputar Xbox, konsol imitasi terlaris di indonesia yang selanjutnya adalah PX-3600. Dilihat dari namanya saja, sudah bisa dipastikan kalau konsol imitasi satu ini memang merupakan tiruan dari Xbox. Konsol imitasi terlaris di Indonesia satu ini diproduksi oleh Cheertech, sebuah perusahaan konsol imitasi asal Hong Kong yang berdiri sejak pertengahan tahun ’90-an dan sudah memiliki dua konsol imitasi.

Sama seperti X-Game 360 yang hanya mirip dari segi desain saja, bedanya PX-3600 ini berwarna hitam dan hijau translucent yang mirip dengan desain konsol Xbox keluaran pertama yang berwarna hitam dan hijau. Pembelian konsol ini dibundel dengan sepasang kontroler dengan warna yang sama seperti konsolnya, dan salah satu dari kontrolernya bisa bergetar dan bisa bercahaya saat ditekan tombol tertentu, dan juga sebuah cartridge game bajakan.

Dan itu tadi adalah daftar 5 Konsol Imitasi Terlaris di Indonesia versi Gamedaim. Kalau kalian punya konsol imitasi yang tidak ada dalam daftar, jangan lupa tulis di kolom komentar.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment
Continue in browser
To install tap Add to Home Screen
Add to Home Screen
See this post in...
Gamedaim
Chrome
Add Gamedaim to Home Screen
Close

For an optimized experience on mobile, add Gamedaim shortcut to your mobile device's home screen

1) Press the share button on your browser's menu bar
2) Press 'Add to Home Screen'.