HardwareReview

Review ASUS ROG Strix XG27ACS: Monitor 2K dan 180Hz yang Patut Dicoba

Fitur-fitur yang dihadirkan ASUS ROG Strix XG27ACS menambahkan nilai plus karena dapat meningkatkan kenyamanan dan kemampuan pengguna dalam bermain.

Monitor merupakan komponen terpenting dalam suatu PC atau komputer. Ibarat sebuah mobil tanpa kaca, kita bisa mengemudikannya namun tidak bisa melihat kemana kita pergi.

Bagi seorang gamer, memiliki monitor yang bagus merupakan suatu keharusan karena monitor yang bagus memiliki banyak manfaat lain seperti meningkatkan kemampuan bermain, lebih enak dipandang mata serta bisa meningkatkan produktivitas penggunanya.

Nah, kali ini penulis mendapat kesempatan untuk nyobain salah satu monitor berkualitas tinggi dari brand ternama yaitu Republic Of Gamers (ROG). Sebelumnya penulis sudah beberapa kali melakukan ulasan mengenai produk-produk dari ROG, dan hampir semuanya memiliki kesan yang baik menurut penulis.

Kali ini penulis mendapatkan kesempatan untuk mengulas tuntas sebuah monitor yaitu ROG XG27ACS. Sesuai dengan kode namanya, angka 27 berarti monitor ini memiliki layar yang cukup luas yaitu 27-inch. Sedangkan kode XG merupakan kode untuk monitor tingkat middle-high, yang mana panel monitor ini sudah mendukung 180 Hz serta resolusi WQHD.

Penasaran dengan monitor yang satu ini? Apakah monitor ini worth-it untuk di miliki? Simak review ASUS ROG Strix XG27ACS berikut ini.

Desain

Sebelum masuk ke spesifikasi lengkap dari monitor XG27ACS, mari mengulas dari sisi desainnya terlebih dahulu.

Bukan ROG namanya, jika produknya tidak terdapat ciri khas ROG yaitu logo mata satu kesukaan para gamer. Hampir di setiap sisi nya terdapat logo ROG mulai dari dibagian bezel bawah, bagian belakang juga terdapat logo ROG yang cukup besar, serta di bagian stand terdapat tulisan ROG yang disusun secara vertikal.

Asus Rog Strix Xg27acs Gamedaim Review 17

Namun nampaknya terdapat sesuatu yang kurang ketika penulis mencoba menyalakan monitor ini. Setelah menelaah setiap sudut dari monitor ini, penulis baru mengetahui bahwa monitor ini tidak dilengkapi dengan lampu RGB di sisi-sisinya. Hal ini mungkin tidak begitu berpengaruh bagi penulis yang lebih suka desain minimalis, namun mungkin hal ini cukup berpengaruh pada pecinta lampu RGB.

Menurut penulis, ukuran 27 inch merupakan sweet spot untuk ukuran monitor karena di ukuran ini penulis bisa tetap nyaman untuk bermain game, bahkan penulis bisa tetap multitasking seperti nugas dan bekerja.

Di bagian depan, monitor ini sudah menggunakan kerangka bezelles pada sisi samping dan atas, sehingga bagian yang bisa dilihat (panel) terasa lebih lebar lagi. Bezel bagian bawah tetap memiliki ukuran yang cukup tebal karena terdapat logo ROG.

Beralih ke bagian belakang, material yang digunakan pada bagian belakang merupakan plastik premium. Meskipun berbahan dasar plastik, bodi bagian belakang monitor ini tetap terasa kokoh dan kuat.

Asus Rog Strix Xg27acs Gamedaim Review 06

Bodi belakang dibuat dengan bentuk melengkung keluar dan dihiasi dengan motif gaming serta logo ROG. terdapat motif garis diagonal pada bagian tengah monitor yang masing-masing sisi nya dilengkapi dengan aksen gaming sehingga menambahkan kesan gaming yang cukup ramai.

Bagian bawahnya dibuat lebih tipis untuk memudahkan pengguna untuk melakukan konektivitas dengan monitor ROG XG27ACS.

Untuk membantu pengeluaran panas, monitor ROG XG27ACS juga memiliki sirkulasi udara yang cukup baik, karena memiliki lubang untuk mengeluarkan panas dalam jumlah yang cukup banyak. Terdapat lubang udara dibagian atas, samping, belakang hingga tengah sehingga pengguna tidak perlu khawatir jika monitor mengalami overheat.

Di bagian stand, terdapat suatu perbedaan yang sangat mencolok. Biasanya, seri XG menggunakan stand monitor dengan tiga buah kaki, namun kali ini ROG XG27ACS memiliki penampilan yang baru, yaitu stand yang juga dilengkapi dengan phone holder di bagian bawahnya.

Perubahan bentuk stand di seri XG yang satu ini tetap mendapat feedback positif oleh penulis karena penulis prefer stand minimalis pada XG27ACS yang multipurpose dibandingkan dengan stand dengan 3 kaki yang cukup makan tempat.

Stand yang digunakan juga sudah ergonomi, karena dengan stand ini monitor dapat di tilt sejauh (+20° ~ -5°), swivel (+45° ~ -45°), pivot  (+90° ~ -90°) serta height adjustment (0-120mm). Dengan banyaknya adjustment, penulis bisa mengatur ukuran monitor dengan sangat mudah dan sesuai dengan postur penulis.

Asus Rog Strix Xg27acs Gamedaim Review 09

Selain itu, monitor ini tentunya juga mendukung vesa mounting 100x100mm untuk mendukung monitor ditancapkan ke dinding atau stand external.

Agar kabel tidak semrawut, stand bawaan ROG XG27ACS juga mendukung cable management sehingga penggunanya bisa dengan mudah menyembunyikan kabel agar tampilan setup lebih rapi dan clean.

Usung Panel Tinggi?

Setelah membahas desainnya yang unik, mari bahas lebih dalam mengenai jeroan dari ROG XG27ACS

ROG XG27ACS menggunakan panel dengan resolusi WQHD, atau yang biasa disebut 2K,hal ini memberikan kesempatan penggunanya untuk bermain game dengan resolusi tinggi dan meningkatkan pengalaman bermain.

Bagi para penggemar game FPS tentunya tidak perlu khawatir, karena monitor mendukung refresh rate hingga 180 Hz, hal ini tentunya akan meningkatkan pengalaman bermain pengguna..

Panel yang digunakan juga sudah Fast IPS, Fast IPS pada dasarnya sama saja dengan panel IPS, namun diberikan kata “Fast” karena panel tersebut dapat memberikan response time yang cukup tinggi. Response time berkisar di angka 1-3ms hal ini cukup bagus untuk bermain game karena dapat mengurangi efek blur dan ghosting.

Panel yang digunakan memiliki viewing angle 0° hingga 178 °  serta sudah non-glare. Hal ini tentunya dapat memudahkan pengguna untuk menatap monitor nya dalam berbagai sudut dan tetap terlihat jelas dibawah cahaya matahari.

Panel ROG XG27ACS juga sudah tersertifikasi VESA Display HDR 400. Dukungan HDR 400 akan memberikan pengalaman gaming serta multimedia yang lebih baik. Monitor ini juga mendukung peek brightness hingga 400 nits.

Dengan Color Space sRGB 133, DCI-P3 97% dan contrast ratio 1000:1 tentunya warna yang dihasilkan dari monitor ini nggak akan kaleng-kaleng. Penulis juga merasakan warna yang cukup kaya ketika mengujinya dengan menonton sebuah video atau bermain game.

Fitur Kenyamanan

Selain jeroan atau spesifikasi yang sangat mumpuni untuk meningkatkan pengalaman bermain, monitor ROG XG27ACS juga mendukung beberapa fitur yang dapat menyajikan pengalaman bermain yang lebih nyaman lagi.

Berbahagialah, karena kali ini monitor ROG XG27ACS mendukung fitur -sync dari kedua belah pihak kartu grafis, yaitu AMD (AMD Free-Sync ) dan NVIDIA (NVIDIA G-Sync). Dengan fitur ini, monitor dapat mengurangi screen tearing, stuttering dan input lag pada monitor.

ROG memiliki standar yang cukup baik untuk sebuah monitor, karena monitor yang dipasarkan tentunya sudah tersertifikasi TÜV Low Blue Light dan Flicker-Free.  Sertifikasi TÜV Low Blue Light memastikan bahwa monitor yang digunakan sudah dijamin memiliki fitur pengurangan cahaya biru yang dapat menyebabkan lelah mata. Dengan pengurangan cahaya biru, pengguna dapat menatap layar monitor dalam waktu yang lebih lama tanpa merasakan lelah atau sakit mata.

Selain itu, TÜV Flicker-free merupakan sertifikasi yang menjamin bahwa monitor dapat mengurangi bahkan menghilangkan efek kedipan pada layar. Dengan adanya flicker free tentunya pengguna dapat bermain dengan lebih nyaman dan aman.

Ditengah gempuran AI yang semakin lama semakin canggih, monitor ROG XG27ACS tentunya juga mengadopsi salah satu teknologi AI yang dapat memberikan keuntungan ketika pengguna bermain game.

Salah satu fitur berbasis AI yang cukup menarik adalah Dynamic Shadow Boost, fitur ini cukup menarik karena cara kerjanya yang unik. Fitur ini bekerja dengan menganalisa aksi yang terjadi pada monitor secara real-time, sehingga monitor dapat meningkatkan kualitas warna pada titik-titik tertentu ketika pengguna sedang beraktivitas bermain game.

Penulis sudah melakukan pengujian terhadap monitor yang satu ini, fitur-fitur yang disajikan memberikan kesan yang impresif bagi penulis terutama Dynamic Shadow Boost, fitur tersebut dapat menerangkan titik yang gelap sehingga memudahkan kita dalam bermain. Serta penulis juga tidak merasakan kelelahan dalam bermain karena monitor ini yang sudah TÜV Low Blue Light dan mendukung fitur sync.

Portabilitas

Asus Rog Strix Xg27acs Gamedaim Review 11

Monitor yang baik merupakan monitor yang mampu dikoneksikan oleh beberapa device atau port, sehingga monitor tersebut bisa dengan mudah terkoneksi dengan device yang berbeda   dengan mudah.

ROG XG27ACS memiliki portabilitas yang serba guna untuk sebuah monitor gaming. Port yang dimiliki ROG XG27ACS yaitu 1x USB Type-C, dengan power delivery 7.5 watt, 1x DisplayPort 1.4, 1x HDMI serta Earphone Jack.

Dengan konektivitas yang cukup serbaguna memungkinkan pengguna Monitor ROG XG27ACS tetap menggunakan ekosistem ROG. Namun sayangnya, port USB Type-C yang biasa dihubungkan untuk pasangannya yaitu ROG Ally hanya memiliki power delivery yang cukup kecil yaitu 7.5 Watt.

Selain itu, juga disayangkan bahwa monitor sekelas ROG yang terkenal dengan produknya yang lengkap kali ini tidak melengkapi monitor ROG XG27ACS dengan built in speaker.

Untuk mengatur preset, fitur dan pengaturan lainnya, bisa di akses dengan menekan tombol yang berada di bagian belakang kanan monitor. ROG juga memberikan kemudahan pada penggunanya dengan menghadirkan Display Widget Center yang memungkinkan pengguna untuk mengatur menu OSD dengan sentuhan mouse saja. Fitur ini cukup memudahkan penulis dalam mengatur menu OSD.

Kesimpulan

Review ASUS ROG Strix XG27ACS: Monitor 2K dan 180Hz yang Patut Dicoba

Untuk sebuah monitor dengan harga diatas 4 jutaan, penulis merekomendasikan monitor ini karena memiliki spesifikasi monitor yang beresolusi WQHD (2k) 180 Hz, dan HDR 400. Fitur-fitur yang dihadirkan juga menambahkan nilai plus karena dapat meningkatkan kenyamanan dan kemampuan pengguna dalam bermain.

79%

SCORE

PROS

  • Akurasi warna yang cukup baik

  • Desain ergonomis dengan banyak opsi adjustment

  • Refresh rate sudah di atas rata-rata yakni 180Hz

CONS

  • Tidak terdapat built-in speaker

  • Belum ada port USB-C

REVIEW BREAKDOWN

Desain

Build Quality

Panel

Features

Price

Monitor ROG XG27ACS merupakan sebuah monitor gaming yang dibanderol dengan harga pasaran di sekitar Rp4.500.000 (harga dapat berubah-ubah seiring waktu).

Remaja Gen Z yang punya memori nostalgia zaman SD saat bermain Stronghold Crusader, Harvest Moon: Back to Nature, sampai Warcraft II. Hubungi: irgie@gamedaim.com

Related Posts

Leave Comment
Hidupkan Notifikasi OK No thanks