HardwareBeritaResmi

ASUS Rilis Daftar RTX 40 yang Akan Rilis di Indonesia

ASUS resmi umumkan daftar kartu grafis GeForce RTX 40 Series untuk lini TUF Gaming dan ROG Strix yang akan hadir di Indonesia pada hari ini (6/10).

Lini kartu grafis gaming ASUS ini akan menghadirkan seri GPU NVIDIA® GeForce RTX® 4000, dimulai dari GeForce RTX tingkat atas, yaitu RTX 4090 24 GB, RTX 4080 16 GB, sampai RTX 4080 12 GB.

ROG Strix GeForce RTX 4090

Rog strix rtx4090 24g gaming image6+light
ROG Strix GeForce RTX 4090

ROG Strix GeForce RTX 4090 menekankan sistem pendinginan sebagai prioritas utama.

Desain kartu grafis setebal 3,5-slot ini terdiri dari frame metal die-cast, shroud, dan backplate. ROG Strix GeForce RTX 4090 memiliki struktur ultra-rigid yang terbuat dari lapisan frame dengan kalkulasi ketat untuk mencegah PCB longgar atau melengkung.

Struktur ultra-rigid kartu grafis ini juga memungkinkan aliran udara yang lancar dan tanpa hambatan berkat pass-through vent yang diperbesar di bagian belakang kartu grafis yang panjangnya 357 mm ini.

ASUS telah menyertakan jalur phase 12+4 yang terdiri dari 70-amp power stage dan dengan dua power stage per fase yang mengisi GPU.

ROG Strix GeForce RTX 4090 ini pun menghadirkan tujuh bilah kipas dan full barrier ring yang memberikan aliran udara 23,8% lebih banyak serta tekanan udara 19,3% lebih tinggi daripada kipas generasi sebelumnya pada ROG Strix GeForce RTX 3090.

Lampu belakang ARGB pada ROG Strix GeForce RTX 4090 didukung oleh Aura Sync untuk menawarkan pencahayaan yang dapat disesuaikan. Sementara itu, dua header FanConnect II memungkinkan kontrol kipas casing melalui pembacaan suhu di GPU menggunakan software ASUS GPU Tweak III yang baru.

TUF Gaming GeForce RTX 4090

Tuf rtx4090 24g gaming 3d+lighting
TUF Gaming GeForce RTX 4090

Dengan desain yang sedikit lebih tebal dari versi kembarannya, setebal 3,65-slot, model TUF Gaming GeForce RTX 4090 ini memiliki ukuran sedikit lebih pendek yaitu 348 mm.

TUF Gaming GeForce RTX 4090 menggunakan shroud unibody die-cast yang terhubung langsung ke backplate berbahan aluminium. Logo TUF akrilik 3D yang diperbarui di sepanjang shroud dilengkapi dengan pencahayaan ARGB yang kompatibel dengan Aura Sync.

ASUS juga telah mendesain ulang pendinginan kartu grafis TUF Gaming dengan vapor chamber yang menawarkan peningkatan pendinginan pada area kontak sebesar 35% lebih lebar dibandingkan dengan TUF Gaming GeForce RTX 3090.

Kartu grafis TUF Gaming ini menggunakan konektor standar baru PCIe 5.0 16-pin yang dapat mengirim daya listrik yang lebih besar. Kartu grafis ini dilengkapi dengan kapasitor 20K-rated serta power stage arus tinggi dalam konfigurasi 10+4.

ROG Strix GeForce RTX 4080 16GB

ROG Strix GeForce RTX 4080 16GB yang di-overclock dari pabrikannya membawa GPU baru ini menuju potensi tertingginya. Untuk melakukannya, ROG Strix GeForce RTX 4080 16GB memiliki desain pendingin setebal 3,5 slot serta menggunakan frame metal die-cast, shroud, dan pelat belakang yang sama dengan ROG Strix GeForce RTX 4090 sehingga memberikan desain rigid bagi PCB.

Dengan panjang 357 mm, ROG Strix GeForce RTX 4080 16GB menawarkan heatsink yang besar untuk pembuangan panas yang lebih optimal serta backplate dengan ventilasi yang diperbesar untuk mengalirkan udara.

ROG Strix GeForce RTX 4080 16GB dilengkapi dengan lampu belakang ARGB yang terhubung dengan pencahayaan PC melalui Aura Sync; serta terdapat dua header FanConnect II yang menawarkan kontrol kipas casing melalui perangkat lunak GPU Tweak III.

TUF Gaming GeForce RTX 4080 16GB

TUF Gaming GeForce RTX 4080 16GB menawarkan shroud unibody die-cast dan blackplate berbahan aluminium untuk melindungi PCB di bawahnya. Selain itu, kartu grafis ini juga dilengkapi dengan heatsink setebal 3,65 slot untuk pendinginan tingkat tinggi. Artinya, ukurannya lebih tebal dari varian Strix yang lain, tetapi juga lebih pendek 9mm untuk kompatibilitas casing yang lebih luas.

Terdapat tiga kipas Asus Axial-tech akan menciptakan aliran udara dengan kipas paling kanan meniupkan udara melalui ventilasi baru di sepanjang tepi backplate

Ukuran ventilasi ini secara signifikan lebih besar dari generasi sebelumnya sehingga memungkinkan kondisi kerja yang lebih dingin. Selain itu, tampilannya unik karena terdapat logo TUF di sepajang backplate dan frame ventilasi.

Di bagian bawah, logo TUF 3D berbahan akrilik yang telah diperbarui dapat bersinar di tepi shroud dengan pencahayaan ARGB yang dapat disesuaikan dengan perangkat PC lainnya menggunakan Aura Sync.

Terdapat pula switch Dual BIOS yang memungkinkan seseorang memilih antara mode kinerja dan mode senyap maupun melakukan penyesuaian manual dengan GPU Tweak III.

ROG Strix GeForce RTX 4080 12GB

Bersamaan dengan varian 16 GB, ASUS juga merilis ROG Strix GeForce RTX 4080 12GB yang menawarkan performa masif dalam ukuran yang lebih kecil.

Dengan tebal 3,15-slot dan panjang 336 mm, kartu ini memiliki permukaan heatsink yang luas untuk aliran udara, desain bertemakan cyberpunk yang baru, serta struktur ultra-rigid seperti versi lainnya yang lebih besar.

Pengguna dapat memilih mode kinerja atau mode senyap dengan switch Dual-BIOS. Pengguna juga bisa menyambungkan kipas casing ke dua header FanConnect II, maupun membuat PC kian gemerlap dengan lampu ring ARGB yang kompatibel dengan Aura Sync. Sementara itu, kualitas rakitan kartu grafis ini diklaim telah teruji melalui proses manufaktur Auto-Extreme.

TUF Gaming GeForce RTX 4080 12GB

Daftar terakhir ialah TUF Gaming GeForce RTX 4080 12GB yang memiliki shroud unibody die-cast yang kekuatan strukturnya sama dengan versi yang lebih besar.

Kartu grafis ini memiliki heatsink yang sedikit lebih tebal serta desain kartu grafis yang lebih pendek. Dengan ketebalan 3.25 slot dan dilengkapi kipas Axial-Tech, pengguna diklaim tidak akan kekurangan potensi pendinginan. Sementara, ukurannya yang lebih pendek, 305mm, menawarkan kompatibilitas casing terluas.

TUF Gaming GeForce RTX 4080 12GB selain menawarkan switch DUAL BIOS yang sama seperti versi lain juga dilengkapi dengan logo ARGB TUF pada shroud yang telah didesain ulang untuk sentuhan gaya baru.

Di samping itu, kartu grafis ini juga memiliki kapasitor yang sesuai standar militer serta berkualitas manufaktur Auto-Extreme yang sudah dikenal pada semua kartu TUF.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment