GeekG ListTips

6 Jenis Class Dalam Game RPG dan Penjelasannya

Class Dalam Game RPG – Dalam artikel sebelumnya, kita sudah pernah membahas Jenis Game RPG. Industri dunia game tentunya akan sangat berbeda tanpa adanya pengaruh dari game RPG. Sebuah fakta yang mengejutkan bahwa jenis game ini tidak pernah dikomersilkan sampai tahun 70-an, setelah penerbitan Dungeon & Dragons. game lainnya yang menempatkan dirinya dalam daftar RPG tahun 70-an adalah Empire of The Petal Throne.

Fitur tertentu yang dimiliki RPG juga adalah mekanika game yang digunakan untuk menarik dan mengumpulkan pemain, tanpa mempedulikan genre. Mekanika dalam game RPG, seperti Critical Hit, juga membantu jenis game ini dalam membangun basis penggemar yang setia. Tapi bagaimana cara kalian untuk bermain game RPG? Apakah ada strategi tertentu yang dibutuhkan? Jawabannya adalah Ya! Dan itu jugta tidak terlepas dari strategi utama, yaitu memanfaatkan Class yang ada dalam game RPG dengan benar.

Apa itu Class Dalam Game RPG?

Memilih karakter yang tepat adalah hal yang paling penting dalam bermain game RPG. Saat kalian mengetahui kekuatan dan kelemahan dari karakter kalian, hal yang bisa kalian lakukan adalah mengetahui tindakan apa yang harus kalian ambil dalam situasi tertentu. Pengetahuan ini memberikan kalian keunggulan yang kompetitif dan meningkatkan kesempatan keberhasilan kalian dalam game.

Pengembang game RPG memperkenalkan Class untuk membantu pemain dalam menguasai pengetahuan ini. Class dalam game RPG membedakan karakter dalam pertarungan dengan mempersembahkan daftar skill yang bisa mereka gunakan. Dengan kata lain, kemampuan setiap karakter akan dipengaruhi oleh class mereka.

Job dalam game final fantasy
Class Dalam Game Final Fantasy | via IGN

Dan lagi, kalian bisa melihat genre game lain yang juga menggunakan sistem class, termasuk genre First-Person Shooting. Khususnya Hero Shooter, sub-genre dari First-Person Shooter sudah mulai menerapkan sistem Class. Sebagai pemain, kalian pastinya akan memilih class yang mencerminkan kepribadian dan gaya bermain kalian. kalian juga harus memperhatikan history permainan kalian dan melihat di class mana kalian lebih banyak meraih keberhasilan.

Misalnya, apakah kalian melihat keberhasilan paling besar ketika kalian bermain dengan gaya yang lebih banyak menyerang ketimbang bertahan atau sebaliknya? Apakah kalian bermain lebih baik ketika kalian berada di barisan depan medan tempur atau di barisan belakang medan tempur?

Jenis Class Dalam Game RPG

Berikut adalah daftar Class dalam game RPG yang umum digunakan.

  1. Fighter Class
  2. Rogue Class
  3. Magician Class
  4. Rangers Class
  5. Clerics Class
  6. Rare Character Class

Penjelasan Class dalam game RPG

1. Fighter Class

Fighter class
Fighter Class | via Pintereest

Fighter Class adalah salah satu Class dalam game RPG yang merupakan Class yang paling dasar. Karakter dalam class ini merupakan spesialis dalam pertarungan jarak dekat, dan mereka juga biasanya memiliki jumlah HP yang tinggi. Class ini merupakan class yang paling populer untuk pemain yang memiliki gaya serangan offensif dan terkesan barbar.

Fighter Class juga biasanya dibekali dengan kemampuan menyerang dan bertahan yang baik. Kalau kalian suka dengan gameplay Hack ‘n Slash, maka kalian harus mencoba Fighter Class. Ini juga berlaku untuk kalian yang suka dikelilingi oleh persenjataan dan armor terbaik. Fighter Class juga mencakup beberapa Job, seperti :

  1. Knight, Job yang mengenakan zirah dan persenjataan yang lebih baik dibanding Fighter Class dasar.
  2. Swashbuckler, Job dari Fighter Class yang lebih menekankan statistik pada agility atau kelincahan.
  3. Barbarian, Job dari Fighter Class yang lebih menekankan statistik pada damage yang ditimbulkan per satu serangan.
  4. Warrior, Job dari Fighter Class yang memiliki tenaga dan menggunakan senjata yang lebih besar dari Knight. Job ini biasanya lebih menekankan pada damage dibanding pertahanan.

2. Rogue Class

Rogue class
Rogue Class | via DiceBreaker

Class dalam Game RPG yang lainnya adalah Rogue Class. Rogue Class adalah class yang lihai dalam menyelinap, dan mereka akan memilih menyerang pada saat musuhnya sedang lengah. Rogue Class unggul dalam pertempuran, meskipun mereka sebenarnya lemah. Mereka akan lebih bergantung pada kecepatan mereka untuk keluar dari situasi yang mendesak.

Rogue Class juga sangat berguna di luar pertempuran. Mereka cenderung memiliki berbagai kemampuan tambahan, termasuk pencurian kunci. Seperti Fighter Class, ada beberapa variasi karakter di Rogue Class. Antara lain:

  1. Gambler, Job dari Rogue Class yang menyerang menggunakan kartu dan bukan belati. Ini merupakan Job dari Rogue Class yang dibekali dengan kemampuan sihir.
  2. Ninja, Job yang paling umum dari Rogue Class dan memiliki banyak keunggulan yang sangat berguna, termasuk invisibility dan akurasi dalam melempar senjata.
  3. Assassin, Job yang ahli dalam menyelinap, tapi memiliki gaya bertarung yang lebih brutal. Senjata yang mereka guynakan adalah senjata kecil seperti belati.
  4. Thief, Job yang unggul dalam mencuri barang dari musuhnya, baik itu berwujud ataupun tidak berwujud. Thief juga merupakan job yang cepat dan lincah.

3. Magician Class

Magician class
Magician Class | via Pinterest

Magician Class adalah salah satu dari pilihan Class dalam game RPG yang populer. Magician Class umumnya menggunakan lebih sedikit persenjataan dan lebih bergantung pada elemen yang dikuasainya. Mereka juga menggunakan mantera yang berbeda untuk mengalahkan musuh.

Perlu dicatat bahwa Magician Class dalam game RPG itu seperti meriam kaca. Ini mengacu pada karakter dengan kekuatan serangan yang baik, tapi memiliki keterampilan pertahanan yang lemah. Dengan kata lain, Magician Class dapat menyerang dari jarak jauh, tetapi musuh mereka dapat memukul mundur mereka dari serangan jarak dekat. Jenis job yang berada pada Magician Class antara lain:

  1. Illusionist, Job yang ahli dalam membuat ilusi seperti menggandakan diri, mengalihkan perhatian, dan juga membingungkan musuh.
  2. Inherent Gift Magician, job yang memiliki kemampuan sihir sebagai berkat kelahiran. Inherent Gift Magician memiliki kekuatan yang ada pada diri mereka sejak lahir.
  3. Generalist, job dalam Magician Class yang mempelajari berbagai macam sihir. Mereka tidak punya kemampuan khusus di sihir tertentu, tapi mereka bisa mempelajari sihir yang langka dan kuat.
  4. Theurgist, job dalam Magician Class yang berani membuat kesepakatan dengan roh yang lebih tinggi, dengan imbalan kekuatan sihir yang lebih kuat.

4. Ranger

Ranger class
Ranger Class | via Pinterest

Class dalam game RPG yang lainnya adalah Ranger Class. Ranger Class adalah class yang bertarung dari jarak jauh dan menggunakan senjata umum berupa panah dan busur. Class ini juga memiliki kemampuan perkelahian jarak dekat dibanding persenjataan dan kekuatan yang berlebihan.

Ranger Class dalam game RPG menggunakan lingkungan sekitar sebagai peluang keuntungan mereka, dan mereka kadang-kadang memiliki keterampilan dalam sihir alami. Ranger Class juga sering sangat pandai dalam mengalahkan musuh tertentu, seperti monster, yang menjadi alasan bagi mereka untuk menguasai pertempuran jarak dekat. Beberapa job yang masuk dalam Ranger Class antara lain:

  1. Archer, Job dalam Ranger Class yang memiliki keunggulan dalam serangan jarak jauh. Senjata yang digunakan archer umumnya adalah busur dan panah, tapi tidak jarang juga ada archer yang bersenjata belati untuk pertempuran jarak dekat.
  2. Trapper, job yang memiliki spesialisasi di bidang jebakan. Trapper memiliki keunggulan yang bisa membuat musuh mereka merasa rentan.
  3. Sniper, job yang mirip seperti archer, hanya saja sniper tidak bisa menggunakan senjata tajam seperti belati. Job ini memiliki spesialisasi di bidang trickshot atau longshot.

5. Cleric

Cleric class
Cleric Class | via IGN

Class dalam Game RPG selanjutnya adalah Cleric Class. Cleric Class berbeda dengan Class dalam game RPG yang lain, termasuk Magician. Ini karena Cleric Class mendapatkan kekuatan mereka dari pemberian Dewa atau karena takdir. Terkadang, Cleric Class mendapatkan kekuatan mereka dari jalan takdir dan juga Dewa. Kekuatan sihir dari class ini lebih berfokus pada penyembuhan.

Beberapa job yang masuk dalam Cleric Class antara lain:

  1. Battle Priest, Job yang memiliki sihir penyembuhan, tapi bisa juga memiliki sihir yang menimbulkan damage. Battle Priest biasanya digambarkan sebagai karakter yang tangguh dan percaya diri.
  2. Healer, Job yang juga dikenal sebagai White Mage ini memiliki dedikasi dalam menguasai sihir penyembuhan.

6. Rare Character Class

Rare character class
Rare Character Class | via Final Fantasy Wiki

Tidak banyak yang bisa disampaikan dari Class dalam Game RPG yang satu ini, mengingat Rare Character Class atau Unidentified Class juga tidak selalu ada dalam Game RPG. Keberadaan mereka tergantung pada pembangunan dunia dan jalan cerita yang ingin ditunjukkan oleh pengembang. Tapi, ada beberapa job yang masuk dalam Class ini, seperti:

  1. Engineer, Job yang lebih menggunakan teknologi untuk meraih tujuan mereka dibandingkan menggunakan sihir seperti Wizard. Engineer umumnya menggunakan senjata seperti pistol dan granat.
  2. Gun Mage, job yang menggunakan senapan untuk menembakkan sihir. Meskipun buak karakter yang serba bisa, tapi Gun Mage memiliki mobilitas yang lebih tinggi dari jangkauan normal.
  3. Beastmaster, job yang bisa menggunakan “peliharaan” mereka untuk membantunya dalam pertarungan. “Peliharaan” disini bisa diartikan seperti anjing sampai naga.
  4. Beast, job yang bukan merupakan manusia, tapi bisa juga seorang manusia yang merubah dirinya jadi bukan manusia. Job ini menggunakan tubuhnya sebagai senjata.
  5. Scholar, job yang memiliki pengetahuan yang sangat luas. Mereka bisa mengidentifikasi musuh dari pengetahuan mereka, dan juga bisa mengetahui kelemahannya.

Sekian dulu untuk artikel tentang jenis Class dalam Game RPG kali ini, semoga bisa membantu kalian dalam menentukan class yang sesuai dengan karakteristik dan gaya bertarung yang kalian miliki.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment
Continue in browser
To install tap Add to Home Screen
Add to Home Screen
See this post in...
Gamedaim
Chrome
Add Gamedaim to Home Screen
Close

For an optimized experience on mobile, add Gamedaim shortcut to your mobile device's home screen

1) Press the share button on your browser's menu bar
2) Press 'Add to Home Screen'.