G ListRekomendasi

7 Spin-Off Game Pokemon Terbaik

Spin-Off Game Pokemon Terbaik – Setelah membahas tentang Pokemon Starter Terbaik, kali ini kita akan membahas tentang Spin-Off dari seri game utamanya. Ada banyak sekali Side Series dan juga Spin-Off dari waralaba game Pokemon, bahkan ada juga yang memiliki rating yang lebih tinggi dari beberapa seri utama. Sebuah game dalam waralaba Pokemon bisa disebut sebagai Spin-Off jika memiliki gameplay, sistem, atau juga jalan cerita yang sangat berbeda dari game Pokemon dari seri utama.

Seri utama saja sudah cukup untuk membuat fans Pokemon menghabiskan waktu bermain hingga ratusan jam. Tapi ada juga lusinan judul Spin-Off dan Side Series yang bisa dinikmati oleh fans Pokemon kalau mereka belum merasa terpuaskan oleh apa yang ada di seri utama. Beberapa judul di antaranya mungkin familiar di telinga kalian, seperti Sub-series Mystery Dungeon dan juga Pokemon Stadium, dan mungkin kalian juga pernah memainkan game Pokemon ber-genre Tactical-RPG seperti Pokemon Conquest.

Tanpa mengulur waktu lagi, berikut kami berikan daftar 7 Spin-Off Game Pokemon Terbaik yang pastinya tidak kalah seru dari seri utamanya. Penasaran apa saja judul game-nya? Berikut daftarnya!

7 Spin-Off Game Pokemon Terbaik

1. Pokemon Conquest

Pokemon conquest
Pokemon Conquest | via IGN

Pokemon Conquest adalah Spin-Off Game Pokemon terbaik yang ada dalam daftar ini. Pokemon Conquest adalah kombinasi unik antara Pokemon dan Ambisi Nobunaga, yang pada dasarnya adalah Pokemon yang digabungkan dengan game Fire Emblem. Game ini adalah game Turn-Based Strategy yang terjadi di grid dan serangan Pokemon kalian memiliki efektivitas terhadap tipe tertentu, jangkauan serangan, ketinggian yang dapat mereka capai, dan lain sebagainya.

Pokemon Conquest adalah game Pokemon yang sangat seru dan menantang, serta gameplay taktis dan strategis yang solid akan membuat kalian tidak bisa berhenti bermain hingga akhir. Pokemon Conquest mungkin merupakan satu-satunya spin-off Pokemon yang paling esensial.

2. Pokemon XD: Gale of Darkness

Gale of darkness
Pokemon XD: Gale of Darkness | via DeviantArt

Pokemon Colosseum dan Pokemon XD: Gale of Darkness adalah Spin-Off Game Pokemon Terbaik yang menjadi upaya pertama untuk membuat game Pokemon yang tradisional, tapi dalam tampilan 3D penuh. Sistem Gym dihilangkan dan satu-satunya pertempuran dalam game ini adalah pertarungan ganda, tapi itulah membedakan game ini dengan baik dari keseluruhan seri sembari mendorong penggunaan tim yang dioptimalkan untuk pertarungan ganda.

Pokemon XD: Gale of Darkness adalah sekuel langsung ke Pokemon Colosseum, di mana kalian melakukan perjalanan mengelilingi Orre Region ketika kalian bertarung melawan Team Snagem, sebuah organisasi jahat yang memiliki kemampuan untuk menangkap Pokemon dari trainer lain, dan kemudian merusak hati mereka untuk kemudian diubah menjadi Pokemon Bayangan yang kuat.

Kalian akan melakukan perjalanan mengelilingi region, melawan penjahat, dan mengambil kembali Shadow Pokemon sehingga kalian bisa membebaskan hati mereka sekali lagi.

3. Pokemon Stadium 2

Pokemon stadium 2 1
Pokemon Stadium 2 | via Nintendo

Pokemon Stadium 2 adalah salah satu Spin-Off Game Pokemon Terbaik yang memperkenalkan Pokemon generasi kedua ke konsol Nintendo 64, dengan model 3D penuh untuk seluruh karakter. Tujuan utama Pokemon Stadium adalah mampu bertarung melalui berbagai tantangan kejuaraan dengan karakter Pokemon pilihan atau yang telah kalian besarkan di game yang ada di Nintendo GameBoy.

Tapi selain itu ada minigame dan sebuah akademi Pokemon dimana kalian akan diajari tentang semua aspek pertarungan Pokemon, dengan pertarungan tantangan yang menggambarkan dasar-dasar yang diajarkan game ini kepada kalian. Seberapa kuatkah Thunderbolt milik Pikachu jika digunakan untuk melawan Gyarados, dengan kombinasi sempurna antara buff dan item yang dipegang? Tentunya sangat kuat. Pokémon Stadium 2 mengajarkan kalian bagaimana semuanya terjadi.

4. Detective Pikachu

Detective pikachu
Detective Pikachu | via Nintendo

Detective Pikachu adalah Spin-Off Game Pokemon Terbaik yang berjenis petualangan dan eksklusif untuk konsol Nintendo 3DS. Game ini menampilkan Pikachu yang bisa berbicara dan menemani seorang anak laki-laki untuk mencari ayahnya yang hilang. Dari sinilah cerita dalam film Detective Pikachu The Movie diadaptasi, dan ini adalah salah satu game Pokemon paling unik.

Game ini berfokus pada kota tradisional yang kebetulan memiliki Pokemon yang tinggal di antara orang-orang di kota ini, tidak seperti dalam seri game utama di mana kehidupan setiap karakter tampaknya bergantung pada Pokemon. Pikachu berinteraksi dengan TKP dan Pokemon lainnya untuk mendapatkan informasi penting. Ceritanya tidak pernah mendapat kesimpulan, tapi kita bisa menaruh harapan untuk adanya sequel di masa mendatang.

5. Pokken Tournament DX

Pokken tournament dx
Pokken Tournament DX | via Gamerview UAI

Tim Bandai Namco mengambil Pokemon dan memutuskan untuk membuat game berjenis pertarungan yang sepenuhnya unik. Pokken, yang merupakan gabungan dari Pokemon dan Tekken, menghadirkan pilihan Pokemon favorit para penggemar dan mengadu mereka satu sama lain dalam pertarungan yang secara dinamis beralih antara format 3D dan 2D.

Turnamen dalam Pokken Tournament DX yang kompetitif telah membuktikan bahwa ada game yang dalam dan kompleks untuk diungkap di bawah permukaan. Sementara sebagian besar penggemar game berjenis pertarungan tradisional tidak akan bermain dengan serius, game ini benar-benar layak dimainkan untuk melewatkan malam dengan mode multiplayer melawan teman kalian.

6. Pokemon Pinball: Ruby and Sapphire

Pokemon pinball ruby and sapphire
Pokemon Pinball: Ruby and Sapphire | via Nintendo

Pokemon Pinball adalah salah satu spin-off game Pokemon terbaik yang awalnya tidak diharapkan untuk laris di pasaran, tapi untuk beberapa alasan, spin-off ini juga laris di pasaran. Pokemon Pinball: Ruby and Sapphire adalah sequel yang tidak tau para fans membutuhkannya atau tidak. Tentunya game ini tidak disertai Rumble Pak yang ada di dalam kemasan, tetapi Ruby and Sapphire menerapkan hukum fisika pinball, menambahkan lebih banyak Pokemon dan level, dan tentunya terlihat sangat tajam.

Game ini adalah salah satu spin-off game Pokemon terbaik yang tentunya akan menyita beberapa jam waktu kalian saat kalian memainkan Pokemon Pinball: Ruby and Sapphire.

7. Pokemon GO

Pokemon go
Pokemon GO | via Pokemon GO Live

Ada banyak hal yang bisa kalian kritik untuk Pokemon GO, tapi kenyataannya adalah Pokemon GO merupakan Spin-Off game Pokemon terbaik yang juga menarik. Kelihatannya hambar, musiknya terasa tidak menginspirasi, dan juga butuh waktu bertahun-tahun untuk update dan membuat game ini seperti sekarang ini. Tapi rasanya sangat menyenangkan untuk menangkap Pokemon baru dan menambahkannya ke koleksi kalian.

Kemampuan untuk mendapatkan koin melalui Gym dan berpartisipasi dalam Regular Community Day berarti bahwa Pokemon terbaik dalam game ini hampir selalu ada dalam genggaman kalian, bahkan jika kalian tidak pernah benar-benar mengeluarkan uang sekalipun. Game ini sekarang memiliki fitur PvP atau Player vs Player yang kuat dan meskipun pertarungannya tidak setara dengan game di seri utama, game ini masih merupakan skenario yang seru untuk ambil bagian.

Dan itu tadi adalah 7 Spin-Off Game Pokemon Terbaik yang tidak kalah seru dari seri utama yang berhasil Gamedaim rangkum. Apa kalian pernah atau bahkan masih memainkan salah satunya?

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment