G ListMobileNintendoNintendo Switch

7 Game Rogue-Like Terbaik yang Sulit Tapi Nagih

Pada era modern ini, Developer Indie game sepertinya semakin banyak menunjukkan game-game menarik yang selalu memberikan mekanik baru dan fresh. Beberapa dari mereka berhasil menciptakan berbagai game baru dengan kombinasi formula yang cukup unik. Yang saat ini cukup terkenal bagi kalangan gamer mungkin adalah Rogue-Like. Benar sekali, pada kesempatan ini, kami akan memberikan 7 game Rogue-Like terbaik yang wajib kalian coba.

Apa Itu Rogue-Like?

Bagi beberapa kalangan gamer baru, genre Rogue-Like mungkin cukup asing untuk kalian dengar. Sebelum kita terjun lebih dalam, maka kita akan memberikan penjelasan apa itu Rogue-Like dan mengapa genre ini sangat populer. Rogue-Like merupakan variasi game bertemakan RPG Dungeon Crawler yang sudah dirancang untuk membuat gamer ketagihan. Setiap Level pada game ini akan muncul secara Random Generated dan tanpa batas.

Karena game ini menawarkan Level tanpa batas, maka player yang memainkanya dapat merasakan pengalaman bertahap dari Difficulties yang game ini berikan. Semakin lama kamu bermain, maka semakin sulit Level yang muncul. Tetapi, semakin kamu sering kalah dan melakukan Respawn, maka Player dapat menigkatkan kemampuanya secara Pisikologis. Kamu jadi semakin Fokus dan semakin mengenal setiap musuh pada arena pertarungan tersebut.

Meskipun pada game ini kita bisa melakukan Upgrade dan Looting, tetapi jika kamu mati saat tengah permainan, maka semua progres tersebut akan hilang dari nol. Di sisi lain, kamu juga tidak dapat menemukan Check-Point pada setiap Level game ini. Yup, inilah yang membuat para gamer semakin ketagihan untuk terus mencetak rekor terbaiknya pada game ini. Ingin mencobanya secara langsung? Berikut adalah list game Rogue-Like terbaik tahun ini.

7 Game Rogue-Like Terbaik Tahun 2021 Ini

1. Moonlighter

Moonlighter adalah game Rogue-Like dengan konsep ala Zelda Classic
  • Platfrom: IOS, PS4, Xbox One, PC, Switch

Buatan Studio Indie bernama Digital Sun, Moonlighter akan membawamu untuk berpetualang di dunia Indah penuh warna. Kamu akan bermain sebagai seorang Merchant yang selalu membantu orang-orang. Ia punya ambisi untuk menjadi seorang pahlawan seperti orang tuanya terdahulu. Meskipun begitu, tujuan-mu tetap menjadi seorang pedagang yang selalu keliling desa. Ada berbagai Monster, Treasure, dan Trap selama perjalanan si Merchant ini.

2. Enter the Gungeon

Perpaduan Bullet-Hell dan Rogue-Like dapat kamu coba lewat game Enter The Dungeon
  • Platform: PC, Linux, Xbox One, Switch

Punya ciri khas genre Bullet-Hell, Enter the Dungeon termasuk dalam game yang sangat menagih. Seperti namanya, Enter Dungeon akan menceritakan seorang prajurit perang yang bertarung melawan masa lalunya saat berada di dalam Dungeon. Saat ia tertidur ia selalu terjun ke masa lalunya saat masih berjuang. Tugasmu tentu saja bertahan agar tidak kalah dari mimpi buruknya. Ada berbagai weapon, skill, dan juga boss dengan serangan yang unik.

3. Hades

Pengalaman Nostalgia ala game Diablo dapat kamu nikmati di game Rogue-Like Hades
  • Platform: PC, PS5, PS4, Switch

Yup, Hades baru-baru ini sangat populer pada industri Game. Game buatan SuperGiant Games tersebut sempat memenangkan berbagai penghargaan. Bagaimana tidak, kamu akan merasakan pengalaman nostalgia ala Diablo pada game ini. Hanya saja Level yang mereka tawarkan tidak memiliki batas sama sekali. Kamu akan bermain sebagai anak Dewa Neraka yang mendapatkan ujian khusus agar dapat bergabung dengan Dewa Olympus lain.

4. Dead Cells

Dead Cells adalah Game Rogue-Like Dengan konsep Metroidvania
  • Platform: IOS, Android, Switch, PC, PS4, Xbox One

Perpaduan Rogue-Like dan metroidvania memang berhasil membuat game ini sangat populer. Buatan Motion Twin, Dead Cells akan menceritakan petualangan jiwa yang terjebak pada sebuah pulau penuh dengan Monster. Meskipun sudah mencoba banyak hal untuk keluar dari pulau ini, tetap saja sang jiwa tersebut tidak dapat keluar. Meskipun begitu, ia masih terus berjuang hingga titik ini untuk keluar dari tempat tersebut.

5. Binding of Isaac

Binding of Isaac merupakan Rogue-Like tersimpel namun tetap sulit
  • Platfrom: PC, Linux

Dikembangkan oleh Edmund McMillen, Binding of Isaac punya cerita yang cukup lucu. Cerita game ini bermula saat seorang Dewa kematian memberi sebuah surat pada ibu Isaac. Mendengar hal tersebut, sang ibu akhirnya menaruh anaknya yang bernama Isaac ke sebuah basement tua untuk bersembunyi. Tetapi, basement tua tersebut berisi berbagai hewan kegelapan seperti laba-laba, Kecoak, dan Kelelawar. Ia akhirnya melakukan segala hal untuk bertahan.

6. Don’t Starve

Don’t Starve Merupakan Game Rogue-Like dengan parpaduan Survival terbaik
  • Platform: PS3, PS4, Xbox One, Xbox 360, PC, Android, IOS, Switch

Sebuah maha karya Klei Entertainment, game yang satu ini tentu cocok mendapatkan julukan game Survival paling HardCore sepanjang masa. Don’t Starve berhasil memadukan Survival dan Rogue-Like dengan sangat fresh. Pada game ini kamu tidak hanya mementingkan makanan, tempat tinggal, dan kesehatan. Tetapi kamu juga akan dikenalkan dengan sistem “Sane” (kewarasan). Benar, semakin lama kamu bermain, sang karakter akan semakin gila.

7. Darkest Dungeon

  • Platfrom: PS4, Xbox One, PC, Switch

Darkest Dungeon sendiri adalah perpaduan Rogue-Like, Survival, dan Role-Playing-Strategy. Game yang satu ini akan memaksamu untuk bertahan pada suatu Dungeon bersama dengan anggota Party yang ada. Tugasmu bukan untuk bertarung, melainkan untuk kabur dan bertahan dari serangan monster. Player diharuskan untuk menjaga Moral anggota Party serta kondisi fisik setiap karakter. Yang satu ini merupakan Rogue-Like tersulit pada list kali ini.


Itu saja list dari kita tentang 7 game Rogue-Like yang bikin stress tapi tetap nagih. Perlu kalian ingat meskipun game ini tergolong cukup sulit, namun tidak ada salahnya untuk mencoba salah satunya. Bagaimana menurut kalian, apakah kamu sudah siap untuk berpetualang pada Dungeon tanpa batas yang mematikan ini? Untuk itu, selamat mencoba.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment