G ListRekomendasi

5 Game Final Fantasy Terbaik Dari Seri Utama. Kalian Suka Yang Mana?

Game Final Fantasy Terbaik Dari Seri Utama – Di artikel sebelumnya, kita sudah pernah membahas tentang Spin-Off Final Fantasy Terbaik. Tapi tentunya suatu game tidak bisa disebut Spin-Off tanpa adanya seri utama. Seri utama dalam sebuah waralaba video game merupakan patokan untuk mengelompokkan game lainnya sebagai Spin-Off atau bagian dari seri utama. Nah, seri utama yang akan kita bahas kali ini adalah seri utama dari waralaba video game Final Fantasy.

Untuk waralaba video game Final Fantasy sendiri, sejauh ini sudah terdapat 15 judul yang masuk sebagai seri utamanya, terhitung mulai dari Final Fantasy yang pertama tahun 1987 hingga Final Fantasy XV tahun 2016. Dari 15 judul tersebut, 11 diantaranya sudah mendapatkan reboot, port, remaster, dan bahkan remake. Karena waralaba ini sudah lama menjadi bagian dari pasar video game, tentunya Square Enix sebagai pihak pengembang sekaligus penerbit selalu mengerahkan upaya terbaik mereka agar setiap judul dari waralaba ini menjadi game yang ikonik di kalangan umum.

Lalu apa saja 5 Game Final Fantasy Terbaik Dari Seri Utama? Tanpa berlama-lama lagi, let’s check this out!

5 Game Final Fantasy Terbaik Dari Seri Utama

1. Final Fantasy VII

Final fantasy vii
Final Fantasy VII | via PlayStation

Kita mulai daftar game Final Fantasy terbaik dari seri utama ini dengan game yang berhasil mendongkrak popularitas PlayStation hingga mampu menguasai pasar Amerika dan memukul mundur dominasi Nintendo 64, apa lagi kalau bukan Final Fantasy VII. Final Fantasy VII adalah entry pertama dalam serinya dan juga entry ketujuh dari keseluruhan seri utama Final Fantasy.

Game Final Fantasy VII diterbitkan untuk PlayStation pertama kali pada akhir Januari 1997. Game ini menceritakan tentang Cloud Strife, sang protagonis utama yang juga seorang mantan anggota SOLDIER 1st Class, yang menjalankan misinya bersama kelompok pemberontak benama AVALANCHE untuk meledakkan reaktor Mako.

Jalan cerita dalam game ini sangat bagus dan memorable, terutama momen ketika Aerith, si gadis gereja, terbunuh oleh Sephiroth, si antagonis utama, yang menjadi momen traumatis bagi pemainnya. Seri ini diarahkan oleh Kitase Yoshinori, sementara untuk seniman dibalik karakter ikonik dari seri ini adalah Nomura Tetsuya dan Naora Yusuke.

2. Final Fantasy VIII

Final fantasy viii
Final Fantasy VIII | via Rock Paper Shotgun

Final Fantasy VIII berada di posisi kedua dalam daftar game Final Fantasy terbaik dari seri utama kali ini. banyak orang yang berpendapat kalau Final Fantasy VIII adalah game dalam seri utama yang memiliki gameplay dan jalan cerita terbaik dari seluruh seri utama Final Fantasy. Game ini memiliki jalan cerita yang emosional dan dieksekusi dengan apik, sehingga menjadi salah satu seri paling memorable dari waralaba ini.

Yang paling bisa menjadi alasan kenapa game ini populer adalah pengembangan karakter yang dieksekusi dengan rapih. Final Fantasy VIII diterbitkan untuk PlayStation pertama kali pada pertengahan Februari 1999.

Game yang menampilkan karakter Squall Leonhart ini adalah game Final Fantasy pertama yang menampilkan ukuran tubuh proporsional, lagu tema yang disertai suara penyanyi asli, dan juga game yang lebih berfokus pada cerita dibanding pengembangan karakternya. Final Fantasy VIII juga tidak memiliki Magic Point atau MP seperti pada seri-seri pendahulunya.

3. Final Fantasy XV

Final fantasy xv
Final Fantasy XV | via Origin

Selanjutnya adalah Final Fantasy XV. Final Fantasy XV merupakan game Final Fantasy terbaik dari seri utama yang menjadi entry ke-15 dari keseluruhan judul seri utama waralaba Final Fantasy. Final Fantasy XV sendiri adalah salah satu game dari waralaba ini yang berlatar di era modern dan sedikit mengandung unsur Steampunk, berbeda dengan beberapa seri pendahulunya yang memang lekat dengan unsur Steampunk.

Game ini menampilkan sosok seorang pangeran pendiam yang bernama Noctis Lucis Caelum, ditemani ketiga rekannya yaitu Promto Argentum, Gladioulus Amicitia, dan Ignis Stupeo Scientia, yang berkelana menuju kota Altissia, ibukota Accordo, dimana pernikahan Noctis dan Puteri Lunafreya akan dilangsungkan.

Tentunya selama perjalanan, Noctis cs. harus berhadapan dengan bala tentara dari kekaisaran Niflheim yang telah menyerang kota Insomnia dan dan mencuri kekuatan dari kristal. Raja Regis telah terbunuh, sementara Noctis dan Lunafreya telah dinyatakan meninggal.

4. Final Fantasy X

Final fantasy x
Final Fantasy X | via Fandom Wiki

Game Final Fantasy terbaik dari seri utama yang selanjutnya adalah Final Fantasy X. Game ini adalah seri kesepuluh yang diterbitkan oleh Square Enix pada pertengahan Juni 2001 untuk konsol PlayStation 2. Final Fantasy X masih menggunakan sistem pertarungan Conditional Turn-Based RPG untuk menggantikan sistem lama mereka yaitu Active Time Battle. Tidak hanya itu, Final Fantasy X juga menghadirkan sistem leveling baru yang disebut dengan Sphere Grid.

Game ini juga merupakan game Final Fantasy terbaik dari seri utama yang pertama dari keseluruhan seri yang menggunakan Voice Acting atau sulih suara. Final Fantasy X berlatar di Spira, sebuah wilayah fiksi yang menggambarkan Pasifik Selatan, Thailand, dan Jepang. Kalian akan bermain sebagai Tidus, seorang bintang lapangan dalam permainan fiksi Blitzball, yang mendapati dirinya berada di Spira setelah monster bernama Sin menghancurkan kota asalnya di Zanarkand.

Tak lama setelah tiba di Spira, Tidus menjadi pengawal bagi seorang Summoner bernama Yuna untuk menghancurkan Sin setelah mengetahui identitas aslinya adalah Jecht, ayahnya yang telah lama hilang.

5. Final Fantasy XII: The Zodiac Age

Final fantasy xii
Final Fantasy XII: The Zodiac Age | via Steam

Yang terakhir dari daftar game Final Fantasy terbaik dari seri utama kali ini adalah Final Fantasy XII: The Zodiac Age. Game ini diterbitkan perlama kali oleh Square Enix pada Juni 2017 untuk konsol PlayStation 4. Game ini membawa beberapa inovasi baru yang belum pernah ada dalam serinya, seperti open world, battle system yang mulus, kamera yang bisa dikontrol, dan banyak lagi. Selain itu, Final Fantasy XII juga menyertakan elemen dari seri pendahulunya seperti Chocobo dan Moogle.

Game ini berlatar di Ivalice, di mana kerajaan Archadia dan Rozarria menyulut peperangan tanpa akhir. Dalmasca, sebuah kerajaan kecil yang terperangkap di antara negara-negara yang bertikai. Ketika Dalmasca dianeksasi oleh Archadia, Puteri Ashe melakukan gerakan perlawanan. Selama berjuang, dia bertemu Vaan, seorang petualang muda yang bermimpi menjadi bajak laut angkasa yang memimpin sebuah kapal udara.

Mereka dengan cepat bergabung dengan sekelompok sekutu dan bersama-sama mereka bersatu melawan tirani Kekaisaran Archadia.

Dan itu tadi adalah daftar 5 Game Final Fantasy Terbaik dari seri utama yang berhasil Gamedaim rangkum. Kalau kalian punya versi Game Final Fantasy Terbaik yang lainnya, jangan lupa masukkan di kolom komentar.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment