G List

5 Genre Punk Terpopuler Dalam Game

Genre Punk Terpopuler Dalam Game – Dalam dua artikel sebelumnya, kita pernah membahas tentang game bertema Cyberpunk dan Steampunk. Untuk artikel kali ini, kita akan membahas tentang apa itu Punk. Kalau membahas tentang Punk, pastinya kebanyakan dari kalian akan langsung teringat dengan genre musik Punk Rock. Tapi Punk yang dimaksud kali ini bukan Punk yang itu. Punk yang akan kita bahas adalah sub-genre dari Science-Fiction atau Fiksi Ilmiah yang sering kalian jumpai dalam game.

Punk adalah sub-genre dari Science-Fiction atau Sci-Fi yang menceritakan kemajuan teknologi dalam sistem Dystopia. Sci-Fi Punk seringkali dideskripsikan menggunakan istilah Retro-Futurisme, yang mana memang kebanyakan dari sub-genre ini umumnya berbasis pada teknologi dan kiasan yang ada pada masa lalu, tapi dengan pembawaan yang furutistik. Premis dasar dari Sci-Fi Punk sendiri berfokus pada teknologi, dan biasanya satu jenis teknologi tertentu.

Nah dari banyaknya genre Punk yang ada, berikut Gamedaim sudah merangkum 7 Genre Punk Terpopuler Dalam Game yang umum digunakan. Penasaran apa saja? Tanpa mengulur waktu lagi, langsung saja kita ke pembahasan utamanya!

5 Genre Punk Terpopuler Dalam Game

1. Cyberpunk

Genre cyberpunk
Genre Cyberpunk | via IMDb

Kita mulai daftar ini dengan genre punk terpopuler dalam game yang sering diterapkan dalam game yang berlatar di masa depan, yaitu Cyberpunk. Cyberpunk adalah sub-genre Sci-Fi dalam latar Dystopia Futuristik yang cenderung berfokus pada kombinasi kejahatan dan teknologi tinggi yang menampilkan pencapaian teknologi dan pengetahuan yang futuristik, seperti kecerdasan buatan dan Cybernetic, disandingkan dengan kehancuran peradaban dan Dystopia atau peradaban dengan tingkat kriminal tinggi.

Game yang membawakan sub-genre Cyberpunk biasanya berlatar di masa depan dan menampilkan sebuah kota dengan desain pembangunan yang futuristik dan memanjakan mata. Tapi dibalik desain kota yang futuristik tersebut, terdapat angka kriminal yang tinggi dan didominasi oleh cybercrime. Beberapa game yang menerapkan sub-genre Cyberpunk adalah Cyberpunk 2077, Far Cry 3: Blood Dragon, dan juga Observer.

2. Steampunk

Genre steampunk
Genre Steampunk | via UE Marketplace

Genre punk terpopuler dalam game yang kedua adalah Steampunk. Steampunk adalah sub-genre Sci-Fi yang menggabungkan teknologi retro-futuristik dan estetika yang terinspirasi oleh mesin bertenaga uap dari industri abad ke-19. Game yang mengusung tema Steampunk sering kali berlatar dalam sejarah alternatif era Victoria atau Wild West Amerika, di mana tenaga uap masih digunakan secara umum, atau di dunia fantasi yang juga menggunakan tenaga uap.

Steampunk paling dikenal menampilkan teknologi anakronistik atau penemuan retro-futuristik sebagaimana orang di abad ke-19 mungkin telah membayangkannya dan juga berakar pada perspektif era pada mode, budaya, gaya arsitektur, dan karya seni. Teknologi yang dimaksud termasuk mesin fiksi seperti yang ditemukan dalam novel karya H. G. Wells dan Jules Verne. Judul game yang sejauh ini diketahui mengusung tema Steampunk adalah game berlatar abad pertengahan seperti beberapa judul Final Fantasy, The Elder Scrolls, dan Professor Layton.

3. Solarpunk

Solarpunk
Solarpunk | via The Milwaukee Independent

Genre Punk terpopuler dalam game yang ketiga adalah Solarpunk. Solarpunk adalah sub-genre Sci-Fi yang menggambarkan bagaimana masa depan jika umat manusia berhasil memecahkan tantangan kontemporer utama dengan penekanan pada keberlanjutan, dampak manusia terhadap lingkungan, dan cara mengatasi perubahan iklim dan polusi. Terutama sebagai sub-genre, Solarpunk selaras dengan Cyberpunk, dan mungkin meminjam elemen dari genre Utopia dan fantasi.

Berlawanan dengan penggunaan estetika kelam dari Cyberpunk dengan karakter yang terpinggirkan atau dimasukkan oleh teknologi dalam latar yang menggambarkan lingkungan buatan yang dibangun mendominasi, Solarpunk menggunakan latar di mana teknologi memungkinkan manusia untuk hidup berdampingan secara berkelanjutan dengan lingkungannya bersama estetika yang dipengaruhi arsitektur umum yang menyampaikan kesan kebersihan, kekayaan alam berlimpah, dan kesetaraan.

4. Biopunk

Genre biopunk
Genre Biopunk | via ArtStation

Biopunk adalah genre punk terpopuler dalam game yang merupakan sub-genre Sci-Fi yang terkait erat dengan Cyberpunk yang berfokus pada konsekuensi di masa depan dari revolusi bioteknologi setelah penemuan DNA rekombinan. Cerita Biopunk biasanya mengeksplorasi perjuangan individu atau kelompok, yang kebanyakan hasil eksperimen manusia, dengan latar belakang Dystopia yang khas dari pemerintahan totaliter dan perusahaan besar yang menyalahgunakan bioteknologi sebagai alat kontrol sosial dan korup.

Tidak seperti Cyberpunk, Biopunk tidak dibangun di atas teknologi informasi, tetapi di atas biologi sintetis. Seperti dalam fiksi Postcyberpunk, dimana individu biasanya dimodifikasi dan ditingkatkan bukan dengan Cyberware, tetapi dengan manipulasi genetik. Fitur umum dari fiksi Biopunk adalah Black Clinic, yang merupakan laboratorium, klinik, atau rumah sakit yang melakukan prosedur rekayasa genetika dan modifikasi biologis yang ilegal, tidak diatur, atau meragukan secara etika.

5. Dieselpunk

Genre dieselpunk
Genre Dieselpunk | via The Daily Dot

Genre Punk terpopuler dalam game yang terakhir adalah Dieselpunk. Dieselpunk adalah sub-genre retro-futuristik Sci-Fi yang mirip dengan Steampunk atau Cyberpunk yang menggabungkan estetika teknologi berbasis diesel dari periode perang dunia hingga tahun 1950-an dengan teknologi retro-futuristik dan sensibilitas pasca modernisasi. Diciptakan pada tahun 2001 oleh desainer game Lewis Pollak untuk menggambarkan Tabletop Role-Playing Game-nya yang berjudul Children of the Sun.

Istilah tersebut telah diterapkan pada berbagai seni visual, musik, film, fiksi, dan teknik. Nama dari genre punk terpopuler dalam game satu ini adalah turunan dari sub-genre Sci-Fi Cyberpunk, dan mewakili periode waktu dari Perang Dunia I hingga 1950-an, ketika mesin penggerak bertenaga diesel menjadi fokus teknologi utama budaya Barat. Akhiran “-‍punk” yang diberikan pada nama tersebut mewakili sifat tandingan dari genre tersebut sehubungan dengan penentangannya terhadap estetika kontemporer.

Dan itu tadi adalah 5 Genre Punk Terpopuler Dalam Game yang sering diterapkan. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan kalian tentang definisi dari Punk selain musik Punk Rock.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment