Review NYK HS-E11 Stellar: Headset Khusus Multiplatform

in , ,
Nyk Hse11 Stellar Megang 2 Gamedaim Review

Dengan satu headset NYK HS-E11 Stellar, konsol, smartphone, sampai PC desktop kalian gak perlu ribet-ribet gonta-ganti headset.

Headset gaming HS-E11 Stellar ini menjadi headset gaming termahal yang NYK rilis. Dari banyaknya isi konten box, penulis jadi paham mengapa headset ini menjadi mahal.

Tapi apakah hanya karena isi konten box-nya yang membuatnya mahal? Lalu bagaimana dengan kualitas suara dan perekaman microphone-nya?

Simak review NYK HS-E11 Stellar dari NYK Nemesis berikut ini.

Unboxing NYK HS-E11 Stellar

Nyk Hse11 Stellar Box Depan Gamedaim Review
Box Belakang

Tema hijau yang sering NYK pakai untuk box produknya juga terdapat pada box NYK HS-E11 Stellar.

Bagian depan memperlihatkan foto produk dengan fiturnya di sisi kiri serta logo-logo platform di kiri bawahnya. Sedangkan bagian belakangnya lebih menjelaskan detail spesifikasi si headset.

Box Isi

Isi box-nya antara lain: HS-E11 Stellar, audio 3.5mm jack, splitter, USB Type-C to USB Type-C, USB Type-C to USB-A, detachable microphone beserta foam-nya, pouch bag, dan 2 buku manual.

Baru kali ini penulis mencoba produk dengan 2 buku manual sekaligus. Buku manual yang satu fokus terhadap penjelasan fitur hingga pengaturan headset. Sedangkan satunya lagi lebih ke penjelasan step-by-step menyambungkan headset ke platform yang berbeda (PC, smartphone, konsol).

Dan dilihat dari 3 kabel konektivitas pada paket pembelian juga menandakan bahwa headset ini memang bisa kita pakai untuk segala device.

Hitam-Merah yang Stylish, Hanya Saja…

Nyk Hse11 Stellar Megang Gamedaim Review

NYK HS-E11 Stellar mengusung warna hitam merah. Ya, merah.

Tidak seperti headset NYK yang pernah penulis ulas sebelumnya, pada headset ini terdapat bagian yang cukup mencolok mata.

Warna merahnya ini terdapat pada bagian lapisan earcup pad bagian dalam, housing driver, karet adjuster, garis melingkar pada housing earcup, dan icon untuk tombol serta port konektivitas headset.

Nyk Hse11 Stellar Earcup Pad Lepas Gamedaim Review

Tema warna seperti ini terlihat stylish menurut penulis. Perpaduan warna hitam membuat headset jadi eye-catching dengan warna merahnya yang mencolok.

Headband Foam
Nyk Hse11 Stellar Headband Logo Gamedaim Review

Selebih lagi headset ini hanya mengusung single headband dengan pad yang cukup tebal. Logo Nemesis yang debossed pada bagian atas headband membuat headset ini secara penampilan jadi semakin terlihat stylish.

Kemudian Earcup pad headset ini cukup unik.

Kita bisa melepas earcup pad ini dengan mudah karena terpasangan dengan sistem klik. Jadi jika ingin dipasangkan kembali, tinggal cocokan 6 bolongan earcup pad ke housing earcup.

Padding pada earcup terlapisi kulit sintesis dengan busa yang lumayan tebal.

Nyk Hse11 Stellar Earcup Pad Gamedaim Review

Saat penulis pakai berjam-jam lamanya untuk bermain Apex Legends memang terasa nyaman. Namun lama-lama telinga itu jadi terasa pengap. Bikin mengeluarkan keringat sih tidak, hanya saja memang yang penulis rasakan itu seperti tidak ada udara yang masuk. Mungkin karena faktor telinga penulis juga yang caplang jadi sirkulasi udara di dalam itu jadi minim.

Menyoal build quality, material housing earcup dan headband terbuat dari plastik, sedangkan adjuster headband terbuat dari metal.

Adjuster headband bisa kita tarik sampai kurang lebih 3 cm panjangnya yang di mana headband-nya juga fleksibel untuk peregangan.

LED RGB Tidak Bisa Dinonaktifkan

Melihat pada bagian housing earcup itu terdapat logo NYK yang timbul. Bagian housing earcup juga menjadi tempat LED RGB, baik di logo NYK maupun sekeliling housing.

Nyk Hse11 Stellar Housing Earcup Rgb Gelap Gamedaim Review
Nyk Hse11 Stellar Housing Earcup Rgb Gamedaim Review

LED RGB-nya sayangnya tidak dapat kita matikan melalui tombol yang ada di headset. Sayangnya lagi juga tidak ada line controller yang seharusnya bisa menjadi wadah alternatif untuk tombol pengaturan lainnya.

Di dedicated software HS-E11 Stellar pun juga tidak ada opsi untuk mematikan LED RGB. Jadi memang fitur LED RGB-nya ini otomatis.

Speakers

Melaui software sendiri kita hanya bisa mengatur gain microphone dan volume yang menurut penulis sia-sia karena bisa kita atur lewat sound control panel. Seharusnya justru NYK memberikan pengaturan lebih luas lewat software seperti LED RGB, atau virtual 7.1-nya.

Mengenai tombol-tombol dan port itu terletak pada kiri headset.

Dari belakang ke depan ada: tombol volume, tombol microphone untuk ON/OFF, 3.5mm audio, port type-c, dan port untuk microphone.

Tombol Port
Tombol Port Volume Mic

Audio Ngebass dan Menggelegar

Muisk

Driver speaker headset ini memiliki ukuran 50mm.

Saat pertama kali akan melakukan review NYK HS-E11 Stellar dan mencobanya untuk mendengarkan musik, penulis bisa mengambil pendapat bahwasannya headset ini condong ke bass.

Profil headset ini saat penulis mendengarkan lagu pop itu terasa sekali bass-nya sampai-sampai vibrate untuk volume 100% itu terasa di sekeliling housing earcup.

Penulis mencoba mendengarkan lagu rock seperti Renegades dari ONE OK ROCK (OOR) yang baru saja rilis misalnya, instrumen petikan gitar khas ala Ed Sheeran dan bass serta getaran dari drum bisa terproduksi dengan baik.

Untuk musik pop seperti To The Bones dari Pamungkas, penataan letak suara instrumental musik seperti piano dan drum juga terdengar dengan jelas.

Secara intensitas atau besaran suara di volume 100% bisa bocor ke luar. Penulis secara pribadi lebih suka memakai headset dalam pengaturan volume 80% ke bawah demi menjaga kesehatan perdengaran.

Pengaturan volume 50% di pengaturan Sound Control Panel itu suara di luar headset tidak bisa penulis dengar sama sekali. Jadi memang secara intensitas suara dari driver headset ini itu lumayan besar dari kebanyakan headset.

Kemudian penulis mencoba bermain Apex Legends.

Nyk Hse11 Stellar Apex Legends Gamedaim Review
Nyk Hse11 Stellar Apex Legends Gamedaim Review

Tidak perlu diragukan lagi karena memang ini headset gaming dengan harga yang cukup menguras kantong, scene penggunaan gaming kompetitif seperti Apex Legends yang membutuhkan audio imersif itu tereksekusi dengan baik oleh headset ini.

Suara step musuh di kejauhan hingga 150 meter lebih bisa terdengar letaknya yang membuat penulis saat bermain itu terbantu sekali.

Pada akhirnya juga, penulis bisa memecahkan rekor untuk 3x menang berturut-turut saat memakai headset ini. Suara imersif dengan pemetaan letak suara yang apik menjadi penunjang meraih kemenangan saat bermain game kompetitif seperti Apex Legends ini.

Microphone Minim Noise

Mikrofon Tanpa Foam

Mikrofon detachable headset ini memiliki body yang lentur sehingga arahnya bisa disesuaikan sesuka hati.

Pick up mikrofon mengambil secara omni-directional yang setelah penulis rekam hasilnya itu terkesan natural, deep, dan jernih atau minim noise.

Nyk Hse11 Stellar Mikrofon Gamedaim Review

Penulis sudah mencoba mikrofon untuk dipakai berkomunikasi dengan teman saat mabar (main bareng) di Discord. Hasilnya sudah bagus.

Berikut hasil perekaman mikrofon NYK HS-E11 Stellar.

Spesifikasi NYK HS-E11 Stellar

  • Interface Type : USB Cable
  • Driver Diameter : 50mm
  • Sensitivity : 112dB ± 3dB
  • Speaker Impedance : 32Ω ± 5
  • Frequency Range : 20Hz-20kHz
  • Max Power : 30mW
  • Weight : ±320g
  • Cord Length : 2.2m
  • Microphone Sensitivity : -42 ± 3dB
  • Microphone Impedance : 2.2KΩ

Kesimpulan Review NYK HS-E11 Stellar

Nyk Hse11 Stellar Housing Earcup Gamedaim Review

Kesimpulan review NYK HS-E11 Stellar ini ialah, headset gaming ini bisa jadi daily driver untuk kalian yang bermain game secara banyak device/platform.

Konektivitas 3-in-1 yang beragam memperlihatkan bahwasannya produk ini memang menjadi headset multiplatform.

Profil audio yang ngebass terkesan enak saat mendengarkan musik. Suaranya yang imersif dengan pemetaan letak suara yang apik serta jernih juga bisa mendukung jalannya permainan terutama game battle royale.

Perekaman mikrofon pun juga terkesekusi dengan baik dengan hasil yang deep, natural, serta jernih atau minim noise.

Secara desain dengan tema hitam-merah headset ini terlihat cukup minimalis dan solid layaknya headset premium kelas atas.

Hanya saja belum ada line controller di kabel headset dan tidak adanya tombol untuk mematikan RGB membuat headset jadi kurang efisien.

NYK HS-E11 Stellar dapat kalian beli dengan harga Rp490.000 melalui link pembelian berikut ini: Tokopedia

Pros
Desain minimalis dan stylish
Bobot ringan
Perekaman mikrofon yang deep, natural, jernih (minim noise)
Earcup Pad yang mudah dilepas
Fitting headset pas di kepala
Terdapat port type-c dan 3.5mm jack
Suara bass yang imersif
Cons
LED RGB tidak bisa dimatikan
Belum ada in-line controller
Earcup Pad lumayan membuat telinga pengap
Review NYK HS-E11 Stellar: Headset Khusus Multiplatform
Final Result
9
Kesimpulan Review NYK HS-E11 Stellar: Headset Khusus Multiplatform

Suka dengan konten seperti ini? Ikuti juga Gamedaim di Facebook, Instagram, dan Youtube Supaya kalian enggak ketinggalan informasi menarik lainnya seputar Game. Caranya gimana? Klik link dibawah ini bos

Facebook | Instagram | Youtube