Review Rexus Warfaction VR5: Bundle Keyboard Mekanikal & Mouse Honeycomb yang Keren

in , ,
Rexus Vr5 Mouse On Hands Gamedaim Review
Rexus Vr5 Mouse On Hands Gamedaim Review

Rexus yang sebelumnya sudah merilis produk bundle Warfaction VR1, VR2, VR3, kali ini mereka merilis VR5, sebuah bundle atau combo gaming gear berisikan keyboard dan mouse berkualitas, keren, dan kekinian.

Bundle ini merupakan versi terbaru yang dirilis pada tahun 2019 lalu. Rexus menyatakan bahwa VR5 berbeda dengan seri VR lainnya dimana combo gaming gear ini menggunakan keyboard mekanikal berkualitas.

Lalu bagaimana dengan mouse-nya? Mouse-nya sendiri mengusung desain Honeycomb O dengan dilengkapi fitur RGB dan memiliki bobot yang enteng.

Gamedaim diberi kesempatan oleh Rexus Indonesia untuk melakukan ulasan atau review terhadap Warfaction VR5. Dan berikut ulasannya.

Mouse Model Honeycomb yang Enteng dan Punya RGB Multicolor

Rexus Vr5 Mouse Gamedaim Review

Mouse Warfaction VR5 ini merupakan mouse honeycomb model O yang enteng dan terasa enak di tangan. Mouse ini mengusung sensor Sunplus 199.

Penulis memakai mouse ini untuk memainkan game FPS seperti Rainbow Six Siege dan terasa amat cocok di grip. Hal ini dikarenakan desain pada mouse ini cukup ergonomis dan model bolong-bolong (honeycomb) pada mouse ini tidak terlalu terasa di tangan.

Berat mouse ini sendiri sekitar 150g yang dimana cukup enteng untuk penggunaan kompetitif seperti game FPS.

Berbicara soal DPI, DPI dari mouse ini bisa di-adjustable melalui 2 tombol di bagian atas dimana DPI mouse ini memiliki rentang 800 – 6400 DPI.

Polling rate mouse-nya sendiri mengusung enhanced refresh rate–jadi tidak dapat di-adjustable rate-nya. Saat Penulis test langsung di Mouse Rate Checker, mouse ini mendapatkan rata-rata 112Hz – 140Hz–terkadang malah bisa sampai 480Hz tetapi sangat jarang sekali.

Rexus Vr5 Mouse Keyboard 2 Gamedaim Review

Untuk tombol, mouse ini memiliki 5 tombol makro tambahan dimana 2 di bagian kiri, dan 3 tombol lainnya di bagian atas (1 tombol berada di dekat scroll button). 2 tombol di bagian atas-nya sendiri berfungsi sebagai tombol DPI- dan DPI+.

Fitur RGB pada mouse ini mengusung multicolor dimana menurut Penulis pribadi amat disayangkan karena tidak bisa diatur menjadi 1 warna. Warna RGB pada mouse ini akan berubah jika tombol DPI digunakan. Namun, berubahnya hanya sementara saja dan akan kembali ke multicolor atau settingan default.

Walau begitu, kabel pada mouse ini berbahan nylon braided dimana hal ini menjadi nilai tambah bagi si mouse.

Keyboard Mekanikal Berbekal Switch Outemu

Rexus Vr5 Mouse Keyboard Gamedaim Review

Sepertinya sudah menjadi kebiasaan Rexus untuk menggunakan switch Outemu. Sama seperti MX10 yang pernah Penulis review sebelumnya, keyboard dari VR5 ini juga menggunakan switch yang sama.

Switch ini dipilih karena dapat dilepas secara mandiri (removable switch). Jadi jika bosan dan ingin mengganti model/merk switch lainnya sah-sah saja.

Rexus Vr5 Brown Switch Gamedaim Review
Rexus VR5 Brown Switch

Penulis sendiri mendapatkan brown switch untuk keyboard mekanikal ini dimana pilihan lainnya ada yang berwarna blue switch.

Untuk keycaps, Rexus tidak mencantumkan merk keycaps apa yang dipakai untuk keyboard VR5 mereka. Namun untuk finishing tombol mengusung two-color injected keys.

Memiliki 104 tombol dan daya tahan hingga 50 juta klik, berat dari keyboard ini cukup berat yaitu sekitar 850g. Hal ini dikarenakan bahan pada top-panel keyboard menggunakan alumunium sedangkan untuk back-panel sayangnya menggunakan plastik.

Rexus Vr5 Switch Puller Gamedaim Review
Switch Puller + 4 Switch

Walau cukup berat, jika digeser terasa enteng karena sudah jelas, keyboard ini tidak sepenuhnya alumunium–kecuali jika diangkat akan terasa cukup berat.

Anti-ghosting juga dimiliki keyboard ini namun tidak semua tombol dapat anti-ghosting. Hanya ada 26 tombol saja yang dapat anti-ghost.

Mengenai RGB, keyboard ini memiliki 9 mode RGB dimana sama seperti si mouse, si keyboard juga multicolor jadi tidak dapat diatur ke 1 spektrum warna yang sama.

Spesifikasi

Mouse

  • Tipe: Mouse optik 8D dengan 199 IC
  • Sensitivitas: 800 /1600*/2400/3200/4800/6400 DPI
  • Tegangan dan arus: 5V, 120mA
  • Gaya pengoperasian: 60~80gf
  • Panjang kabel: 1,8 meter, kabel berlapis nilon rajut dengan lingkaran magnet dan konektor USB berlapis emas.
  • Dimensi:128 x 65 x 41mm
  • Berat bersih : 150±10g/unit
  • OS kompatibel: Windows (Windows 98, 2000, XP, ME, Vista, Win7, Win8, Win10, dan MAC OS

Keyboard

  • Jumlah tombol: 104
  • Daya tahan: 50.000.000 klik
  • Material cover: Aluminium alloy
  • Material bodi: Plastik ABS
  • Tombol anti-ghosting: 26 tombol
  • Keycap: Dua lapis warna terinjeksi
  • Dimensi: 450 x 140 x 40mm
  • Berat bersih: 850±10g/unit
  • OS kompatibel: Windows (Windows 98, 2000, XP, ME, Vista, Win7, Win8, Win10) dan MAC OS8.

Kesimpulan

Rexus Vr5 Box Content Gamedaim Review
Rexus VR5 Box Content

Bundle atau combo gaming gear dari Rexus yang satu ini, yaitu Warfaction VR5 dapat Penulis katakan secara pribadi menjadi pilihan terbaik di antara seri VR lainnya.

Memang, harga-nya sendiri menjadi yang termahal daripada seri VR lainnya namun combo keyboard mekanikal RGB dan mouse honeycomb yang enteng bukan pilihan yang buruk.

Kualitas-nya pun juga sudah cukup bagus dilengkapi segudang fitur. Selebih lagi, mouse bermodel honeycomb menjadi primadona gamer-gamer zaman now yang ingin membuat setup-nya lebih berbeda. Dan kalian bisa mendapatkannya di combo gaming gear VR5 ini.

Terdapat 2 pilihan warna bundle VR5 dan 2 pilihan warna switch keyboard dimana ada warna Black dan Silver. Untuk switch ada warna Brown dan Blue.

Jika tertarik, kalian dapat membeli Warfaction VR5 seharga Rp509.000 di official Tokopedia Rexus Indonesia di sini.