Preview Diablo: Immortal Mobile, Tebas-Menebas Tanpa Batas

in
Preview Diablo: Immortal Mobile, Tebas-Menebas Tanpa Batas | Blizzard
Preview Diablo: Immortal Mobile, Tebas-Menebas Tanpa Batas | Blizzard

Bagi kalian penggemar game RPG pastinya sudah tahu dengan game keren buatan Blizzard yang satu ini. Baru saja mengumumkan keberadaan seri keempatnya dan versi Remaster dari yang kedua. Kali ini Blizzard siap menghadirkan game yang sebelumnya sudah mereka umumkan pada platform Mobile tahun 2018 lalu. Benar sekali, kali ini kita mendapatkan kesempatan Preview lebih dahulu dari Versi Closed Alpha game Diablo Immortal Mobile. Apakah game ini bisa sebaik versi PC-nya?

Saya sendiri masih tidak menyangka jika franchise legendaris ini bisa masuk ke platform Mobile. Tentunya ini menjadi langkah yang cukup besar bagi Blizzard dalam meningkatkan jumlah fans barunya. Pada versi Mobile ini ternyata Blizzard banyak memberikan beberapa perubahan kecil dari versi Originalnya yang rilis pada berapa platform terkenal. Bahkan ada beberapa hal juga yang ternyata menjadi peningkatan dari seri ketiga game ini. Berikut adalah beberapa hal yang bisa kita dapatkan melalui game ini.

Preview 5 Class Utama Diablo Immortal dan Kembalinya Sang Legendaris Crusader

Preview 5 Class Utama Diablo Immortal dan Kembalinya Sang Legendaris Crusader

Seperti biasanya mereka akan membawa kita ke pemilihan Class. Ada 5 Class Utama yang ternyata dapat kalian pilih sesuka hati tanpa harus mengeluarkan uang asli. Namun perlu kalian ingat bahwa setiap Class tentunya memiliki Skill dan Play-Style yang berbeda. Berbeda dari Versi Alpha sebelumnya, kali ini mereka menghadirkan sebuah Class baru bernama Crusader. Benar sekali, Class yang pernah hadir juga pada Diablo III

Penasaran dengan Class apa sajakah yang dapat kalian gunakan? Berikut adalah listnya:

  • Barbarian: Berfokus pada Melee, Class yang satu ini tentunya cocok bagi kalian yang lebih mementingkan Defense. Ada 3 Skill yang dapat kalian gunakan yaitu Hammer of The Ancient, berfungsi untuk menyerang musuh pada sisi depan dengan Damage yang tinggi. Sedangkan yang kedua adalah Ancient Spear, dapat kalian gunakan untuk Hook sang musuh. Untuk yang terakhir adalah WhirlWind yang membuat karakter kalian berputar dengan kapak selama beberapa detik.
  • Crusader: Class terbaru Closed Alpha yang satu ini akan berfokus pada Ballance Attack dan Defence. Skill pertamanya adalah Blased Shield, memungkinkan player untuk melempar Sheld dan Deal Damage. Yang kedua adalah Falling Sword yang berfungsi untuk dealing damage menggunakan Pedang Sihir dari udara. Sedangkan ketiga adalah Sweep Attack, yaitu memberi Damage serangan Radius menggunakan Pedang.
  • Demon Hunter: Ranged Class dengan skill pertama yaitu Rain of Vengence, berfungsi untuk Shower Enemy Area dengan anak panah. Yang kedua adalah Darling Swing, berguna untuk Stunt serangan musuh sekaligus Dealing Damage. Untuk yang terakhir bernama KnockBack Shock yang berguna untuk menyerang musuh dengan damage tinggi menggunakan Magic Arrow.
  • Monk: Class berfokus pada serangan magical dengan Skill pertama Dashing Strike, untuk melakukan Dash dan deal damage ke musuh yang terkena Dash. Skill keduanya adalah Cyclone Strike, berfungsi untuk menarik musuh lebih dekat dengan sang karakter dan memberikan efek Blast Damage Area. Sedangkan yang terakhir memiliki nama Seven-Sided Strike, mengembalikan efek Dash damage tinggi dengan lebih cepat dan lebih agresif.
  • Wizard: Sama-sama menggunakan Magic. Skill pertama Wizard adalah Meteor yang berfungsi untuk dealing damage Area menggunakan Meteor besar. Yang kedua adalah Teleport, tentunya yang satu ini berguna untuk menghindari serbuan musuh. Terakhir adalah Lighting, membuat enegi listrik dan Dealing damage ke musuh yang berkelompok.

Preview Gameplay Diablo Immortal Yang Menagih Serta Kehadiran PVP Mode

Diablo memang terkenal dengan dunianya yang penuh dengan aksi dan petualangan. Membawa kembali konsep game lamanya ke platform Mobile mungkin menjadi hal yang tepat untuk mereka lakukan pada game ini. Banyak sekali hal yang bisa kalian lakukan selain Grinding dan mencari Gear baru pada dunia Immortal. Memiliki jumlah Quest yang cukup banyak, mereka juga menawarkan fitur Multiplayer yang memang sudah menjadi senjata utama game ini.

Gameplay Yang Menagih Serta Kehadiran PVP Mode | Blizzard
Gameplay Yang Menagih Serta Kehadiran PVP Mode | Blizzard

Bounty Quest tanpa henti membuat game ini terus hidup dan selalu saja menghadirkan aktivitas. Setiap harinya, game ini akan menyediakan lebih dari 20 Quest harian yang selalu saja Worth untuk kalian coba. Meskipun begitu Reward yang mereka tawarkan pada misinya kurang menarik untuk kalian yang ingin buru-buru meningkatkan level. Meskipun begitu, Bounty Quest adalah pilihan menarik untuk memberi Aktivitas tambahan terutama jika kalian bermain bersama teman.

Multiplayer game Diablo memang terkenal dengan MMO Co-Op yang seru. Namun kali ini Blizzard sepertinya ingin tampil berbeda. Pasalnya kini mereka memberikan sebuah Mode baru yang cukup menarik perhatian. Mode ini akan berfokus pada PVP Multiplayer. Benar sekali, tugas kalian adalah berebut Ancient Immortal yang menjadi cerita utama game ini. Membawa 16 Player dalam satu map, kita akan terbagi menjadi 2 tim beranggotakan 8 Orang. Konsepnya cukup simpel, kalian hanya perlu bergelut menggunakan skill yang ada.

Tetapi kehadiran Mode ini tentunya mempengaruhi balancing tiap class yang mereka berikan. Ada beberapa Class yang saya rasa kurang cocok untuk kita pakai saat bermain Mode ini, terutama bagi yang memiliki Skill damage Areal. Belum lagi Jumlah Class yang sedikit membuat para player terpaksa untuk menggunakan Class yang sudah terpakai oleh orang lain. Semoga saja ke depannya mereka bisa meningkatkan Jumlah Class yang ada serta berfokus pada Balance.

Item Beragam Serta Fitur Upgrade Yang Super lengkap

Semua Item yang tidak kalian inginkan dapat berguna | Diablo Immortal
Semua Item yang tidak kalian inginkan dapat berguna | Blizzard

Melanjutkan Gameplay yang mereka tawarkan, kini Blizzard juga tidak melupakan fitur Enchantment, Upgrading Gear dan Rank Up. Tentunya inilah yang membuat Diablo Immortal memiliki keragaman Play-Style. Player kini dapat mengumpulkan Gems dan meningkatkan Buff yang ada pada Item. Tidak hanya itu saja, semakin lama kalian menggunakan Item favorite, maka item tersebut juga bisa Rank Up. Bahkan Item sampah yang kalian temukan dapat bermanfaat untuk Item yang kalian gunakan sekarang.

Ada banyak fitur yang berhubungan dengan Kebebasan Upgrade pada game ini, salah satunya adalah fitur Salvage. Jika kalian tidak tahu, Salvage adalah sebuah fitur yang memungkinkan player untuk melakukan Upgrading item yang kalian gunakan menggunakan Item sampah yang tidak kalian inginkan. Masih kurang puas, Mereka juga memberikan Skill Tree untuk semua skill yang ada pada setiap Class. Kalian bebas melakukan Upgrading atau menggunakan legendary Item yang dapat meningkatkan Skill.

Beragam Item dan legendary Item | Diablo Immortal
Beragam Item dan legendary Item | Blizzard

Suka dengan Tampilan Armor yang kalian dapatkan namun tidak suka dengan Rank-nya? Tenang dulu, game ini menawarkan Transfer Rank Item. Fitur ini memungkinkan kalian untuk menggunakan tampilan Item sebelumnya namun tetap menggunakan Stat Item yang baru saja kalian dapatkan. Fitur ini sangat cocok bagi Player yang kebingungan dengan Stat Terbaik Atau ingin Tampilan Yang terbaik. Tentunya kehadiran Fitur ini menambah nilai plus dari kami soal elemen Customizes karakter kalian.

Ada cukup banyak Item dan gear yang bisa kalian temukan pada dunia Immortal. Yang membuatnya menarik adalah semuanya ternyata berharga. Meskipun kalain hanya mendaptkan senjata dengan stat kecil, tetapi senjata tersebut bisa kalian manfaatkan untuk hal lain. Jadi kalian bebas untuk memilih dan beradaptasi dengan Play-Style sang karakter mengikuti Weapon dan Gear yang ia kenakan.

Control Combat Serta layout UI Yang Nyaman Untuk Kita Gunakan

Tak banyak perubahan yang mereka tawarkan pada aspek Combat game ini, namun tentunya mereka berhasil membawa kembali konsep Combat sebelumnya pada versi platform terbaru ini. Memiliki Layout Bubble controller layaknya game MOBA Mobile, Diablo immortal berhasil memberikan kenyamanan dalam menikmati game RPG pada paltform ini. Kalian dapat dengan mudah mengontrol mobilitas sang karakter dan melakukan kombinasi Combo Skill pada contoller yang mereka Rancang.

Seperti yang sudah kita ketahui, game MMORPG memang terkenal dengan UI-nya yang sering kali menutupi layar. Sepertinya Blizzard sendiri cukup baik dalam mendesain UI yang ada pada game ini. Terlihat cukup sederhana, namun tetap compact dan Fungsional. Meskipun begitu UI pada Inventory masih kurang cocok untuk player yang memiliki Smart Phone berlayar kecil. Beberapa UI seperti Menu dan Mini map masih cukup sulit untuk kalian gunakan. Tetapi kalian tetap bisa men-setting size dan letaknya lewat Menu

World Design dan Performa Visual Yang Tak Pernah Gagal Memanjakan Mata

World Design dan Performa Visual Yang Tak Pernah Gagal Memanjakan Mata | Blizzard
World Design dan Performa Visual Yang Tak Pernah Gagal Memanjakan Mata | Blizzard

Atmosphere Indah sekaligus mengerikan sepertinya berhasil mereka bawa kembali pada versi ini. Hal ini terbukti langsung dengan kehadiran berbagai bioma menarik dengan keragaman Monster baru yang memiliki kemampuan masing-masing. Tidak hanya itu saja, beberapa Map yang mereka berikan memiliki ciri khas layaknya game Diablo II, tentunya ini secara tidak langsung membuat game ini memberikan rasa Nostalgia pada player Veteran. Yap, tentunya semuanya mereka balut dengan Cerita yang seru.

Beragam Area tentunya memberikan berbagai Quest berbeda. Setiap Quest akan memaksa para player untuk terjun langsung ke beberapa Dungeon tertentu. Yang menjadi perhatian adalah Dungeon yang ada memiliki ciri khas berbeda. Bahkan meskipun kalian sudah masuk ke dungeon yang sama berkali-kali ternyata Diablo Immortal berhasil memberikan sistem Randomize Dungeon. Jadi kalian tidak akan cepat bosan untuk melakukan Grinding pada Lokasi yang sama secara berulang-ulang.

Diablo Immortal adalah game Mobile, tetapi tahukah kalian bahwa Texture grafis dan Model Karakter yang ia berika pada game ini lebih baik ketimbang Diablo III versi PC. Hal ini dapat kalian buktikan langusng dari Visual yang mereka tampilkan saat kalian membuka menu Inventory, Dengan Refleksi Armor yang lebih mengkilap, serta goresan tipis membuat armor lemah saja bisa terlihat keren. Tentunya ini membuat buat saya semakin penasaran dengan Visual pada game keempat yang akan rilis nanti.

Apakah Game Ini Pay to Win?

Hal yang paling gamer tidak suka dari platform Mobile adalah kebiasaan para publisher dan Developer untuk memberikan elemen Pay to Win. Untungnya gamenya sendiri tidak akan Pay to Win. Setiap Class dapat kalian gunakan secara Gratis tanpa harus membelinya dengan uang asli. Tidak ada sama sekali Misi atau Quest yang terkunci dan harus kalian buka dengan uang. Satu satunya cara mereka mendapatkan uang dari game ini adalah kehadiran Battle Pass yang ternyata masih cukup wajar namun tetap saja sedikit.

Tidak ada unsur Pay to Win | Blizzard
Tidak ada unsur Pay to Win | Blizzard

Meskipun player tidak membeli Battle Pass Premium mereka juga tetap memberikan legendary Armor atau Weapon melalui Battle Pass Gratis. Bahakan beberapa Item yang ada pada Season pass Premium bisa kalian peroleh juga melalui progress permainan. Jadi setiap hal pada game ini akan terus berfokus pada Grinding dan selamanya akan terus begitu. Blizzard sendiri sudah berjanji untuk tidak memberikan unsur Pay to Win pada masa depan game ini. Tentunya kita hanya bisa berharap bahwa hal ini benar terjadi.

Kesimpulan dari Preview Diablo Immortal

Game ini sangat wajib kalian mainkan apa lagi bagi Player yang ingin menikmati rasa Nostalgia bermain seri ini. Dapat kita download secara Free to Play saja sudah membuat game ini cukup menarik. Belum lagi konten yang mereka tawarkan seakan tak pernah habis. Tentunya game ini masih bisa berkembang lebih besar mengingat gamenya sendiri masih dalam fase Closed Alpha. Ada beberapa hal yang tentunya perlu perbaikan lagi, terutama pada Mode PVP yang kurang Balance dan Minimnya pilihan Class.

By: Blizzard

Visual yang indah serta Atmosphere yang berhasil mereka bawa kembali adalah suatu langkah baik untuk mengenalkan seri Legendaris ini pada gamer Mobile. Tidak hanya itu saja, elemen Grinding yang begitu kuat berhasil membuat para gamer ketagihan dan terus ingin memperkuat sang karakter. Sementara itu, ada banyak pilihan Quest yang memiliki ciri khas berbeda dan bisa kalian nikmati tanpa batasan apapun. Dari semua itu yang menjadi hal paling penting ialah tidak ada unsur Pay to Win.

Sekian Preview dari kami soal game Diablo Immortal. Semoga saja dengan adanya Preview ini, kalian jadi tidak ragu untuk mencobanya. Bagi kalian tertarik, game ini sendiri akan rilis secara Exclusive melalui platform IOS dan Android. Sayangnya game ini sendiri masih belum mau menunjukan tanggal rilisnya pada publik. Namun menurut kabar yang beredar, Blizzard akan merilisnya pada tahun 2021 ini. Jadi bagaimanakah menurut kalian, kapakah kalian tertarik untuk mencobanya?

Pros
Tidak mengandung Unsur Pay to Win
Visual yang lebih ditail, bahkan melebihi versi PC
Fitur Upgrade yang cukup lengkap
Kehadiran Mode baru yang berfokus pada PVP
Control yang nyaman dan mudah untuk berdaptasi
Segudang Aktifitas yang tidak akan membuat player cepat bosan
Cons
Class yang masih tergolong sedikit
Class yang masih kurang Ballance pada mode PVP
Tidak banyak perubahan dari sistem Combat
Preview Diablo: Immortal Mobile, Tebas-Menebas Tanpa Batas | Blizzard
Diablo: immortal
Gameplay
9
World Design & Level Design
9.5
Visual
9
Character/Class
8.5
Combat
9.1
Control
9.2
Playtime
9
Final Result
9
Kesimpulan Preview Diablo: Immortal Mobile, Tebas-Menebas Tanpa Batas
Diablo Immortal menjadi game yang layak untuk kita coba pada platform Mobile. Meskipun game ini Free to Play, kalian tidak akan merasakan unsur Pay to Win. Belum lagi ada banyak hal yang bisa kalian lakukan pada game ini. Dunianya yang luas serta berbagai aktivitas tidak akan membuatmu bosan untuk memainkanya. Tidak hanya itu, elemen Grinding dan Upgrading sangat kental, tentunya game inisangat cocok bagi kalian penggemar RPG yang kompleks yang berfokus pada MMO.

Suka dengan konten seperti ini? Ikuti juga Gamedaim di Facebook, Instagram, dan Youtube Supaya kalian enggak ketinggalan informasi menarik lainnya seputar Game. Caranya gimana? Klik link dibawah ini bos

Facebook | Instagram | Youtube