G List

7 Villain Paling Ikonik Dalam Game. Kebanyakan Lebih Ikonik Dibanding Hero-nya

Villain Paling Ikonik Dalam Game – Kalau membahas tentang karakter villain, tentunya dalam setiap game terdapat setidaknya satu karakter villain yang selalu menyulitkan sang protagonis. Karakter villain meskipun mengesalkan, tapi mereka termasuk karakter yang penting dalam jalan cerita dan pengembangan karakter si protagonis untuk menjadi pahlawan yang kuat dan pemberani. Tanpa adanya karakter villain, protagonis tidak akan bisa menjadi karakter yang kuat.

Karakter villain dalam sebuah game biasanya memiliki alasan atau motif dibalik setiap kejahatan yang mereka lakukan, entah itu karena alasan masa lalu, balas dendam, atau bahkan untuk alasan bersenang-senang. Kekuatan setiap karakter villain tentunya juga ditentukan oleh latar belakang yang di alami oleh si karakter. Beberapa karakter villain bahkan lebih ikonik dan lebih diingat oleh pemain game-nya dibanding protagonis utamanya.

Nah dalam artikel kali ini, kita akan membahas 7 Villain Paling Ikonik Dalam Game yang sudah Gamedaim rangkum untuk kalian. Penasaran siapa saja? Langsung saja simak daftar berikut ini!

7 Villain Paling Ikonik Dalam Game

1. Sephiroth

Sephiroth
Sephiroth | via Shirrako

Kita mulai daftar kali ini dengan sosok villain paling ikonik dalam game Final Fantasy VII. Karakter yang dimaksud tidak lain dan tidak bukan adalah Sephiroth. Karakter yang merupakan Malaikat Bersayap Satu ini merupakan karakter villain yang muncul dalam waralaba Final Fantasy pada tahun 1997. Alasan kenapa karakter ini sangat ikonik adalah karena orang-orang di masa itu tidak hanya menyukai villain yang kejam, tapi juga terlihat keren.

Karakter ini semakin terlihat kejam dengan adanya katana super panjang yang selalu dibawanya. Hal yang membuat Sephiroth begitu populer adalah adegan dimana dia membunuh karakter yang sangat krusial dalam jalan cerita Final Fantasy VII, yaitu Aerith. Kemunculannya dalam game Crisis Core juga menambahkan lapisan baru dalam citranya, yaitu sebagai karakter yang heroik dan lebih waras di masa mudanya.

2. Bowser

Bowser
Bowser | via VS Battle Wiki

Bowser adalah definisi villain paling ikonik dalam game, karena kebanyakan orang memiliki ingatan yang jelas tentang karakter ini saat bermain game Super Mario. Karakter ini mungkin salah satu tokoh villain yang lebih sederhana dan lucu. Namun, kura-kura raja yang kejam ini tidak akan terlupakan ataupun lekang oleh waktu dan selalu memiliki ide yang licik untuk menculik Puteri Peach.

Bowser adalah sosok villain dalam bentuknya yang paling sederhana. Bukan hanya sebuah kertas timah untuk sang protagonis utama, tetapi juga sebagai alat peraga bagi Nintendo untuk membuatnya menjadi karakter yang lebih licik dan lebih jahat di setiap serinya. Selain dari banyak judul utama dan spin-off Mario, karakter villain satu ini juga muncul di banyak judul Super Smash Bros..

3. Ganon / Ganondorf

Ganondorf
Ganondorf | via Eurogamer

Kertas timah untuk karakter Link adalah villain abadi dari salah satu waralaba utama Nintendo. Ganon atau Ganondorf ketika dalam bentuk manusia, adalah sosok villain paling ikonik dalam game The Legend of Zelda yang dimunculkan berturut-turut dan merupakan momok bagi kerajaan Hyrule. Mengingat beberapa penampilannya dalam seri di waralaba The Legend of Zelda, Ganon untuk sebagian besar judul yang ada adalah antagonis utama dan bos terakhir dari game-game itu.

Karakter villain satu ini memulai penampilan perdananya dalam game The Legend of Zelda yang pertama tahun 1986 dan muncul sebagai Orc berwarna biru yang bernama Gannon. Seperti counterpart Mario-nya, Ganondorf/Ganon juga tampil di game Smash yang populer.

4. Doctor Octopus

Doctor octopus
Doctor Octopus | via Noctober

Otto Octavius adalah salah satu villain paling ikonik dalam game Spider-Man sepanjang masa. Setelah penampilannya sebagai antagonis utama dalam game Spider-Man besutan Sony, karakter villain satu ini mungkin menjadi salah satu penjahat dalam video game terbaik sepanjang masa. Seperti halnya Arthas, kisah Otto juga berawal dari keterpurukan dalam dosa besar.

Yang mengesalkan dari karakter villain ini adalah dia tidak hanya bertindak sebagai mentor Peter di awal game, tetapi juga menjadi villain utama dalam game di babak kedua. Otto bukan hanya salah satu yang terbaik tetapi dia juga salah satu penjahat video game paling cerdas sepanjang masa.

5. Albert Wesker

Albert wesker
Albert Wesker | via Twinfinite

Ada tokoh villain yang cerdas, tokoh villain yang berpenampilan keren, dan juga si gila yang bertindak semaunya. Namun, ada satu villain paling ikonik dalam game yang merupakan gabungan dari ketiganya, dan namanya adalah Albert Wesker. Muncul villain utama yang sebenarnya dari game Resident Evil era awal, Wesker memainkan perannya dalam permainan penipuan dan perebutan kekuasaan dengan cara yang tidak sama seperti yang lain.

Pada awalnya, kalian pasti akan mengira kalau Albert Wesker adalah sekutu. Tapi kemudian kalian akan menyadari kalau karakter villain satu ini bekerja untuk Umbrella. Kemudian, dia akan memecahkan kekacauan dan membuat jenis virus baru. Di Resident Evil 5, kalian akhirnya bisa mengalahkannya, tetapi peninggalannya akan tetap hidup di game selanjutnya.

6. Dr. Neo Cortex

Dr neo cortex
Dr. Neo Cortex | via DeviantArt

Waralaba Crash Bandicoot dikenal dengan komedinya yang unik. Inilah yang membedakan game dari waralaba ini dengan rekan-rekannya seperti seri Super Mario dan Sonic the Hedgehog. Sosok villain paling ikonik dalam game petualangan marsupial yang menyenangkan ini adalah Dr. Neo Cortex. N. Cortex, begitu dia dikenal, adalah seorang ilmuwan gila yang setiap eksperimennya selalu berhasil digagalkan oleh sang protagonis utama.

Penampilannya juga mudah diingat dengan perawakannya yang lebih pendek, kulit kuning, dan huruf N besar di dahinya. Neo Cortex adalah salah satu sosok villain paling ikonik dalam game terbaik sepanjang masa karena ia memuji seluruh waralaba. Neo Cortex memiliki bentuk yang lucu untuk serangkaian game yang memiliki selera humor yang berbeda.

7. Mohg

Mohg
Mohg | via Dot Esport

Elden Ring akan menjadi game terbesar di tahun 2022. Game ini sudah menjadi favorit berat untuk penghargaan game tahun ini, bahkan jika kita masih memiliki banyak waktu lagi sebelum pergantian tahun. Elden Ring, seperti pendahulunya, Dark Souls mengambarkan karakter di area abu-abu yang sangat besar. Namun, salah satu villain paling ikonik dalam game sekaligus yang terbaik dalam game ini adalah Mohg, Lord of Blood. Sebuah pertanda bahwa dia adalah kembaran Morgott sang Raja dari Leyndell.

Sementara Morgott mengesampingkan akar Omen-nya, Mohg melakukan hal yang sebaliknya. Dia berpegang teguh pada identitasnya sebagai seorang Omen. Mohg sekarang terdorong untuk menciptakan dinasti baru untuk melayani sang Ibu Tanpa Wujud. Bahkan menculik salah satu saudaranya untuk menjadi selir mereka.

Dan itu tadi adalah daftar 7 Villain Paling Ikonik Dalam Game yang sudah Gamedaim rangkum untuk kalian. Kalau kalian punya karakter favorit yang menjadi villain paling ikonik dalam game dan tidak ada dalam daftar di atas, jangan lupa untuk menambahkannya di komentar.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment