BeritaResmi

PS5 Bisa Rusak Karena Diposisikan Secara Vertikal, Benarkah?

Sejak dirilis pada tahun 2020 lalu, PS5 menjadi salah satu konsol yang paling laris di pasaran. Namun, baru-baru ini muncul kekhawatiran tentang apakah PS5 akan aman jika diposisikan secara vertikal. Kabar ini muncul setelah beberapa video dan artikel yang muncul di internet.

Lalu, apakah benar PS5 akan rusak jika diposisikan secara vertikal? Yuk simak ulasan dari Gamedaim berikut ini. Jangan lupa untuk membagikan informasinya ke rekan kalian juga yah.


Benarkah PS5 Akan Rusak Jika Diposisikan Secara Vertikal?

Ps5 vertikal
Ps5 vertikal

Berdasarkan artikel dari Wololo dan video The Cod3r, mereka menyebut bahwa mendirikan PS5 secara vertikal dapat membahayakan konsol tersebut. Walau begitu, video dari The Cod3r menyebut bahwa potensi kegagalan yang terjadi di PS5 memang bisa sangat nyata.

Dalam sebuah video yang rilis pada bulan September 2022 lalu berjudul “You Won’t Believe WHY This PlayStation 5 Stopped Working! Can I Fix Sony’s Catastrophic Mistakes?“, ia menemukan masalah yang agak mengkhawatirkan di PS5. Posisi vertikal pada PS5 pada dasarnya sudah menyalahi desain awal dari konsol tersebut, tepatnya di bagian material pendingin prosesor serta heatsink.

Sebagai informasi saja, PS5 menggunakan material liquid metal untuk thermal paste, sebuah medium yang sama dengan PC dan laptop. Fungsinya adalah untuk mendukung sistem cooling dengan menghantarkan suhu panas yang dihasilkan ketika konsol bekerja.

Melansir Wololo.net, mereka mengklaim bahwa material liquid metal yang melekat di chipset APU PS5 serta heatsink yang dipasang dalam posisi horizontal. Saat konsol PS5 berada dalam posisi vertikal, besar kemungkinan material tersebut jatuh dan menimpa komponen lain.

Kondisi ini akan sangat berbahaya karena bisa menyebabkan korsleting di dalam komponen serta membuat suhu dari chipset menjadi lebih panas mengingat sistem penghantaran suhunya tidak berjalan baik.


Apakah Aman untuk Sekarang?

Ps5
Ps5

Secara singkat, memposisikan PS5 secara vertikal untuk sekarang adalah tindakan aman. PlayStation 5 pada dasarnya memang dirancang untuk berdiri secara vertikal. Penemuan Wololo dan TheCod3r tidak menunjukkan bahwa konsol secara inheren rentan terhadap kegagalan.

Apa yang didokumentasikan oleh TheCod3r merupakan salah satu cara kenapa PS5 bisa rusak. Selain itu, perangkat yang telah beredar selama 2 tahun ini memperlihatkan bahwa PS5 sangatlah sukses dan tidak terjadi kegagalan standar, terutama di bagian suhu panas.

Related Posts

Leave Comment
Gamedaim We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications