ReviewHardware

Review Rexus Daxa M84 Ultimate: Makin Berwarna

Rexus Daxa M84 Pro kini hadir dalam versi terbaru yaitu M84 Ultimate di mana keyboard compact terbaru ini lebih berwarna dan tidak jauh berbeda dari pendahulunya.

Variasi keyboard M84 terbaru yang dirilis Rexus bisa jadi pilihan atau opsi luas bagi yang tidak ingin repot-repot lagi membeli detail kecil lainnya. Kita bisa melihat betapa semakin banyaknya orang yang ingin memodifikasi keyboard kesayangan mereka agar sesuai selera dan preferensi. Namun ada juga sebagian orang yang tidak mau ribet-ribet lagi alias tinggal jadi atau siap pakai.

Nah, di review Rexus Daxa M84 Ultimate ini, penulis mencoba mencari perbedaan yang terlihat maupun tidak terlihat antara Daxa M84 Pro dengan Daxa M84 Ultimate. Apa benar perbedaan kedua varian keyboard tersebut hanya terletak di colorway keycaps-nya saja? Atau ada improvisasi fitur di versi M84 Ultimate?

Simak review Rexus Daxa M84 Ultimate berikut ini.

Unboxing Rexus Daxa M84 Ultimate

Rexus daxa m84 ultimate box depan gamedaim review
Review rexus daxa m84 ultimate: makin berwarna 18
Rexus daxa m84 ultimate box belakang gamedaim review
Review rexus daxa m84 ultimate: makin berwarna 19

Desain box Daxa M84 Pro dengan Daxa M84 Ultimate hampir sama persis. Yang membuat keduanya berbeda adalah penggunaan warna di mana versi Pro itu monokrom putih ke hitam, sedangkan versi Ultimate ada spot warna birunya.

Di sini box M84 Ultimate mengusung double box yang punya bahan kardus yang solid jadi akan aman ketika kalian tumpukkan dengan box lain di atasnya. Secara visual, box luarnya hanya penuh dengan branding sedangkan visual box dalamnya terutama pada bagian belakang terdapat rincian spesifikasi teknis keyboard.

Rexus daxa m84 ultimate box isi gamedaim review
Review rexus daxa m84 ultimate: makin berwarna 20

Proses unboxing awal pertama kali membuka box akan disuguhkan dengan tulisan ‘Your Weapon Has Been Upgraded!” pada bagian penutup. Dan isi konten yang kita akan dapatkan antara lain:

  • Keyboard Daxa M84 Ultimate
  • Kabel braided USB-A to USB-C sepanjang 1.8 meter
  • 2 detachable magnetic fee
  • 4 switch cadangan
  • 2 keycaps cadangan
  • Switch puller
  • Keycaps puller
  • Buku manual
  • Kartu garansi

Dari segi isi konten, Daxa M84 Pro dengan Daxa M84 Ultimate tidak berbeda sama sekali. Padahal penulis berharap kalau Rexus setidaknya bisa menambahkan set sticker di box keyboard terbarunya ini agar menjadi pembeda dari versi sebelumnya dan tidak terkesan monoton.

Berbeda Namun Serupa

Rexus daxa m84 ultimate setup gamedaim review
Review rexus daxa m84 ultimate: makin berwarna 21

Rexus Daxa M84 Ultimate merupakan keyboard yang mengusung tipe layout 75% dengan total tombol—sesuai namanya—yaitu sebanyak 84 buah. Sebagai keyboard compact, alhasil ukuran keyboard ini terbilang cukup ringkas yaitu dengan rincian panjang 31.6 cm, lebar 12.6 cm, dan ketebalan di 4.1 cm. Secara bobot sendiri sekitar 800 gram yang hampir menyerupai bobot keyboard full size pada umumnya.

Karena merupakan versi terbaru, colorway keycaps di sini bukan hitam-putih, melainkan biru-putih. Case-nya pun juga berwarna putih yang terbuat dari material plastik yang tidak ringkih serta cukup solid. Sama juga seperti versi pendahulunya, M84 Ultimate memiliki case yang dapat dicopot. Kita hanya perlu menarik detachable frame case-nya ke atas dan keyboard pun terlihat lebih ramping dan menonjolkan sisi bagian samping keycaps.

Rexus daxa m84 ultimate standing 2 gamedaim review
Review rexus daxa m84 ultimate: makin berwarna 22

Frame case-nya ini terasa sangat tipis dan berbuat dari bahan plastik. Terdapat printing branding Daxa M84 Ultimate di bagian pojok kanan depan.

Penulis pribadi lebih memilih untuk mencopot frame case-nya agar selain terlihat lebih ramping, juga lebih ringan, dan tidak bersentuhan langsung dengan bagian pergelangan tangan. Selain itu, efek dari fitur LED RGB semakin bisa mengeluarkan potensi maksimal cahayanya guna menerangi bagian sekeliling keyboard.

Rexus daxa m84 ultimate usb hub gamedaim review
Review rexus daxa m84 ultimate: makin berwarna 23

Pada bagian depan keyboard juga sama seperti pendahulunya. Di bagian depan keyboard terdapat USB hub, yaitu 2x port USB 2.0 dan port USB type-C untuk masuk ke mode wired sekaligus charging. Jikalau menggunakan frame case, sebenarnya tidak akan mengganggu kabel yang tercolok di bagian depan keyboard. Tapi mungkin jarak pandangnya jadi cukup terhalangi jika dalam posisi ingin mengetik.

Kemudian ketika dicharging, tombol di spacebar akan langsung berubah ke warna merah yang artinya keyboard sedang proses charging hingga penuh.

Opsi Koneksi Luas

Rexus Daxa M84 Ultimate sendiri memiliki kapasitas baterai yang tidak disebutkan di buku manual maupun box keyboard. Tetapi dari informasi di produk toko resmi, keyboard ini memiliki kapasitas sebesar 3750mAh—sama seperti Daxa M84 Pro.

Dari pengalaman penulis sejauh ini, keyboard ini bisa dipakai hingga berhari-hari atau sampai sekitar 7 hari. Sedangkan pengsian daya baterainya sendiri dibutuhkan sekitar 5-6 jam agar  penuh.

Model konektivitas keyboard ini termasuk luas. Terdapat 3 opsi koneksi di keyboard ini yaitu Bluetooth 5.0, wireless 2.4GHz, dan USB 3.0 (wired) pastinya.

Untuk memakai keyboard dalam mode Bluetooth, kita perlu mengubah terlebih dahulu slide button di bagian alas keyboard. Di bagian alas keyboard sendiri terdapat 4 rubber feet, dan 2 slide button. Slide button di kiri berfungsi untuk mengatur model konektivitas wireless keyboard, sedangkan slide button di kanan berfungsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan mode wireless.

Rexus daxa m84 ultimate toggle konektivitas gamedaim review
Review rexus daxa m84 ultimate: makin berwarna 24
Rexus daxa m84 ultimate keycaps 5 koneksi bt gamedaim review
Review rexus daxa m84 ultimate: makin berwarna 25

Tentu untuk masuk ke Bluetooth, kita harus menggeser tombolnya ke B atau Bluetooth. Sedangkan wireless 2.4GHz itu ditandai dengan huruf G. Setelah digeser, tekan tombol FN + Q/W/E/R/T selama 3 detik hingga RGB LED kelap-kelip warna putih yang artinya keyboard siap disambungkan. Nantinya di Bluetooth ada nama ‘M84 Ultimate’ dan klik nama tersebut. Dan, keyboard siap dipakai!

Total kita bisa menyambungkan M84 Ultimate ke 5 device sekaligus menyesuaikan huru Q/W/E/R/T yang masing-masing huruf berarti 1 device berbeda. Hanya saja untuk skenario gaming, penulis sangat menyarankan kalian untuk menggunakan dongle USB 2.4GHz-nya saja karena terasa lebih minim delay.

Meskipun memang sudah memakai generasi Bluetooth 5.0, penulis masih sangat merasakan delay saat melakukan pengetikan menggunakan Daxa M84 Ultimate. Terkecuali jika kalian memang memiliki lebih dari 1 device sekaligus, lebih baik gunakan Bluetooth agar pindah-pindah dari satu device ke device lain tinggal pencet tombol kombinasi tanpa harus memindahkan dongle USB.

Rexus daxa m84 ultimate slot dongle gamedaim review
Review rexus daxa m84 ultimate: makin berwarna 26

Dongle 2.4GHz-nya sendiri memiliki slot tersendiri di bagian alas keyboard. Hal ini juga serupa diterapkan di pendahulunya. Hal kecil seperti ini sangat efisien mengingat dongle USB merupakan benda kecil yang acapkali mudah hilang. Dan ketika memiliki slot sendiri di bagian keyboard, kita tidak perlu khawatir lagi memikirkan tempat untuk menaruh benda kecil tersebut.

Tingkat Ergonomi yang Nyaman

Rexus daxa m84 ultimate feet sebelum gamedaim review
Sebelum memakai magnetic feet
Rexus daxa m84 ultimate feet sesudah gamedaim review
Sesudah memakai magnetic feet

Secara ergonomi pengetikan, di sini gue lebih nyaman ketika keyboard compact ini ditambahkan detachable magnetic feet-nya. Meskipun balik lagi, tanpa magnetic feet-pun sebenarnya ketebalan atau ketinggian keyboard cukup tinggi di antara keyboard lainnya yaitu sebesar 4.1 cm sehingga posisi pergelangan tangan penulis dan jari-jemari tetap bisa menjangkau banyak keycaps.

Namun balik lagi, ternyata dengan menggunakan magnetic feet dan menambah ketinggian keyboard hampir ke angka 5 cm terasa lebih nyaman menurut penulis. Hal tersebut dikarenakan pergelangan tangan jadi bisa lebih lebar untuk bersandar dan tidak mudah pegal jika sedang memakai keyboard dalam jangka waktu lama. Tapi balik lagi, ini menyoal preferensi masing-masing karena bisa saja apa yang penulis katakan nyaman, belum tentu juga nyaman di kasus kalian.

Keycap berjumlah 84 buah tombol ini sama juga dengan pendahulunya yaitu plastik ABS doubleshot yang passthrough LED RGB. Meskipun berbeda warna, keycaps putih dan birunya tidak ada perbedaan kualitas sama sekali—hanya berbeda warna saja.

Rexus daxa m84 ultimate keycaps rgb adjust gamedaim review
Review rexus daxa m84 ultimate: makin berwarna 27
Rexus daxa m84 ultimate keycaps standing gamedaim review
Review rexus daxa m84 ultimate: makin berwarna 28
Rexus daxa m84 ultimate standing gamedaim review
Review rexus daxa m84 ultimate: makin berwarna 29

Untuk urusan LED RGB, tombol kombinasi FN + Home berfungsi untuk mengubah mode RGB ke 19 macam. Sedangkan Fn + End berfungsi untuk mengubah mode RGB ke satu warna (merah, oranye, kuning, hijau, teal, biru, pink, dan putih). Kemudian seperti biasa, Fn + Panah Atas/Bawah untuk mengubah tingkat kecerahan LED sebanyak 5 level. Dan Fn + Panah Kanan/Kiri untuk mengubah tingkat kecepatan fitur LED RGB yang juga sebanyak 5 level.

Pada bagian f row tersedia fungsi tombol-tombol media dikarenakan dedicated keycaps media sendiri memang tidak ada di keyboard compact satu ini. Selain itu juga, terdapat fitur Windows Lock dengan cara menekan tombol Fn + Win. Beberapa fungsi tombol tadi menjadikan Daxa M84 Ultimate lebih efisien dan tetap mempertahankan fungsinya sebagai sebuah keyboard.

Gentle dan Fleksibel

Rexus daxa m84 ultimate gateron yellow arrow gamedaim review
Review rexus daxa m84 ultimate: makin berwarna 30

Pembahasan terakhir yang tidak kalah menarik tentunya menyoal switch sebagai bagian paling penting agar kita dapat memberi perintah ke komputer.

Rexus Daxa M84 Ultimate secara default memakai switch pabrikan Gateron di mana Rexus menyediakan 4 varian switch Gateron untuk keyboard ini yaitu Red, Brown, Blue, dan Yellow Gateron. Tapi lagi-lagi, penulis dikirim Rexus varian Yellow Gateron, sama seperti M84 Ultimate.

Dengan bentuk case yang sama, dan tipe switch yang sama juga, karakteristik suara di M84 Pro dan M84 Ultimate tidak ada bedanya.

Switch berwarna kuning satu ini mempunyai pressing feel yang smooth dan memproduksi suara yang cukup gentle alias tidak terlalu treble, tapi juga tidak terlalu thocky. Untuk digunakan di ruangan yang membutuhkan keheningan sebenarnya masih oke, meskipun tidak penulis rekomendasikan karena balik lagi, meski memang tidak seberisik switch clicky, Gateron Yellow masih bisa membuat seisi ruangan kalian cukup bising.

Gateron Yellow sebagai switch linear ini mempunyai lifespan hingga 50 juta kali dan membutuhkan bottoming out force-nya di 63.5g di mana actuation force-nya sendiri hanya di 55g. Total travel 4mm-nya tidak begitu bikin cepat pengetikan gampang capek karena balik lagi, rasa pengetikannya untuk halus.

Rexus daxa m84 ultimate gateron yellow arrow socket gamedaim review
Review rexus daxa m84 ultimate: makin berwarna 31

Overall memang tidak ada yang baru atau unik di antara M84 Pro dengan M84 Ultimate. Versi terbaru keyboard ini pun juga mengusung pcb hot-swappable yang memungkinkan kita untuk mengganti Gateron Yellow ini ke tipe/merk switch lain. Karena penulis pribadi tidak mengoleksi banyak switch dari pabrikan lain saat ini, jadi penulis hanya mencoba memasukkan Blue Outemu ke dalam M84 Ultimate dan switch biru tersebut bisa berfungsi dengan baik tanpa kendala.

Sebagai tambahan, M84 Ultimate mendukung switch 3/5 pin dan masih north-facing sama seperti keyboard pendahulunya.

Spesifikasi Teknis

  • Dimensi: 316(P) x  126(L) x 41,5 ± 2mm (T)
  • Berat: 800gram
  • Jumlah Tombol: 84 Tombol
  • Lampu Latar: LED RGB
  • Konektivitas: Bluetooth 5.0, USB 3.0
  • Material: Plastik ABS
  • USB HUB: 2 port USB 2.0
  • Panjang Kabel: 1,8m
  • Baterai: Baterai isi ulang, kapasitas 3750mAh
  • Catu Daya: 5V, 200mA
  • Sistem operasi: Windows  XP/VISTA/7/8/10, IOS, MacOS, Linux, Android

Rexus Daxa M84 Ultimate dibandrol dengan harga Rp1.049.000 melalui link pembelian berikut ini: Tokopedia

Related Posts

Leave Comment
Continue in browser
To install tap Add to Home Screen
Add to Home Screen
See this post in...
Gamedaim
Chrome
Add Gamedaim to Home Screen
Close

For an optimized experience on mobile, add Gamedaim shortcut to your mobile device's home screen

1) Press the share button on your browser's menu bar
2) Press 'Add to Home Screen'.
Gamedaim We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications