G ListRekomendasi

7 Game Bertema Cyberpunk Terbaik Yang Harus Kalian Coba

Game Bertema Cyberpunk Terbaik – Setelah di artikel sebelumnya kita membahas tentang game bertema Steampunk terbaik, kali ini kita akan membahas game bertema Cyberpunk. Kalau melihat kata Cyberpunk, kebanyakan dari kalian pasti akan memikirkan game yang berjudul Cyberpunk 2077 yang diluncurkan pada pertengahan Desember 2020 lalu. Itu memang tidak salah, karena Cyberpunk 2077 memang bertema Cyberpunk.

Cyberpunk sendiri adalah sub-genre sci-fi dalam lingkungan futuristik dystopia yang cenderung fokus pada kombinasi kehidupan rendah dan teknologi tinggi, yang menampilkan pencapaian teknologi dan pengetahuan yang futuristik, seperti kecerdasan buatan dan cybernetics, disandingkan dengan kehancuran peradaban. Dengan definisi ini, tentunya Cyberpunk tidaklah terpaku pada satu game, tapi juga mencakup game lain yang menerapkan tema serupa.

Sejak awal berkembangnya tema Cyberpunk, tentunya sudah tercipta banyak judul yang menerapkan tema ini. Nah, dalam artikel kali ini, Gamedaim akan memberikan daftar 7 Game Bertema Cyberpunk Terbaik yang harus kalian coba. apa saja judulnya? tanpa berlama-lama lagi, mari kita langsung ke pembahasan utamanya!

7 Game Bertema Cyberpunk Terbaik

1. Deus Ex

Deus ex
Deus Ex | via Steam

Deus Ex adalah serangkaian game bertema Cyberpunk terbaik yang mengusung genre Role-Playing dan berlatar di pertengahan abad ke-21. Ceritanya berfokus pada konflik antara faksi-faksi rahasia yang ingin mengendalikan dunia dengan proxy dan efek dari sikap dan teknologi transhumanistik dalam pengaturan dystopian masa depan. Seri ini juga mencakup referensi ke teori konspirasi dunia nyata, mitologi sejarah dan filosofi, dan memberikan komentar tentang nilai-nilai kapitalis dan pembagian dalam masyarakat.

Dua game pertama dalam seri ini dikembangkan oleh Ion Storm, dan entry selanjutnya dikembangkan oleh Eidos-Montréal, setelah penutupan Ion Storm. Game dari Ion Storm diterbitkan oleh Eidos Interactive, dan semua media Eidos-Montréal diterbitkan oleh Square Enix hingga 2022, sementara kepemilikan dijual ke Embracer Group.

2. Snatcher

Snatcher
Snatcher | via Otaquest

Game Bertema Cyberpunk Terbaik selanjutnya adalah Snatcher. Snatcher adalah game bertema Cyberpunk terbaik dengan genre Adventure yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Konami. Game ini ditulis dan dirancang oleh Hideo Kojima dan pertama kali diluncurkan pada tahun 1988 untuk PC-8801 dan MSX2 di Jepang. Snatcher berlatar di sebuah metropolis Asia Timur di masa depan di mana robot humanoid yang dijuluki Snatchers telah diketahui membunuh manusia dan menggantikannya di masyarakat.

Game ini menceritakan tentang Gillian Seed, seorang yang hilang ingatan dan bergabung dengan agen anti-snatcher untuk mencari tau tentang masa lalunya. Gameplay utamanya berlangsung melalui interface berbasis menu dimana pemain dapat memilih untuk memeriksa item, mencari ruangan, berbicara dengan karakter, menjelajahi dunia yang lumayan luas, dan melakukan tindakan lainnya.

3. System Shock 2

System shock
System Shock 2 | via Steam

System Shock 2 adalah game bertema Cyberpunk terbaik yang mengangkat genre Action Role-Playing Horror keluaran tahun 1999 yang dirancang oleh Ken Levine dan pengembangannya dibantu oleh Irrational Games dan Looking Glass Studio. Game ini awalnya dimaksudkan untuk menjadi judul standalone, tapi ceritanya diubah selama proses produksi menjadi sequel game System Shock keluaran tahun 1994. Perubahan dilakukan ketika Electronic Arts, pemilik hak cipta waralaba System Shock, menandatangani kontrak sebagai penerbit.

Game berlokasi di sebuah kapal luar angkasa dalam citra Cyberpunk tahun 2114. Pemain berperan sebagai seorang prajurit yang mencoba membendung pecahnya infeksi genetik yang menghancurkan kapal. Seperti System Shock, gameplay-nya terdiri dari pertempuran dan eksplorasi dari sudut pandang orang pertama. Game ini juga menggabungkan elemen sistem role-playing, di mana pemain dapat mengembangkan keterampilan dan sifat, seperti peretasan dan kemampuan psionik.

4. Far Cry 3: Blood Dragon

Far cry 3 blood dragon
Far Cry 3: Blood Dragon | via Epic Games

Game Bertema Cyberpunk Terbaik selanjutnya adalah Far Cry 3: Blood Dragon. Far Cry 3: Blood Dragon adalah game First-Person Shooter keluaran tahun 2013 yang dikembangkan oleh Ubisoft Montreal dan diterbitkan oleh Ubisoft. Game ini adalah ekspansi standalone untuk Far Cry 3 dan entry kedelapan dari keseluruhan seri dalam waralaba Far Cry. Blood Dragon adalah parodi retro-futuristik dari film aksi tahun 1980-an, kartun, dan video game, dan bertempat di sebuah pulau Open-world.

Pemain akan berperan sebagai Sersan Cyborg militer yang bernama Rex “Power” Colt. Gameplay-nya sebagian besar mirip dengan Far Cry 3, meskipun beberapa sistem dari game awal-nya disederhanakan atau dihapus, dan memperkenalkan Blood Dragon seperti yang ada di judulnya, yaitu makhluk besar seperti reptil yang dapat menembakkan laser dari mata mereka dan dipancing untuk menyerang markas musuh.

5. Invisible, Inc.

Invisible inc.
Invisible, Inc. | via Nintendo

Invisible, Inc. adalah game bertema Cyberpunk terbaik yang mengusung genre Turn-Based Tactical Stealth yang menggabungkan elemen-elemen gameplay Roguelike, yang dikembangkan oleh studio independen asal Kanada, yaitu Klei Entertainment. Pemain bertindak sebagai operator jarak jauh untuk agensi pengintaian yang mendapat serangan dari perusahaan multinasional.

Kalian harus mengarahkan agent dalam misi rahasia untuk memperoleh sumber daya dan dukungan untuk memungkinkan relokasi sistem komputer milik agensi ke tempat yang aman dengan waktu yang sangat terbatas. Game ini adalah game Turn-Based tactical yang terinspirasi dari game X-COM, dengan penekanan pada menyelinap dan memata-matai. Dalam setiap permainan, pemain akan mengambil peran sebagai pengurus agent untuk operasi rahasia dan memiliki waktu tiga hari untuk mempersiapkan misi terakhir mereka.

6. Observer

Observer
Observer | via Steam

Yang keenam dalam daftar game bertema Cyberpunk terbaik kali ini adalah Observer. Observer adalah game horor psikologis yang dikembangkan oleh Bloober Team dan diterbitkan oleh Aspyr. Observer menceritakan tentang Daniel Lazarski, seorang detektif yang dikenal sebagai The Observer, yang dapat meretas pikiran orang sebagai metode interogasi. Sebuah tim yang terdiri dari sekitar tiga puluh orang mengembangkan game ini menggunakan Unreal Engine 4.

Game ini dibintangi oleh Rutger Hauer, yang juga membintangi film Blade Runner keluaran tahun 1982, sebagai salah satu pengaruh utama. Arkadiusz Reikowski menyusun skor, menanamkannya dengan musik paduan suara, diegetik dan ambient. Observer menerima ulasan yang umumnya menguntungkan. Para kritikus memuji desain dunia, efek visual, dan urutan peretasan tetapi mengkritik unsur stealth dan fokusnya pada gaya atas substansi.

7. Cyberpunk 2077

Cyberpunk 2077
Cyberpunk 2077 | via Cyberpunk.net

Nah daftar game bertema Cyberpunk terbaik ini belum lengkap kalau belum memasukkan Cyberpunk 2077. Cyberpunk 2077 adalah game Action Role-Playing yang dikembangkan oleh CD ProJekt Red dan diterbitkan oleh CD ProJekt. Cerita dalam game ini berlatar di Night City, sebuah latar open-world yang terletak di semesta Cyberpunk. Kalian akan memainkan game ini dari perspektif orang pertama dari tentara bayaran yang dapat di-custom yang dikenal sebagai V, yang dapat memperoleh keterampilan dalam peretasan dan mesin.

Cerita dalam game ini mengikuti perjuangan V ketika ia berurusan dengan implan cybernetic misterius yang berpotensi menimpa kepribadian aslinya dengan kepribadian dan ingatan dari selebriti yang telah meninggal yang hanya dirasakan oleh V. Kedua kepribadian ini harus bekerja sama untuk mendapatkan adanya harapan untuk memisahkan keduanya dan menyelamatkan hidup V.

Dan itu tadi adalah daftar 7 Game Bertema Cyberpunk Terbaik yang harus kalian coba. kalau kalian punya game bertema Cyberpunk terbaik versi kalian sendiri yang tidak ada dalam daftar, jangan lupa tambahkan di kolom komentar.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment