G ListGeek

5 Fakta Unik Mario Yang Jarang Diketahui Orang

Fakta Unik Mario – Siapa yang tidak kenal dengan Super Mario? Waralaba yang dimulai sejak 1985 ini adalah salah satu waralaba yang sukses membawa Nintendo menuju kesuksesan hingga sekarang. Game Super Mario lekat dengan citra game side-scrolling platformer yang berlokasi di sebuah kerajaan fiksi bernama Mushroom Kingdom. Hal yang paling melekat dari Super Mario adalah BGM dan juga item yang digunakan untuk Power-Up yang berupa jamur, bunga, dan bintang.

Dibalik suksesnya waralaba ini, ada sosok yang bernama Shigeru Miyamoto. Shigeru Miyamoto merupakan sosok Mastermind dibalik waralaba dan game laris milik Nintendo seperti The Legend of Zelda, Super Mario, Donkey Kong, Star Fox, dan Pikmin. Dalam game-nya, Mario digambarkan sebagai karakter pria italia dengan kumis yang khas dan setelan pakaian berwarna biru dan merah. Mario juga memiliki seorang partner berpakaian hijau yang bernama Luigi, dan memiliki counterpart antagonis bernama Wario dan Waluigi yang memiliki sifat kebalikan dari mereka.

Selain fakta-fakta di atas, masih ada juga beberapa fakta unik Mario yang jarang diketahui oleh orang lain. Penasaran apa saja fakta uniknya? Tanpa berlama-lama lagi, let’s check this out!

5 Fakta Unik Mario

1. Mario Tercipta Di Tahun 1981

Mario sebagai jumpman dalam game donkey kong
Mario sebagai Jumpman dalam game Donkey Kong | via The Verge

Fakta Unik Mario yang pertama adalah meskipun Super Mario Bros. pertama kali diterbitkan pada tahun 1985, Mario sendiri pernah muncul sebelumnya pada tahun 1981. Penampilan pertamanya adalah sebagai protagonis di Donkey Kong. Dia dikenal sebagai Jumpman. Di Donkey Kong, Mario harus menghindari rintangan, memanjat tangga, dan melompati setiap celah untuk mencapai puncak sebuah lokasi konstruksi. Donkey Kong sendiri bertengger di atas bangunan, menyandera Pauline, yang diceritakan sebagai pacar Mario, di dalam sangkar.

Meskipun Jumpman dan Donkey Kong diceritakan sebagai Friendly Rivals, tapi manual game ini sebenarnya mengungkapkan bahwa Donkey Kong adalah hewan peliharaan Jumpman dan Donkey Kong termotivasi untuk menculik Pauline karena dianiaya olehnya. Permainan ini dibagi menjadi empat tahap yang masing-masing empat tahap tersebut bisa digabungkan untuk membentuk tingkatan penuh.

2. Mario Adalah Sosok Multitalent

Mario adalah sosok multitalent
Mario adalah sosok Multitalent | via DeviantArt

Fakta Unik Mario selanjutnya adalah bahwa Mario adalah sosok multitalent. Ketika Mario pertama kali muncul dalam game, dia sebenarnya adalah seorang tukang kayu. Dia harus memanjat situs konstruksi yang sangat besar untuk menyelamatkan Pauline. Namun dalam game Mario Bros. tahun 1983, Mario dan saudaranya Luigi adalah tukang pipa dari kota New York. Mereka harus menyelidiki saluran air di kota setelah banyak makhluk aneh mulai muncul di sana.

Fakta bahwa permainan ini menampilkan begitu banyak pipa menyebabkan Shigeru Miyamoto yang adalah pencipta game ini, memulai perubahan karir untuk dua bersaudara tersebut. Miyamoto berpikir akan masuk akal jika New York menjadi latar permainan, mengingat adanya kumpulan saluran pipa di bawah kota. Dia juga terinspirasi oleh beberapa manga yang menampilkan wilayah antah berantah yang dipenuhi pipa.

3. Mario Terinspirasi dari Popeye

Game popeye versi nes
Game Popeye versi NES | via Pinterest

Kalian pasti sudah familiar dengan sosok Popeye. Nah berikutnya ada fakta unik Mario yang sebenarnya adalah karakter yang terinspirasi dari Popeye. Shigeru Miyamoto, sang kreator Donkey Kong, awalnya ingin mengembangkan game dari serial animasi Popeye dan membawa karakter inti seperti Popeye, Olive, dan Brutus. Sayangnya, Nintendo tidak dapat mengamankan lisensi yang diperlukan untuk mengembangkan game tersebut. Sebaliknya, mereka menciptakan game Donkey Kong.

Setahun kemudian, setelah Donkey Kong diterbitkan pada tahun 1982, Nintendo benar-benar menerbitkan game Popeye. Game Popeye versi ini benar-benar mirip dengan Donkey Kong. Tapi Popeye dalam game ini tidak bisa melompat dan malah meninju setiap rintangan untuk melewati setiap level yang ada.

4. Mario Tidak Punya Nama Belakang

Mario tidak punya nama belakang
Mario tidak punya nama belakang | via God is a Geek

Fakta unik Mario selanjutnya adalah fakta bahwa Mario tidak punya nama belakang. Karena dua bersaudara tersebut adalah orang Italia yang terkenal sebagai Mario Bersaudara, banyak yang menebak bahwa nama belakang mereka adalah Mario. Konsep ini muncul dalam naskah film Super Mario Bros.. Itu berarti bahwa mereka sebenarnya disebut Mario Mario dan Luigi Mario. Shigeru Miyamoto selalu menyatakan bahwa dua bersaudara ini sebenarnya tidak memiliki nama belakang.

Sebagaimana yang dikatakan oleh Shigeru Miyamoto pada wawancara tahun 2012, dia mengatakan kalau dua Italia bersaudara itu seperti halnya Mickey Mouse yang sebenarnya tidak punya nama belakang. Jadi nama dari Mario hanyalah Mario, dan nama dari Luigi hanyalah Luigi. Dan itu sangat berbeda dengan yang ada dalam adaptasi Hollywood-nya yang menyebutkan bahwa dua bersaudara ini bernama Mario Mario dan Luigi Mario.

5. Desain Mario Tercipta Karena Keterbatasan Teknis

Desain super mario
Desain Awal Mario | via PNGEgg

Fakta unik Mario yang terakhir adalah seputar desain dari karakter yang suka menghancurkan bata dengan tinjauannya ini. Mario memiliki tampilan yang agak mencolok berkat kumis dan topinya yang besar. Tapi desain ini tercipta sepenuhnya karena adanya keterbatasan teknis yang ada di tahun 80-an. Kenapa digambarkan memakai topi? Nah, rambut realistis pada saat itu masih sulit untuk digambarkan.

Sementara penggambaran kumis sangat membantu menonjolkan hidung dan menyembunyikan mulut yang akan sangat sulit direpresentasikan pada sprite kecil dengan detail yang rendah. Terakhir, keseluruhan desain yang berwarna berani membuat gerakannya lebih terlihat dan mudah dikenali.

Itu tadi adalah 5 Fakta Unik Mario yang jarang diketahui orang yang sudah Gamedaim rangkum untuk kalian. Kalau kalian punya tambahan, silakan tambahkan di kolom komentar.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment
Continue in browser
To install tap Add to Home Screen
Add to Home Screen
See this post in...
Gamedaim
Chrome
Add Gamedaim to Home Screen
Close

For an optimized experience on mobile, add Gamedaim shortcut to your mobile device's home screen

1) Press the share button on your browser's menu bar
2) Press 'Add to Home Screen'.