G List

10 Game Crash Bandicoot Terbaik Sepanjang Masa yang Pernah Ada

Crash Bandicoot merupakan franchise video game legendaris yang sudah ada sejak tahun 90-an. Game ini awalnya dikembangkan oleh Naughty Dog untuk konsol Sony PlayStation. Namun seiring berjalannya waktu, Crash Bandicoot memiliki banyak jenis game dari berbagai developer.

Game ini menghadirkan gameplay yang berlatarkan Kepulauan Wumpa, yang merupakan sebuah kepulauan yang terletak di Australia Selatan. Ada tempat di mana manusia dan binatang mutan hidup berdampingan.

Karakter utama dalam game ini adalah Bandicoot yang nama genetiknya adalah Crash. Dia adalah hewan mutan yang hidup damai di Kepulauan Wumpa. Hingga akhirnya ia diganggu oleh antagonis utamanya, Doctor Neo Cortex, seorang manusia yang menciptakan Crash itu sendiri.

Doctor Cortex ingin Crash mati karena menurutnya ia adalah eksperimen yang gagal. Namun Crash tentu saja menolak dan Crash harus mengalahkan Doctor Cortex demi menggagalkan rencana jahatnya.

Untuk pembahasan kali ini, Gamedaim akan membagikan kepada kalian semua 10 Game Crash Bandicoot terbaik sepanjang masa yang pernah ada. Penasaran apa saja gamenya? Yuk simak bareng ulasannya berikut ini.

BACA JUGA:

Game Crash Bandicoot Terbaik

1. Crash Bandicoot (1996)

Game Crash Bandicoot terbaik pada urutan pertama ada game Crash Bandicoot pertama yang masih paling ikonik hingga saat ini. Memperkenalkan maskot hewan mutan yang lucu dengan gameplay yang sangat menarik.

Walaupun dirilis pada tahun 1996, namun faktanya masih banyak penggemar game Crash Bandicoot yang menyukai seri pertamanya ini.

Developer: Naughty Dog, Vivendi Games
Platform:
PlayStation, PlayStation Portable, PlayStation 3, PlayStation Vita

2. Crash Bandicoot 2: Cortex Strikes Back (1997)

Masih berlangsung di Kepulauan Wumpa di Australia, Crash Bandicoot 2 mengikuti petualangan bandicoot antropomorfik bernama Crash. Crash diculik oleh penjahat seri Doctor Neo Cortex, yang menipunya untuk berpikir bahwa ia akan menyelamatkan dunia. Crash melakukan perintah ke beberapa bagian N. Sanity Island untuk mengumpulkan kristal dengan harapan bisa membantu Doctor Cortex dalam menyelamatkan dunia.

Pada seri kedua kali ini, ada kakak Crash yang bernama Coco dan mantan asisten Doctor Cortex, Doctor Nitrius Brio. Mereka mencoba memperingatkan Crash tentang rencana Cortex, namun Crash tidak terlalu mendengarkannya sampai akhirnya ia mengetahui sendiri rencana jahat yang direncanakan oleh Doctor Cortex.

Developer: Naughty Dog
Platform:
Android, PlayStation Portable, PlayStation

3. Crash Bandicoot 3: Warped (1998)

Crash Bandicoot: Warped juga dikenal sebagai Crash Bandicoot 3: Warped adalah game ketiga dalam seri video game Crash Bandicoot setelah Crash Bandicoot 2: Cortex Strikes Back. Pada masa itu, game ini dikenal sebagai salah satu game Crash Bandicoot terbaik karena mampu memberikan gameplay yang sangat seru dan menantang.

Cerita terjadi segera setelah kejadian di game kedua, di mana puing-puing stasiun luar angkasa Doctor Neo Cortex berhasil mendarat di bumi. Mereka melepaskan entitas jahat yang dikenal sebagai Uka, saudara kembar jahat Aku, Aku yang kini telah bersekutu dengan Doctor Cortex dan Doctor Nefarious Trophy untuk mengumpulkan kristal yang kuat.

Dengan memiliki energi kristal yang kuat, mereka dapat menggunakannya untuk memperbudak warga Bumi.

Karakter utama di seri ketiga kali ini masih Crash dan Coco yang akan melakukan perjalanan menembus waktu untuk mengumpulkan kristal guna mencegah Doctor Cortex dan komplotannya menjalankan rencana jahat mereka.

Developer: Naughty Dog
Platform:
PlayStation Portable, PlayStation, PlayStation Vita

4. Crash Team Racing (1999)

Berbeda dengan game Crash Bandicoot lainnya, Crash Team Racing merupakan game kart racing yang merupakan seri keempat dari seri Crash Bandicoot.

Ceritanya berfokus pada upaya Crash, Doctor Neo Cortex, dan tim karakter ragtag lainnya dalam seri Crash Bandicoot yang kini bekerja sama dalam misi melawan Nitros Oxide. Seorang maniak yang mencoba menghancurkan bumi.

Di dalam game, pemain dapat memilih untuk memainkan salah satu dari lima belas karakter dari seri Crash Bandicoot. Selama balapan, ada beberapa buff seperti power-up ofensif dan peningkatan kecepatan yang dapat digunakan untuk keuntungan.

Developer: Beenox
Platform:
PlayStation 4, Nintendo Switch, Xbox One

5. Crash Bandicoot: The Wrath of Cortex (2001)

Game Crash Bandicoot terbaik berikutnya ada Crash Bandicoot: The Wrath of Cortex yang merupakan game pertama dalam franchise Crash Bandicoot yang dirilis di PlayStation 2 dan kemudian dipindahkan ke Xbox, dan GameCube, dengan Eurocom mengembangkan versi GameCube.

Melanjutkan cerita utama keempat dan keenam secara keseluruhan dalam seri video game Crash Bandicoot. Kali ini, Dokter Neo Cortex melanjutkan rencana jahatnya dengan memanfaatkan kekuatan sekelompok roh bertopeng perusak yang dikenal sebagai Elemental.

Crash dan Coco harus berkeliling dunia dan mengumpulkan Kristal khusus yang dapat mengembalikan Elemental ke hibernasi dan menggagalkan rencana jahat Dokter Cortex.

Developer: Traveller’s Tales, Eurocom
Platform:
PlayStation 2, Nintendo GameCube, Xbox 360, Xbox

6. Crash Nitro Kart (2003)

Crash Nitro Kart adalah game balapan kedua dalam seri Crash Bandicoot setelah Crash Team Racing dan game pertama yang menghadirkan pengalaman bermain dengan performa penuh.

Cerita berpusat pada penculikan Crash, bersama dengan karakter lain dalam seri ini, oleh diktator kejam bernama Kaisar Velo XXVII. Ia menyuruh Crash dan teman-temannya untuk melakukan balapan di Coloseum raksasa demi menghibur para rakyatnya. Jika menolak, maka ia mengancam akan menghancurkan Bumi.

Developer: Vicarious Visions, Driver-Inter, Ltd.
Platform:
Game Boy Advance, Nintendo GameCube, iOS, PlayStation 2, N-Gage, Zeebo, Xbox

7. Crash of The Titans (2007)

Crash of the Titans adalah game Crash Bandicoot terakhir yang diterbitkan oleh Vivendi Games sebelum Activision bergabung dengan perusahaan tersebut pada tahun berikutnya.

Ini adalah angsuran keempat belas dalam seri video game Crash Bandicoot, dan game keenam dalam franchise utama. Bercerita tentang penemuan sebuah zat yang dikenal dengan nama “Mojo”, yaitu antagonis serial Doctor Neo Cortex dan keponakannya Nina yang dapat mengubah penduduk Kepulauan Wumpa menjadi pasukan mutan ganas yang dikenal dengan sebutan “Titans”.

Kali ini, Crash harus menghentikan Cortex dan Nina dengan menggunakan teknik “jacking”. Dengan menggunakan teknik ini, Crash mampu menghancurkan para Titan sambil mengumpulkan mojo.

Selain itu, ia juga harus menyelamatkan rekannya, Coco yang telah diculik dan dipaksa untuk membuat sebuah mesin yang dapat membantu Titan menjalankan rencana jahat Doctor Cortex.

Developer: Radical Entertainment, SuperVillain Studios, Amaze Entertainment
Platform:
PlayStation Portable, PlayStation 2, Xbox 360, Game Boy Advance, Sony PSP, Wii, Nintendo DS

8. Crash Bandicoot N. Sane Trilogy (2017)

Game Crash Bandicoot terbaik selanjutnya ada Crash Bandicoot N. Sane Trilogy, ini adalah kumpulan remaster dari tiga game pertama dalam seri Crash Bandicoot, Crash Bandicoot 2: Cortex Strikes Back, dan Crash Bandicoot 3: Warped.

Setiap game menampilkan level Crash Bandicoot traversing untuk menghentikan Doctor Neo Cortex menjalankan rencana jahatnya untuk menguasai dunia.

Seperti pada game aslinya, Crash dapat menggunakan teknik spin dan jump untuk mengalahkan musuh, menghancurkan peti, dan mengumpulkan item.

Trilogi N. Sane menambahkan fitur baru di ketiga game, termasuk pos pemeriksaan terpadu, menu jeda, dan sistem penyimpanan, termasuk penyimpanan manual dan otomatis, serta kemampuan untuk memainkan sebagian besar level di setiap game sebagai karakter saudara perempuan Crash, Coco.

Game ini juga menampilkan audio remaster untuk setiap cutscene, termasuk rekaman baru dari dialog yang dibuat oleh pengisi suara franchise yang lebih baru.

Developer: Vicarious Visions, Toys for Bob, Iron Galaxy
Platform:
Nintendo Switch, PlayStation 4, Xbox One, Microsoft Windows

9. Crash Team Racing: Nitro-Fueled (2019)

Crash Team Racing Nitro-Fueled adalah game balap kart yang dikembangkan oleh Beenox dan diterbitkan oleh Activision. Ini adalah versi remaster dari Crash Team Racing, yang memberikan kebebasan kepada pemain untuk memilih salah satu dari beberapa karakter dari seri Crash Bandicoot sebagai karakter balap mereka.

Team Racing Nitro-Fueled menyertakan konten tambahan dari Crash Nitro Kart dan Crash Tag Team Racing. Termasuk kustomisasi kart, dua mode petualangan yang berbeda, dan toko dalam game.

Developer: Beenox
Platform:
PlayStation 4, Nintendo Switch, Xbox One

10. Crash Bandicoot 4: It’s About Time (2020)

Crash Bandicoot 4: It’s About Time merupakan game keempat dari seri Crash Bandicoot yang dikembangkan oleh Activision. Game ini bisa dimainkan di perangkat PlayStation 4 dan Xbox One, Nintendo Switch, PlayStation 5, Xbox Series X/S dan Windows.

Menghadirkan angsuran utama kedelapan dalam seri Crash Bandicoot dan retcon dari game yang awalnya mengikuti Crash Bandicoot: Warped. Ceritanya berpusat pada saudara perempuan Crash, Coco, saat mereka berusaha memulihkan Quantum Mask yang sangat kuat untuk mencegah Doctor Neo Cortex dan Doctor Nefarious Trophy mengambil alih multiverse.

Kali ini mereka mendapat bantuan dari mantan musuh, Dingodile dan mitra petualangan dimensi alternatif dari pacar lama Crash, Tawna.

Dengan kualitas grafis yang ditingkatkan secara dramatis, menambahkan elemen baru melalui penggunaan Quantum Masks, yang dapat mengubah level dan menyediakan sarana untuk melewati atau mengatasi rintangan.

Pemain dapat memilih untuk mengontrol salah satu dari lima karakter, tiga di antaranya – Cortex, Dingodile, dan Tawna – memiliki gameplay dan level unik mereka sendiri.

Hingga artikel ini ditulis, Crash Bandicoot 4: It’s About Time masih menjadi game Crash Bandicoot terbaik yang pernah ada. Hal ini terlihat dari reaksi komunitas dan penggemar game Crash Bandicoot yang memberikan reaksi yang sangat baik terhadap game keempat dari seri tersebut.

Developer: Toys for Bob, Beenox, Iron Galaxy, Hardsuit Labs, Inc., Activision Shanghai
Platform:
PlayStation 5, Nintendo Switch, PlayStation 4, Xbox One, Xbox Seri X dan Seri S, Microsoft Windows


Akhir Kata

Demikian itulah tadi 10 Game Crash Bandicoot terbaik sepanjang masa yang pernah ada. Jangan lupa untuk Ikuti terus Gamedaim supaya kalian tidak ketinggalan informasi terupdate lainnya seputar Game dari kami.

Related Posts

Leave Comment
Continue in browser
To install tap Add to Home Screen
Add to Home Screen
See this post in...
Gamedaim
Chrome
Add Gamedaim to Home Screen
Close

For an optimized experience on mobile, add Gamedaim shortcut to your mobile device's home screen

1) Press the share button on your browser's menu bar
2) Press 'Add to Home Screen'.
Gamedaim We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications