Review Logitech G PRO X Keyboard: Tidak Ketinggalan Zaman

in , ,
Logitech G Pro X Tkl Keyboard Gamedaim Review

Ketika mendengar kata Pro dari produk Logitech G, tentunya barang tersebut dibuat untuk para pemain pro dan Logitech G PRO X yang akan penulis review menjadi salah satunya.

Walau sudah berumur 2 tahun semenjak artikel review ini tayang, tetapi fitur hingga kebolehan G PRO X TKL sebagai sebuah keyboard kelas atas tidak bisa dianggap enteng.

Ada segelintir hal serta alasan mengapa keyboard ini tidak termakan oleh zaman di tengah-tengah maraknya keyboard dengan layout yang lebih kecil (seperti: 60%, 65%, atau 70%).

Keyboard dengan layout TKL si Logitech G PRO X ini juga sudah banyak dipakai oleh profesional esports player seperti Shroud misalnya.

Gamedaim mendapat kesempatan dari Logitech Indonesia untuk melakukan review terhadap Logitech G PRO X. Simak berikut ulasannya.

Unboxing Logitech G PRO X Keyboard

Logitech G Pro X Tkl Box Depan Gamedaim Review
Box Belakang
Box Tim Logo

Sebagai produk premium, box Logitech G PRO X mengusung double box dengan material yang keras. Jadi sangat aman jika menumpuk box Logitech G PRO X dengan box lain.

Pada bagian depan box memperlihatkan gambar produk dan label switch pada bagian pojok kanan atas.

Karena keyboard ini merupakan salah satu jajaran seri Pro-nya Logitech G, jadi terdapat beberapa logo dari team esports pada bagian samping kanannya seperti TSM, G2 Esports, hingga Na’Vi.

Kemudian bagian belakangnya sendiri terdapat 7 typography mengenai spesifikasi/fitur keyboard dengan slogan ‘Keep Playing’.

Box Isi

Lalu isi box antara lain: keyboard, kabel micro USB to USB A yang sudah braided sepanjang 1.8m, switch puller, sticker, kartu garansi, dan buku manual.

Tidak seperti switch puller dari paket pembelian keyboard pada umumnya yang terkesan biasa dan pasaran, Logitech G PRO X ini punya switch puller yang terbuat dari plastik dan tidak ringkih serta berbeda. Untuk menarik switch dengan puller ini pun juga mudah karena cakramnya terbilang kuat.

Keyboard Apik dengan Build Quality Premium

Logitech G PRO X mengusung layout TKL dengan total 87 + 2 tombol berukuran panjang 36 cm, lebar 15 cm, dan tinggi atau ketebalan sekitar 3,4 cm. Bobotnya sendiri berada di kisaran 979 grams.

Secara desain TKL ini terkesan minimalis dan portable.

Keycaps Hands On
Keycaps Sculpted

Keycaps keyboard punya material ABS yang cukup tebal dan terasa halus keset-keset saat menyentuh kulit. Profil keycaps-nya sendiri mengusung OEM sculpted jadi tidak flat.

Font keycaps ini terlihat elegan karena semua huruf sudah Bold. Jenis font-nya pun terlihat ciamik serta kokoh dan tidak berlebihan.

Backlit Off
Logitech G Pro X Tkl Keycaps Backlit On Gamedaim Review

Selain itu juga, font keycaps sudah shine trough jadi backlit keyboard atau LIGHTSYNC RGB-nya bisa menembus. Saat backlit-nya tidak aktif, hurufnya agak susah dilihat selebih lagi jika malam hari. Hanya sub-legend atau icon pada keycaps-nya saja yang ter-printing putih jadi bisa terlihat tanpa backlit sekalipun.

Mau tidak mau bagi yang kurang suka dengan fitur LED RGB harus menyalakan backlit tersebut agar font-nya bisa terlihat dengan jelas.

Logitech G Pro X Tkl Keycaps F Row Gamedaim Review
Led Gaming Mode
 Logo Backlit On

Icon tombol pada bagian function row ini paling beda sendiri dari key row lainnya karena icon-nya justru terletak pada bagian depan keycaps, bukan di atasnya seperti tombol lain.

Selain beda sendiri, function row

Kemudian 2 tombol tambahan yang penulis maksud sebelumnya ialah tombol untuk LED dan Gaming Mode. Letaknya sendiri pada bagian kanan atas keyboard. Terdapat juga indikator cahaya untuk Caps Lock serta Scroll Lock di sampingnya.

Saat backlit aktif, icon Logitech G dengan cahaya berwarna biru di pojok kiri juga akan ikut menyala.

Untuk mengatur lebih dalam lagi menyoal backlit RGB atau fitur LIGHTSYNC RGB si keyboard, kalian bisa mengaturnya melalui software Logitech G Hub.

Case Keyboard Solid

Logitech G Pro X Tkl Front Case Gamedaim Review

Lanjut ke soal case keyboard.

Top case keyboard ber-materialkan plastik dengan build quality yang solid dan terasa premium. Apalagi warna black matte-nya membuat pantulan cahaya jadi terkesan gentle. Namun sisi samping case keyboard itu punya permukaan yang licin serta glossy. Jadi memang jika ada debu, keringat, atau bulu sekalipun yang menempel akan terlihat jelas.

Bagian case depan keyboard ada port micro-USB sebagai konektivitas keyboard yang detachable.

Port Micro Usb
Back Case

Lalu bagian bawah atau back case keyboard 5 bantalan karet yang berfungsi agar keyboard tidak mudah tergeser. Apalagi jika kalian sedang memakai keyboard secara ekstrim saat bermain game.

Permukaan back case-nya sendiri tidak seperti top case keyboard yang polos, melainkan ada bergaris-garis yang timbul.

Feet Keyboard 8 Degree
Feet Keyboard 4 Degree

Bagian ini juga terdapat feet keyboard yang bisa kita tarik ke depan. Yang beda dari feet keyboard pada umumnya (setidaknya yang pernah penulis review/miliki) ialah terdapat 2 stage untuk kaki si keyboard.

Kaki stage pertama yaitu 4° itu lebih pendek sedangkan stage ke-2 atau 8° itulebih tinggi dan yang lebih lebar secara ukurannya. Kaki keyboard dibuat lebih lebar sepertinya agar bisa menahan beban keyboard yang juga terbilang lumayan berat jadi kuat secara kekokohan.

GX Blue dan Hot-Swappable Switch

Logitech G Pro X Tkl Gx Blue Clicky Hands On gamedaim review

Logitech G sepertinya memberikan opsi luas untuk para penggunanya untuk keyboard ini.

Secara bawaan/default, Logitech G PRO X TKL mengusung switch GX. Terdapat 3 varian switch untuk keyboard ini yaitu: GX Blue Clicky, GX Red Linear, dan GX Brown Tactile.

Penulis sendiri menerima varian GX Blue Clicky yang sesuai namanya, switch biru ini memiliki karakteristik suara yang nyaring nan clicky.

Suara yang terproduksi oleh switch membuat seisi kamar penulis terasa penuh dengan clicky-nya yang cukup satisfying untuk didengar. Oleh karenanya, keyboard ini sangat diperuntukkan dan memang cocok bagi para pengguna keyboad bersuara nyaring.

Pressing feel dari switch ini terasa ringan dengan feedback tactile yang halus dan apik. Untuk typing experience, bisa penulis bilang G PRO X TKL sebagai keyboard yang terkualifikasi untuk dipakai saat mengetik seperti mengerjakan tugas makalah.

Buat penggunaan gaming, switch yang punya rasa tactile ini memberikan respon cepat di mana travel distance 3.7mm-nya sangat cakap untuk gaming kompetitif.

Selain itu juga dengan respons 1ms si keyboard, penulis sudah memakai keyboard ini untuk bermain game fast-paced seperti Apex Legends.

Penulis tidak merasa ada rasa kesusahan saat memencet tombol WASD yang menjadi kunci utama dalam bermain game. Semua tombol begitu responsif dibantu oleh suara clicky yang keluar bisa menjadi acuan untuk kita guna mengetahui apakah tombolnya sudah terpencet atau belum.

Logitech G Pro X Tkl Switch gamedaim review
Logitech G Pro X Tkl  hot swap Gamedaim Review

Kemudian dan tidak lupa juga, PCB Logitech G mendukung pergantian switch atau hot-swappable switch dengan socket konektor 3 pin.

Spesifikasi Logitech G PRO X TKL

  • Dimensi : 361 mm x 153 mm x 34 mm
  • Switch : Hot-Swappable GX Blue Clicky
  • Kekuatan aktuasi : 50 g
  • Jarak aktuasi : 2,0 mm
  • Total jarak : 3,7 mm
  • Report rate : 1 ms
  • Koneksi : Detachable micro USB to USB A
  • LIGHTSYNC RGB
  • Tenkeyless design
Logitech G Pro X Tkl Hands On Gamedaim Review

Logitech G PRO X TKL dapat kalian beli dengan harga Rp2.290.000 melalui link pembelian berikut ini: Tokopedia

Pros
Build quality premium
Keycaps solid dengan font yang elegan
Feet keyboard tidak mudah terlipat
Hot-swappable switch
Backlit RGB yang menawan
Desain compact
Switch GX Blue memberikan typing experience yang memuaskan
Cons
Port koneksi belum type C
Legend keycaps sukar terlihat jika backlit mati
Logitech G PRO X Keyboard
Final Result
90
Kesimpulan Review Logitech G PRO X Keyboard: Tidak Ketinggalan Zaman
Meskipun sudah 2 tahun semenjak dirilis, Logitech G PRO X Keyboard memilikii fitur dengan desain compact yang tidak ketinggalan zaman.Desain compact, portable, serta build quality yang tidak kaleng-kaleng membuat keyboard premium ini tahan lama dan terkesan premium.Ketika banyak brand yang mulai merilis keyboard ber-layout 60-70%, tetapi keyboard dengan layout TKL masih banyak penggemarnya.Logitech G juga memberikan leluasa kepada penggunanya dengan memberikan opsi hot-swappable switch di PCB keyboard ini. Yang dengan kata lain, kita bisa mengganti GX Blue Clicky bawaan keyboard dengan switch lain yang memiliki 3 pin.Hanya saja koneksi yang masih memakai micro USB terbilang kurang menyesuaikan zaman karena mulai banyak keyboard saat ini yang memakai type C. Mengingat type C juga sudah banyak dipakai untuk smartphone hingga laptop.

Suka dengan konten seperti ini? Ikuti juga Gamedaim di Facebook, Instagram, dan Youtube Supaya kalian enggak ketinggalan informasi menarik lainnya seputar Game. Caranya gimana? Klik link dibawah ini bos

Facebook | Instagram | Youtube