G List

10 Karakter Populer Final Fantasy, Mana Yang Kalian Suka?

Karakter Populer Final Fantasy – Kalian para Gamer pasti sudah tidak asing lagi dengan Final Fantasy. Yup! Game besutan Square Enix ini berhasil menjadi game yang difavoritkan oleh orang banyak. Terhitung sejak pertama kali diterbitkan oleh Squaresoft (sekarang Square Enix) pada tahun 1987, waralaba Final Fantasy sudah terjual sebanyak lebih dari 150 juta copy di seluruh dunia, dan berhasil bersanding dengan waralaba Pokemon dan Dragon Quest sebagai waralaba dengan penjualan terlaris dalam dunia game.

Cloud vs sephiroth
Cloud Vs Sephiroth | via Twitter

Suksesnya franchise ini, tentunya tidak lepas dari cerita dan juga karakter-karakter yang ada di dalamnya. Final Fantasy selalu membawakan karakter-karakter baru yang berhasil mencuri perhatian dan difavoritkan para Gamer dalam setiap judul baru yang mereka terbitkan. Dan berikut adalah 10 karakter Populer Final Fantasy versi Gamedaim.

10 Karakter Populer Final Fantasy

1. Zack Fair

Zack fair
Zack Fair | via Film News Feed

Karakter Populer Final Fantasy yang pertama, datang dari seri Final Fantasy VII. Zack Fair adalah salah satu karakter Final Fantasy yang menjadi karakter utama dan bisa dimainkan dalam Final Fantasy VII Chronicle, tepatnya dalam game Crisis Core: Final Fantasy VII yang diterbitkan pertama kali pada tahun 2007 untuk konsol PlayStation Portable atau PSP. Zack Fair adalah karakter yang diceritakan berasal dari Gongaga dan menjadi adik tingkat sekaligus sahabat karib Angeal Hewley dalam organisasi yang bernama SOLDIER.

Alasan kenapa Zack Fair masuk ke dalam daftar kali ini adalah karena karakter ini yang menjadi motivasi untuk Cloud Strife, sang karakter utama dalam Final Fantasy Chronicle, untuk terus mengejar mimpinya dan bertahan hidup dari stigma yang dideritanya. Zack Fair memiliki sifat yang kocak, hangat, luwes, dan romantis. Dia juga penuh dedikasi dalam menjalankan tugasnya sebagai anggota SOLDIER dan juga bersedia mengorbankan nyawanya demi melindungi Cloud dari serbuan pasukan Shin-ra saat sekarat.

2. Cloud Strife

Cloud strife
Cloud Strife | via Zerochan

Karakter Populer Final Fantasy selanjutnya, masih dari Final Fantasy VII Chronicle. Cloud Strife adalah karakter yang berhasil membawa Final Fantasy VII sebagai seri Final Fantasy terbaik yang pernah diterbitkan oleh Square Enix. Karakter ini merupakan sahabat dari Zack Fair yang memegang teguh kalimat terakhir Zack. Berbeda dengan Zack, Cloud memiliki sifat yang dingin, keras kepala, namun memiliki kepedulian yang tinggi terhadap teman-temannya.

Cloud berasal dari sebuah desa kecil bernama Nibelheim, yang mana desa itu dibakar habis oleh Sephiroth dalam sebuah event dan diceritakan dalam anime “Last Order: Final Fantasy VII“. Cloud memiliki kebencian yang mendalam kepada karakter Sephiroth setelah menghancurkan desanya dan membunuh kekasihnya, Aerith Gainsborough. Cloud Strife juga diceritakan sebagai teman masa kecil dari Tifa Lockhart, karakter wanita yang terkenal dengan tinju mautnya.

3. Vincent Valentine

Vincent valentine
Vincent Valentine | via Dotik

Masih dari Final Fantasy VII Chronicle, Karakter Populer Final Fantasy selanjutnya adalah Vincent Valentine. Vampire merah satu ini menjadi karakter utama dalam Final Fantasy VII: Dirge of Cerberus. Vincent Valentine memiliki ketertarikan cinta kepada Lucrecia Crescent, seorang ilmuwan cantik yang menjadi rekan penelitian Profesor Hojo, dan terlibat dalam percobaan rekayasa genetik yang menciptakan Sephiroth dan mengubah dirinya menjadi seorang cyborg.

Bersama dengan Cloud Strife cs, Vincent bertarung bersama AVALANCHE, tim yang bertujuan untuk melindungi Midgard dari serangan familia dan “anak-anak” entitas ekstraterestrial Jenova.

4. Claire “Lightning” Farron

Claire farron
Claire “Lightning” Farron | via Pinterest

Karakter Populer Final Fantasy selanjutnya adalah sosok wanita tangguh yang menjadi Knight of Etro. Karakter yang juga dikenal sebagai “Lightning” atau Eclaire Farron dalam nama Jepangnya ini adalah karakter utama dalam trilogi Final Fantasy XIII. Selain kuat, karakter ini juga memiliki paras yang cantik, didukung rambut pink dan mata biru kehijauan.

Dalam game Final Fantasy XIII, Lightning mengembara untuk menyelamatkan adiknya, Serah Farron, tapi akhirnya dia terjerat dalam sebuah plot yang bisa membahayakan Cocoon, kota asal Lightning. Dalam game Final Fantasy XIII-2, Lightning dipikih oleh Dewi Etro, untuk melindunginya dari Caius Ballad, saingan yang ditakdirkan untuk Etro. Sebagai kisah penutup, dalam game Lightning Return: Final Fantasy XIII, sang dewa Bhunivelze menunjuk Lightning sebagai penyelamat, dan menugaskan dia untuk menyelamatkan jiwa orang-orang dari kehancuran dunia.

Dalam kisah aslinya, Lightning memiliki ketertarikan cinta dengan Hope Estheim dan sudah dikonfirmasi lewat novel. Tapi tidak sedikit juga fans yang memasangkan Lightning dengan Noctis Lucis Caelum, pangeran muda dari FInal Fantasy XV, karena keduanya memiliki kemiripan sifat.

5. Noctis Lucis Caelum

Noctis lucis caelum
Noctis Lucis Caelum | via Zerochan

Karakter selanjutnya dalam daftar ini adalah Noctis Lucis Caelum. Pangeran jamet yang sering disebut Sasuke-nya Final Fantasy ini adalah tokoh utama dalam game Final Fantasy XV. Noctis adalah putera dari Raja Lucis, Regis Lucis Caelum, sekaligus menjadi pewaris tahta bagi kerajaan Lucis.

Dalam cerita Final Fantasy XV, Noctis ditemani tiga orang temannya, Prompto Argentum, Ignis Scientia, dan Gladiolus Amicitia, mengembara ke Tenebrae, sebuah distrik yang masih berada dalam kuasa kekaisaran Niflheim, untuk menemui Puteri Lunafreya Nox Fleuret. Selama perjalanan, mereka berempat harus meloloskan diri dari kejaran kekaisaran Niflheim karena raja Regis menolak diplomasi dari kekaisaran Niflheim. Tapi sayangnya, Luna harus merenggang nyawa karena tusukan belati dari Ardyn dan harus memberikan sisa energi kehidupannya kepada Noctis setelah melawan monster Leviathan.

Noctis dewasa
Noctis Dewasa | via Pinterest

Final Fantasy XV diakhiri dengan Noctis yang dewasa dan mewarisi tahta kerajaan Lucis.

6. Tifa Lockhart

Tifa lockhart
Tifa Lockhart | via UHDPaper

Karakter Populer Final Fantasy berikutnya, kembali datang dari Final Fantasy VII. Dia adalah si cantik Tifa Lockhart.

Karakter satu ini memang sudah lama menjadi karakter idaman kaum gamer, khususnya kaum Adam. Bagaimana tidak, Tifa Lockhart memiliki paras yang cantik ditambah lagi dengan perawakan yang terbilang body goals. Tifa diceritakan sebagai teman masa kecil dari Cloud, dan juga merupakan anggota AVALANCHE. Selain memiliki penampilan yang menarik, karakter ini juga memiliki tinju yang sangat kuat dengan serangan pamungkasnya yang bernama Final Heaven.

karakter Populer Final Fantasy satu ini juga berasal dari Nibelheim, sama seperti Cloud. Yang menjadi poin plus dari karakter ini adalah sifat keibuannya yang diperlihatkan dalam film Final Fantasy VII: Advent Children.

7. Terra Branford

Terra branford
Terra Branford | via Today

Alasan kenapa Terra Branford masuk ke dalam daftar Karakter Populer Final Fantasy adalah karena karakter ini merupakan Karakter utama dalam seri Final Fantasy VI, sekaligus tokoh utama wanita pertama dalam waralaba Final Fantasy.

Karakter satu ini sering kali membuat bingung fans karena penggambarannya yang berbeda antara concept art dan character sprite-nya. Dalam concept art, Terra digambarkan sebagai gadis berambut pirang, mengenakan jubah kuning, stocking bermotif bunga, dan pita rambut berwarna pink. Dalam character sprite, Terra digambarkan berambut hijau, tidak menggunakan jubah, tapi menggunakan pelindung bahu berwarna ungu, dan tanpa stocking.

Dalam kisahnya, Terra Branford pada awalnya adalah prajurit dari kekaisaran Gestahlian dan dimanfaatkan untuk menelitian mereka yang bernama Magitek, sebuah zirah yang menggabungkan teknologi robotik dan sihir, karena keunikan Terra yang bisa menggunakan sihir.

Namun setelah dia terbebas dari pengendalian pikiran yang dilakukan oleh Kefka, Terra meminta perlindungan dari Returners, pasukan rebel yang menyetujui Terra untuk bergabung demi melindungi kedamaian dan mengentikan kekaisaran dalam menguasai dunia.

8. Squall Leonhart

Squall leonhart
Squall Leonhart | via Mobygames

Karakter ikemen satu ini berhasil menempati Karakter Populer Final Fantasy dalam daftar kali ini. Squall Lionhart adalah karakter utama dalam Final Fantasy VIII.

Squall diceritakan sebagai tentara bayaran dari SeeD yang memiliki sifat penyendiri. SeeD adalah kelompok tentara bayaran yang memiliki spesialisasi di bidang sihir tingkat tinggi. Squall bersenjatakan gunblade, sebuah pedang yang juga bisa difungsikan sebagai revolver. Karakter ini digambarkan memiliki rambut hitam kecoklatan dan mata biru safir.

Squall lahir dari pasangan Raine Loire dan Laguna, dan memiliki kakak tiri bernama Ellone, yang dalam game ini, Squall tidak mengetahui adanya ikatan keluarga antara dirinya dan Ellone.

9. Cecil Harvey

Cecil harvey
Cecil Harvey | via Steam

Karakter Populer Final Fantasy selanjutnya adalah Cecil Harvey, ksatria dari game Final Fantasy IV.

Cecil Harvey adalah salah satu karakter dalam game-nya yang mengubah job secara permanen di tengah alur cerita. Dia di awal diceritakan sebagai Dark Knight, dengan mengenakan zirah serba hitam lengkap dengan senjatanya yang bernama Dark Claw dan Dark Sword, lalu setelah pertarunga pertamanya melawan salah satu dari Four Elemental Archfiends, Cecil berubah menjadi seorang Paladin yang mengenakan zirah putih-biru dengan senjata yang sama.

Cecil dark knight
Cecil Dark Knight | via Game Tiptip

kedua wujud dari Cecil ini juga digunakan dalam game crossover Dissidia Final Fantasy: NT. Cecil adalah putera dari seorang Lunarian bernama Kluya dan seorang manusia biasa bernama Cecilia. Ayahnya terbunuh sebelum Cecil dilahirkan, sementara ibunya meninggal saat melahirkannya. Sudaranya, Theodore membawanya pergi saat dia baru dilahirkan, tapi kemudian meninggalkannya.

Lalu raja dari Baron mengadopsinya dan menamainya Cecil, sesuai dengan nama ibunya. Yang mana, kemudian Cecil dilatih bersama dengan Kain Highwind dan Rosa Farell. Kain dan Rosa kemudian mengikuti jejak kedua orang tuanya untuk menjadi Dragoon dan White Mage, tetapi Cecil dilatih oleh sang raja untuk menjadi Dark Knight yang kemudian dipercaya untuk menjadi ketua dari kapal udara Baron, yang bernama Red Wings.

10. Warrior of Light

Warrior of light
Warrior of Light | via Polygon

Karakter Populer Final Fantasy yang terakhir adalah Warrior of Light. Karakter ini melakukan kemunculan perdananya dalam game Dissidia Final Fantasy dan Dissidia Final Fantasy 012 Duodecim.

Pria beramput perak ini digambarkan sebagai representasi dari FInal Fantasy itu sendiri dan menjadi Final Fantasy pertama dalam penampilannya di game Dissidia. Warrior of Light memiliki cerita yang sangat dekat dengan cerita original Final Fantasy, yang mana menggambarkan sesuatu yang benar-benar fantasy. karakter Populer Final Fantasy satu ini merupakan diciptakan oleh Cid of the Lufaine, selama perang antara Cosmos dan Chaos dalam World B berlangsung.


Itu tadi adalah daftar karakter populer Final Fantasy yang Gamedaim rangkum. Kalau kalian punya karakter kesukaan kalian sendiri dan tidak ada dalam daftar, jangan ragu untuk menambahkannya di kolom komentar ya~

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment