G List

5 Kontroler Dengan Desain Terbaik Sepanjang Masa

Kontroler Dengan Desain Terbaik – Saat membahas tentang suatu konsol, tentunya tidak bisa lepas dari yang namanya kontroler. Kontroler atau Joystick adalah perangkat yang digunakan untuk menggerakkan karakter yang kita mainkan dalam suatu game. Kontroler tentunya tidak bisa sembarangan didesain karena akan mempengaruhi kenyamanan dan kemampuan bermain pemainnya. Beberapa kontroler bahkan ada yang diluncurkan khusus untuk memainkan game tertentu.

Dari sekian banyaknya konsol yang sudah diluncurkan di seluruh dunia, beberapa konsol memiliki kontroler bawaan yang desainnya sering dianggap sebagai desain terbaik oleh Gamer. Desain terbaik dari suatu kontroler biasanya dipengaruhi oleh bentuk, posisi tombol, warna, dan bahkan fitur-fitur yang disematkan di dalamnya. Kontroler yang dianggap memiliki desain terbaik kebanyakan datang dari konsol yang lebih menonjolkan inovasinya, seperti kontroler Nintendo.

Nah dari sekian banyaknya kontroler yang ada, Gamedaim sudah merangkum daftar 5 Kontroler Dengan Desain Terbaik Sepanjang Masa. Lalu apa saja kontroler-kontroler yang dimaksud? Daripada penasaran, langsung saja masuk ke daftarnya!

5 Kontroler Dengan Desain Terbaik Sepanjang Masa

1. Nintendo 64

Sony dsc
Kontroler Nintendo 64 | via Wiki

Kita buka daftar kali ini dengan kontroler dari konsol Nintendo 64. Meskipun kontroler dengan tiga kaki tidak terlalu menjual di pasaran, tapi kontroler Nintendo 64 berhasil menjadi kontroler pertama yang membawa analog sebagai perangkat kendali yang cocok untuk memainkan game 3D modern. Kontroler ini berhasil menjadi kontroler dengan desain terbaik sekaligus kontroler yang membawa inovasi untuk masa depan game 3D modern.

Berkat kontroler ini, pemain bisa merasakan pengalaman yang berbeda saat memainkan game di Nintendo 64 seperti Super Mario 64 dan juga The Legend of Zelda: Ocarina of Time. Selain karena memperkenalkan analog sebagai sistem kendali yang tepat untuk game 3D modern, kontroler ini juga memiliki tombol Z-Trigger yang berada di bawah kaki tengah kontrolernya yang mana memang menjadi penempatan tombol yang pas karena pemain akan merasakan sensasi menembak seperti menggunakan pistol asli.

2. PlayStation DualShock

Kontroler playstation sualshock
Kontroler PlayStation DualShock | via Wikimedia

Saat Nintendo 64 menetapkan kontroler ber-analog sebagai standar baru konsol video game, Sony kemudian mengikuti itu dengan meluncurkan konsol yang ber-analog ganda. Tidak lama setelahnya, Sony memoles kontrolernya dengan tambahan DualShock untuk pertama kalinya. Kontroler DualShock milik Sony ini kemudian diluncurkan pada tahun 1997, setahun setelah peluncuran perdana Nintendo 64 di pasar Jepang.

Desain inti dari kontroler ini digunakan sebagai templat untuk gamepad modern dan sangat tepat di pasar sehingga Sony nyaris tidak pernah mengubah desain kontroler masterpiece ini sepanjang era PS3. Kontroler dengan desain terbaik ini sangat nyaman dan pas di genggaman, dan jujur, kontroler ini adalah kontroler yang cukup sempurna dibanding kontroler-kontroler sebelumnya.

3. Super Nintendo Entertainment System

Kontroler snes
Kontroler SNES | via Nintendo Wiki

Kontroler dengan desain terbaik selanjutnya kembali datang dari kontroler Nintendo. Kontroler dari konsol Super Nintendo Entertainment System atau SNES ini adalah salah satu konsol milik Nintendo yang memiliki inovasi dengan pengaruh paling besar untuk perkembangan industri konsol video game modern. Kontroler SNES ini adalah kontroler pertama yang mempopulerkan shoulder button atau Left-Right Trigger.

Ada perbedaan besar antara kontroler dua tombol original NES dan kontroler Super Nintendo enam tombol yang manis ini. Adanya tombol tambahan dari kontroler ini membantu menghadirkan jenis game baru, memungkinkan pengalaman yang lebih seru di TV kalian, sementara bentuknya yang bulat memberikan kenyamanan yang dibutuhkan untuk waktu bermain yang diperpanjang.

4. Wii-Mote

Wii mote
Wii Mote | via Wiki

Keluhkan semua yang kalian inginkan tentang konsol kasual Nintendo Wii, tetapi Wii Remote adalah kontroler dengan desain terbaik yang brilian. Dalam satu remote tipis seperti TV, Nintendo berhasil menggabungkan kontrol menggunakan tombol, gerakan, kendali penunjuk atau pointer, dan kontroler ini juga bisa dipegang dengan posisi layaknya kontroler Nintendo Entertainment System yang jadul juga.

Selain itu, adanya perangkat tambahan yang disebut Nunchuk juga memungkinkan hadirnya game yang lebih canggih dengan stik analog dan tombol tambahannya. Nintendo Wii mungkin bukanlah konsol rumahan yang disukai oleh semua orang, tetapi Wii Remote memastikan bahwa konsol ini dapat dimainkan oleh semua kalangan.

5. Xbox One Elite

Xbox one elite
Xbox One Elite | via Xbox Wiki

Kontroler dengan desain terbaik yang terakhir adalah kontroler Xbox One Elite. Xbox Wireless Controller adalah kontroler utama untuk konsol video game rumahan Xbox One dan Xbox Series X/S, yang juga dikomersialkan untuk digunakan di PC berbasis Windows, dan kompatibel dengan OS lain seperti macOS, Linux, iOS dan Android. Kontroler ini mempertahankan tata letak keseluruhan yang bisa kalian temukan pada kontroler Xbox 360, tetapi dengan berbagai penyesuaian pada desainnya.

Kontroler ini telah memiliki tiga jenis revisi dengan beberapa perubahan pada desain dan fungsionalitas kontroler. Microsoft juga memasarkan Elite Wireless Controller, versi premium yang ditujukan untuk Pro-Gamer, termasuk suku cadang yang dapat diganti dan fitur yang bisa diprogram. Pada saaat diluncurkan, masing-masing variasi yang disebutkan tadi telah ditampilkan dalam berbagai skema warna, dimana beberapa diantaranya merupakan desain khusus yang didasarkan pada game tertentu.

Dan itu tadi adalah daftar 5 Kontroler Dengan Desain Terbaik yang sudah Gamedaim rangkumkan untuk kalian. Kalau kalian punya tambahan, jangan lupa tambahkan di kolom komentar.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment
Continue in browser
To install tap Add to Home Screen
Add to Home Screen
See this post in...
Gamedaim
Chrome
Add Gamedaim to Home Screen
Close

For an optimized experience on mobile, add Gamedaim shortcut to your mobile device's home screen

1) Press the share button on your browser's menu bar
2) Press 'Add to Home Screen'.