G List

8 Game Best Selling Nintendo Di Setiap Konsolnya

Game Best Selling Nintendo – Kalau membahas tentang game dari Nintendo, pastinya tidak akan ada habisnya. Selain menjadi produsen konsol yang mengedepankan inovasinya, Nintendo juga mengembangkan game eksklusif mereka sendiri dan menjadi pengembang pihak pertama yang pernah bersaing sengit dengan SEGA di masa keemasan mereka yaitu pada era konsol rumahan generasi ketiga dan generasi keempat. Tapi sayangnya, masa kompetisi mereka yang sangat seru harus berakhir karena SEGA mengundurkan diri dari industri konsol.

Nah bicara soal game dari Nintendo, tentunya ada banyak game best selling Nintendo yang tercipta di setiap generasinya. Game yang menjadi best selling dari Nintendo adalah game eksklusif yang sudah menjadi hak milik dari perusahaan ini. Untuk penghitungannya, kita tidak akan menghitung dari konsol rumahan saja, tapi juga akan menghitung dari konsol portabelnya juga, mengingat Nintendo memiliki banyak konsol portabel yang sudah mereka luncurkan sejauh ini.

Nah seperti yang telah dijelaskan di atas, untuk artikel kali ini kita akan membahas tentang daftar 8 Game Best Selling Nintendo di setiap konsolnya. Penasaran apa saja game-nya, berikut pembahasannya.

8 Game Best Selling Nintendo

1. Super Mario Bros.

Super mario bros.
Super Mario Bros. | via Nintendo

Kita mulai daftar kali ini dengan game Best Selling Nintendo Entertainment System, apa lagi kalau bukan Super Mario Bros.. Super Mario Bros. adalah game side-scrolling platformer yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Nintendo untuk konsol Nintendo Entertainment System atau NES. Menjadi game pertama dalam seri Super Mario, Game ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1985 untuk konsol Nintendo Famicom di Jepang. Super Mario Bros. sering dianggap sebagai salah satu game terbaik sepanjang masa, dengan pujian atas kontrolnya yang presisi.

Game ini adalah salah satu game terlaris sepanjang masa, dengan lebih dari 58 juta salinan terjual di seluruh dunia. Game ini disandingkan bersama NES sebagai salah satu faktor kunci dalam menghidupkan kembali industri video game setelah terjadinya peristiwa Video Game Crash tahun 1983, dan membantu mempopulerkan genre game platformer side-scrolling. Soundtrack olahan Koji Kondo adalah salah satu yang paling awal dan paling populer dalam game, menjadikan musik ini sebagai inti dari desain game.

2. Wii Sports

Wii sports
Wii Sports | via Nintendo

Selanjutnya ada Wii Sports yang merupakan game best selling Nintendo Wii. Wii Sports adalah kumpulan lima simulasi olahraga, yang telah dirancang untuk mendemonstrasikan kemampuan Motion Sensor dari Wii Remote. Lima cabang olahraga tersebut adalah tenis, baseball, bowling, golf, dan tinju. Pemain menggunakan Wii Remote untuk memperagakan gerakan yang dilakukan dalam olahraga di kehidupan nyata, seperti mengayunkan raket tenis.

Aturan untuk setiap game disederhanakan agar lebih mudah diakses oleh pemula. Game ini juga dilengkapi Training dan Fitness Mode yang memantau kemajuan pemain dalam olahraga. Game ini diterima dengan baik oleh para kritikus dan penonton. Wii Sports juga menerima sejumlah penghargaan, dan terjual lebih dari 82 juta salinan pada akhir tahun 2017, menjadikannya game platform tunggal terlaris sepanjang masa dan terbaik keempat secara keseluruhan.

3. Mario Kart 7

Mario kart 7
Mario Kart 7 | via Nintendo

Selanjutnya dalam daftar ini adalah Mario Kart 7 yang menjadi game best selling Nintendo 3DS. Mario Kart 7 adalah Game Kart Racing yang dikembangkan oleh Nintendo EAD yang bekerja sama dengan Retro Studios dan diterbitkan oleh Nintendo untuk Nintendo 3DS pada tahun 2011. Seperti game sebelumnya dalam seri Mario Kart, pemain berpartisipasi dalam balapan di berbagai lintasan bertema Mario, dan bermain sebagai salah satu dari tujuh belas karakter Mario yang berbeda.

Saat balapan, para pemain menggunakan item power-up yang membantu karakter mereka atau menghalangi karakter lawan. Game ini mendukung Local Multiplayer dan Online hingga delapan pemain. Game ini diluncurkan sebagai balasan untuk ulasan positif dengan pujian untuk fitur tambahan, lintasan, dan gameplay baru meskipun mode pemain tunggal terbatas, penyeimbangan item, dan kurva kesulitan. Mario Kart 7 adalah game terlaris 3DS, dengan 18,97 juta salinan terjual di seluruh dunia pada 31 Maret 2022.

4. New Super Mario Bros.

New super mario bros.
New Super Mario Bros. | via Nintendo

Selanjutnya adalah New Super Mario Bros. sebagai game best selling Nintendo DS. New Super Mario Bros. adalah game platformer yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Nintendo untuk Nintendo DS. Game ini pertama kali diluncurkan pada Mei 2006 di Amerika Utara dan Jepang, dan di wilayah PAL pada bulan berikutnya. Ini adalah installment pertama dalam subseri New Super Mario Bros. dari waralaba Super Mario, dan menceritakan Mario saat dia berjuang melawan antek Bowser untuk menyelamatkan Princess Peach.

New Super Mario Bros. sukses secara komersial dan menerima ulasan positif. Pujian ditujukan pada peningkatan yang dilakukan pada waralaba Mario dan kesetiaan pada game Mario yang lebih lama, sementara kritik ditujukan pada tingkat kesulitannya yang rendah dan banyak kritikus mencatat kesamaannya dengan game sebelumnya. Game ini terjual lebih dari 30 juta salinan di seluruh dunia, menjadikannya game terlaris untuk Nintendo DS dan salah satu video game terlaris sepanjang masa.

5. Pokémon Ruby dan Sapphire

Pokemon ruby
Pokémon Ruby | via Nintendo

Selanjutnya dalam daftar ini ada Pokémon Ruby dan Sapphire Version yang merupakan game best selling Nintendo GameBoy Advance. Pokémon Ruby Version dan Pokémon Sapphire Version adalah game Turn-Based RPG tahun 2002 yang dikembangkan oleh Game Freak, diterbitkan oleh The Pokémon Company dan Nintendo untuk konsol portabel GameBoy Advance. Keduanya adalah installment pertama dalam generasi ketiga dari seri waralaba game Pokémon, yang juga dikenal sebagai Advanced Generation.

Pokemon sapphire
Pokémon Sapphire | via Nintendo

Setelah bertahun-tahun Nintendo menjadi satu-satunya penerbit waralaba di semua wilayah, The Pokémon Company turut andil menerbitkan game untuk pertama kalinya sejak pendirian perusahaan milik bersama pada tahun 1998. Dengan lebih dari 16,22 juta salinan terjual di seluruh dunia, Pokémon Ruby Version dan Pokémon Sapphire Version sukses secara komersial dan menjadi game best selling Nintendo untuk Konsol portabel Nintendo GameBoy Advance.

6. Super Mario 64

Super mario 64
Super Mario 64 | via Nintendo

Selanjutnya adalah Super Mario 64 yang merupakan game best selling Nintendo 64. Super Mario 64 adalah game 3D platformer keluaran tahun 1996 untuk konsol Nintendo 64. Dikembangkan oleh Nintendo EAD dan diterbitkan oleh Nintendo, game ini adalah game Super Mario pertama yang menampilkan gameplay 3D, menggabungkan gameplay Super Mario tradisional, gaya visual, dan karakter di area Open-World.

Super Mario 64 sangat dinanti oleh jurnalis dan penikmat video game, didorong oleh kampanye iklan dan pertunjukan di pameran dagang E3 tahun 1996. Game ini menerima pujian kritis dan dianggap sebagai salah satu video game terhebat sepanjang masa. Pengulas memuji ambisi, visual, dan gameplay-nya sementara beberapa lainnya mengkritik sistem kamera virtualnya. Ini adalah game Nintendo 64 terlaris, dengan hampir dua belas juta salinan terjual pada tahun 2015.

7. Mario Kart 8

Mario kart 8
Mario Kart 8 | via Nintendo

Yang selanjutnya dalam daftar kali ini adalah Mario kart 8 yang menjadi game best selling Nintendo Wii U. Mario Kart 8 adalah kesuksesan kritis dan komersial. Kritikus memuji tentang tambahan baru, lintasan, grafik, gameplay, dan soundtrack berjenis orchestra, tetapi mengkritik mode pertarungannya yang terbatas. Game ini adalah game best selling Nintendo Wii U, dengan lebih dari delapan juta salinan terjual di seluruh dunia. Nintendo terus meluncurkan patch dan DLC.

Mario Kart 8 adalah game kart race yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Nintendo untuk Konsol hybrid Nintendo Wii U pada Mei 2014. Game ini mempertahankan mekanika game dari seri Mario Kart, di mana pemain mengontrol karakter waralaba Mario dalam balap kart, mengumpulkan berbagai item untuk menghalangi lawan atau mendapatkan keuntungan. Mario Kart 8 memperkenalkan anti-gravitasi, yang membuat kalian bisa mengemudi di dinding atau langit-langit.

8. Pokémon Gold dan Silver

Pokemon gold and silver
Pokémon Gold and Silver | via Nintendo

Yang terakhir dalam daftar ini adalah Pokémon Gold dan Silver yang menjadi game best selling Nintendo GameBoy Color. Pokémon Gold Version dan Pokémon Silver Version adalah game Turn-Based RPG keluaran tahun 1999 yang dikembangkan oleh Game Freak dan diterbitkan oleh Nintendo untuk konsol portabel Nintendo GameBoy Color. Keduanya adalah installment pertama dalam generasi kedua dari seri video game Pokémon. Gold Version dan Silver Version diluncurkan pertama kali di Jepang pada tahun 1999.

Pokémon Gold dan Silver mendapat pujian kritis saat diluncurkan. keduanya dianggap oleh beberapa orang sebagai game terbaik di seluruh seri, serta beberapa game paling signifikan dari generasi kelima konsol video game, meskipun ada beberapa kritik karena kurangnya plot. Game ini hampir menyamai penjualan Red Version dan Blue Version, dan pada tahun 2010 telah terjual lebih dari 23 juta salinan menjadikannya game best selling Nintendo untuk Nintendo GameBoy Color.

Dan itu tadi adalah 8 Game Best Selling Nintendo yang sudah Gamedaim rangkum untuk kalian, semoga artikel ini bisa menambah wawasan kalian tentang dunia sistem Nintendo.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment