ReviewBeritaGamePC

Review Wildermyth: RPG Terbaik Dengan Potensi Besar

RPG merupakan suatu genre yang menarik bagi kita semua. Orang-orang pastinya mengenal RPG melalui berbagai macam game, baik itu dari franchise terkenal atau pun dari game indie. Kali ini, kami mendapatkan kesempatan untuk memberikan sebuah review dari game RPG terbaru besutan Worldwalker Games, yaitu Wildermyth.

Worldwalker Games merupakan sebuah studio game indie yang berbasis di Austin, Texas. Didirikan oleh Nate Austin dan Anne Austin, studio ini memiliki lebih dari 20 tahun pengalaman kolektif dalam industri video game.

Wildermyth merupakan game terbaru besutan Worldwalker Games yang bergenre party-based procedural storytelling RPG. Awalnya sebagai proyek sampingan, game tersebut akhirnya menjadi proyek utama mereka. Pada tanggal 15 Juni 2021, Wildermyth resmi merilis peluncurannya di Steam.

Bagi kalian yang tertarik dengan game RPG, ada beberapa informasi yang perlu kalian ketahui mengenai Wildermyth. Apa saja itu?

Review Wildermyth

Kustomisasi Karakter Yang Beragam

Review wildermyth
Kustomisasi Karakter Yang Beragam | Worldwalker Games

Wildermyth mempunyai kustomisasi karakter yang beragam, di mana kalian bisa merubah sifat, fisik, dan kemampuan karakter sesuai dengan keinginan kalian. Karakter yang seperti kesatria sejati? Kalian bisa membuatnya. Salah satu karakter bisa menjadi lebih romantis? Tentu saja bisa. Intinya kalian diberikan kebebasan untuk membuat karakter impian di dalam game tersebut.

Untuk kalian yang tidak terlalu suka dengan fitur kustomisasi ini, Wildermyth telah menyajikan fitur “Randomize” dan “Reroll All”. “Randomize” berfungsi untuk membuat salah satu karakter secara acak. Sedangkan “Reroll All” adalah fungsi “Randomize” tetapi diterapkan untuk seluruh karakter.

Review wildermyth
Menu kustomisasi | worldwalker games

Saya sendiri tidak terlalu suka dengan fitur kustomisasi total dari game RPG, saya biasanya lebih memilih untuk menggunakan karakter yang telah disediakan. Saya sangat berterima kasih bahwa Wildermyth menghadirkan fitur “Randomize” atau “Reroll All”, karena fitur tersebut sangat membantu saya untuk membuat karakter yang acak tanpa membuang-buang waktu.

Cerita Prosedural yang Menakjubkan

Review wildermyth
Map Yang Luas | Worldwalker Games

Ketika saya mendengar bahwa Wildermyth mempunyai cerita yang bersifat prosedural, saya sedikit skeptis. Mengapa? Karena dari pengalaman saya memainkan game prosedural, rata-rata game tersebut sering mengulangi kegiatan yang sama. Setelah mencoba Wildermyth, saya bisa bernafas lega bahwa game ini memiliki cerita prosedural yang menakjubkan.

Kalian pertama kali akan mendapatkan pilihan untuk memilih 5 cerita utama. Setelah kalian memilih salah satu cerita tersebut, kalian akan dilempar ke dalam cerita tersebut. Beberapa cerita akan memiliki waktu penyelesaian yang beragam, dan itu bergantung dengan cara bermain dan kesulitan yang kalian pilih.

Review wildermyth
Campaign | Worldwalker Games

Kalian bisa menyelesaikan satu cerita dalam waktu di bawah 10 jam, tetapi kalian akan melewati beberapa fitur penting yang menjadi poin utama dari Wildermyth. Saya sendiri hanya baru menyelesaikan cerita “Age of Ulstyx” dengan memakan waktu sekitar 3.5 jam. Bagi saya, itu termasuk cukup cepat, tetapi saya juga menyadari bahwa banyak sekali fitur yang belum saya sentuh.

Secara singkat, cerita “Age of Ulstyx” menceritakan kalian (sebagai protagonis) dalam membasmi monster dan membunuh Gorgon terkuat bernama Ulstyx. Cerita tersebut terbagi dalam 3 chapter, dengan masing-masing chapter menceritakan pengalaman semua karakter dalam mempersiapkan diri mereka melawan Ulstyx.

Review wildermyth
Pilihan Dalam Cerita | Worldwalker Games

Kalian juga nantinya akan mendapatkan pilihan dan menjawab setiap keputusan dengan menjalankan konsekuensi dari keputusan tersebut. Bisa saja salah satu karakter kalian menjadi jahat dan melukai karakter kalian yang lain. Mungkin saja karakter kalian bisa mati secara permanen jika kalian memilih pilihan yang salah. Oleh sebab itu, alur cerita di Wildermyth benar-benar sangat menakjubkan.

Sebenarnya tujuan utama dari Wildermyth adalah menyampaikan cerita yang mendalam dengan teknik prosedural. Bagi kalian yang tidak menyukai game story-telling, Wildermyth mungkin tidak cocok dengan kalian. Tetapi bagi kalian yang suka dengan cerita game yang mendalam, Wildermyth adalah pilihan terbaik dan juga termasuk rekomendasi dari saya.

Pertarungan Turn-Based yang Adiktif

Review wildermyth
Turn-Base Yang Menarik | Worldwalker Games

Pertama kali kalian masuk ke dalam salah satu cerita, kalian akan diberikan sebuah tutorial mengenai mekanisme dan cara bermain dari Wildermyth. Di dalam game ini, ada 3 class utama, yaitu Warrior, Hunter, dan Mystic.

  • Warrior adalah class yang menggunakan pedang dan tombak. Kemampuan mereka sangat diperlukan untuk baris depan party kalian. Mempunyai darah yang banyak dan perlindungan yang lumayan keras merupakan beberapa kelebihan dari Warrior.
  • Hunter adalah class yang menggunakan panah dan senjata jarak jauh lainnya. Mereka sangat kuat dalam pertempuran jarak menengah dan jauh. Akurasi yang penuh dengan adanya buff tambahan membuat Hunter menjadi class yang menakutkan.
  • Mystic adalah class yang menggunakan tongkat sihir. Mereka secara singkat disebut sebagai penyihir di Wildermyth, karena mereka bisa memanfaatkan properti di sekitar mereka dalam bertahan atau menyerang. Mystic merupakan class support yang bisa saja menjadi karakter terbaik apabila kalian membuatnya dengan benar.

Pertarungan akan dilakukan secara turn-based berjenis tabletop. Pertarungan di Wildermyth juga menekankan kerja sama tim dan pemosisian karakter yang cermat. Kalian bisa saja membunuh musuh terkuat di dalam sebuah pertarungan dengan memanfaatkan hal tersebut.

Kalian akan bisa berimajinasi dengan melihat lingkungan di pertarungan tersebut sambil memanfaatkan sumber daya yang ada. Wildermyth juga menghadirkan mekanisme “Walling” dan “Flanking”, di mana kalian bisa berlindung dan menyerang musuh dari belakang.

Review wildermyth
Interfuse | Worldwalker Games

Mystic mempunyai peran yang menarik di dalam pertarungan ini, karena mereka mempunyai mekanisme “Interfuse”. Mekanisme tersebut membantu kalian mengendalikan sumber daya di sekitar kalian, baik dari dinding berbatu, api, tanah liat, benalu, dan sebagainya untuk menyerang musuh.

Pertarungan pun tidak terlalu susah untuk dipahami, tetapi semakin kalian mendekati akhir cerita, pertarungan akan semakin sulit. Oleh sebab itu, kerja sama tim dan pembiasaan dalam posisi akan menjadi kelebihan kalian di Wildermyth.

Karakter Bisa Pensiun & Punya Anak

Review wildermyth
Karakter Kalian Bisa Pensiun | Worldwalker Games

Hal yang menarik dan saya baru temukan di dalam Wildermyth adalah karakter kalian bisa memilih untuk pensiun. Terkejut? Tentu saja. Wildermyth memanfaatkan time-battle dan berlangsung selama bertahun-tahun. Karakter kalian bisa memilih pensiun apabila umur mereka sudah mencapai batas tertentu. Jadi ada beberapa saat di mana kalian harus mencari karakter pengganti dari karakter yang sudah tua.

Di Wildermyth, kalian bisa mendapatkan karakter tambahan dengan merekrut mereka di beberapa lokasi tertentu. Selain itu, kalian bisa mendapatkan karakter tambahan melalui anak kalian. Ya, saya tidak bohong. Kalian bisa menggunakan anak kalian sebagai karakter utama dari game kalian.

Review wildermyth
Anak kalian | worldwalker games

Tentunya anak tersebut hadir bukan karena ketidaksengajaan, pilihan-pilihan di dalam cerita akan menentukan apakah karakter kalian bisa melahirkan seorang anak. Jika kalian mempunyai karakter yang pandai dalam hal romantis, mempunyai sebuah anak bukanlah hal yang tidak susah.

Review wildermyth
Hubungan | Worldwalker Games

Wildermyth juga memperhatikan hubungan antara setiap karakter, baik dari percintaan, keluarga, dan pertemanan. Bisa saja kalian membuat musuh dengan karakter lainnya hanya karena memilih suatu pilihan, tetapi hal itu yang membuat Wildermyth menjadi game yang sangat menarik.

Bisa Dimainkan Secara Berulang-Ulang

Review wildermyth
Cerita Baru, Karakter Baru, Musuh Baru | Worldwalker Games

Kalian sudah menamatkan salah satu Wildermyth dan merasa hampa? Tenang saja, Worldwalker Games memastikan bahwa setiap cerita baru yang kalian lakukan, cerita tersebut tidak akan sama seperti pada awalnya.

Hal ini juga menjadi tujuan utama dari Wildermyth, kalian bisa memainkan game tersebut secara berulang-ulang tanpa sekali pun bosan dengan ceritanya. Tentunya para penggemar RPG yang suka dengan cerita mendalam dari suatu game akan menyukai Wildermyth.

Cerita prosedural inilah yang menjadi penggerak dari game ini. Dengan adanya cerita prosedural, Wildermyth dapat menghadirkan banyak karakter baru, monster baru, map baru, dan cerita baru setiap kalian memainkannya.

Fitur Multiplayer yang Belum Sempurna

Review wildermyth
Fitur Multiplayer | Worldwalker Games

Multiplayer di Wildermyth tidak akan jauh beda dari single-player. Dengan gameplay yang sama, hal yang berbeda adalah kalian bisa bermain hingga 5 orang dan bekerja sama menyelesaikan cerita tersebut.

Mungkin ini menjadi alasan pribadi saya akan mengomentari game ini. Saya sempat mencoba fitur multiplayer-nya, tetapi saya tidak terkejut karena multiplayer dari Wildermyth sendiri sangat sepi. Kata “sepi” di sini lebih bermakna bahwa setiap server yang online tidak memberikan akses masuk untuk mereka yang ingin mencobanya.

Bisa saja saya menyalakan server online milik saya sendiri, tetapi belum tentu orang-orang akan berani masuk ke dalam server saya. Ini mungkin menjadi masalah bagi mereka yang ingin mencoba multiplayer Wildermyth secara acak, karena sebagian besar server yang online selalu dikunci.

Jika ingin fitur multiplayer dari Wildermyth tetap ramai Worldwalker Games sebaiknya menghapus fitur “password” dari pembuatan server online. Hal ini tentunya untuk mengajak pemain mencoba multiplayer tanpa merasa terkucilkan.


Kesimpulan Review Wildermyth

Review Wildermyth

Walaupun meluncur sebagai studio indie, Worldwalker Games telah sukses membuat Wildermyth sebagai game RPG dengan cerita yang sangat mendalam. Kesuksesan tersebut tentunya dibantu dengan pengalaman mereka di dalam industri video game.

Kustomisasi karakter yang mendalam mungkin akan menarik perhatian para penggemar yang ingin membuat karakter impian mereka. Bagi kalian yang tidak terlalu berpikir panjang mengenai hal tersebut, mereka juga memberikan fitur untuk membuat karakter kalian secara acak.

Ditemani dengan cerita prosedural yang menakjubkan, Wildermyth sepertinya akan menjadi perintis dari game-game prosedural ke depannya nanti. Game ini memiliki potensi yang sangat besar dan dapat bersaing dengan game-game RPG berkelas lainnya. Pertarungan yang kompleks dan ajaib, beserta penggunaan turn-based telah menjadi tambahan menarik dari Wildermyth.

Worldwalker Games juga menawarkan UI yang interaktif dengan pilihan-pilihan yang mempunyai konsekuensi di akhir cerita. Saya juga terpukau dengan mekanisme umur di dalam Wildermyth. Game RPG baru nanti seharusnya mulai mengimplementasi mekanisme ini, karena adanya umur akan menjadi faktor terbaru dari game mereka.

Hal yang saya sedikit kecewa adalah fitur multiplayer dari Wildermyth. Walaupun saya sempat mencobanya, saya yakin fitur ini bisa berkembang apabila mereka aktif dalam mengurus server online tersebut.

Bagi kalian yang suka game RPG dengan cerita yang sangat mendalam dan ingin mencoba hal-hal yang baru secara berulang-ulang, Wildermyth adalah jawaban tersebut.


Bagaimana Review Wildermyth Ini?

Itu saja hasil review kami tentang Wildermyth, apakah kalian tertarik untuk mencoba game ini? Wildermyth saat ini tersedia di PC (Steam) lho, selamat mencoba!

Related Posts

Leave Comment
Gamedaim We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications