RekomendasiG ListOpini

7 Spin-Off Final Fantasy Terbaik

Spin-Off Final Fantasy TerbaikFinal Fantasy adalah sebuah waralaba video game yang dikembangkan oleh Square Enix, perusahaan pengembang video game yang berbasis di Jepang. Waralaba Final Fantasy dimulai sejak diterbitkannya Final Fantasy untuk konsol Nintendo Famicom pada tahun 1987. Dan karena kesuksesan yang diraihnya, seri Final Fantasy pun berlanjut hingga sekarang.

Pada awalnya, game Final Fantasy tidak direncanakan untuk menjadi sebuah serial waralaba video game jangka panjang. Karena itulah, game ini memiliki kata “Final” yang berarti memang hanya direncanakan untuk game standalone atau game tunggal. Tapi karena penjualan yang melebihi target yang direncanakan, akhirnya Squaresoft (sekarang Square Enix) memutuskan untuk membuat sequel yaitu Final Fantasy II yang diterbitkan setahun setelahnya, tahun 1988, dan kembali mengulang kesuksesan pendahulunya.

Selain seri game utama, Square Enix juga sudah menerbitkan banyak seri Spin-Off Final Fantasy terbaik yang tentunya disukai oleh kalangan gamer, khususnya fans Final Fantasy. Dan dalam artikel kali ini, Gamedaim akan memberikan 7 Spin-Off Final Fantasy Terbaik sebagai rekomendasi untuk kalian yang ingin menjelajahi dunia Final Fantasy lebih jauh.

7 Spin-Off Final Fantasy Terbaik

1. Crisis Core: Final Fantasy VII

Crisis core
Crisis Core: Final Fantasy VII | via VG247

Spin-Off Final Fantasy Terbaik yang pertama adalah Crisis Core: Final Fantasy VII. Game yang diterbitkan oleh Square Enix pada September 2007 ini awalnya adalah game yang eksklusif di Sony PlayStation Portable.

Bercerita sebelum apa yang terjadi dalam game Final Fantasy VII, dengan fokus cerita kepada seorang SOLDIER tingkat ke-2 yang bernama Zack Fair. Dalam game ini, pemain tidak akan memainkan karakter Cloud Strife, melainkan sebagai Zack. Game ini benar-benar menceritakan bagaimana latar belakang dari Zack dan salah satu sahabatnya, Angeal Hewley, SOLDIER tingkat pertama, sebelum akhirnya Angeal merubah dirinya menjadi monster demi menghalangi rencana Doctor Hollander untuk membangkitkan Project G.

Cerita yang disuguhkan dalam game ini sangatlah apik, dengan akhir cerita yang mengharukan, dimana Zack rela mengorbankan dirinya demi menyelamatkan Cloud, yang saat itu sedang sekarat karena penyakitnya, dari kejaran pasukan Shin-Ra. Akhirnya, Zack gugur dan mewariskan Buster Sword miliknya kepada Cloud dan berkata “You are my living legacy“.

2. Final Fantasy Type-0

Final fantasy type 0
Final Fantasy Type-0 | via 10min Gameplay

Spin-Off Final Fantasy Terbaik selanjutnya adalah Final Fantasy Type-0. Game ini pertama kali diterbitkan oleh Square Enix untuk handheld Sony PlayStation Portable pada akhir Oktober 2011. Berbeda dengan yang sebelumnya, Final Fantasy Type-0 ini tidak berhubungan dengan cerita Final Fantasy di seri utama. Pada awal penerbitan, Type-0 adalah game eksklusif Jepang sebelum akhirnya mendapat versi bahasa Inggris pada versi Final Fantasy Type-0 HD tahun 2015.

Final Fantasy Type-0 adalah salah satu Spin-Off yang underrated karena versi awalnya yang hanya tersedia dalam bahasa Jepang. Meskipun begitu, game ini layak masuk dalam daftar Spin-Off Final Fantasy Terbaik karena menyajikan elemen yang benar-benar berbeda dari sebelumnya. Square Enix berhasil menggabungkan konsep akademi pahlawan dengan unsur yang khas ala Final Fantasy.

3. Dissidia 012: Final Fantasy

Dissidia 012 final fantasy
Dissidia 012: Final Fantasy | via IMdb

Spin-Off Final Fantasy Terbaik selanjutnya adalah Dissidia 012: Final Fantasy. Game ini diluncurkan pada pertengahan Maret 2011 untuk Sony PlayStation Portable. Ini salah satu spin-off Final Fantasy terbaik karena merupakan crossover yang menampilkan karakter-karakter Final Fantasy lainnya seperti Warrior of Light, Tifa Lockhart, Kain Highwind, hingga Claire Farron alias Lightning.

Kalau kalian mencari tempat untuk membandingkan karakter Final Fantasy favorit kalian untuk melihat siapa yang paling kuat, Mrs. Retro sarankan kalian untuk memainkan game ini. Selain 012, Final Fantasy juga memiliki seri lain yaitu Dissidia: Final Fantasy NT yang menampilkan tokoh Noctis Lucis Caelum dari Final Fantasy XV.

Gameplay dan grafis yang dihadirkan dalam Dissidia 012: Final Fantasy ini cukup memukau. Apalagi di versi ini juga terdapat DLC yang menambah nilai plus untuk game ini.

4. Final Fantasy Tactics

Final fantasy tactics
Final Fantasy Tactics | via Film news Feed

Spin-Off Final Fantasy Terbaik yang ke-4 adalah Final Fantasy Tactics. Seri pertama dari Final Fantasy Tactics ini diterbitkan untuk konsol Sony PlayStation pada 20 Juni 1997. Hingga saat ini, Final Fantasy Tactics sudah memiliki empat judul berbeda dan diterbitkan untuk sistem yang berbeda.

Game ini adalah salah satu spin-off yang melatih kesabaran dan kelihaian dalam mengatur strategi. Kalau menurut Mrs. Retro, Square Enix harus membuat lagi seri Final Fantasy Tactics karena ini juga pilihan yang tepat untuk gamer yang ingin mencoba Final Fantasy, tapi dengan format Tactical-RPG.

5. Final Fantasy Crystal Chronicle: Ring of Fates

Final fantasy crystal chronicles ring of fates
Final Fantasy Crystal Chronicles: Ring of Fates | via VGBoxArt

Selanjutnya dalam daftar Spin-Off Final Fantasy Terbaik adalah Final Fantasy Crystal Chronicles: Ring of Fates. Game ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2007 untuk Nintendo DS. Ring of Fates adalah entry ke-2 dari keseluruhan sub-seri Crystal Chronicles. Sama seperti dua game sebelumnya dalam daftar, Ring of Fates juga tidak memiliki hubungan dengan seri utama Final Fantasy.

Gameplay yang disajikan dalam sub-seri Crystal Chronicles dibuat lebih sederhada dibanding gameplay yang ada di seri utama, tapi tidak mengurangi ciri khas dari setiap game Final Fantasy. Cocok untuk kalian yang ingin mencoba Final Fantasy, tapi menginginkan gameplay yang lebih sederhana dari seri utama.

6. Final Fantasy Explorers

Final fantasy explorers
Final Fantasy Explorers | via Amazon

Spin-Off Final Fantasy Terbaik yang ke-6 adalah Final Fantasy Explorers. Game ini merupakan game eksklusif Nintendo 3DS yang diterbitkan pertama kali pada Desember 2014. Dalam game ini, pemain akan memainkan karakter yang akan menerima misi dan menjelajahi area dalam misi tersebut. Selain misi, pemain juga bisa untuk sekedar menjelajah untuk melawan monster dan mengumpulkan exp. untuk naik level.

Yang bagus dari game satu ini, pemain bisa merubah penampilan menjadi karakter-karakter Final Fantasy dari seri utama dengan mengumpulkan item tertentu dan juga mendapatkan kekuatannya. Final Fantasy Explorers juga menyediakan fitur multiplayer online saat pemain merasa kesulitan dan membutuhkan party untuk melawan area boss tertentu.

7. Final Fantasy Tactics: The War of Lions

Final fantasy tactics lion war
Final Fantasy Tactics: The War of The Lions | via Final Fantasy Wiki Fandom

Spin-Off Final Fantasy Terbaik yang terakhir kembali ke Final Fantasy Tactics. Final Fantasy Tactics: The War of The Lions diterbitkan untuk handheld Sony PlayStation Portable pada Mei 2007. Game ini sebenarnya adalah versi Remake untuk seri original-nya, dengan judul Final Fantasy Tactics dari tahun 1997. Pada masa awal peluncurannya, game ini menuai pujian karena membawa kembali Final Fantasy Tactics dengan wajah baru.

Kisah fantasi yang luas dalam game ini dipuji karena lebih melekat di hati pemain dibanding versi original-nya. Dan meskipun battle dalam game ini dikritik karena lebih sulit lagi, kompleksitasnya sangat menantang bagi mereka yang suka pertarungan berisiko. The War of The Lions juga berlatar di Ivalice, suatu tempat yang juga menjadi lokasi dimana event Final Fantasy XII terjadi.

Dan itu tadi adalah daftar 7 Spin-Off Final Fantasy Terbaik yang berhasil Gamedaim rangkum, semoga membantu kalian untuk mencari rekomendasi Spin-Off Final Fantasy Terbaik yang sesuai selera kalian.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment