ReviewPeripheral

Review Sades Sabre: Membrane Bulky dan Miring

Sades Sabre yang akan penulis review ini merupakan keyboard membrane dengan layout TKL dan punya harga sangat terjangkau. Namun, bagaimana kualitasnya?

Sebelumnya, penulis pernah membahas salah satu keyboard keluaran Sades bernama Sades Khanda. Dan Sades Sabre bisa penulis katakan mirip dengan Sades Khanda selain memang terdapat varian warna putih untuk Sades Sabre. Tapi yang pasti, perbedaan terbesar kedua keyboard ialah tipenya di mana Sabre ialah membrane, sedangkan Khanda ialah mechanical.

Di samping itu, zaman ini telah marak dan besarnya minat terhadap keyboard tipe mekanikal. Meskipun begitu, keyboard membrane tetap masih terdapat penggemar dan basis pengguannya tersendiri. Menurut penulis, membrane menjadi pilihan yang cocok jika tidak mau ribet memilih banyak varian switch di keyboard mekanikal.

Simak review Sades Sabre berikut ini.

Unboxing Sades Sabre

Sades sabre box depan gamedaim review
Review sades sabre: membrane bulky dan miring 10
Sades sabre box belakang gamedaim review
Review sades sabre: membrane bulky dan miring 11

Box putih Sades Sabre punya kualitas bahan yang tipis, jadi usahakan tidak ditumpuk dengan banyak banyak box di atasnya. Tampilannya seperti biasa, pada bagian depan memperlihatkan gambar keyboard Sades Sabre, sedangkan bagian belakangnya cenderung menjelaskan spesifikasi teknis keyboard.

Pengalaman unboxing Sades Sabre tidak begitu istimewa karena hanya ada keyboard di dalam paket penjualan. Tidak ada kartu garansi maupun buku manual di dalamnya. Padahal biasanya, keyboard membrane seperti ini minimal disediakan buku manual agar orang yang awam bisa menggunakan Sades Sabre dengan fungsi maksimalnya. Tetapi jika Sades memang sengaja tidak menyediakan buku manual di dalam box, berarti Sades Sabre tidak ditujukan untuk para awam, melainkan mereka para gamer yang cenderung lebih mafhum mengenai fungsi keyboard.

TKL yang Bulky

Sades sabre esc gamedaim review
Review sades sabre: membrane bulky dan miring 12
Sades sabre arrow gamedaim review
Review sades sabre: membrane bulky dan miring 13
Sades sabre keyboard hitam gamedaim review
Sades sabre versi warna hitam

Sades Sabre menjadi keyboard membrane yang terbilang padat alias tebal serta memiliki ketinggian tidak moderat yang pernah penulis bahas. Secara ukuran, Sades Sabre memiliki panjang 37 cm, lebar 15 cm, dan ketebalan 3.7 cm. Ukurannya sih termasuk dalam kategori umum untuk sebuah keyboard ber-layout TKL. Beratnya sendiri sebesar 605 gram, tidak begitu ringan, tapi juga tidak terlalu berat.

Dengan ukuran seperti ini, Sades Sabre mungkin masih bisa cocok dengan ukuran meja yang panjangnya 100 cm. Penulis yang memakai meja berukuran panjang sekitar 186 cm tentu tidak dibuat repot akan ukuran keyboard sebesa Sades Sabre. Tetapi yang menjadi perhatian penulis ialah menyoal feet atau bantalan kaki keyboard.

Bagian bawah keyboard terdapat empat rubber feet yang fungsinya, tentu saja, membuat keyboard tidak mudah tergeser. Tapi sayangnya karet kaki keyboard sangat susah penulis geser saat berada di atas deskmat yang berbahan cloth fabric, maupun ke permukaan atas meja yang berbahan kayu sekalipun. Hal seperti ini tentunya akan sangat menghambat pergeseran keyboard terutama bagi yang sering bermain gim dengan posisi keyboard miring.

Dan karena penulis sering bermain Apex Legends dengan posisi miring, Sades Sabre sayangnya memang sukar untuk digeser. Pergeseran keyboard saat bermain gim sangat penting bagi penulis pribadi agar mendapatkan posisi wuenak (PW) alias kemiringan yang tepat agar dapat menjangkau tombol yang penulis inginkan saat bermain gim.

Bobot Sades Sabre sendiri bukan menjadi alasan utama yang menjadi faktor susahnya pergerakan keyboard. Menurut penulis, bobot di 600-an gram sudah termasuk moderat di mana build quality Sades Sabre sendiri memang penuh dari plastik ABS baik top cover, maupun bottom covernya.

Sades sabre usb gamedaim review
Review sades sabre: membrane bulky dan miring 14

Selain itu, Sades Sabre sudah memakai kabel braided berukuran panjang 1.75 meter yang memungkinkan kabel tidak akan mengganggu pergerakan keyboard. Ujung USB-nya pun sudah gold-plated.

Kemudian untuk mempercepat pergeseran keyboard, penulis biasa memakai Sades Sabre dengan memakai dua feet keyboard yang dapat ditarik di mana rubber pada bagian kaki tersebut tidak sepakem rubber feet aslinya. Feet keyboard-nya sendiri bisa memberikan rasa ergonomis saat mengetik dan kenyamanan dibandingkan tanpa memakai kaki sama sekali.

Keycaps Miring

Sades sabre keyboard gamedaim review
Review sades sabre: membrane bulky dan miring 15

Sebagai keyboard membrane, Sades Sabre memakai double injection keycaps untuk seluruh 87 tombol keyboard.  Sama seperti keycaps dari keyboard membrane pada umumnya, permukaan keycaps halus saat penulis sentuh. Namun kualitasnya terkesan keycaps murah yang tipis.

Berbeda dari keyboard yang biasa penulis gunakan di mana ukurannya 2.25u, keycaps enter bukan horizontal melainkan vertical.

Tetapi, bagian yang penulis kurang suka ialah keycaps pada bagian row Ctrl kiri hingga Ctrl kanan itu punya kemiringan yang berbeda dari keycaps atasnya alias tidak selaras. Bagi penulis yang memakai keycaps dengan profil Cherry, profil keycaps di row Ctrl seperti ini membuat penulis kagok karena tidak terbiasa yang alhasil memengaruhi ke pengalaman dan kecepatan serta keakuratan mengetik.

Bottoming out terasa lumayan berat namun feedback-nya juga terasa keras. Tetapi untuk pengetikan, keyboard ini termasuk sangat nyaman untuk ngetik dan mudah untuk dijangkau oleh jari penulis.

Fitur LED Sederhana

Sades sabre rgb gamedaim review
Review sades sabre: membrane bulky dan miring 16

Tentunya sebagai keyboard ‘kekinian’, keyboard putih ini memiliki fitur LED RGB untuk memuaskan hasrat para pecinta RGB. Ya meskipun memang mode LED RGB-nya ini termasuk biasa saja karena tidak ada gebrakan baru dibandingkan keyboard-keyboard lainnya.

Untuk mengubah mode RGB, FN + Del berfungsi untuk menjadikan LED RGBke mode Wave / Running. FN + Insert guna mengubah LED ke mode Rainbow. FN + Home untuk mengubah warna ke satu warna tertentu di mana tersedia 8 warna yaitu: merah, biru, hijau, pink, cyan, kuning, putih, dan multicolor.

Kemudian FN + End untuk mode Breathing. FN + Pg Down guna mematikan LED RGB. Dan terakhir, FN + Pg Up untuk mekustomisasi mode RGB. Jadi kustomisasinya bisa kita gunakan dengan cara menekan kombinasi FN + Pg Up. Kemudian tekan FN + 1/2/3/4/5 untuk mengubah 5 bagian keyboard dengan 7 warna berbeda. Jika sudah, tekan FN + Pg Up kembali untuk menyimpan kustomisasi.

Selain mengubah mode, kita juga dapat mengubah intensitas dan kecepatan mode RGB dengan cara FN+ Up/Down (menaikkan dan menurunkan intesitas LED), dan FN + Left/Right (mengatur kecepatan mode RGB ke dalam 5 level).

Spesifikasi Sades Sabre

  • Interface : USB Gold Plated
  • Keyboard Dimension : 372X151X37mm
  • Weight : 605g
  • Cable Length : 1.75m
  • Cable Type : Braided Cord
  • Key Quantity : 87 Keys
  • Actual Point : 1.9 + 0.4mm
  • Top Cover : ABS
  • Bottom Cover : ABS
  • Key Caps : Double Injection Key Caps
  • Power Consumption : 40mA-120mA

Sades Sabre memiliki harga Rp209.000 melalui official toko Sades berikut ini: Tokopedia

Related Posts

Leave Comment
Continue in browser
To install tap Add to Home Screen
Add to Home Screen
See this post in...
Gamedaim
Chrome
Add Gamedaim to Home Screen
Close

For an optimized experience on mobile, add Gamedaim shortcut to your mobile device's home screen

1) Press the share button on your browser's menu bar
2) Press 'Add to Home Screen'.
Gamedaim We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications