BeritaResmi

Tidak Gunakan Frostbite, Mass Effect 5 Bakal Gunakan Unreal Engine

Sebuah laporan terbaru menyebutkan bahwa Mass Effect 5, sekuel terbaru dari franchise Mass Effect akan menggunakan Unreal Engine.

Informasi ini pertama kali muncul melalui Jeff Grubb (jurnalis GamesBeat). Jika kalian tertarik dengan game-game Electronic Arts (EA), kalian bisa melihat artikel kami lainnya di Gamedaim News.

Baca Juga:

Mass Effect 5 Akan Gunakan Unreal Engine Lagi?

Jeff Grubb melaporkan bahwa EA dan BioWare telah membuka daftar pekerjaan untuk direktur teknis Mass Effect 5. Daftar pekerjaan itu mengungkapkan bahwa mereka mencari kandidat yang memiliki “pengalaman dengan Unreal Engine [atau lebih tinggi]”.

Melalui sumber pribadi, Grubb sendiri dapat memberikan konfirmasi bahwa Unreal Engine ini merupakan salah satu kandidat untuk teknologi Mass Effect baru. Ada kemungkinan besar bahwa BioWare akan mengganti penggunaan Frostbite Engine dengan Unreal Engine.

Alasan Ubah Engine Dari Frostbite

Mass effect 5 unreal engine
Image Credit: BioWare

BioWare sebelumnya telah membuat 3 game Mass Effect pertama dengan Unreal Engine. Untuk Mass Effect: Andromeda, BioWare beralih ke Frostbite Engine, engine yang awalnya dibuat oleh DICE untuk franchise Battlefield.

Tetapi Mass Effect: Andromeda dan Anthem kehilangan sesuatu dalam perubahan engine ini, yaitu dari elemen seperti ambient world animation. Contohnya seperti klub malam di Mass Effect asli akan memiliki lusinan karakter yang menari, karakter Anthem akan tetap tidak bergerak dan diam sampai kalian mendekati mereka.

Untuk EA sendiri, penggunaan Frostbite Engine adalah tentang menghemat uang. Karena memiliki teknologi engine sendiri tidak akan memerlukan kerja sama lisensi dengan Epic Games atau perusahaan luar lainnya.

Daya tarik Frostbite Engine jelas berkurang di EA, terutama dengan BioWare. Salah satu game EA yang sedang populer saat ini, Star Wars Jedi: Fallen Order, dibuat oleh Respawn Entertainment dengan menggunakan Unreal Engine.

Ada kemungkinan besar bahwa EA ingin BioWare bersiap untuk membangun game Mass Effect selanjutnya bertahun-tahun dari sekarang. Itu berarti mereka menerima fakta bahwa Frostbite Engine sangat ketinggalan zaman ketika pengembangan Mass Effect 5 dimulai.

Grubb sebelumnya telah menyatakan bahwa BioWare saat ini sedang mengerjakan Dragon Age 4 yang akan rilis pada tahun 2023. Menurut Grubb, kita mungkin tidak akan melihat Mass Effect 5 setidaknya sampai tahun 2025.

Update 18 Desember 2021: Sebuah rekrutmen di Twitter memberikan konfirmasi bahwa BioWare sekarang akan menggunakan Unreal Engine 4 atau 5 untuk Mass Effect 5.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment