G ListRekomendasi

7 Game Tomb Raider Terbaik Yang Tidak Kalah Seru Dengan Game Lain

Game Tomb Raider TerbaikTomb Raider, atau dikenal juga dengan Lara Croft: Tomb Raider, adalah sebuah waralaba media yang berawal dari sebuah game ber-genre Action-Adventure yang diciptakan oleh Core Design, sebuah perusahaan asal Inggris yang bergerak di bidang video game. Waralaba ini awalnya milik Eidos Interactive, sebelum akhirnya berpindah tangan ke Square Enix Europe dengan terjadinya akuisisi Eidos Interactive oleh Square Enix pada tahun 2009 lalu.

Waralaba Tomb Raider umumnya terfokus pada arkeolog fiksi asal Inggris yang bernama Lara Croft, yang berkeliling dunia mencari artefak yang hilang dan menyelinap masuk kedalam reruntuhan dan kuburan yang berbahaya. Gameplay-nya terpusat pada penjelajahan lingkungan, pemecahan teka-teki, menyusuri lingkungan yang penuh jebakan dan mengalahkan musuh yang ada. Selain itu, Tomb Raider juga memiliki beberapa adaptasi film, komik, dan novel.

Nah dalam artikel kali ini, Gamedaim akan memberikan daftar 7 Game Tomb Raider Terbaik yang tidak kalah serunya dengan game lain. Penasaran apa saja game-nya? Tanpa berlama-lama lagi, let’s check this out!

7 Game Tomb Raider Terbaik

1. Tomb Raider (2013)

Tomb raider 2013
Tomb Raider (2013) | via Steam

Kita mulai daftar Game Tomb Raider Terbaik kali ini dengan Tomb Raider yang diluncurkan tahun 2013. Game ini adalah game Action-Adventure keluaran tahun 2013 yang dikembangkan oleh Crystal Dynamics dan diterbitkan oleh anak perusahaan Square Enix di Eropa. Judul ini adalah entry kesepuluh dari seri utama dalam waralaba Tomb Raider sekaligus versi reboot dari serinya, yang juga sebagai entry pertama dalam trilogi Survivor yang merekonstruksi asal-usul Lara Croft.

Tomb Raider pertama kali diluncurkan pada awal Maret tahun 2013 untuk Microsoft Windows, PlayStation 3 dan Xbox 360. Elemen gameplay lebih berfokus pada survival, meskipun eksplorasi juga digunakan dalam game ini saat menjelajahi pulau dan berbagai galian pilihan. Game ini juga merupakan game pertama dalam seri utama yang memiliki fitur multiplayer dan juga game pertama dalam seri ini yang diterbitkan oleh Square Enix, yang sebelumnya telah mengakuisisi Eidos Interactive pada tahun 2009.

2. Tomb Raider (1996)

Tomb raider
Tomb Raider | via Steam

Game Tomb Raider terbaik selanjutnya adalah game Tomb Raider versi keluaran tahun 1996. Tomb Raider versi 1996 adalah game yang mengusung genre Action-Adventure yang dikembangkan oleh Core Design dan diterbitkan oleh Eidos Interactive. Game ini adalah entry debut dalam waralaba media Tomb Raider. Game ini menceritakan seorang arkeolog sekaligus petualang yang bernama Lara Croft, yang disewa oleh seorang pengusaha bernama Jacqueline Natla untuk menemukan artefak yang disebut Scion of Atlantis.

Gameplay-nya menampilkan level penyusuran Lara yang dibagi menjadi beberapa area dan kompleks ruangan saat melawan musuh dan memecahkan teka-teki untuk menuju tahap berikutnya. Konsep awalnya dibuat oleh Toby Gard, yang dikreditkan sebagai pencipta Lara dan bekerja sebagai seniman utama dalam proyek tersebut. Proses pengembangan dimulai pada tahun 1994 dan memakan waktu 18 bulan, dengan anggaran sebesar £440.000 atau sekitar £790.000 di masa sekarang.

3. Shadow of the Tomb Raider

Shadow of the tomb raider
Shadow of the Tomb Raider | via Steam

Game Tomb Raider Terbaik yang ketiga adalah Shadow of the Tomb Raider. Shadow of the Tomb Raider adalah game yang diluncurkan pada tahun 2018 yang dikembangkan oleh Eidos-Montréal dan diterbitkan oleh Square Enix Europe. Seri ini melanjutkan cerita dari game Rise of the Tomb Raider tahun 2015 dan merupakan entry seri utama yang kedua belas dalam seri Tomb Raider, serta entry ketiga sekaligus terakhir dari trilogi Survivor. Game ini awalnya diluncurkan di seluruh dunia untuk Microsoft Windows, PlayStation 4, dan Xbox One.

Shadow of the Tomb Raider berlatar kira-kira setahun setelah peristiwa Rise of the Tomb Raider, dan menceritakan Lara Croft saat dia menjelajah melalui daerah tropis Amerika ke kota legendaris Paititi, dimana dia harus melawan organisasi militer Trinity dan berlomba untuk menghentikan kehancuran suku Maya yang telah dia lepaskan. Lara harus melintasi lingkungan dan memerangi musuh dengan senjata api dan mengendap-endap saat dia menjelajahi jalur semi-terbuka.

4. Tomb Raider II

Tomb raider 2
Tomb Raider II | via Steam

Yang keempat dalam daftar game Tomb Raider terbaik kali ini adalah Tomb Raider II. Masih sama seperti Tomb Raider yang pertama, Tomb Raider II adalah game Action-Adventure yang juga dikembangkan oleh Core Design dan diterbitkan oleh Eidos Interactive. Seri ini adalah entry kedua dalam seri Tomb Raider, dan juga menceritakan petualangan arkeolog Lara Croft dalam berburu Belati ajaib Xian, yang juga diburu oleh sekte pemuja dari Italia.

Gameplay-nya menampilkan Lara yang menyusuri level yang dibagi menjadi beberapa area dan kompleks ruangan saat melawan musuh dan memecahkan teka-teki untuk ke tahap selanjutnya, dengan beberapa area yang memungkinkan atau membutuhkan penggunaan kendaraan. Proses pengembangan dimulai pada tahun 1996 segera setelah keberhasilan Tomb Raider yang pertama, diselesaikan dalam waktu antara enam dan delapan bulan, periode pengembangan singkat yang secara fisik dan emosional yang membuat tim stress.

5. Tomb Raider: Underworld

Tomb raider underworld
Tomb Raider: Underworld | via Steam

Game Tomb Raider Terbaik yang kelima adalah Tomb Raider: Underworld. Tomb Raider: Underworld adalah game ber-genre action-Adventure yang dikembangkan oleh Crystal Dynamics dan diterbitkan oleh Eidos Interactive untuk Microsoft Windows, PlayStation 3, Xbox 360, Nintendo Wii dan Nintendo DS pada November 2008. Game ini menjadi entry kesembilan dari keseluruhan entry dalam seri Tomb Raider dan entry ketiga di seri Tomb Raider Trilogi Legend.

Tomb Raider: Underworld menceritakan petualangan Lara Croft dalam mencari Mjolnir, sebuah artefak kunci untuk memasuki dunia Helheim, sambil menghadapi musuh dari masa lalunya. Gameplay-nya menampilkan Lara yang menyusuri level yang bertempat di seluruh dunia dengan tema platforming, melawan musuh, dan memecahkan teka-teki untuk menuju tahap berikutnya. Gameplay-nya didesain ulang berdasarkan prinsip kemampuan yang dimiliki oleh Lara, dengan aksinya yang dibuat menggunakan motion capture untuk pertama kalinya.

6. Tomb Raider III: Adventure of Lara Croft

Tomb raider 3
Tomb Raider III | via Steam

Yang selanjutnya dalam daftar Game Tomb Raider Terbaik kali ini adalah Tomb Raider III: Adventure of Lara Croft. Game ini adalah judul ketiga dalam seri Tomb Raider dan sequel langsung dari Tomb Raider II. Kisah permainan menceritakan petualangan sang arkeolog Lara Croft saat dia memulai pencarian untuk memulihkan empat keping meteorit yang tersebar di seluruh dunia.

Untuk menyelesaikan game ini, pemain harus menyelesaikan serangkaian level yang melibatkan pemecahan teka-teki, melintasi lokasi berbahaya, dan mengalahkan musuh. Tomb Raider III: Adventure of Lara Croft adalah game Tomb Raider terbaik yang dikembangkan menggunakan versi upgrade dari engine Tomb Raider yang digunakan oleh pendahulunya.

7. Tomb Raider: Legend

Tomb raider legends
Tomb Raider: Legend | via Steam

Yang terakhir dalam daftar Game Tomb Raider Terbaik kali ini adalah Tomb Raider: Legend. Tomb Raider: Legend menceritakan petualangan Lara Croft untuk mencari pedang mitologi yang disebut Excalibur, beradu cepat di seluruh dunia melawan mantan temannya, Amanda Evert. Gameplay-nya menampilkan Lara yang menyusuri level linier, melawan musuh, dan memecahkan teka-teki di sekitarnya untuk menuju tahapan selanjutnya.

Karena kegagalan fatal dari Tomb Raider: The Angel of Darkness milik Core Design, Eidos mengalihkan pengembangan Tomb Raider ini ke pengembang Amerika yaitu Crystal Dynamics, yang memulai produksi pada tahun 2004. Tujuannya adalah untuk membawa cerita segar dalam waralaba ini, dengan desain ulang untuk gameplay dan Lara sendiri. Pencipta Lara, Toby Gard, diundang untuk membantu dalam hal ini dan sangat terlibat dengan proyek tersebut.

Dan itu tadi adalah daftar 7 Game Tomb Raider Terbaik yang tidak kalah serunya dengan game lain. kalau kalian punya versi game Tomb Raider terbaik yang tidak ada dalam daftar, jangan lupa tambahkan di kolom komentar.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment
Continue in browser
To install tap Add to Home Screen
Add to Home Screen
See this post in...
Gamedaim
Chrome
Add Gamedaim to Home Screen
Close

For an optimized experience on mobile, add Gamedaim shortcut to your mobile device's home screen

1) Press the share button on your browser's menu bar
2) Press 'Add to Home Screen'.