G ListRekomendasi

7 Game Bertema Steampunk Terbaik Yang Harus Kalian Mainkan

Game Bertema Steampunk Terbaik – Apa yang terlintas di pikiran kalian saat mendengar kata “Steampunk“? Game bertema abad pertengahan? Atau peradaban yang bergantung pada tenaga uap? Kedua jawaban tadi bisa menjadi pandangan umum tentang tema Steampunk. Steampunk sendiri adalah tema dimana ada suatu peradaban yang lebih cenderung menggunakan tenaga uap untuk kegiatan sehari-hari dibanding menggunakan listrik.

Game bertema Steampunk sendiri sebenarnya sudah banyak, dan kebanyakan didominasi oleh game RPG yang memang menjadi salah satu genre yang mempopulerkan tema ini. Tapi banyak juga game selain RPG yang membawakan tema Steampunk dengan apik. Berbeda dengan tema Cyberpunk dimana latar waktunya mengambil dari masa depan, Steampunk biasanya mengambil waktu di era abad pertengahan dan peradaban maju yang masih menggunakan teknologi uap.

Nah untuk artikel kali ini, Gamedaim akan membahas tentang 7 Game bertema Steampunk Terbaik yang harus kamu mainkan. Apa saja judulnya? Check this out!

7 Game Bertema Steampunk Terbaik

1. Bioshock Infinite

Bioshock infinite
Bioshock Infinite | via Steam

Daftar kali ini dibuka dengan Game Bertema Steampunk terbaik besutan Irrational Games, yaitu Bioshock Infinite. Seri BioShock pertama kali memperkenalkan kita pada kota Metropolitan di bawah laut. Eksperimen yang gagal bukanlah satu-satunya yang menunggu kalian untuk menjelajah saat Infinite mengirim kalian menuju sebuah peradaban di langit. Columbia adalah kota yang terapung, terus membumbung tinggi di langit menggunakan teknologi dan gadget yang terinspirasi dari steampunk.

Inti dari BioShock adalah keresahan saat pemain masuk ke posisi Booker DeWitt, mantan anggota Badan Detektif Nasional Pinkerton yang kacau. DeWitt menghadapi iblis, dan mereka mengikutinya saat dia tersedot ke dalam revolusi yang terancam akan pecah di Columbia. BioShock Infinite menawarkan gameplay yang fantastis dan menarik, tapi dunia yang dirancang oleh Irrational Games mungkin adalah bintang yang sesungguhnya.

2. Final Fantasy VI

Final fantasy vi
Final Fantasy VI | via Steam

Game Bertema Steampunk Terbaik selanjutnya datang dari salah satu game dari waralaba kenamaan Square Enix, yaitu Final Fantasy VI. Sebelum puncak seri Final Fantasy diluncurkan, Square membuat serangkaian RPG yang mungkin akan berguna untuk mempertegas genre. Salah satunya adalah Final Fantasy VI. Sementara sebagian besar game Final Fantasy memiliki tema abad pertengahan, entry ini berinovasi untuk menampilkan nuansa Steampunk.

Hasilnya adalah perubahan yang disambut dengan baik. Final Fantasy VI mendapatkan penghargaan dari Electronic Gaming Monthly untuk Role-Playing Game Terbaik, Musik Terbaik untuk Game Berbasis Cartridge, dan Role-Playing Game Jepang Terbaik. Game ini mendapat banyak pujian, terutama untuk visual dan soundtrack-nya.

3. Dishonored

Dishonored
Dishonored | via Steam

Selanjutnya adalah Game Bertema Steampunk Terbaik dari Bethesda Softworks, yaitu Dishonored. Masuk ke dalam peran Corvo Attano, seorang pengawal yang dipermalukan yang dijebak atas pembunuhan Permaisuri yang bersumpah untuk dia lindungi. Dengan semua kota di Dunwall mengejarnya, Corvo harus cerdik untuk mengungkap misteri dan berjuang cukup lama untuk membersihkan namanya. Untungnya, dia memiliki beberapa kekuatan mistis yang bagus, seperti kemampuan untuk memanggil tikus atau memperlambat waktu.

Dishonored mendorong pemainnya untuk mengotak-atik kemampuan Corvo dan menemukan cara baru untuk menggabungkannya. Hal ini menghasilkan gameplay yang memorable, terutama saat digabungkan dengan menyelinap yang sering digunakan. Pertarungan Dishonored terinspirasi dari Far Cry.

4. SteamWorld Dig

Steamworld dig
SteamWorld Dig | via Steam

Yang Selanjutnya adalah SteamWorld Dig. SteamWorld Dig adalah game bertema Steampunk terbaik besutan Image & Form Games. Game ini mengirim pemain menggali dunia sebagai Rusty, sebuah steambot pertambangan. Seolah-olah namanya tidak mencerminkan unsurnya, SteamWorld Dig memiliki tema Steampunk yang dalam, dengan lingkungan, karakter, dan alat yang semuanya pas dalam genre ini. Semua robot, termasuk Rusty, berjalan dengan tenaga uap saat menjalankan urusan sehari-hari.

Bagi Rusty, itu berarti menggali sampai tidak ada tempat lagi untuk digali. Semakin kalian menggali tanah di bawah kota pertambangan tua, kalian akan menemukan harta yang luar biasa dan informasi yang telah lama hilang tentang manusia, yang telah menjadi purwarupa dari diri mereka sebelumnya. SteamWorld Dig secara mengejutkan cerah dan bersemangat dan menawarkan banyak konten, terutama untuk pemain yang suka berburu harta karun.

5. The Legend of Zelda: The Phantom Hourglass

The phantom hourglass
The Legend of Zelda: The Phantom Hourglass | via Nintendo

The Legend of Zelda: The Phantom Hourglass adalah salah satu Game bertema Steampunk terbaik besutan Nintendo. Salah satu dari hanya segelintir game The Legend of Zelda yang bertema Steampunk, The Phantom Hourglass adalah permulaan yang menarik dari tema dan irama di seri inti. Sebagai pendahulu dari Spirit Tracks, The Phantom Hourglass sebenarnya adalah sequel The Wind Waker, yang bercerita setelah Link terbangun di sebuah pulau misterius di tengah samudera.

The Phantom Hourglass mencakup beberapa pulau, dimana Link melakukan perjalanan menggunakan S.S. Linebeck, sebuah rakit bertenaga uap. Link sering kali harus mempertahankan diri di atas kapal, menggunakan meriam on-board dan mekanik lompatan untuk menghindari rintangan dan musuh yang masuk.

6. Professor Layton and The Curious Village

Professor layton and the curious village
Professor Layton and The Curious Village | via Nintendo

Masih dari Nintendo, Game bertema Steampunk terbaik selanjutnya adalah Professor Layton and The Curious Village besutan Level-5. Serial The Profesor Layton telah menjadi judul yang naik-turun, tapi The Curious Village tetap menjadi pilihan yang utama. Teka-teki di Nintendo DS ini mengadaptasi tema Steampunk, dari latar di sekitar profesor hingga beberapa Gizmo yang merupakan bagian dari petualangan besarnya.

Dipanggil untuk memecahkan misteri Golden Apple, Layton dan asistennya Luke berangkat untuk memecahkan kode, menguraikan petunjuk, dan membuka beberapa teka-teki paling menjebak yang diketahui manusia. Tentu saja dengan hadiah yang berupa kekayaan keluarga mendiang Baron Augustus Reinhold. Saat kalian tidak larut dalam banyak teka-teki yang disuguhkan The Curious Village, kalian akan menikmati cutscene animasi penuh yang menampilkan estetika Steampunk yang kalian cari.

7. Frostpunk

Frostpunk
Frostpunk | via Steam

Daftar game bertema Steampunk terbaik kali ini ditutup oleh Frostpunk besutan 11 Bits Studios. Latar dari game ini adalah abad ke-19, satu langkah mundur dari masa kita sekarang, dan dunia telah berubah menjadi “wonderland” musim dingin. Bertahan hidup akan membutuhkan penggunaan sumber daya yang cerdas, kepercayaan orang-orang kalian, dan penggunaan teknologi yang ditarik langsung dari genre Steampunk.

Frostpunk tidak hanya seputar Steampunk, tapi juga estetika yang tentunya terinspirasi dari medium khusus di genre lainnya. Pada puncak musim dingin vulkanik, pemain membangun kota mereka dalam game city-building strategy ini. 11 Bits Studios juga berada di balik game survival peperangan berjudul This War of Mine, dan suasana yang berat dan suram juga hadir di Frostpunk.

Dan itu tadi adalah daftar 7 Game Bertema Steampunk Terbaik versi Gamedaim. Kalau kalian punya rekomendasi Game Bertema Steampunk Terbaik selain daftar di atas, jangan lupa tambahkan di komentar.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment