G ListGeek

5 Unsur Dasar Game RPG Yang Umum Ditemukan Dalam Game

Unsur Dasar Game RPGRPG memang menjadi salah satu genre populer dalam dunia video game karena ciri khas-nya yang membuat pemainnya memutar otak dan mengasah kemampuan dalam menyusun serangan. RPG atau Role-Playing Game adalah game dimana kalian akan bermain sebagai peran tertentu yang bisa mempengaruhi tipe serangan, besarnya damage, jenis senjata yang bisa digunakan, dan juga jalan cerita yang akan kalian jalani.

Genre RPG Modern pertama kali dibawakan oleh Dungeon & Dragons, sebuah fantasy wargames berjenis Tabletop RPG yang diterbitkan oleh Wizards of the Coast. Game Dungeon and Dragons pertama dirancang oleh Gary Gygax dan Dave Arneson, dan diluncurkan pada awal tahun 1974. Lalu pada tahun 1997, Final Fantasy VII besutan Square Enix berhasil membawa genre RPG menuju puncak popularitasnya hingga saat ini.

Tapi kita tidak akan membahas tentang Dungeon and Dragons atau Final Fantasy VII. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas tentang 5 Unsur Dasar Game RPG yang umum ditemukan dalam game. Penasaran apa saja? Check this out!

5 Unsur Dasar Game RPG

1. Latar dan Cerita

Rpg adalah game yang sarat akan cerita
RPG adalah Game yang sarat akan cerita | via Steam

Latar dan Cerita adalah unsur dasar game RPG yang terpenting. Premis sebagian besar game RPG menugaskan pemain untuk menyelamatkan dunia, atau tingkat masyarakat mana pun yang terancam. Seringkali ada rintangan seiring berjalannya cerita, seperti munculnya kejutan dari saudara yang tersingkirkan, atau musuh yang menjadi teman atau sebaliknya.

Dunia dalam game cenderung berlatar dalam semesta sejarah, fantasi, atau fiksi ilmiah, yang memungkinkan pemain untuk melakukan hal-hal yang tidak dapat mereka lakukan dalam kehidupan nyata, dan membantu pemain menangguhkan ketidakpercayaan mereka tentang pertumbuhan karakter yang cepat. Seperti yang dinyatakan sebelumnya, RPG banyak disuguhkan dalam pembawaan cerita. Ini adalah salah satu faktor hiburan utama dari genre ini.

Karena unsur dasar game RPG satu ini, ketika kalian mengembangkan game RPG, kalian harus memperhatikan bagaimana pengembangan cerita dan karakter yang ada di dalam game kalian. Hal ini bisa diartikan ke dalam jenis lingkungan dan latar yang kalian miliki untuk game buatan kalian, dan karakter di dalam game tersebut. Secara tradisional, game RPG mengembangkan plot berdasarkan keputusan yang dibuat karakter pemain sepanjang permainan berlangsung.

Hal semacam ini memberikan banyak tekanan pada perancang game, yang harus dapat mengintegrasikan ide semacam itu dalam gameplay dengan alur cerita utama game-nya. Hal ini juga termasuk bagaimana memprogram permainan untuk mempertimbangkan semua jalur yang berbeda dalam cerita. Untuk membuat game lebih menarik dan atraktif, perancang game dapat memperkenalkan event khusus di dalam cerita agar lebih menarik atau menantang.

2. Kilas Cerita

Kilas cerita dalam game rpg
Kilas Cerita dalam game RPG } via MistyMines

Game RPG tentunya tidak lengkap tanpa adanya kilas cerita yang juga menjadi unsur dasar game RPG. Kilas cerita biasanya ada di awal dan akhir setiap chapter atau arc. Tapi ada juga yang menyisipkan kilas cerita di tengah-tengah sebagai jembatan penghubung untuk event yang tidak bisa diceritakan sebagai bagian dari gameplay.

Kilas cerita ini biasanya menceritakan tentang awal terlahirnya sebuah kerajaan, akar konflik yang menjadi pondasi cerita, kelahiran sang tokoh utama, kelahiran sang antagonis utama, dan bahkan bisa disisipkan keseluruhan cerita dalam beberapa baris saja. Kalian yang suka dengan genre RPG, pastinya sudah tidak asing lagi dengan unsur ini. Kilas cerita yang umum diceritakan dalam bentuk narasi tertulis dan ada beberapa yang disertai dengan sulih suara.

3. Eksplorasi dan Quest

Contoh quest dalam game rpg
Contoh Quest dalam game RPG | via Polygon

Unsur dasar game RPG lainnya adalah kemampuan pemain untuk memiliki kebebasan dalam menjelajahi dunia tempat mereka berada. Semakin terdefinisi dengan baik dunianya, semakin menarik bagi pemain untuk dijelajahi dan sebagai imbalannya mempertahankan rasa ingin tahu dan keterlibatan mereka sepanjang gameplay. Hal ini disampaikan dengan narasi cerita yang dikembangkan untuk game RPG.

Pemain akan secara khusus diberikan kesempatan untuk berjalan di seluruh dunia dan menjelajahi lingkungan mereka untuk memenuhi objective mereka. Dalam RPG Open-World, pemain bebas berkeliaran di world event setelah mereka memenuhi objective mereka, yang ditentukan oleh alur cerita.

Dalam unsur dasar game RPG semacam itu, pemain masih dapat menjelajahi area mana pun yang tidak lagi diperlukan untuk kelanjutan quest, tetapi mereka dapat menghabiskan waktu menjelajahi area tersebut dan mungkin bertemu dengan beberapa karakter NPC lain yang belum pernah mereka temui sebelumnya saat menyelesaikan misi mereka. Tapi secara umum, ini tidak dilakukan oleh kebanyakan pemain, karena begitu mereka memenuhi tujuan mereka, mereka bersemangat untuk melanjutkan ke quest berikutnya.

4. Inventory

Inventory
Inventory | via Arqade

Unsur dasar game RPG yang selanjutnya adalah Inventory. Seiring kemajuan pemain sepanjang perjalanan mereka dalam game RPG, mereka berinteraksi dengan dunia tempat mereka berada. Alur cerita dalam permainan biasanya memaksa pemain untuk berinteraksi dengan dunia sekitar dan karakter NPC lainnya. Interaksi ini biasanya dalam bentuk semacam jual-beli dan barter.

Bentuk interaksi ini dilakukan melalui narasi, untuk memberikan pemain sensasi quest yang lebih baik, atau trade sungguhan, dalam hal item, terserah pada desainer dan pengembang game tersebut. Game seperti ini membutuhkan cara untuk melacak semua interaksi antara karakter pemain dan segala sesuatu dan juga semua orang. Salah satu sistem yang digunakan untuk melacak interaksi ini adalah sistem Inventory.

5. Leveling dan Experience

Leveling dan experience
Leveling Dan Experience | via Final Fantasy Wiki

Unsur dasar game RPG yang terakhir adalah unsur dasar game RPG yang sangat melekat dengan genre ini, yaitu Experience dan Leveling. Untuk melibatkan pemain dan membuat mereka terpikat pada permainan, desainer sebuah game menggunakan mekanisme untuk meningkatkan kinerja karakter pemain. Kemajuan inilah yang disebut leveling dan experience dalam game RPG. Leveling dan experience adalah elemen kunci dari setiap RPG. Level dan experience tree yang bagus akan ditentukan untuk RPG apa pun.

Hal ini memungkinkan pemain untuk mengembangkan avatar mereka melalui permainan dan menjadi lebih kuat secara fungsional dengan mendapatkan lebih banyak skill, poin, dan sumber daya lain yang diperlukan untuk menyelesaikan quest mereka. Kemampuan untuk memperoleh senjata baru, armor, pakaian, atau item game lainnya yang ditentukan di dunianya, pemain harus memenuhi beberapa ambang batas tertentu dalam permainan.

Dan itu tadi adalah 5 Unsur Dasar game RPG yang umum ditemukan dalam game. RPG memang sebuah genre yang unik, dengan segala macam keunikan yang termasuk adanya class dan sub-genre.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment
Continue in browser
To install tap Add to Home Screen
Add to Home Screen
See this post in...
Gamedaim
Chrome
Add Gamedaim to Home Screen
Close

For an optimized experience on mobile, add Gamedaim shortcut to your mobile device's home screen

1) Press the share button on your browser's menu bar
2) Press 'Add to Home Screen'.