Trump Lakukan Investigasi ke Epic Games dan Riot, Mengapa?

in
Donal Trump Lakukan Investigasi Ke Epic Games Dan Riot
Pexel

Masih berada pada suasana perang dagang yang melibatkan Amerika Serikat dan Tiongkok, kedua negara tersebut sampai saat ini masih saling bersitegang. Negeri Paman Sam ini kabarnya menyebut Tiongkok telah melakukan pencurian data melalui Aplikasi TikTok. Hal ini membuat Donald Trump melakukan investigasi ke Epic Games dan Riot Games.

Lebih lanjut, keputusan Trump untuk melakukan investigasi kepada dua perusahaan game tersebut karena beberapa alasan. Apa saja? Yuk simak artikel berikut sampai habis.


Alasan Trump Lakukan Investigasi ke Epic dan Riot Games

Epic Games Store
Epic Games Store | epicgames.com

Merujuk informasi dari Gamerant, pihak Administrasi Trump baru saja melakukan penyelidikan kepada Epic Games dan juga Riot Games. Keputusan sang Presiden tidak lepas dari sebuah alasan, yakni keamanan data.

Melalui Committe on Foreign Investmen in the United States (CFIUS), pihak Trump telah melakukan investigasi ke Epic Games dan juga Riot. Mereka menyebut bahwa kedua perusahaan ini memiliki hubungan dengan Tencent, perusahaan raksasa asal Tiongkok.

CFIUS saat ini tengah melakukan investigasi ke Epic dan Riot Games terkait keamanan data. Padahal, kedua perusahaan tersebut berada di Amerika Serikat namun sahamnya dipegang oleh Tencent. Hal ini membuat Trump menaruh curiga kepada dua perusahaan tersebut.

Sekedar informasi saja, baik Riot Games dan Epic Games merupakan perusahaan yang terikat dengan Tencent. Selain itu, Tencent juga memiliki saham pada Blizzard Entertainment.


Keamanan Data Jadi Fokus Trump

Keamanan Data
Photo by Lukas from Pexels

Setelah investigasi ini berlangsung, Epic Games dan Riot diharuskan menjelaskan prosedur yang mereka terapkan. Sebab, Administrasi Trump ini mengetahui bagaimana kedua perusahaan ini memberlakukan data pribadi rakyat Amerika Serikat.

Lebih lanjut, setelah Administrasi Trump melakukan hal tersebut, belum ada konfirmasi lebih dan respon dari Tencent. Bahkan, Epic Games dan Riot Games enggan berkomentar terkait tindakan pemerintah Amerika Serikat.

Tentu saja, perseteruan Amerika Serikat dan Tiongkok perihal keamanan data bukanlah hal yang biasa saja. Sebab, kedua negara ini selalu menjaga agar data pribadi masyrakat tidak terekspos ke negara lain.


Bagaimana pendapat kamu mengenai investigasi Trump ke Epic dan Riot Games? Yuk beri tanggapanmu melalui kolom komentar.

Berikan Nilaimu untuk konten ini