HardwareBeritaPlaystationPS5Resmi

Sony Umumkan Project Leonardo, Controller Khusus Penyandang Disabilitas

Sony Interactive Entertainment mengungkapkan “Project Leonardo”, kit controller aksesibilitas untuk PS5 yang bertujuan untuk membuat game lebih mudah diakses oleh pemain penyandang disabilitas.

Informasi ini diumumkan oleh Sony Interactive Entertainment melalui CES 2023. Jika kalian tertarik dengan hardware terbaru di industri video game, kalian bisa melihat artikel kami lainnya di sini.

Apa Itu Project Leonardo?

Menurut Sony Interactive Entertainment, Project Leonardo adalah nama kode untuk “kit controller baru yang sangat dapat disesuaikan yang bekerja ‘di luar kotak’ untuk membantu banyak pemain penyandang disabilitas agar bermain game dengan lebih mudah, lebih nyaman, dan untuk waktu yang lebih lama”.

Mereka juga mengkonsultasikan desain controller itu dengan para ahli aksesibilitas dan organisasi seperti AbleGamers, SpecialEffect, dan Stack Up.

Controller ini dibuat untuk mengatasi tantangan umum yang dihadapi oleh banyak pemain dengan kontrol motorik terbatas, termasuk kesulitan memegang controller untuk waktu yang lama, akan secara akurat menekan sekelompok kecil tombol atau pemicu, atau memposisikan ibu jari dan jari secara optimal pada controller standar.

Fitur-Fitur Project Leonardo

Project leonardo
Sumber: Sony Interactive Entertainment

Beberapa fitur utama dari controller aksesibilitas terbaru ini adalah:

  • Highly Customizable Play Experience
    • Hardware customizations
      • Project Leonardo untuk PS5 adalah kanvas bagi para gamer untuk menciptakan pengalaman bermain mereka sendiri. Project Leonardo menyertakan seperangkat komponen kuat yang dapat ditukar, termasuk berbagai tutup stik analog dan tombol dalam berbagai bentuk dan ukuran.
      • Pemain dapat menggunakan komponen-komponen ini untuk menyusun beragam luas tata letak kontrol. Jarak tongkat analog dari game pad dapat disesuaikan agar sesuai dengan preferensi pemain. Komponen-komponen ini memungkinkan pemain menemukan konfigurasi yang sesuai untuk kekuatan, rentang gerak, dan kebutuhan fisik tertentu mereka.
  • Software customizations: Pada konsol PS5, pemain memiliki serangkaian opsi untuk menyesuaikan pengalaman bermain Project Leonardo mereka:
    • Button Mapping: Tombol controller dapat diprogram ke fungsi apa pun yang didukung dan beberapa tombol dapat dipetakan ke fungsi yang sama. Sebaliknya, pemain dapat memetakan dua fungsi (seperti “R2” + “L2”) ke tombol yang sama.
    • Control Profiles
      • Pemain dapat menyimpan pengaturan tombol terprogram mereka sebagai profil kontrol dan dengan mudah beralih di antara tombol-tombol tersebut dengan menekan tombol profil.
      • Hingga tiga profil kontrol dapat disimpan dan diakses oleh pemain dari konsol PS5 mereka kapan saja.
  • Works Collaboratively with Other Devices and Accessibility Accessories
    • Project Leonardo dapat digunakan sebagai controller mandiri atau dipasangkan dengan Project Leonardo tambahan atau controller nirkabel DualSense. Hingga dua controller Project Leonardo dan satu controller nirkabel DualSense dapat digunakan bersama sebagai controller virtual tunggal, memungkinkan pemain untuk memadupadankan perangkat agar sesuai dengan kebutuhan gameplay khusus mereka, atau untuk bermain secara kolaboratif dengan orang lain.
    • Misalnya, pemain dapat menambah controller DualSense mereka dengan controller Project Leonardo atau menggunakan dua controller Project Leonardo sendiri. Seorang teman atau anggota keluarga juga bisa membantu dengan membantu mengendalikan karakter game pemain dengan controller DualSense atau controller Project Leonardo kedua. Controller dapat dinyalakan atau dimatikan secara dinamis dan digunakan dalam kombinasi apa pun.
    • Project Leonardo dapat diperluas melalui empat port AUX 3,5mm untuk mendukung berbagai sakelar eksternal dan aksesori aksesibilitas pihak ketiga. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengintegrasikan sakelar khusus, tombol atau stik analog dengan controller Project Leonardo. Aksesori eksternal dapat dihubungkan atau diputuskan secara dinamis, dan masing-masing dapat dikonfigurasi untuk bertindak seperti tombol lainnya.
  • Flexible, Adaptable Design
    • Desain Project Leonardo yang terpisah dan simetris memungkinkan pemain untuk memposisikan ulang stik analog sedekat atau sejauh yang mereka suka. Controller ini terletak datar dan tidak perlu dipegang, sehingga pemain dapat meletakkannya di atas meja atau baki kursi roda. Controller ini dapat dengan mudah diamankan ke dudukan AMPS atau tripod, dan dapat diorientasikan 360 derajat untuk penggunaan yang paling nyaman. Pemain juga dapat memprogram orientasi “utara” pada stik analog agar sesuai dengan orientasi controller pilihan mereka.
Project leonardo
Sumber: Sony Interactive Entertainment

Di bawah ini adalah pernyataan dari So Morimoto:

Project Leonardo adalah bagian dari keluarga produk PS5 dan didasarkan pada konsep desain yang sama. Kami terinspirasi oleh gagasan semua pemain menikmati dunia PlayStation bersama-sama. Tim kami menguji lebih dari selusin desain dengan para ahli aksesibilitas, mencari pendekatan yang akan membantu mengatasi tantangan utama untuk penggunaan controller yang efektif. Kami akhirnya menetapkan desain ‘split controller’ yang memungkinkan reposisi thumbstick kiri/kanan yang nyaris bebas, dapat digunakan tanpa perlu dipegang, dan memiliki fitur tombol yang sangat fleksibel dan penukaran tutup stik.

Karena pemain dapat menyesuaikan Project Leonardo sesuai dengan kebutuhan mereka, tidak ada faktor bentuk yang ‘benar’. Kami ingin memberdayakan mereka untuk menciptakan konfigurasi mereka sendiri. Controller ini juga dapat secara fleksibel menerima kombinasi aksesori aksesibilitas untuk menciptakan estetika yang unik. Saya sangat senang bahwa desainnya akan diselesaikan melalui kolaborasi dengan para pemain, bukannya menghadirkan faktor bentuk tunggal kepada mereka.

So Morimoto, Designer at Sony Interactive Entertainment

Related Posts

Leave Comment
Gamedaim We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications