ReviewAndroidiOSMobile

Review Pokemon UNITE, MOBA Unik Penuh Karakter Imut

Sebuah mahakarya memukau datang dari Tencent dan TiMi Studios. Kali ini yang mereka hadirkan adalah game baru dengan konsep MOBA yang dirancang khusus untuk Hand-Held. Mengangkat Universe Pokemon, game bernama Pokemon UNITE ini akan mengajakmu meraskan pengalaman MOBA yang tidak biasa. Pada kesempatan kali ini, Gamedaim Review akan menyajikan Review sederhana dari Pokemon UNITE. Apakah wajib dicoba?

Mendengar nama Pokemon, yang terbesit dalam pikiran kita tentu saja adalah game dengan konsep RPG yang membawa mekanik permainan Turn-Based. Pada game yang satu ini, TiMi Studios rupanya mengangkat sesuatu yang jauh berbeda dari seri Pokemon yang kita kenali. Alih-alih berpetualang untuk mencari Pokemon liar, kamu akan ditempatkan pada arena pertempuran 5 VS 5 untuk beradu skill dan kemampuan apra Trainer.

Sebelumnya, Pokemon UNITE memang pernah rilis pada platform Nintendo Switch pada tanggal 21 Juli 2021 yang lalu. Namun, baru tanggal 23 September 2021 kemarin lah para pengguna Mobile bisa merasakan gamenya melalui Smartphone IOS ataupun Android. Seperti yang sudah kita ketahui, platform Mobile memang menjadi ladang kompetitor MOBA. Lantas, apa yang membuat game Pokemon UNITE ini begitu berbeda?

Review Pokemon UNITE Mobile

1. Desain Map yang Lebih Sederhana Tapi Tetap Competitive

Ezgif 4 9ad514746d2a
Review pokemon unite mobile | nintendo

Mengatakan game ini adalah game MOBA memang tidak sepenuhnya benar. Pasalnya, game yang satu ini memang benar-benar jauh melenceng dari konsep yang biasa genre tersebut tawarkan. Dari segi Layout, Pokemomon UNITE memang terlihat cukup mirip dengan game MOBA lainnya. Namun, jika kamu perhatikan lagi, Map game ini punya perbedaan yang signifikan.

Genre MOBA biasanya menawarkan konsep 5 VS 5 dengan menempatkan masing-masing team pada suatu Arena dengan 3 jalur (Lane). Selain itu, MOBA juga menempatkan 9 Tower pada setiap masing-masing Team. Tugas dari Tower tersebut adalah melindungi jalur utama dari Player musuh yang ingin menghancurkan Base utama team kalian. Di sisi lain, Setap Team juga akan dibantu oleh Creep yang akan terus menyerang.

Pokemon UNITE hanya punya 5 Tower yang terletak pada masing-masing Team. Fungsinya sendiri bukanlah melindungi Lane, melainkan untuk mencetak Poin pemain yang telah membunuh Player ataupun Wild Pokemon yang ada. Selain itu, Tower tersebut juga tidak dapat menyerang musuh, tetapi punya kemampuan healing pada Team yang bersangkutan. Semakin banyak Poin yang kamu masukan ke Tower lawan, maka team kalian akan mendapat kesempatan menang lebih besar.

Jumlah Tower yang lebih sedikit membuat Flow permainan jadi lebih sederhana. Kamu tidak perlu khawatir untuk menyerang Tower musuh secara terus menerus tanpa memikirkan damage. Sementara itu, setiap Lane pada game ini juga tidak dijaga oleh Creep yang menyerang. Meskipun terdengar sederhana, penataan seperti ini tetap memberikan pengalaman Kompetitif ketika kamu bermain pada Mode Multipleyer.

2. Gameplay Simpel Namun Tetap Penuh Perhitungan

Review pokemon unite mobile | nintendo
Review pokemon unite mobile | nintendo

Berbicara soal Gameplay, Pokemon UNITE memang dikatakan lebih sederhana dari MOBA manapun. Pasalnya, tugasmu hanya mengalahkan Player lain dan Wild Pokemon sebanyak-banyaknya. Setelah itu, kamu harus mencetak Poin terus-menerus hingga Score team kalian lebih besar dari Team musuh. Tetapi, ada beberpa hal juga yang perlu kamu perhatikan saat mulai mencobanya secara langsung.

Score adalah segalanya. Pada game ini, kamu diharuskan untuk mengalahkan Pokemon untuk mendaptkan Poin berbentuk Pokeball. Untuk mendapatkannya rupanya sangatlah mudah. Kamu bisa mengalahkan Player lain untuk memperoleh 20 Poin atau mengalahkan Wild Pokemon untuk mendapatkan jumlah Poin yang beragam. Untuk memperoleh poin yang lebih besar, kamu bisa melawan Zapdos yang terletak ditengah map dengan nilai angka 100 Poin.

Poin-poin tersebut bisa kamu tukar menjadi Score dengan cara menyerang tower Team lawan. Untuk menghancurkan 1 Tower, kamu memerlukan total 100 Poin. Jadi semakin banyak kamu memasukan Poin, maka semakin besar kesempatanmu untuk menang. Tetapi perlu kami ingatkan bahwa, ketika Player tidak cepat-cepat memasukan Poin ke tower, maka ketika karaktermu mati poin tersebut dapat diambil oleh musuh.

Gameplay simpel namun tetap penuh perhitungan | nintendo
Gameplay simpel namun tetap penuh perhitungan | nintendo

Beralih dari cara kerja pertandingan, pada game ini kalian dapat memilih total 22 Pokemon dengan berbagai kemampuan dan Class yang berbeda. Kamu dapat membeli para Pokemon tersebut menggunakan mata uang In-game yang bernama Aeos. Berbeda dari game MOBA pada umumnya. Saat kalian berada dalam permainan, Pokemon ini tidak memerlukan Build Item khusus untuk meningkatkan kemampuannya.

Jadi, pada game ini kalian tidak akan menemukan yag namanya Store, Secred Store, ataupun Kurir yang mengantarkan Item. Semua kemampuan Pokemon bisa kamu tingkatkan murni menggunakan Level saja. Semakin tinggi Level yang kalian capai, maka Pokemon bisa berevolusi menjadi lebih kuat. Selain itu, Player pun dapat membuka 3 Skill yang berbeda-beda sesuai dengan kemampuan sang Pokemon.

3. Mode yang Sedikit Namun Layak Dicoba

Mode yang sedikit namun layak dicoba | nintendo
Mode yang sedikit namun layak dicoba | nintendo

Pokemon UNITE punya pilihan Mode yang bisa kamu coba juga. Tetapi pilihannya sendiri saat ini masih sangat sedikit. Untuk yang pertama adalah Standard, dengan menawarkan 3 pertandingan yaitu Random Match, Friendly Match dan CPU Match. Pada Random Match, kamu akan ditempatkan pada satu team yang berisikan player Random. Sedangkan Friendly adalah Match Private bersama teman. Tetapi bagi, CPU Match kamu akan bermain CO-Op
5 Player VS 5 AI.

Berbeda dari Standard, Quick match akan menawarkan permainan Multiplayer secara Arcade tanpa reward besar. Melalui Mode ini, jumlah player dan waktu akan dikurangi menjadi
3 VS 3 atau 4 VS 4. Map yang mereka sajikan pun berbeda. Kali ini tugas masing-masing Team adalah melakukan Capture Point pada Tower yang terletak di tengah. Semakin lama kamu mempertahankan Tower, maka Team akan menang.

Sesuai dengan namanya, Ranked mode adalah match khusus bagi kamu yang memang benar-benar igin beradu skill. Melalui Mode ini, kalian dapat memperebutkan 6 Throphy yang telah terdaftar. Semakin tinggi Throphy yang kamu capai, maka reward akan semakin besar. Perlu kalian ingat juga bahwa, setiap player wajib memilih Role dari Class Pokemon yang berbeda. Tentunya ini bertujuan untuk membuat permainan agar lebih Balance.

4. Sistem Microtransaction yang Sehat?

Sistem microtransaction yang sehat? | nintendo
Sistem microtransaction yang sehat? | nintendo

Pokemon UNITE adalah game Free to Play, jadi sudah jelas jika kita bakal menemukan yang namanya Micro-Transaction. Melalui pengamatan saya pribadi, pihak Developer berhasil menyajikan sistem Micro-Transaction yang kurang lebih hampir mirip seperti League of Legends. Meskipun gamenya menawarkan banyak hero, kamu harus membukanya menggunakan uang In-Game atau menggunakan mata uang asli.

Untuk memperoleh satu Pokemon, kalian setidaknya membutuhkan 345 Premium Currency (Aeos Gem). Untuk pemperolehnya kamu perlu membeli menggunakan uang asli. Jangan khawatir dulu, pasalnya kamu juga bisa membeli Pokemon ini menggunakan mata uang In-Game berjumlah 6000 Aeos Coin. Selain itu, dengan memainkannya setiap hari, Pokemon UNITE terkadang memberikan hadiah berupa Pokemon-nya langsung melalui Unite Licence.

Ada satu hal yang membuat saya cukup risih. Pokemon UNITE mempunyai sistem yang namanya “Pokemon Enhancers”. Bagi kamu yang tidak tahu, sistem ini pada dasarnya adalah “Upgrade Hero”. Pada stistem tersebut, kamu bisa menambah stat masing-masing Pokemon dari Level 1 – Level 20. Untuk melakukannya, kamu memerlukan Enhancers Item yang mana sangatlah sulit untuk didapatkan kecuali jika kamu menggunakan Uang asli.

Sistem microtransaction yang sehat? | nintendo
Sistem microtransaction yang sehat? | nintendo

Sejauh ini saya sendiri masih belum menemukan masalah dari sistemnya. Bisa jadi itu karena gamenya sendiri memang masih baru. Tetapi, semoga saja efeknya tidak akan mempengaruhi permainan, apa lagi pada Mode Standard dan Ranked. Melanjutkan pembahasan sebelumnya, kalian rupanya juga bisa memperoleh segudang Skin lucu untuk mempercantik Pokemon menggunakan Season Pass atau membelinya langsung menggunakan Aeos Ticket.

Kesimpulan Review Pokemon UNITE

Pokemon UNITE berhasil memberikan pengalaman Competitive yang asik melalui konsep improvisasi yang berani. Punya Gameplay yang lebih simpel serta presentasi Visual yang memanjakan. Game yang satu ini pun menjadi alternatif ringan bagi kamu para penggemar MOBA. Selain memberikan banyak pilihan karakter, Player juga diberi kemudahan untuk terjun pada permainannya. Tentunya, gamenya sendiri wajib kamu coba terlebih dahulu.

Sayangnya, Pokemon UNITE masih memiliki hal-hal yang perlu diubah lagi. Hal tersebut dapat kamu temukan langsung melalui Sistem Microtransaction yang masih tergolong Pay to Win, serta pilihan Mode yang masih tergolong sedikit. Mengingat gamenya sendiri masih sangatlah baru, tentunya saya mengharapkan banyak perbaikan untuk Update selanjutnya.


Bagi kamu yang belum sempat mencoba game ini, maka game yang satu ini sangatlah kami rekomendasikan. Pokemon UNITE sendiri sudah rilis dan dapat kamu mainkan pada Paltform Android, IOS, dan Nintendo Switch. Seperti biasanya, pengguna Mobile dapat mencoba gamenya secara gratis melalui App Store masing-masing. Lantas, bagaimanakah menurut kalian, sudah siap untuk bertanding menjadi Trainer yang terbaik?

Related Posts

Leave Comment
Gamedaim We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications