Tips

Urutan Rank Mobile Legends Season Terbaru, Kamu Wajib Tahu!

Urutan Rank ML adalah salah satu hal penting yang sangat wajib dipahami, jika kamu adalah Newbie atau calon pemain baru Mobile Legends. Karena ini adalah bagian game yang akan menjadi penentu ketika orang lain melihat pengalaman kamu setelah menjadi pemain aktif.

Rank Mobile Legends sendiri merupakan tingkatan yang memperlihatkan pencapaian dari setiap akun atau ID Mobile Legends. Setidaknya ada delapan urutan rank di ML yang ada sampai saat ini, mungkin saja akan ada update kedepan itu itu bertambah atau berkurang.

Nah bagi kamu yang masih pertama kali atau pemula dalam bermain Mobile Legends, harus banget mengetahui urutan Rank dalam game ini. Karena tidak mungkin kamu main game tanpa paham salah satu hal inti yang penting pada game tersebut, termasuk namanya Rank.

Mengenal Mobile Legends Rank

Secara sederhana, rank yang ada pada game moba besutan Moonton ini sama seperti istilah kasta. Level atau kemampuan pemain pada setiap tier rank yang ada akan berbeda, dimana semakin tinggi tingkatan rank maka semakin sulit pula musuh-musuh yang akan dihadapi.

Mengenal urutan rank ml mobile legends yang ada
Screenshot | Hasil Pertandingan pada Mode Rank ML (Mobile Legends: Bang Bang)

Sejak pertama kali hadir, Mobile Legends menjadi salah satu game MOBA paling populer di kalangan gamers Indonesia. Melalui data Moonton Agustus tahun 2021 lalu, terbukti bahwa ada total jumlah pemain aktif Mobile Legends di Indonesia sebanyak 34 juta tiap bulannya.

Ada banyak sekali faktor penunjang Mobile Legends, salah satunya komunitas yang saat ini telah berkembang pesat. Terlebih lagi salah satu turnamen bergengsi Mobile Legends MPL Indonesia sudah memasuki musim kedelapan dan terus bergulir seiring berjalannya waktu.

Setiap rank ML sebenarnya bukan dicapai dengan sendiri, karena untuk mencapai tier yang semakin tinggi kita memerlukan kekompakan tim. Jika tim kita sanggup, maka bersama-sama kita akan bisa mencapai tier yang lebih tinggi lagi, bahkan melakukan push rank hingga akhir.

Moonton selaku pengembang game selalu melakukan updateupdate baru untuk membuat para pemainnya tetap nyaman untuk bermain dan tetap aktif memilih MLBB sebagai game favorit. Bug terus diperbaiki, ada penyesuaian hero, event menarik, dan masih banyak lainnya.

Terdapat cukup banyak tingkatan rank Mobile Legends yang ada pada game, dan beberapa orang menganggap tingkatan rank setiap pemain itu jadi penentu apakah kamu merupakan player yang Pro atau Noob. Rank ML apa yang tergolong noob dan mana yang sebaliknya?


Apa Itu Rank ML (Mobile Legends)

Rank mobile legends
Screenshot | Beberapa Urutan Rank di ML (Mobile Legends: Bang Bang)

Rank adalah sebuah sistem dalam game Mobile Legends di mana setiap pemainnya bisa bertemu dengan pemain lainnya di seluruh dunia sesuai dengan tingkatan rank mereka. Namun pada game moba seperti Mobile Legends, istilah P2W itu tidak dapat diberlakukan.

Untuk game moba, item yang dibeli menggunakan mata uang yang didapatkan melalui top up tidak berpengaruh membuat karakter menjadi unggul ketimbang yang hanya gratisan.

Tapi untuk tingkatan setiap rank ML, semakin tinggi rank seorang pemain, maka permainan akan semakin intens dan sulit. Bukan karena item, namun pengalaman dan keahlian yang jadi penyebabnya. Selain itu ada efek emblem yang memang berpengaruh ketika kita bertanding.


Hal yang Membedakan Setiap Urutan Rank di ML

Semua embem pada pemain baru tentunya tidak akan langsung bisa diakses. Kemudian pemain yang sudah berpengalaman tinggi dengan selalu aktif bermain, pasti cerdik dalam memilih item, cara melakukan jungler yang lebih pintar dan gameplay hero yang bagus.

Oleh karena itu, para pemula akan mulai bermain rank di tingkatan paling rendah terlebih dahulu. Selain itu, mode ranked untuk mendapatkan rank ML sendiri akan terbuka ketika akun kamu sudah mencapai level 8 dan memiliki setidaknya 5 hero yang bisa digunakan.

Rank ml mobile legends 4
Hero dalam Mobile Legends | Fandom MLBB

Untuk memenuhi kedua syarat tersebut sangatlah mudah karena Exp yang dibutuhkan saat level rendah masih sedikit, dan kamu akan diberikan beberapa hero gratis serta BP (battle point) untuk membeli hero.

Dalam bermain mode Ranked, kamu bisa bermain secara solo atau mengajak satu teman atau lebih. Semakin banyak teman yang kamu ajak maka semakin tinggi pula persentase kemenangan yang bisa diraih. Namun, hal itu kembali lagi pada skill dan permainan kalian.

8 Urutan Rank di ML (Mobile Legends)

Rank mobile legends
Screenshot | Rank Mobile Legends

Sampai saat ini, setidaknya ada delapan rank Mobile Legends yang dibawa Moonton sebagai bagian dari sistem. Untuk menggapai rank yang lebih tinggi, tentu memerlukan kemenangan yang tinggi dari sebelumnya, dan juga memakan waktu yang lebih lama. Mari kita mulai rank.

Untuk mencapai tingkatan tertinggi, kamu harus memulainya secara perlahan di tingkatan terendah. Apa saja rank tersebut? Gamedaim List merangkum semuanya pada daftar-daftar berikut ini. Kamu akan memulai semua rank ML yang ada dari tahapan paling dasar, yaitu:

1. Warrior

Rank ml mobile legends
Logo Rank Mobile Legends Awal | Warrior

Urutan rank Mobile Legends yang pertama adalah Warrior. Tier ini merupakan awalan dari semua tier yang ada ketika kamu bermain di mode ranked. Berbeda dengan rank ML lainnya, dimana terdapat 3 tier bercabang rank Warrior, meliputi Warrior III, Warrior II, dan Warrior I.

Pada semua rank Mobile Legends Warrior, kita akan mengumpulkan masing-masing tiga bintang untuk dapat lolos dari tahap Warrior 1, kemudian masuk kedua dan seterusnya untuk lepas dari Warrior. Pada tahapan ini, kamu akan menemukan pemain baru yang beragam.

Mungkin saja, kamu bisa bertemu dengan seorang Pro Player yang kebetulan membuat akun baru. Namun pada kebanyakan kasus, biasanya pemain yang berada pada tier Warrior akan memiliki gaya permainan dan kemampuan yang sama seperti kamu sebagai pemula.

Selain itu bermain di rank Warrior sangatlah mudah, karena kebanyakan musuh-musuhnya adalah bot atau komputer untuk awalan. Pada rank ini, sepertinya Moonton memberikan ruang belajar agar kita mengenal gameplay hero agar belajar dengan benar dalam bermain.

Kita bisa mengeliminasi hero musuh yang relatif mudah, kemudian kita juga bisa mulai yang namanya belajar menjadi seorang jungler. Bagian tersebut biasanya diserahkan kepada para pengguna hero tertentu, baik itu seorang Marksman atau bahkan Hyper yang memang perlu.

Ketika mengalami kekalahan saat masih pada tier Warrior, kamu tak akan kehilangan bintang. Sementara itu, untuk hadiah akhir season untuk rank Warrior ada 100 tiket, 1000 battle point, dan 1 premium skin frament. Yuk mulai dari 0, yakni mulai karir rank ML dari tier Warrior 1.


Baca Juga Hal Penting Lainnya dari Mobile Legends untuk Pemula:


2. Elite

Rank ml mobile legends 1
Logo Rank Mobile Legends Awal | Elite

Elite adalah lanjutan dari rank ML pertama tadi. Setelah Warrior terlewati, kamu akan naik kasta ke urutan rank Mobile Legends selanjutnya, yaitu Elite. Sama seperti Warrior, rank Elite juga memiliki 3 tier, yaitu Elite III, Elite II, dan Elite I untuk dapat naik lagi ke rank selanjutnya.

Namun berbeda dengan Warrior yang hanya membutuhkan tiga bintang setiap tier cabang, pada settiap tier bercabang Elite, ada 4 bintang yang harus kita penuhi untuk dapat naik tier. Tentunya bintang tersebut bisa kita dapatkan dengan terus memenangkan pertandingan.

Pada rank Elite, level permainan tentuakan semakin meningkat. Karena sudah ada beberapa pemain yang memiliki pengalaman lebih. Akan tetapi, kebanyakan pemainnya masih belum terlalu mengetahui meta hero atau cara menggunakan sebuah hero dengan langkah efektif.

Hadiah di akhir season untuk rank Elite adalah 200 tiket, 2000 battle point, dan 3 premium skin fragment. Pada rank ML ini, harusnya menjadi titik awal untuk para pemain semangat menjajal ke tahapan-tahapan berikutnya. Kalau sudah sampai sini, mulailah cari rekan mabar.

Untuk mulai melakukan push rank dan menemukan kekompakan tim, cobalah terlebih dahulu untuk bergabung ke komunitas atau tongkrongan khusus Mobile Legends. Dari sini, kamu bisa mulai mencari mereka yang cocok untuk menemani kamu menjajal level rank tertinggi.


3. Master

Rank ml mobile legends 2
Logo Rank Mobile Legends Awal | Master

Memasuki rank ML Master, maka kemampuan kamu harusnya sudah cukup terasah. Kalau kemampuan kamu itu belum seberapa, bisa-bisa rank akun kamu kembali ke Elite, karena pada tahap ini kamu dipastikan akan bertemu dengan pemain asli dari seluruh dunia.

Master jadi salah satu tahapan awal untuk menemukan lawan sebenarnya dalam semua rank Mobile Legends. Master akan menjadi tempat yang cocok untuk kamu mengasah skill dan juga kekompakan dalam tim. Game akan lebih sulit dan intens untuk dilalui, jadi bersiaplah.

Rank ML Master memiliki empat tier, masing-masing yaitu Master IV, Master III, Master II, dan Master I. Dengan setiap tier memiliki slot 4 bintang yang harus didapatkan. Tahap ini juga akan menjadi penentu apakah kamu dapat melakukan adaptasi dengan cepat atau lambat.

Akan Mulai banyak player mengeluh betapa susahnya menaikkan rank di Mobile Legends. Sehingga kamu diharuskan untuk mampu menganalisis pertandingan dan mempelajari hero-hero meta di season sekarang. Mulai dari sini kamu tidak boleh asal melakukan Pick Hero.

Hadiah pada akhir season untuk rank Master adalah 300 tiket, 4000 battle point, dan skin eksklusif season. Cobalah untuk aktif dan mulai berpetualang mencapai rank ML tertinggi.


4. Grandmaster

Rank ml mobile legends 3
Logo Rank Mobile Legends Medium | Grandmaster

Sesuai namanya, Grandmaster akan mempertemukan kamu dengan para pemain atau tim yang sudah memiliki pengalaman cukup tinggi. Rank ML yang satu ini akan benar-benar jadi wadah yang tepat untuk menguji seberapa layaknya kamu menaungi mode rank dengan tim.

Dari sini kamu sudah dapat Rank Mobile Legends yang mulai sulit lagi untuk dilalui. Pada rank ini kamu akan berhadapan dengan pemain yang menguasai hero-hero terkuat dan tau benar bagaimana cara mendapatkan kemenangan dengan cepat.

Rank Grandmaster sediri memiliki 5 tier, yang masing-masing adalah Grandmaster V, diikuti Grandmaster IV, Grandmaster III, Grandmaster II, dan Grandmaster I. Pada setiap tier ada lima bintang atau kemenangan yang harus kamu capai untuk naik ke tier selanjutnya.

Untuk reward yang akan akun kamu peroleh, hadiah pada akhir season rank Grandmaster adalah 600 tiket, 7000 battle point, dan skin ekskusif season. Ini adalah rank ML yang sulit, namun bukan yang tersulit. Ada 4 tahapan rank lainnya yang akan jauh-jauh lebih sulit lagi.


5. Epic

Ada istilah yang bertuliskan Epic Abadi ataupun Epic Glory, yap hal tersebut bukan tanpa alasan. Banyak pemain Mobile Legends yang mengatakan jika Epic adalah tier neraka.

Hal itu pantas disebutkan kepada mereka yang sering kali mengalami kekalahan bahkan lose streak sepanjang permainan. Skema yang dimaksud misalnya seperti menang satu kali, lalu kalah tiga kali atau bahkan selalu kalah sedari awal login memulai permainan mode ranked.

Banyak dari mereka yang ingin keluar dari tier neraka ini, namun setelah berhasil keluar biasanya banyak juga yang malah stuk alias hanya turun naik dari Epic 1 dan tier setelahnya.

Berbeda dengan GM dan tier-tier bawahnya, pada rank Mobile Legends Epic ada yang namanya sistem Pick dan Ban untuk hero. Maka dar itu, kamu wajib memiliki hero cadangan yang sudah kamu pelajari, karena jika tidak punya kamu akan sangat kesulitan saat war mulai.

Jika pada tier sebelumnya kita dan musuh dapat menggunakan semua hero yang ada, terdapat sistem ban hero untuk memuatnya tidak dapat digunakan sama sekali.

Nantinya pemain harus menentukan 3 hero pada masing-masing tim untuk di Ban hadir di Land of Dawn. Sehingga strategi dalam pemilihan hero sangatlah diperlukan di rank ML ini.

Rank Epic memiliki 5 tier, yaitu Epic V, Epic IV, Epic III, Epic II, dan Epic 1, di mana tiap tier ada 5 bintang atau kemenangan yang harus diraih untuk maju ke tier selanjutnya. Hadiah di akhir season untuk rank Epic adalah 1000 tiket, 12000 battle point, dan skin eksklusif season.


6. Legend

Tahapan rank ML ini sendiri mungkin akan membuat kepala kamu terasa mumet karena semua pemain pada tier ini benar-benar sudah ahli. Bukan hanya satu pemain saja, namun setiap anggota dalam tim musuh pastinya sudah terlatih dalam banyak skema dan strategi.

Pada rank Mobile Legends satu ini, persaingan akan semakin lebih sulit. Kamu bisa bertemu dengan pro player hingga tim Esports amatir yang baru saja meniti karirnya. Salah satu hal yang penting adalah, kamu wajib menguasai banyak hero atau setidaknya semua role hero.

Tips untuk melewati rank Legend adalah menguasai beberapa hero di tiap role dan bermain bersama teman. Banyak juga player yang ingin meninggalkan rank ini karena juga tergolong ke tier neraka. Berantakan pick hero yang kalian lakukan, maka akan kacau juga strateginya.

Rank Legend Mobile Legends memiliki 5 tier, yaitu Legend V, Legend IV, Legend III, Legend II, dan Legend 1. Untuk maju ke tier selanjutnya, kamu harus mengumpulkan 5 bintang.

Hadiah akhir season di rank Legend adalah 1500 tiket, 20000 battle point, dan skin eksklusif season. Ini adalah tier atau tahapan urutan rank di ML yang lebih kejam ketimbang Epic.


7. Mythic

Menjelang bagian akhir dari mode rank, ada satu rank yang sangat sulit untuk kamu capai yaitu Mythic. Pada tier ini kamu benar-benar akan berhadapan dengan mereka yang sudah terlatih untuk banyak hero dan strategi dalam tim. Bisa jadi kamu melawan tim Pro Player.

Dan sebagai informasi, sebelum dilakukan update Mythic merupakan rank tertinggi di Mobile Legends. Namun, sejak season 14, Mythic yang dulunya menggunakan sistem poin, sekarang berubah menjadi sistem bintang. Dan ini akan terasa seperti rank ML Legend bagian kedua.

Saat baru naik ke Mythic, kamu akan menghadapi sistem grading poin untuk menentukan di Mythic mana akan kamu tempati. Pada bagian ini kamu harus benar-benar paham untuk cara melakukan penempatan posisi hero, kapan waktu melakukan war dan timing push tower.

Rank Mythic sendiri memiliki 5 tier, yaitu Mythic V, Mythic IV, Mythic III, Mythic II, dan Mythic I. Setiap tier ada 5 bintang yang harus didapatkan untuk naik ke tier selanjutnya.

Kamu harus mulai sering melihat gameplay pro player Mobile Legends untuk meningkatkan skill dan kemampuanmu. Karena di rank ini, lawan-lawan yang akan kamu hadapi bukan kaleng-kaleng lagi. Jika mencapai rank ML satu ini, maka tim kamu sudah tergolong hebat.

Untuk hadiah akhir season rank Mythic sangatlah menarik, yaitu di antaranya 1500 tiket, 20000 battle point, sticker (expression Mythic), dan juga tentunya skin ekskusif season.


8. Mythic Glory

Bagian terakhir sebuah perjalanan menggapai rank Mobile Legends tertinggi adalah Mythic Glory. Glorious Mythic atau Mythic Glory merupakan rank tertinggi pada Mobile Legends. Mythic Glory dapat dicapai setelah rank ML Mythic menembus setidaknya pada 600 poin.

Dan kamu akan terbiasa bertemu dengan tim papan atas seperti RRQ, EVOS atau tim lain yang biasa kita temukan pada ajang turnamen kelas nasional dan internasional. Rank ini diisi oleh player-player jago yang bahkan beberapa hero mereka telah mencapai top global.

Untuk mencapai rank ini tentunya tidak mudah. Karena kamu harus berjuang dari Mythic poin 0, di mana setiap kemenangan hanya dihadiahi poin paling banyak 15 dan jika kalah paling besar 10 poin. Pada rank Mobile Legends satu ini kamu harus punya skill expert.

Sementara untuk hadiah akhir season akun kamu sama dengan yang didapatkan pada rank Mythic. Dan ini jadi penutup dari semua jajaran rank Mobile Legends yang ada.


Rank ML Tertinggi Apa?

Untuk saat ini pada patch terakhir yang ada, rank Mobile Legends tertinggi adalah Glorious Mythic atau Mythic Glory. Untuk bisa tiba mencapai tahap ini kamu tentunya memerlukan kemampuan, strategi dan tim yang sangat bagus.

Rank Booster ML Patch Terbaru?

Tidak ada rekomendasi dari Gamedaim, karena ini merupakan cara atau metode ilegal untuk menaikan rank. Sebagai informasi bagi kamu yang memang belum tau, melakukan ini adalah pelanggaran dan akan dikenakan saksi berat berupa Banned Permanen.

Cara Dapat Musuh Bot di Rank ML?

Terdapat metode untuk melakukan GB yang membuat kamu bisa mendapatkan winstreak dalam pertandingan. Ada beberapa cara untuk mendapatkan musuh bot untuk melakukan push kemenangan berturut-turut, mulai dari menggunakan VPN untuk menemukan lawan dari server lemah dan lain sebagainya.

Rank Master Ada Berapa?

Pada saat ini, rank ML Master memiliki empat tier, masing-masing yaitu Master IV, Master III, Master II, dan Master I. Setiap tier memiliki slot empat bintang yang harus didapatkan dengan memenangkan setiap pertandingan. Tahap ini juga akan menjadi penentu apakah kamu dapat melakukan adaptasi dengan cepat atau lambat.

Rank Epic ML Ada Berapa?

Untuk rank ML pada Epic yang akrab disebut sebagai tier neraka, terdapat 5 tahapan tier, meliputi Epic V, Epic IV, Epic III, Epic II, dan Epic 1, di mana tiap tier ada 5 bintang atau kemenangan yang harus diraih untuk maju ke tier selanjutnya.


Itulah tadi semua informasi tentang urutan Rank di ML alias Mobile Legends: Bang Bang yang bisa Gamedaim berikan rangkumannya. Jika kamu punya pertanyaan atau apapun yang mau kamu sampaikan terkait pembahasan, silahkan langsung tulis pada kolom komentar ya, oke.

Itulah tadi informasi-informasi mengenai urutan rank Mobile Legends. Jika kamu dapat bermain dengan baik baik itu dalam solo hero atau tim war, maka rank Mythical Glory pasti akan dapat tercapai. Selalu ke Gamedaim atau Dafunda Game untuk konten game lainnya.

Jangan lupa juga untuk Subscribe kanal YouTube resmi Gamedaim untuk menemukan tips atau hal lainnya seputar game via visual video. Kita juga aktif membahas berita-berita atau hal penting lainnya paling update disana, jangan lupa share artikel ini ke teman-teman ya!

Related Posts

Leave Comment
Continue in browser
To install tap Add to Home Screen
Add to Home Screen
See this post in...
Gamedaim
Chrome
Add Gamedaim to Home Screen
Close

For an optimized experience on mobile, add Gamedaim shortcut to your mobile device's home screen

1) Press the share button on your browser's menu bar
2) Press 'Add to Home Screen'.
Gamedaim We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications