ReviewHardwarePeripheral

Review Rexus Daxa Asteria AX1: Gamepad Lokal yang Berani Unjuk Gigi

Bulan November ini jadi bulan kelahiran Rexus sekaligus perilisan jajaran produk di lini Daxa, salah satunya gamepad lokal Daxa AX1 yang berani menampilkan taringnya.

Diberi nama Asteria AX1, produk ini menjadi yang pertama bagi Rexus untuk menghadirkan sebuah gamepad di lini premium Daxa. Sebagai salah satu jajaran premium, gamepad lokal bernuansa hitam dengan sentuhan abu-abu ini memberikan sesuatu yang berbeda dari pendahulunya—sebut saja Gladius GX200.

Simak review Rexus Daxa Asteria AX1 berikut ini.

Unboxing

Rexu daxa a teria ax1 gamedaim review 15
Box depan
Rexu daxa a teria ax1 gamedaim review 14
Box tampilan belakang

Kemasan box produk gamepad Daxa Asteria AX1 (selanjutnya disebut ‘AX1’) ini tidak melupakan jati diri sebagai varian produk Daxa. Seperti biasa, box lini Daxa memang dibuat lebih elegan dan berbeda dari produk seri Rexus lainnya. Salah satu hal pembedanya ialah penggunaan material box yang solid sehingga aman ditumpuk dengan box lain. Kemudian secara visual pun tersusun secara rapih dan proporsional.

Bagian depan menampilkan logo Asteria dan visualisasi gamepad AX1, sedangkan bagian belakang sama persis dengan produk Daxa lainnya yaitu daftar fitur yang disusun secara dropdown atau ke bawah. Agar terlihat dengan jelas, 9 fitur di belakang box harus disorot cahaya terlebih dahulu.

Rexu daxa a teria ax1 gamedaim review 13
Konten box

Kemudian isi konten box ini, yakni:

  • Gamepad Rexus Daxa Asteria AX1
  • Kabel USB-A to USB-C 1 m
  • Dongle 2.4GHz
  • Pouch bag
  • Buku manual
  • Kartu garansi

Lagi-lagi Rexus menyediakan pouch bag di lini Daxa sebagai konten tambahan. Penggunaan material parasut yang licin untuk pouch bag membuat tas kecil ini tahan air sehingga cocok untuk dibawa bepergian dan menjadi tempat yang aman bagi gamepad.

Finishing Layaknya Produk Premium

Rexu daxa a teria ax1 gamedaim review 02
Review rexus daxa asteria ax1: gamepad lokal yang berani unjuk gigi 15

Rexus tidak rela jika produk lini Daxa hadir dalam bentuk dan tampilan serta build quality berkualitas ecek-ecek. Gamepad AX1 ini memiliki tampilan elegan dengan penggunaan warna hitam doff dan sentuhan warna abu-abu di bagian grip. Penggunaan dual tone seperti ini memberi kesan yang tidak monoton dan juga menegaskan design language dari gamepad itu sendiri.

Gamepad AX1 termasuk gamepad yang tidak bikin ribet dan memakna tempat dikarenakan bobotnya yang tidak begitu berat, yakni di 261 gr. Secara ukuran, gamepad ini memiliki panjang 15.7 cm, lebar 11 cm, dan ketinggian atau ketebalan di 6 cm.

Ukuran gamepad tidak berbeda jauh dengan gamepad nirkabel konvensional di luar sana, terutama DualSense PS5. Meski material body keseluruhan terbuat dari plastik, namun penulis mengapresiasi Rexus karena bahan plastik gamepad dibuat keras, solid, dan tidak ringkih sehingga jika terkena benturan sedang pun gamepad ini akan tahan.

Rexu daxa a teria ax1 gamedaim review 10
Review rexus daxa asteria ax1: gamepad lokal yang berani unjuk gigi 16
Rexu daxa a teria ax1 gamedaim review 09
Review rexus daxa asteria ax1: gamepad lokal yang berani unjuk gigi 17

Desain gamepad juga memanjakan grip penulis yang memungkinkan tangan tidak mudah terlepas dari grip gamepad. Bagian sisi kanan dan kiri grip gamepad yang berwarna abu-abu ini memiliki permukaan yang bergerigi sebagai bentuk penguatan cengkraman tangan ke gamepad. Meski dalam keadaan tangan kering dan ruangan ber-AC sekalipun, tangan tidak mudah tergelincir ketika memegang grip gamepad. Namun perlu dicatat, hindarkan grip dari minyak agar tidak menjadi licin.

Layout Xbox Jadi Pilihan

Rexu daxa a teria ax1 gamedaim review 04
Review rexus daxa asteria ax1: gamepad lokal yang berani unjuk gigi 18
Rexu daxa a teria ax1 gamedaim review 03
Review rexus daxa asteria ax1: gamepad lokal yang berani unjuk gigi 19

Gamepad AX1 mengusung layout tombol joystick milik Xbox yang di mana peletakan D-Pad (directional pad) nya sejajar dengan right stick. Bagi mereka yang terbiasa memegang joystick berlayout PlayStation tentunya ada proses pembiasaan lagi dalam menerka letak tombol yang agak berbeda drastis, terutama pada bagian d-pad.

Tombol stick gamepad memakai permukaan yang halus dan bergerigi di sekitarnya layaknya kebanyakan gamepad di luar sana. Warna bagian kepala stick-nya pun memakai abu-abu agar secara visibilitas lebih terlihat dengan mudah meski dalam keadaan ruang gelap.

Rexu daxa a teria ax1 gamedaim review 12
Led gamepad

Ketika gamepad diaktifkan, bagian sekeliling stick kiri akan menyala, sedangkan stick kanan tidak akan menyala. Menurut hemat penulis, hal semacam ini mengurangi nilai estetika dari gamepad itu sendiri. Akan lebih baik jika Rexus juga menaruh lampu LED di sekitaran stick kanan, bukan hanya di stick kiri saja.

Secara feel, penulis dapat dengan mudah menggerakkan atau memutarkan tombol secara 360 derajat. Namun ketika dipencet, kedua tombol stick cukup berat sehingga harus diberi tekanan lebih kuat. Kondisi tombol semacam ini membuat tangan cepat pegal jika diharuskan menekan tombol sering-sering. Tetapi kedua tombol stick bisa diberi penekanan secara cepat dan dari sisi suara pun, tombol stick tidak begitu menimbulkan suara ketika dipencet.

Mengenai directional pad atau d-pad nya ini mudah licin karena permukaannya lumayan licin dan memang mengusung finishing glossy sehingga segala debu akan mudah tertempel, begitu juga dengan minyak yang mudah tercap. Namun mengenai penekanan, tombol d-pad cenderung sedikit berat tetapi tetap presisi menyesuaikan arah penekanan. Alhasil ketika memencet arah bawah, arah kanan tidak ikut tertekan asalkan kalian menekan dari sisi ujung masing-masing arah tombol.

Karena mengambil posisi joystick Xbox, face button gamepad ini memakai huruf XYAB dengan posisi saling bersebrangan. Permukaan keempat tombol ini glossy sehingga mudah licin dan transparan agar memperlihatkan huruf yang tercetak di dalam tombol. Selain itu, huruf di tombol XYAB juga dapat menyala ketika gamepad dihidupkan. Dan menyoal feel ketika dipencet, keempat tombol dapat dengan mudah diberi penekanan sehingga perintah dari gamepad ke device yang tersambung bisa ter-deliver dengan baik.

Rexu daxa a teria ax1 gamedaim review 07
Review rexus daxa asteria ax1: gamepad lokal yang berani unjuk gigi 20

LED gamepad memakai warna biru, persis seperti tema warna logo Rexus yang juga biru. Selain di tombol XYAB, stick kiri, dan tombol power, terdapat strip LED di bagian tengah gamepad yang memotong bagian stick kanan dengan kiri. Semua LED tadi bisa dimatikan melalui tombol bulat yang tepat di antara d-pad dan stick kanan. Tentu dengan mematikan LED maka baterai akan lebih hemat sehingga pemakaian dapat lanjut untuk bertahan lebih lama lagi.

Tombol Select dan Start tidak ringkih dan mudah untuk ditekan. Hanya saja tombol Turbo dan Clean dibuat berbeda dari tombol lainnya karena cenderung mengumpat dan menyatu ke bagian body sehingga harus dipencet pas di bagian tengah-tengahnya agar benar-benar tertekan.  

Terdapat empat tombol di bagian depan gamepad, yaitu bumper dan trigger. Di sini tombol bumper baik kanan dan kiri sangat ringan dan tidak terasa ringkih ketika dipencet. Bahkan bisa dipencet secara cepat dengan feedback yang ringan.

Rexu daxa a teria ax1 gamedaim review 08
Tombol trigger dan bumper

Lalu menyoal tombol trigger ini agak lancip di bagian ujungnya sehingga jari terasa cukup sakit jika secara berkala menekan kedua tombol tersebut. Jadi alangkah baiknya kalian menekan tombol trigger pada bagian atasnya saja, bukan ujungnya. Selain itu, tombol bumper dan trigger sama persis dengan d-pad yang glossy sehingga mudah licin.

Gamepad ini juga memiliki fitur Dual Vibration untuk memberikan pengalaman lebih cakap lagi ketika bermain gim. Seperti halnya di saat penulis bermain Apex Legends dan menembak, nantinya gamepad akan bergetar di seluruh bagian body-nya sebagai penanda bahwa kita sedang menembak di dalam gim tersebut. Fitur ini tentu memberikan sinyal dan informasi tambahan agar kita mengetahui apakah tombolnya sudah tertekan dan memberikan perintah ke device yang tersambung atau belum.

Jangkau Jarak Hingga 8 Meter

Gamepad tanpa kabel (wireless) AX1 ini menggunakan wireless 2.4GHz melalui dongle USB yang ukurannya seperti flashdrive—agak besar. Sebagai gamepad wireless, AX1 mampu menjangkau jarak hingga 8 meter dari device yang telah dicolok oleh dongle. Secara besaran input delay sangat tidak terasa adanya jarak waktu yang begitu signifikan ketika tombol dipencet atau diarahkan dengan tampilan di layar ketika bermain gim.

Rexu daxa a teria ax1 gamedaim review 05
Dongle receiver
Rexu daxa a teria ax1 gamedaim review 01
Review rexus daxa asteria ax1: gamepad lokal yang berani unjuk gigi 21

Rexus menyematkan baterai berkapasitas 600mAh di dalam gamepad yang diklaim mereka dapat tahan hingga 10 jam lamanya. Untuk pengisian daya sendiri melalui port USB-C yang terletak di bagian depan gamepad.

Rexus juga mengklaim bahwa gamepad nirkabel terbaru ini hanya membutuhkan waktu 2 jam saja. Rasio antara pengisian daya baterai dengan penggunaan hampir 5x lipat yang termasuk lumayan lama untuk sebuah gamepad wireless. Bagi mereka yang hardcore gamer mungkin kurang begitu tersenyum karena durasi pemakaian lebih cocok bagi gamer semi-hardcore atau bahkan casual.

Gamepad AX1 dibandrol dengan harga Rp369.000 yang dapat dibeli melalui Tokopedia.

Rexus sendiri menyediakan dua varian warna gamepad AX1 ini, yakni Black Grey dan White Mint.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment