G ListNintendoPlaystationPS2

10 Game Terburuk Sepanjang Masa dari Berbagai Sistem

Game Terburuk Sepanjang MasaGame tidak selalu menjadi alternatif untuk menghilangkan stress. Dari sekian banyaknya judul game yang diterbitkan, ada juga game yang dinilai menjadi game terburuk sepanjang masa. Penilaian yang mendasari ini, biasanya dari segi gameplay, grafis, atau juga banyaknya bug yang tak kunjung diperbaiki oleh pengembang.

Beberapa dari game terburuk ini berasal dari pengembang independen, tapi tak sedikit juga yang berasal dari pengembang besar. Bahkan, ada juga dari beberapa judul game yang lekat dengan ingatan masa kecil kita dan masuk dalam daftar game terburuk. Tentunya kita tidak mempedulikan kualitas sebuah game saat kita masih kecil, selama game tersebut masih enak untuk dimainkan.

Nah, dalam artikel kali ini, Gamedaim akan memberikan daftar 10 Game Terburuk Sepanjang Masa. Apa saja?

10 Game Terburuk Sepanjang Masa

1. Deal or No Deal

Deal or no deal
Deal or No Deal | via Amazon

Yang pertama dalam daftar ini adalah Deal or No Deal. Game ini pertama kali diterbitkan untuk Nintendo DS pada 23 Juli 2007. Deal or No Deal merupakan sebuah game berjenis kuis yang diadaptasi dari sebuah game show dengan judul yang sama. Meskipun judulnya sama, tapi game-nya tidak mengikuti kesuksesan dari game show-nya.

Meskipun Deal or No Deal adalah game show yang sukses besar, tapi tidak dengan video game-nya. Tanpa taruhan uang yang sebenarnya, gameplay tidak memiliki ketegangan apapun karena itu semua hanya angka yang tidak berarti. Terlepas dari itu, versi Nintendo Wii dari Deal or No Deal lebih sukses dari versi Nintendo DS, karena tidak sepenuhnya rusak seperti versi Nintendo DS.

Versi Nintendo DS benar-benar menghilangkan peluang acak dari game dengan selalu memasukkan uang ke dalam koper yang sama saat kalian me-reboot Nintendo DS kalian, yang menghilangkan keseruan dari Deal atau No Deal yang sebenarnya.

2. Infestation: Survivor Stories

Infestation survivor stories
Infestation: Survivor Stories | via Moby Games

Game Terburuk Sepanjang Masa yang ke-2 adalah Infestation: Survivor Stories. Game yang bisa dimainkan di PC ini pertama kali diluncurkan pada 15 Oktober 2012. Untuk genre, game ini memiliki genre Shooter dan Action. Meskipun grafisnya disajikan dengan baik, tapi Infestation: Survivor Stories tetap masuk dalam daftar ini berdasarkan penilaian dari Metacritics.

Hadir di era yang penuh dengan game berjenis Zombie Shooter, tidak heran kalau game ini mencoba mengubah popularitas genre-nya menjadi pundi-pundi uang. Yang aneh adalah game ini sangat bagus dan hampir tanpa cacat di versi alpha. Tapi untuk versi final release hampir tidak ada yang namanya perbaikan untuk game ini, dan beberapa fans bahkan mengklaim kalau game ini tidak lebih baik dan bahkan selangkah lebih mundur dibanding versi alpha-nya.

3. Alone in the Dark: Illumination

Alone in the dark illumination
Alone in the Dark: Illumination | via IMDb

Game Terburuk Sepanjang Masa yang ke-3 masih dari platform PC. Alone in the Dark: Illumination pertama kali diterbitkan untuk PC pada 11 juni 2015. Game ini juga sekaligus menjadi entry terakhir dari keseluruhan waralaba game Alone in the Dark. Game ini juga memiliki gameplay yang membuat pemainnya harus berhadapan dengan entitas terkutuk.

Tentunya sangat menyakitkan saat melihat serial horor yang melekat di hati seperti Alone in the Dark menjadi sia-sia, tapi sulit juga untuk membantah fakta, mengingat betapa buruknya game ini. Game ini membuat keputusan yang mengherankan karena menambahkan sampai empat pemain untuk bermain secara co-op dan fokus gameplay yang mengharuskan pemain untuk tetap berada tempat terang agar tetap aman.

Hal ini menjadikannya game di mana kalian tidak sendirian baik di tempat terang maupun dalam kegelapan. Sangat tidak sesuai dengan namanya. Saking buruknya game satu ini, sampai Metacritics memberikan nilai 19 dari 100.

4. SPOGS Racing

Spogs racing
SPOGS Racing | via IGDb

Game Terburuk Sepanjang Masa yang berikutnya adalah SPOGS Racing. Game yang merupakan WiiWare atau peralatan tambahan untuk Nintendo Wii ini diterbitkan pertama kali pada tahun 2008. SPOG adalah singkatan dari Sports Player Object Gyro. Game ini mendapatkan nilai 18 dari 100 di Metacritics.

Alasan utama kenapa SPOGS Racing dinilai sangat rendah adalah karena game ini hanya sebuah Rip-Off dari game terkenal yaitu Mario Kart. Selain itu, SPOGS Racing juga memiliki grafis yang buruk dan terkesan asal dalam penggarapannya.

5. Double Dragon II: Wander of the Dragons

Double dragon ii
Double Dragon II: Wander of the Dragons | via Darkbeat

Satu lagi judul yang menyeret sebuah waralaba klasik ke dalam daftar Game Terburuk Sepanjang Masa yaitu Double Dragon II: Wander of the Dragons. Game ini sering disebut sebagai game pertarungan terburuk yang pernah diluncurkan. Diterbitkan pertama kali untuk Xbox 360 pada 5 April 2013.

Tidak hanya karena grafis yang disajikan sangat jauh tertinggal dari standar tahun 2013, game ini juga sangat sulit untuk mendapatkan framerate yang sempurna atau bahkan mendekati normal saat dimainkan. Adegang pertarungannya sangatlah buruk pada saat yang bagus, dan pada waktu yang buruk, musuh akan dengan mudah bisa mengeroyok pemainnya dan membuat pemain kesulitan untuk melawan.

6. Vroom in The Night Sky

Vroom in the night sky
Vroom in The Night Sky | via Destructoid

Game Terburuk Sepanjang Masa yang ke-6 adalah Vroom in The Night Sky. Game ini diterbitkan pada 5 April 2017 untuk Nintendo Switch. Vroom in The Night Sky mendapatkan skor yang sangat rendah di Metacritics, yaitu hanya 17 dari 100. Meskipun grafisnya terlihat bagus, tapi gameplay yang ditawarkan tidak lebih bagus.

Game ini ada dalam jajaran game yang diluncurkan untuk Switch eShop dan menjadi pertanda buruk bagi jumlah shovelware yang nantinya akan muncul. Secara visual, game ini kalah dengan game Nintendo DS dan kalah dari segala hal dari segi gameplay. Pemain akan merasakan seperti bermain Superman 64 yang harus terbang mengikuti jajaran cincin, dengan efek suara sapu terbang yang menyerupai knalpot motor.

7. Leisure Suit Larry: Box Office Bust

Leisure suit larry box office bust
Leisure Suit Larry: Box Office Bust | via IMDb

Selanjutnya ada Leisure Suit Larry: Box Office Bust. Game ini akan duduk dengan nyaman dalam daftar Game Terburuk Sepanjang Masa. Diluncurkan pertama kali pada 5 Mei 2009, Game ini berhasil mendapat julukan sebagai Game dengan Movie tie-in Action Platformer terburuk yang pernah ada.

Seperti kebanyakan game pada kategori tersebut, Leisure Suit Larry: Box Office Bust hanya menyuguhkan pengalaman yang membosankan dari awal hingga akhir. Humor seksual dari game ini lebih kental didukung lelucon sampah yang vulgar dan tidak lucu. Itu menjadi pertanda bahwa game semacam ini tidak lagi diinginkan.

8. Yaris

Yaris
Yaris | via MK7Gaming

Yaris yang ada dalam Game Terburuk Sepanjang Masa yang dimaksud, adalah merk mobil Toyota Yaris. Game ini diluncurkan untuk Xbox 360 pada 10 Oktober 2007, dan mendapatkan nilai dari Metacritics hanya 17 dari 100. Nilai yang cukup untuk membuat Game ini masuk dalam daftar Game Terburuk Sepanjang Masa.

Tidak seperti kebanyakan game balapan yang disukai oleh orang, dimana pemain bisa menggasak jalanan menggunakan supercar dan hypercar, dalam game ini, pemain hanya bisa menggunakan mobil hatchback. Yang lebih aneh lagi, mobil Yaris dalam game ini bisa menembakkan laser dari tentakel mekanik yang terdapat pada mesin depan mobil. Bayangkan kalau mobil Toyota Yaris di dunia nyata bisa melakukan ini.

9. Ride to Hell: Retribution

Ride to hell retribution
Ride to Hell: Retribution | via IMDb

Game Terburuk Sepanjang Masa yang ke-9 adalah Ride to Hell: Retribution. Game yang diterbitkan untuk Microsoft Windows ini pertama kali diluncurkan pada 24 Juni 2013. Game ini mendapat nilai 16 dari 100 di Metacritics karena gameplay yang luar biasa buruk dan terkesan seperti lelucon. Ride to Hell: Retribution adalah salah satu game tidak terkenal yang memiliki kesan buruk.

Berada pada peringkat ke-2 dalam kategori Game Terburuk, Game ini memiliki gameplay yang buruk. Lewat adegan berkendara yang konyol, pertarungan di atas kendaraan yang terkesan membosankan, dan juga adegan dewasa dengan karakter yang masih berpakaian lengkap, cukup untuk membuat menggelengkan kepala selama seharian penuh.

10. Family Party: 30 Great Game Obstacle Arcade

Family party 30 grat games obstacle arcade
Family Party: 30 Great Games Obstacle Arcade | via IGN

Yang Terakhir dalam daftar Game Terburuk Sepanjang Masa datang dari salah satu game untuk konsol hybrid Nintendo Wii U. Family Party: 30 Great Games Obstacle Arcade berhasil meraih peringkat pertama sebagai Game Terburuk dengan nilai 11 dari 100 di Metacritics. Game ini pertama kali diluncurkan pada 4 Desember 2012 untuk konsol hybrid Nintendo Wii U.

Jika Nintendo Wii penuh dengan kumpulan party games yang mana menjadi game terbaik, tampaknya tidak untuk Wii U. Tidak hanya karena kontrol yang selangkah lebih mundur dan buruk, Tapi juga memberikan syarat untuk memiliki 2 WiiMote dan 2 Nunchuck sebagai syarat untuk unggul. Secara visual, Game ini seperti game PS2, tapi tidak berjalan sebaik PS2 atau bahkan tidak sampai setengahnya.

Dan itu tadi adalah 10 Game Terburuk Sepanjang Masa yang berhasil Gamedaim rangkum untuk kalian. Kalau kalian punya tambahan, jangan lupa tambahkan di kolom komentar.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment