BeritaBocoraniOSMobileXbox

Microsoft Dilaporkan Mau Ubah Game Xbox Jadi Aplikasi iOS

Microsoft sebenarnya bersiap mengikuti banyak tuntutan Apple, bahkan sampai ingin mengubah game eksklusif Xbox menjadi aplikasi iOS.

Informasi ini pertama kali muncul dari artikel The Verge. Jika kalian tertarik dengan game-game dari Microsoft, kalian bisa melihat artikel kami lainnya di Gamedaim News.

Baca Juga:

Microsoft Mau Bawa Game Xbox ke iOS?

The Verge melaporkan bahwa Microsoft telah bersedia mengikuti banyak tuntutan Apple, bahkan menawarkan untuk menghadirkan game eksklusif Xbox ke iPhone untuk membantu mempermanis kesepakatan.

Game-game ini akan berjalan di Xbox Cloud Gaming (xCloud). Gamenya nanti akan bisa dimainkan melalui fitur streaming dari remote server yang akan berisi dengan prosesor Xbox One dan Xbox Series X.

Jika Apple menerima kesepakatan ini, kita mungkin dapat membeli game seperti Halo Infinite di App Store dan memainkannya seperti aplikasi lain. Ini tentunya akan lebih efisien daripada harus berlangganan Xbox Game Pass Ultimate.

Sayangnya pada saat itu, Microsoft sedang bernegosiasi untuk membawa katalog game mereka melalui layanan xCloud ke App Store ketika Apple menjadi sangat sensitif tentang topik cloud gaming.

“Manajemen Aplikasi Terlalu Kompleks”

Microsoft game xbox ios
Email Lori Wright | The Verge

Email antara Lori Wright ((kepala pengembangan bisnis Microsoft) dan beberapa anggota kunci dari tim App Store menunjukkan bahwa Microsoft khawatir tentang memasukkan seluruh layanan mereka ke dalam App Store pada bulan Februari 2020.

Wright menjelaskan bagaimana mereka harus memperbarui setiap aplikasi untuk memperbaiki bug dan bagaimana semua ikon aplikasi itu dapat menyebabkan layar beranda iOS akan berantakan.

“Kami percaya bahwa masalah yang dijelaskan di sini akan menciptakan frustrasi dan kebingungan bagi pelanggan. Ini menghasilkan pengalaman di bawah standar pada perangkat Apple dibandingkan dengan pengalaman yang setara di semua platform lain,” tulis Wright.

Tetapi pada bulan Maret tahun lalu, Microsoft mengusulkan bahwa mereka dapat membuat ratusan atau ribuan aplikasi di App Store. “Jika kita memiliki satu aplikasi teknologi streaming, itu akan menjadi sekitar 150 MB. Tetapi aplikasi lain hanya sekitar 30 MB dan tidak perlu diperbarui ketika teknologi streaming diperbarui. Ini akan menjadi pengalaman yang lebih baik bagi pengguna,” tulis Wright.

Wright juga menarik ide untuk membawa game eksklusif Xbox ke iOS. Microsoft juga akan membutuhkan “teknologi streaming sebagai aplikasi terpisah untuk memberikan pengalaman yang tepat”.

“Ini akan menjadi kesempatan yang menggembirakan bagi pengguna iOS untuk mendapatkan akses ke judul AAA eksklusif ini selain game Game Pass,” tulis Wright.

Rencana Tidak Terjadi

Microsoft game xbox ios
Lori Wright Menarik Kembali Idenya | The Verge

Tentunya semua rencana ini tidak terjadi. Microsoft menolak kebijakan baru App Store pada bulan September 2020 dan mengumumkan solusi lain dengan xCloud versi web.

The Verge kemudian mendapatkan konfirmasi dari Microsoft bahwa Apple adalah yang menolak proposal tersebut. Hal ini terjadi karena Apple bersikeras memaksa setiap game untuk masuk dalam sebuah aplikasi streaming dan tidak menyetujui hal lain.

“Proposal kami untuk menghadirkan game melalui aplikasi individual dirancang untuk mematuhi kebijakan App Store. Sayangnya, Apple menolaknya berdasarkan permintaan kami bahwa ada satu aplikasi teknologi streaming untuk mendukung masing-masing aplikasi game, seperti yang dinyatakan dalam email awal,” tulis Kareem Choudhry (CVP Xbox Cloud Gaming) kepada The Verge.

“Memaksa setiap game untuk menyertakan tumpukan teknologi streaming kami terbukti tidak realistis dari sudut pandang dukungan dan teknik. Ini nantinya akan menciptakan pengalaman yang sangat negatif bagi pelanggan.”

Uang Menjadi Masalah Utama?

Microsoft game xbox ios
Pernyataan Mark Grimm | The Verge

Akhir bulan April lalu, Mark Grimm (manajer game App Store) menyarankan bahwa ini bukan satu-satunya alasan Microsoft dan Apple tidak mencapai pemahaman. Menurutnya, ini mungkin ada hubungannya dengan uang juga.

Grimm mengatakan kepada rekan-rekannya bahwa Microsoft sebenarnya sekarang menghibur gagasan untuk memasukkan kode streaming dalam game Xbox di App Store.

Tetapi ada juga kekhawatiran bahwa Microsoft tidak ingin memasukkan in-app purchases (IAP) ke dalam setiap game mereka. “Proposal mereka untuk IAP adalah tetap memproses semua IAP pada sistem mereka yang ada dan menyelesaikannya dengan kami (baik secara real-time atau bulanan),” tulis Grimm.

“Mereka tidak mencoba untuk menghindari pembayaran kita. Mereka mencoba untuk menghindari sejumlah besar pekerjaan API yang berlebihan.”

Apple kemudian memberi tahu The Verge bahwa uang memang terlibat dalam rencana ini. “Sayangnya, Microsoft mengusulkan versi xCloud yang tidak sesuai dengan kebijakan App Store kami, khususnya persyaratan untuk menggunakan in-app purchases untuk membuka fitur atau fungsi tambahan di dalam aplikasi,” tulis Adam Dema (perwakilan Apple).

Choudhry lalu menyangkal bahwa IAP bukan keputusan akhir mereka. “Alasan penolakan ini tidak terkait dengan kemampuan in-app purchases. Saat ini kami menyediakan Xbox Cloud Gaming melalui aplikasi Xbox Game Pass di Google Play Store tanpa mengaktifkan IAP. Kami akan melakukan hal yang sama melalui App Store jika diizinkan.”

Adapun kemungkinan membawa game eksklusif Xbox ke iPhone dan iPad sebagai game individu, Choudhry menegaskan, “Selain Xbox Game Pass, kami juga terbuka untuk menghadirkan game individual tertentu ke iOS seperti yang kami lakukan hari ini dengan judul seperti Minecraft.”

Related Posts

Leave Comment
Gamedaim We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications