ReviewHardwarePeripheral

Review Fantech Revolver II WGP12: Gamepad Terjangkau dengan Visual Cakep

Ingin bermain gim PC menggunakan gamepad biar lebih enjoy? Fantech Revolver II WGP12 ini mungkin bisa jadi temen gaming kalian yang tanpa ribet karena sudah wireless plus visualnya ciamik pula.

Bisa dikatakan, gamepad dari Fantech yang merupakan hasil upgrade dari Revolver WGP12 ini bisa dijadikan bahan komparasi dengan Rexus Daxa Axsteria AX1 yang secara harga dan spesifikasi mirip-mirip.

Ketika Rexus mematok gamepad AX1 di 300 ribuan, Fantech hanya mematok Revolver WGP12 di 200 ribuan saja dan kalian sudah mendapatkan fitur wireless yang bikin main gim tanpa kabel—gak ribet.

Kedua gamepad yang juga mengusung wireless ini memiliki look yang konvensional tapi punya ciri khasnya tersendiri. Hanya saja Penulis selalu berpatokan dengan prinsip “ada harga ada rupa”, begitu pula dengan gamepad dari Fantech yang akan dibahas kali ini. Terdapat kekurangan di build quality yang menarik atensi Penulis.

Simak review Fantech Revolver II WGP12 berikut ini.

Unboxing

Fantech revolver ii wgp12 gamedaim review 13
Box tampilan depan
Fantech revolver ii wgp12 gamedaim review 12
Box tampilan belakang

Layaknya box hotwheels yang memperlihatkan isinya, box Fantech Revolver II WGP12 pun juga demikina sehingga rupa gamepad bagian depan sangat terpampang dengan jelas hanya dengan melihat box-nya saja.

Bagian depan box yang transparan ini ditemani visual yang cukup ramai terutama fitur andalan gamepad. Sedangkan bagian belakang box memperlihatkan visual gamepad hingga list spesifikasi teknis gamepad.

Fantech revolver ii wgp12 gamedaim review 11
Isi box

Box ini akan aman ditumpuk dengan box lain yang dengan catatan, harus ada gamepad di dalamnya agar tidak mudah penyok. Kemudian isi box antara lain:

  • Gamepad Fantech Revolver II WGP12
  • USB dongle receiver
  • Kabel USB-A to USB-C sepanjang 1.5 m
  • Kartu ucapan
  • Buku manual
  • Kartu garansi

Sudah lama Penulis tidak membahas produk Fantech, dan gamepad kali ini diselipkan thanks note atau kartu ucapan dari sang CEO langsung. Hal seperti itu pun sudah diterapkan Razer di setiap paket penjualan produknya.

Tetap Kokoh dengan Material Plastik

Fantech revolver ii wgp12 gamedaim review 10
Gamepad

Gamepad Revolver II WGP12 ini merupakan versi peningkatan dari kakaknya yakni Revolver WGP12. Namun, Penulis belum merasakan versi sebelumnya jadi tidak banyak yang bisa Penulis diskusikan. Hanya saja pada review kali ini akan cenderung membandingkan Revolver II WGP12 dengan pesaingnya yakni Daxa Asteria AX1.

Fantech memberikan gamepad ini visual yang ciamik dengan mengusung 3 warna pilihan, yakni hitam, putih, dan hijau. Warna hijau sendiri menjadi pilihan Penulis untuk mencoba segala hal yang ada di gamepad ini.

Menggunakan material dari plastik secara keseluruhan, bobot gamepad ini terkesan ringan yakni di 182gr—lebih ringan dibandingkan AX1 yang 261gr. Dengan perbedaan bobot yang lebih jauh, gamepad Fantech tidak akan membuat tangan cepat pegal daripada gamepad Rexus yang lebih berat. Meski lebih ringan, Revolver II WGP12 tetap mempertahankan kualitasnya di mana build quality gamepad terasa solid, kokoh.

Terdapat kekurangan dari gamepad ini yakni agak ringkih. Jika gamepad diayunkan, akan muncul suara dari dalam gamepad yang menandakan bahwa Fantech kurang menjaga kualitas produknya secara lebih apik lagi. Tapi hal tersebut tidak begitu menimbulkan masalah karena semua tombol berfungsi dengan baik.

Layout PlayStation yang Cliché

Fantech revolver ii wgp12 gamedaim review 06
Review fantech revolver ii wgp12: gamepad terjangkau dengan visual cakep 12

Berbeda dari kompetitornya, Fantech mengusung layout PlayStation di Revolver II WGP12 ini yang di mana tombol-tombolnya tidak ringkih untuk diarahkan maupun digunakan.

Total terdapat 17 tombol, gamepad dengan layout PlayStation ini mampu berfungsi dengan baik. Jika dibandingkan dengan Asteria AX1, semua tombol Revolver II WGP12 cenderung lebih ringan ditekan maupun diarahkan.

Fantech revolver ii wgp12 gamedaim review 05
Action (xyab)
Fantech revolver ii wgp12 gamedaim review 04
Directional pad (d-pad)

Tombol joystick secara presisi mudah dikendalikan sesuai arah yang kita inginkan, dipencet pun tidak ada masalah dan tidak dalam. Lalu tombol d-pad maupun action (XYAB) pun ringan meskipun menimbulkan suara cukup bising layaknya red switch-nya keyboard mekanikal. Karena kedua bagian tombol doff dan bukan glossy seperti gamepad kompetitor, segala keringat atau kotoran tidak akan mudah tercap secara kasat mata. Namun tampilan non-glossy seperti tombol gamepad Fantech ini membuatnya tidak begitu mewah layaknya gamepad kompetitor.  

Fantech revolver ii wgp12 gamedaim review 02
Trigger & shoulder

Hal yang menarik ada di tombol trigger (RT/LT) dan shoulder-nya (RB/LB) ini. Keempat tombol sangat enteng dan tidak begitu dalem untuk dipencet sehingga intensintas penekanan bisa lebih cepat dibandingkan gamepad kompetitor. Secara kenyamanan pun lebih cakap dan ketika bermain gim tidak ada hambatan. Efek feedback tombol trigger membuat penarikan bisa cepat dengan gesekan yang lebih minim.

Bisa dibilang, kenyamanan gamepad sangat terwakilkan di bagian tombol yang pada akhirnya menimulkan minim rasa pegal di jari-jemari.

Lebih Terjangkau, Tetap Tahan Lama

Fantech revolver ii wgp12 gamedaim review 08
Gamepad

Baik Daxa Asteria AXI dan Revolver II WGP12, kedua gamepad dari brand yang berbeda ini mengusung harga yang cukup berbeda jauh, namun secara kapasitas baterai justru sama persis.

Gamepad Revolver II WGP12 mengusung baterai sebesar 600mAh yang diklaim Fantech bisa tahan hingga sekitar 10 jam untuk posisi standby. Menyoal charging, diperlukan kabel di mana kita bisa memanfaatkan kabel di dalam paket penjualan dan memerlukan waktu hingga sekitar 3 jam menurut klaim Fantech.

Durasi penggunaan dengan charging memiliki rasio 3:1 yang menurut Penulis tidak begitu signifikan bedanya. Agak lama memang untuk mengisi daya baterai gamepad hingga penuh dengan durasi pemakaian yang tidak begitu lama. Namun kita tetap bisa bermain gim dengan gamepad sambil charging. Jadi konsepnya ‘menyelam sambil minum air’—bermain gim sekaligus mengisi daya baterai tanpa perlu menunggu hingga baterai penuh.

Karena konektivitas gamepad memakai 2.4GHz dengan dongle USB yang ukurannya besar, jangkauan wireless gamepad bisa hingga 7-8 meter tanpa shielding pastinya. Cukup colok dongle USB ke device yang ingin disambungkan, lalu tekan tombol berlogo Fantech di gamepad lalu tunggu hingga indikator di baterai dari kedap-kedip menjadi diam. Jika indikator warna hijaunya kedap-kedip berarti gamepad sedang mencari sinyal dari device yang akan disambungkan.

Menyoal indikator baterai sendiri, di sini terdapat 4 tingkatan yang akan sangat berguna untuk mengetahui kapasitas baterai kalian. Selalu perhatikan indikator baterai agar ketika bermain gim, gamepad tidak tiba-tiba mati.

Penulis sudah mencoba gamepad dan tidak ada delay yang kasat mata alias hampir tidak ada delay. Akan berbeda jika gamepad ini justru mengusung wireless Bluetooth karena pasti akan ada delay yang terasa.

Fantech revolver ii wgp12 gamedaim review 01
Usb dongle receiver

Hal yang bikin Penulis menohok ialah persamaan dongle USB dari kedua gamepad yang berasal dari brand berbeda ini. Baik gamepad Revovler II WGP12 maupun Daxa Asteria AX1, keduanya memiliki dongle USB yang sama persis dari bentuk, ukuran, dan hanya berbeda di branding-nya saja. Ya mungkin kedua brand ini punya pabrikan yang mirip di negeri Tirai Bambu sehingga sangat mirip.

Spesifikasi Teknis Fantech Revolver II WGP12

  • Button : 17 pcs
  • Connectivity : 2.4GHz / Wired
  • Vibration : Yes
  • Battery : 600mAh
  • Wireless range : 7m-8m
  • Charging Time : Sekitar 3 jam
  • Standby Time : Sekitar 10 jam
  • Weight : 182gr

Kesimpulan Fantech Revolver II WGP12

Fantech Revolver II WGP12

Dengan harga yang lebih terjangkau, kalian bisa mendapatkan gamepad wireless yang visualnya ciamik, tanpa delay, durasi pemakaian tetap bertahan cukup lama, dan bobot lebih ringan dibandingkan Daxa Asteria AX1 dari Rexus. Namun terdapat keringkihan di dalam body gamepad yang mengurangi kualitas gamepad Fantech generasi ke-2 Revolver WGP12 ini.

80%

SCORE

PROS

  • Konektivitas minim delay

  • Durasi pemakaian cukup lama

  • Tombol ringan dan tidak dalam

CONS

  • Durasi charging tidak begitu instan

REVIEW BREAKDOWN

Design

80%

Build Quality

75%

Tombol

80%

Connectivity

85%

Harga

80%

Fantech Revolver II WGP12 dibandrol dengan harga Rp289.000 melalui link pembelian berikut ini: Tokopedia

Fantech juga memberikan garansi resmi 1 tahun Fantech Care atas gamepad ini.

Related Posts

Leave Comment
Gamedaim We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications